Thumbnail-Beberapa-Kesalahan-dalam-Mengelas-Pipa-Baja

BEBERAPA KESALAHAN DALAM MENGELAS PIPA BAJA

By: Yudha Yudha
15 May 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. Semoga kalian selalu dalam keadaaan sehat wal’afiat ya ditengah pandemi korona ini. Oke jadi kali ini kami ingin mengoreksi pada welder dengan membagikan beberapa kesalahan dalam mengelas pipa baja dengan mesin las MMA. Tentunya kesalahan yang kami sebutkan disini adalah kesalahan yang umum dilakukan para welder ya.

 

Entah karena tidak tau atau memang sedang terburu-buru sehingga melewatkan sesuatu yang seharusnya harus dikerjakan.

 

Jadi pada artikel ini kami sudah mengumpulkan beberapa kesalahan dan akan kami jelaskan satu persatu tentunya. Maksud kami menulis artikel ini ya agar kalian tidak mengulangi kesalahan yang kalian buat. Dan bagi welder pemula agar tidak melakukan kesalahan ini.

 

Semangat belajar guys untuk membanggakan nama Indonesia dengan menjadi welder profesional. Karena semakin banyak welder profesional bermunculan di Indonesia, maka lambat laun nama Indonesia akan diakui dunia.

 

BEBERAPA KESALAHAN DALAM MENGELAS PIPA BAJA

Oke jadi disini kami telah merangkum kesalahan dan beberapa petunjuk untuk kalian kedalam 7 hal. Dan tentunya ketujuh hal ini harus kalian pelajari dengan praktek agar nantinya kalian jadi terbiasa. Dengan praktek juga kalian bisa mengetahui kesalahan yang kalian lakukan, dan hasil dari kesalahan kalian tersebut.

 

Jadi dengan begitu kalian mengetahui sebab dan akibatnya. Terus sukur-sukur kalian bisa jadi guru buat yang lain karena bisa menjelaskan dengan detail sebab akibat tersebut karena pengalaman kalian..

 

Oke jadi apa aja beberapa kesalahan dalam mengelas pipa baja versi tehniq.com kali ini, Berikut adalah 7 kesalahan tersebut :

  1. Kebersihan Objek Las
  2. Ketebalan Sambungan pipa
  3. Jarak Sambung pipa
  4. Ukuran Las sambung
  5. Settingan Ampere
  6. Pergerakan Kawat las
  7. Menyambung lasan yang terputus

 

Nah jadi ada 7 hal tersebut ya yang perlu kalian koreksi dan perbaiki. Dan ketujuh hal tersebut akan kami bahas pada poin-poin dibawah ini.

 

KEBERSIHAN OBJEK LAS

Beberapa kesalahan dalam mengelas pipa baja yang pertama yaitu tidak menjaga kebersihan objek las. Dalam hal ini yaitu terutama kebersihan bagian yang akan dilas. Karena sudah berkali kali kami mengingatkan kepada kalian untuk menjaga kebersihan dari objek yang akan dilas.

 

Kesalahan-sebelum-mengelas-pipa-baja-tidak-menjaga-kebersihan-objek

 

Beberapa hal yang bisa terjadi saat kalian tidak menjaga kebersihan objek las yaitu :

  • Hasil lasan yang retak.
  • Spatter yang terlalu banyak
  • Kerak las tidak mau menempel pada objek las.
  • Lasan keropos / kopong

 

Nah beberapa hal yang bisa terjadi ya saat kalian lupa membersihkan objek las kalian. Jadi sangat kami wajibkan semua welder untuk membersihkan objek lasnya. Ada beberapa cara membersihkannya yaitu dengan cara dipoles dengan gerinda poles ataupun dengan cara diamplas.

 

Jadi luangkan waktu kalian untuk membersihkan objek las terlebih dahulu ya.

 

 

KETEBALAN SAMBUNGAN PIPA

Kesalahan-sebelum-mengelas-pipa-baja-tidak-diamplas

 

Beberapa kesalahan dalam mengelas pipa baja yang kedua yaitu tidak memperhatikan ketebalan dari sambungan pipa. Perlu kalian ketahui, ketebalan dari sambungan pipa akan mempengaruhi hasil lasan dan kekuatan las dari sambungan las kalian nantinya.

 

Jika ketebalan sambungan pipa terlalu tipis maka yang terjadi adalah banyak lubang yang akan kalian buat saat mengelas dan menyambung pipa tersebut. Tapi jika terlalu tebal, lasan kalian tidak akan cukup tebal untuk menyambung pipa baja ini.

 

Yang artinya sambungan kalian tidak akan kuat. Untuk itu hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu dengan mengamplas atau memoles secara merata setiap ujung pipa yang akan disambung. Pastikan rata dan memiliki ketebalan 2.0 – 2.3 mm.

 

Dengan memiliki ketebalan segitu, kami yakin kalian akan dapat mengelas dengan sempurna.

 

 

JARAK SAMBUNG PIPA

Dalam pengelasan sambungan pipa, jarak antara pipa 1 dengan yang lain haruslah sesuai dengan standard. Tidak boleh menentukan jarak sambungan hanya dengan feeling kalian. Tentunya kalian harus tau jarak sambungan yang bener itu berapa mili.

 

Dan bagaimana cara membuat jarak sambungan konsisten atau merata. Nah untuk mengetahui hal tersebut kami punya trik agar kalian lebih mudah untuk menentukan jarak sambungan.

 

Cara-menyambung-pipa-baja-ukurannya

 

Caranya yaitu dengan menekuk kawat seperti gambar diatas. Hal tersebut nantinya dapat membuat jarak sambungan konsisten atau merata. Ukuran kawat yang bisa kalian gunakan yaitu kawat 2 – 2.4 mm. Tergantung dari ukuran kawat las yang kalian gunakan.

 

Kalo sambung pipa kecil berarti ukuran kawat las kalian juga harus kecil. Dan jarak sambungan kalian juga jangan terlalu lebar. Gunakan kawat 2.o mm aja. Kawat disini terserah kalian ya mau pake kawat apa. Pokok cari kawat ukuran segitu.

 

Biasanya gw pake kawat las TIG buat menyesuaikan jarak sambung ini.

 

 

UKURAN LAS SAMBUNG

Ukuran-Las-Sambung-atau-Tack-Welding

 

Beberapa kesalahan dalam mengelas Pipa baja berikutnya yaitu tack welding atau ukuran las sambung. Dalam mengaplikasikan tack welding atau las sambung kalian harus memperhatikan ketebalannya juga ya.

 

Jangan terlalu tipis karena nanti sambungan kalian dikhawatirkan pecah karena panas lasan. Dan jangan terlalu tebal juga karena hasil lasan kalian nantinya tidak akan rata. Oia dan usahakan kalian sedikit memoles sambungan las kalian ya. Biar bersih, sehingga dapat tersambung lasan kalian yang baru.

 

Untuk ketebalan atau lebar tack welding yang kami sarankan itu 1/4 inch atau sama dengan 6.3 mm.

 

 

SETTINGAN AMPERE

Untuk settingan ampere ini tidak bisa kami kasih patokannya ya. Karena settingan ampere ini akan bergantung dari ukuran kawat las kalian dan juga ketebalan pipa baja kalian. Jadi kami ga bisa kasih patokan buat kalian

 

Tapi yang jelas saat settingan ampere kalian terlalu tinggi, pipa malah akan berlubang karena meleleh akibat terlalu panasnya api las. Dan saat ampere kalian terlalu rendah, maka hasil lasan kalian akan menggumpal dan tidak kuat. Untuk mengetahuinya, kalian bisa melihat bagian dalam lasan kalian.

 

Ampere-terlalu-rendah

 

Jika keluar dan menggumpal berarti settingan ampere kalian kurang tinggi. Jadi pastikan kalian membiasakan dan menghafalkan settingan mesin las kalian untuk objek las kalian. Karena kalian yang bekerja dan pasti kalian akan sering menghadapi pipa dengan ukuran yang sama.

 

 

PERGERAKAN KAWAT LAS

Untuk pergerakan kawat las ini juga bisa menjadi kesalahan kalian dalam mengelas pipa baja ya. Karena bukan hanya pipa baja, semua objek las juga akan terpengaruh saat pergerakan kawat las kalian terlalu cepat atau terlalu lambat.

 

Terlalu lebar dan terlalu sempit juga menjadi kendala saat mengelas. Untuk itu pastikan pergerakan kawat las kalian normal dan stabil. Pelajari terus teknik dan jarak pergerakan kawat las ini dari orang yang lebih berpengalaman di sekitar kalian.

 

Atau kalian juga bisa melihatnya dari youtube, karena disitu kalian bakalan dapat banyak informasi seputar pengelasan.

 

 

PERGERAKAN KAWAT LAS

Karena menggunakan mesin las MMA, tentunya ukuran kawat las akan menjadi kendala kalian ya. Ukuran kawat las MMA memiliki kekurangan tersendiri yaitu panjangnya. Kawat las MMA tidak memiliki panjang yang cukup untuk melakukan pengelasan panjang.

 

Apalagi buat ngelas pipa baja. Paling 20 – 30 cm doang udah abis kawat lasnya. Hehehe..

 

Nah saat menyambung lasan yang terputus akibat kehabisan kawat las tadi, ternyata tidak sembarangan ya. Ada cara yang perlu kalian terapkan saat mulai menyambung lasan yang terputus itu. Kami sudah pernah membahas tentang cara menyambung lasan yang terputus pada artikel kami sebelumnya disini >> Bagaimana memulai pengelasan yang terputus <<.

 

Untuk tekniknya hampir sama ya guys yaitu dengan membentuk huruf g atau angka 9. Pastinya kalian bisa melihatnya pada artikel yang sudah kami tulis diatas. Capek soalnya kalo mau nulis lagi.. hehehe.. Takutnya juga kalian capek baca tulisan banyak-banyak. :v

 

Yaw dah kalo gitu guys.. Sampai disini aja ya artikel dari kami ini. Jangan lupa sering latihan dan latihan sampai kalian hafal dan terbiasa ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan inget untuk selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri kalian ya, agar kita semua terhindar dari virus korona ini. Salam..!!

  1. Kebersihan Objek Las
  2. Ketebalan Sambungan pipa
  3. Jarak Sambung pipa
  4. Ukuran Las sambung
  5. Settingan Ampere
  6. Pergerakan Kawat las
  7. Menyambung lasan yang terputus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *