Thumbnail-4-Jenis-Mata-Gerinda-Potong

4 JENIS MATA GERINDA POTONG

By: Yudha Yudha
02 Aug 2019

Halo temen-temen sobat tehniq setanah air. Balik lagi nih di blog kami blog tehniq.com. Seperti yang udah kami janjikan pada kalian semua ya, bahwa kami akan menulis artikel tentang 4 jenis mata gerinda potong setelah kami menulis jenis mata gerinda poles sebelumnya. Kalo kalian belum baca artikel sebelumnya, kalian bisa klik pada link dibawah ini ya untuk membaca artikel kami sebelumnya tentang 5 jenis mata gerinda poles.

>> Artikel 5 Jenis Mata Gerinda Poles <<

 

Gimana udah pada baca belum? kalo udah baca, berarti kita bisa mulai untuk membahas 4 jenis mata gerinda potong ini ya guys. Agar kalian bisa lebih memahami karakteristik dari masing-masing jenis mata gerinda yang ada.

 

4 JENIS MATA GERINDA POTONG

Jika mata gerinda poles itu memiliki 5 jenis yang berbeda, maka untuk mata gerinda potong ini memiliki 4 jenis yang berbeda guys. Jadi tentunya setelah membaca artikel ini kami berharap kalian bisa membedakan dan menggunakan mata gerinda potong dengan benar dan bijak ya.

 

Seperti biasa, sebelum kami membahas tentang 4 jenis mata gerinda potong. Terlebih dahulu kami akan jelaskan apa aja sih objek potong yang bisa dikerjakan dengan menggunakan mesin gerinda ini? Jadi ada 3 objek potong ya guys yaitu diantaranya :

  1. Besi
  2. Batu & Keramik
  3. Kaca

Mungkin kalian bertanya-tanya,, kayu kan juga objek potong ya. Begini penjelasannya guys. Jadi kayu sendiri memang sebuah objek potong. Tetapi alat potong atau power tools yang digunakan untuk memotong kayu bukanlah gerinda, melainkan circular saw dan mitter saw.

 

Jadi jangan mencampur kegunaan dari masing-masing power tools ya guys. Ditakutkan karena tidak sesuai spesifikasi malah yang ada bisa terjadi kecelakaan kerja pada diri kalian. Tentunya kalian semua ga mau kan sampe kejadian kecelakaan kerja ditempat kalian masing-masing. Jangan sampe lah.. kami doakan semua orang yang bekerja dengan power tools aman-aman aja dah. Amiin

 

JENIS MATA GERINDA POTONG BESI

Langsung aja ya temen-temen, kita masuk pada pembahasan pertama tentang 4 jenis mata gerinda potong ini. Yang pertama akan kami bahas adalah jenis gerinda potong untuk besi ya guys. Karakteristik dari mata gerinda potong besi ini lebih tipis guys daripada jenis mata potong gerinda untuk batu dan keramik.

 

Tapi walaupun tipis, jangan salah lho guys. Justru yang namanya pisau itu semakin tipis kan semakin tajam toh. Hehehe. Jadi gitu lah ya, karena tipisnya mata gerinda potong besi ini, jadi mata potong ini dapat memotong besi dengan presisi dan halus. Kalo kalian pengen tau gambarnya, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis-Mata-Gerinda-Potong-Besi

Bisa kalian lihat ya guys. Terlihat mata gerinda potong besi ini lumayan tipis ya, jadi ya itu tadi. Mata gerinda potong besi ini dapat memotong besi dengan rapi dan halus. Tapi ada kelemahannya nih guys. Kelemahannya tentunya dari sisi tipisnya ini ya. Jadi jika mata potong besi ini digunakan untuk memotong besi yang agak tebal, maka mata potong ini akan cepat aus atau cepat rusak.

 

Untuk itu kalian harus perhatikan penggunaan mata gerinda potong ini juga ya guys. Karena bahaya guys kalo sampe mata gerinda ini patah saat kalian sedang menggunakannya. Jadi jangan pelit buat ganti yang baru ya.

 

 

JENIS MATA GERINDA POTONG BATU

Oke lanjut lagi guys. Kali ini waktunya bahas tentang jenis mata gerinda potong batu ya. Kalo tadi kita udah belajar tentang jenis mata gerinda potong besi yang cuma satu tipe aja. Maka sekarang kita akan membahas 3 jenis mata gerinda potong batu.

 

Kenapa ya kalo buat motong besi cuma satu jenis, tapi kalo batu kok lebih banyak?? gw sih ga tau pasti ya jawabannya. Tapi kalo menurut gw sih karena sifat batu yang keras dan juga jenis batu itu cukup banyak. Jadi masing-masing jenis mata gerinda potong batu ini pasti berfungsi untuk mengatasi beberapa macam jenis batu itu.

Oke langsung aja biar ga terlalu lama basa-basinya. Kita langsung masuk ke tipe mata gerinda potong batu yang pertama yaitu :

 

1. Mata Gerinda Potong Batu Kering & Basah

Yang pertama yaitu mata gerinda potong batu kering dan basah. Maksudnya apa? jadi maksudnya adalah pada saat pemotongan batu, kalian bisa menggunakan air dan bisa juga tidak menggunakan air. Tapi saran kami sih mending kalian pake air.

Kenapa gitu? karena nantinya batu dapat terpotong dengan mudah dan juga hasilnya lebih halus. Dan yang paling penting, saat batu kalian basahi, maka batu akan melunak dan dampaknya adalah mata gerinda potong kalian akan lebih awet dan tidak cepat tumpul. Tau sendiri batu itu keras banget guys, jadi kerasnya batu itu akan dapat membuat mata gerinda potong cepat tumpul jika tidak kalian basahi dulu.

 

Untuk melihat jenis mata gerinda ini, kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini.

Jenis-Mata-Gerinda-Potong-Batu-Kering-dan-Basah

 

Bisa kalian lihat ya guys. Mata potong ini memiliki mata pisau dengan sedikit jarak dibeberapa bagian hingga membentuk seperti kelopak bunga. Jarak yang dibuat itu maksudnya agar batu dapat terpotong dengan cepat, karena dengan adanya jarak itu maka permukaan pisaunya akan lebih kasar dan sedikit memiliki tekanan untuk memotong.

 

 

2. Mata Gerinda Potong Batu Kering

Lanjut pada jenis mata gerinda potong batu yang kedua yaitu jenis pemotong batu kering. Kering disini ya tanpa air guys. Jadi mata potong batu ini bisa digunakan tanpa menggunakan air karena memang bagian mata pisaunya dibuat lebih tajam dibagian depan dan kasar dibagian sisinya.

 

Sedangkan yang membuat batu cepat terpotong adalah dibagian kasarnya. Karena bagian kasar ada bagian sisinya, maka hal itu tidak akan terlalu berpengaruh pada kering atau basahnya jenis pemotongan tersebut.

Kalo kalian mau tau gambarnya, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini guys.

Jenis-Mata-Gerinda-Potong-Batu-Kering

 

Bisa kalian lihat ya guys. Bagian kasarnya adalah dibagian sisi-sisinya. Jadi mata pisau tidak akan cepat tumpul. Cuma bedanya mata potong jenis ini biasanya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan mata pisau yang sebelumnya. Tapi menurut gw sih wajar aja lah ya, kalo mata potong ini lebih flexible dalam penggunaannya ya pastinya lebih memiliki nilai yang plus. Dan hal tersebut pasti akan mempengaruhi harganya juga.

 

 

3. Mata Gerinda Potong Keramik & Kaca

Lanjut pada jenis mata gerinda yang terakhir dari 4 jenis mata gerinda potong ya guys. Untuk mata gerinda yang terakhir ini adalah mata gerinda potong untuk keramik dan untuk kaca. Mata gerinda ini memiliki permukaan pisau yang halus dan utuh tanpa ada jarak pemisah seperti mata gerinda potong batu yang lain.

 

Hal ini dimaksudkan agar hasil potongan dari mata gerinda potong ini lebih halus dan tidak terlalu memberi tekanan pada permukaan keramik dan kaca tersebut. Kenapa demikian?? ya kalian tau sendiri lah ya. Keramik dan kaca itu adalah barang yang mudah pecah, jadi tekanan-tekanan kecil dan besar akan dapat membuat permukaan keramik atau kaca ini bisa retak atau bahkan pecah.

Nah jadi untuk itulah dibuat mata gerinda potong dengan permukaan yang halus tanpa memiliki jarak diantara pisau-pisaunya. Untuk melihat gambar dari jenis mata gerinda potong yang satu ini, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini ya.

Jenis-Mata-Gerinda-Potong-Keramik-dan-Kaca

 

bisa kalian lihat ya guys. Dibagian mata pisaunya itu halus dan bulat sempurna. Jadi pisaunya tidak akan dapat membuat permukaan keramik dan kaca retak bahkan pecah saat dipotong. Dan kalo kalian pengen lebih aman lagi, mending kalian motongnya pake bantuan air ya guys, atau pake cara pemotongan basah istilahnya.

 

Saat kalian menggunakan teknik pemotongan basah, maka permukaan keramik akan jadi lebih lunak dan akan lebih mudah terpotong. Tapi jangan ditekan juga lho motongnya, karena barang yang akan kalian potong adalah barang pecah belah, jadi harus ditangani dengan hati-hati dan penuh dengan kelembutan. Kaya menangani bini dan anak gitu. Hehehehe :p

 

 

Okeee.. gimana guys? udah pada jelas semua dong tentang 4 jenis mata gerinda potong ini. Pesan kami sih cuma satu, gunakan mata gerinda potong sesuai dengan spesifikasi dan kegunaannya. Jangan sampai kalian maksain mata gerinda potong kalian untuk memotong objek yang bukan merupakan spesifikasi potongnya.

 

PENUTUP

Oia. Kalo kalian pengen lihat pengujian beberapa merk jenis mata gerinda untuk melihat performa dari masing-masing merk yang kami uji. Kalian bisa cek di channel youtube kami langsung ya, biar lebih jelas dan mantap. Langsung cek pada link dibawah ini ya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa buat subscribe, like dan share video-video kami ke temen-temen dan saudara kalian ya biar ilmu ini lebih tersebar dan lebih banyak bangsa kita menjadi pribadi yang profesional.

Oke sampai disini dulu guys.. Salam..!!

 


4 responses to “4 JENIS MATA GERINDA POTONG”

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Mohon maaf jika ada kekurangan gan.. Tapi disini kami cuma menjelaskan jenis mata gerinda potong, jadi kegunaannya juga sesuai dengan jenis. Kalo masalah tools untuk memotong kaca mungkin bisa dibahas pada artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *