5 JENIS MATA GERINDA POLES

By | August 1, 2019

Halo temen-temen sobat tehniq setanah air.. Balik lagi ke blog kami yang paling lengkap nih. Oke temen-temen, kali ini gw mau bahas tentang 5 jenis mata gerinda poles. Jadi yang kita bahas disini cuma mata gerinda poles ya temen-temen, bukan mata gerinda potong. Insyaa Allah setelah artikel ini nanti kami akan memberikan informasi tentang jenis mata gerinda potong juga. Sehingga nanti kalian bisa bedain masing-masing fungsi aslinya ya.

 

Seperti yang kita ketahui ya temen-temen, di Indonesia ini orang-orangnya kreatif banget. Satu alat bisa dipake buat semua kebutuhan mereka. Kreatif sih benernya, tapi agak bahaya ya temen-temen. Kami sih ga rekomendasi’in hal itu, tapi kalo emang kalian udah biasa dan udah sering mencoba melakukan sesuatu yang diluar standard penggunaan. Ya ga papa sih, cuma emang tetep stay safe ya temen-temen, jaga diri kalian agar tidak sampe terjadi kecelakaan kerja.

 

 

5 JENIS MATA GERINDA POLES

Oke langsung aja ya guys kita review 5 jenis mata gerinda poles ini untuk menambah pengetahuan kita semua. Kita mulai dengan pengertian poles dulu ya. Poles itu artinya menggosok, baik itu menggosok permukaan besi ataupun batu ya. Menggosok itu juga punya artian untuk menghaluskan permukaan dan juga menghilangkan karat dan kotoran yang melekat.

 

Seperti yang udah kami katakan tadi ya, poles itu untuk menggosok beberapa permukaan yaitu :

  • Besi
  • Batu

Masing-masing material tersebut memiliki mata gerinda poles yang berbeda-beda ya. Jadi ga smua gerinda poles itu bisa mengatasi beberapa permukaan material tersebut. Sehingga kami akan coba untuk membahas masing-masing fungsi dari 5 jenis mata gerinda poles berdasarkan material yang bisa diatasinya.

 

JENIS MATA GERINDA POLES BESI

Karena besi adalah permukaan yang sangat keras, jadi besi ini memiliki banyak sekali jenis mata gerinda poles untuk permukaannya. Dan bahkan hampir 80% jenis mata gerinda poles ini dapat digunakan untuk permukaan besi nih guys. Langsung aja ya kita bahas satu persatu masing-masing jenis mata gerinda poles besi ini.

 

1. Mata Gerinda Poles Besi

Sori guys, gw ga tau nih jenis gerinda yang satu ini. Jadi kami namakan mata gerinda poles besi aja biar gampang. Karena memang jenis mata gerinda ini yang paling banyak digunakan untuk memoles besi dan paling banyak dijual dipasaran. Lebih mudahnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini.

Jenis-Mata-Gerinda-Poles-Besi

Seperti yang bisa kalian lihat ya guys. Bentuknya itu seperti itu ya guys. Kalian pasti tau lah, karena emang umum banget digunakan. Jenis mata gerinda poles besi ini paling sering digunakan untuk menggosok dan memoles bekas lasan agar menjadi halus dan terlihat mana yang berlubang dan mana yang tertutup rapat.

Jadi kalo ketahuan hasil lasannya berlubang, kalian bisa coba untuk mengelas lagi sampai hasil lasan itu tertutup sepenuhnya. Intinya mata gerinda ini dapat mengikis permukaan besi yang tidak rata hingga dapat menjadi halus.

 

2. Mata Gerinda Poles tipe Spons

Kenapa kami sebut spons? karena memang keriting gitu kaya spons buat cuci piring. Hehehe. Tapi bukan berarti materialnya terbuat dari spons lho guys. Material aslinya itu terbuat dari material plastik sintetis buatan yang dinamakan dengan polypropylene.

 

Jenis-Mata-Gerinda-Poles-Besi-tipe-spons-polypropylene

 

Polypropylene sendiri adalah salah satu serat sintetis plastik buatan manusia yang terbuat dari minyak bumi yang mengalami proses tertentu yang kita semua disini ga tau. Hehe. Pokoknya yang tau pabriknya lah.

Terus polypropylene ini adalah material yang dikenal sangat kuat dan bahkan banyak digunakan untuk menjadi tali untuk aplikasi lifting dan tarik.

 

Nah untuk bahan dari mata gerinda ini sendiri, jenis mata gerinda spons / polypropylene ini digunakan untuk mengamplas besi. Mengamplasnya sendiri digunakan untuk menghilangkan karat dan juga menghaluskan permukaan besi. Terkadang juga dapat digunakan untuk membuat pola pada besi stainless steel.

 

3. Mata Gerinda Poles Tipe Amplas

Kenapa kami sebut dengan tipe amplas? karena memang mata gerinda ini dibuat dari tumpukan-tumpak amplas tebal berukuran kecil yang tertata dengan rata. Dan seperti amplas pada umumnya ya. Untuk tingkat kekasaran permukaannya sendiri pun berbeda-beda seperti halnya amplas, Ada amplas halus dan ada amplas kasar.

Jenis-Mata-Gerinda-Poles-Besi-tipe-Amplas

 

Bisa kalian lihat ya temen-temen. Terlihat mata gerinda ini terdiri dari tumpukan amplas kasar yang tertata dengan rapi. Tapi kalian jangan mikirin cara nempelnya kaya gimana ya, karena gw ga bahas sampe kesitu. Hehe.

Sedangkan untuk kegunaannya sendiri, amplas ini bisa digunakan untuk mengamplas dan menghalusnya besi baik stainless dan besi biasa. Tapi bukan hanya itu, amplas ini juga dapat mengikis dan menghaluskan permukaan besi yang telah di las. Jadi kerak lasnya bisa dikikis dan diamplas hingga halus. Kegunaannya hampir sama dengan jenis mata gerinda yang pertama kami jelaskan diatas ya guys.

 

4. Mata Gerinda Poles Tipe Kawat / Wire

Jenis mata gerinda poles yang satu ini dibuat dari kumpulan kawat-kawat baja yang berukuran sangat tipis ataupun agak tebal. Untuk ukuran kawat baja yang sangat tipis, mata gerinda ini berbentuk seperti rambut. Tetapi untuk kawat baja yang lebih tebal, biasanya dibentuk dengan diplintir atau dipilin menjadi satu bentuk dan digabungkan menjadi satu kesatuan.

Berikut adalah contoh dari mata gerinda poles tipe kawat / wire :

Jenis-Mata-Gerinda-Poles-Besi-tipe-Wire-Kawat

 

Bisa kalian lihat ya guys. Untuk kawat baja ukuran tipis akan dibentuk seperti rambut yang ada digambar bagian kanan. Sedangkan untuk kawat baja berukuran agak tebal diplintir atau dipilin menjadi satu kesatuan yang digabungkan menjadi satu bentuk mata gerinda.

 

 

JENIS MATA GERINDA POLES BATU

Oke lanjut pada pembahasan 5 jenis mata gerinda poles selanjutnya. Seperti yang sudah kami jelaskan ya. Ada 2 macam permukaan yang dapat dihaluskan dengan mata gerinda. Dan jenis permukaan yang kedua yaitu permukaan batu.

Karena sifat batu ini kasar dan juga keras. Maka dibutuhkan mata gerinda khusus yang juga memiliki permukaan yang kasar dan keras. Jadi saat kedua benda ini bersinggungan maka yang terjadi permukaan batu akan menjadi halus.

 

Untuk itulah mata gerinda ini dibuat dengan permukaan yang kasar dan keras. Maksudnya agar dapat menghaluskan permukaan batu itu tadi. Dan bukan hanya batu ya guys. Mata gerinda ini juga dapat digunakan untuk menggosok permukaan beton, keramik marmer dan juga granit. Bener-bener tangguh pokoknya.

Untuk melihat contoh gambar dari mata gerinda jenis ini, kalian bisa melihat pada gambar dibawah ini ya guys.

Jenis-Mata-Gerinda-Poles-Batu-Keramik-Marmer-Granit

 

Terlihat pada bagian permukaannya. Jenis mata gerinda ini memiliki beberapa bagian yang menonjol dengan masing-masing tonjolan itu memiliki permukaan yang kasar dan keras. Tapi kami kurang mengetahui material apa yang terkandung dari tonjolan tersebut. Jika dilihat sekilas sih, tonjolan itu dibuat dari material besi yang difinishing agak kasar.

Tapi kami kurang tau pasti kandungan utama yang lebih spesifik yang terkandung didalamnya.

 

Okeee.. jadi udah pada paham dong tentang 5 jenis mata gerinda poles yang udah kami jelaskan diatas. Untuk artikel selanjutnya, kami akan coba untuk membahas tentang jenis mata gerinda potong nih guys. Karena emang gerinda sendiri fungsi utamanya adalah untuk memotong dan memoles. Jadi ada yang namanya mata gerinda potong dan mata gerinda poles temen-temen.

 

ARTIKEL SELANJUTNYA

Nah biar artikel dari kami makin lengkap, jadi ada baiknya kami juga harus membahas tentang jenis mata gerinda potong nih di artikel kami yang selanjutnya.

 

Jadi tetap pantengin terus blog tehniq.com kami yang paling lengkap dan informatif ini ya temen-temen.

 

Oia. Dan satu lagi nih. Setelah artikel ini kami buat, kami juga akan melakukan beberapa pengujian dengan menggunakan mata gerinda nih guys. Jadi nanti kami akan coba untuk melakukan comparing atau perbandingan antara satu merk mata gerinda dengan merk mata gerinda yang lain.

Tentunya seru banget ya. Dengan informasi ini kalian akan bisa melihat kualitas dari masing-masing merk mata gerinda yang akan kami uji nantinya guys.

 

Penasaran ga sama videonya?

 

Kalo kalian penasaran dan pengen nonton videonya, langsung aja pantengin videonya di channel youtube kami dibawah ini guys.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe biar kalian bisa tau notifikasi dari video-video terbaru kami. Dan jangan lupa buat like dan share ya guys agar kami bisa terus memberikan informasi buat kalian semua.

Yaw dah kalo gitu cukup sekian artikel 5 jenis mata gerinda poles ini. Sampai disini dulu temen-temen. Salam..!!

 

2 thoughts on “5 JENIS MATA GERINDA POLES

  1. Pingback: 4 Jenis Mata Gerinda Potong - Blog Tehniq.com

  2. Pingback: Memilih dan Menggunakan Mata Gerinda Dengan Benar - Blog Tehniq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *