Thumbnail-Perbedaan-Hasil-Lasan-MIG-dan-TIG

PERBEDAAN HASIL LASAN MESIN LAS MIG DAN TIG

By: Yudha Yudha
31 Jul 2019

Halo sobat tehniq.. Apa kabar kalian semua nih?? semoga pada baik-baik ya. Oke guys.. kali ini gw mau bahas tentang perbedaan hasil lasan Mesin Las MIG dan TIG buat kalian yang belum pada tau ya. Jika kalian punya mesin las MIG dan TIG sendiri dirumah, tentunya akan lebih mudah untuk mengaplikasikan apa yang akan kami uji disini.

 

Disini kami akan coba untuk melihat dimanakah letak perbedaan hasil lasan mesin las MIG dan TIG dengan cara memotong hasil sambungan besi. Dan sambungan besi tersebut tentunya telah kami las dengan menggunakan mesin las MIG dan TIG. Naahh.. setelah besi sambungan tadi dipotong, maka kita akan langsung review hasil lasannya ya guys.

 

Ada beberapa poin yang akan kami nilai pada pengecekan hasil lasan mesin las MIG dan TIG ini. Berikut adalah beberapa poin tersebut :

  • Penetrasi ( Tingkat Kedalaman Las )
  • Ketebalan Arc Welding ( Kerak Las )
  • Kualitas Pengelasan

Jadi ada 3 poin ya guys,, hal-hal yang akan kami jadikan sebagai acuan penilai tentang perbedaan hasil lasan mesin las MIG dan TIG. Dari 3 hal itu nantinya akan dapat kita tentukan perbedaan kedua mesin las ini berbeda jauh atau tidak.

 

PERBEDAAN HASIL LASAN MESIN LAS MIG DAN TIG

Oke langsung pada pembahasan ya guys. Jadi karena kedua mesin las ini menggunakan jenis gas yang berbeda untuk pendukung pengelasannya. Tentunya hasil lasan dari kedua mesin las ini berbeda.

Dimana letak perbedaannya hasil lasan mesin las MIG dan TIG ini? Berikut adalah beberapa poin yang akan kami bahas :

 

PENETRASI

Apa sih penetrasi itu? penetrasi adalah tingkat kedalaman yang bisa dilalui kerak las dari pengelasan mesin las tersebut. Jadi intinya itu saat kita melakukan pengelasan, maka kerak las akan meleleh karena panas dan begitu juga dengan besi yang di las tersebut.

Besi tersebut nantinya juga meleleh sebagian akibat dari pemanasan yang terjadi akibat pengelasan. Nah besi yang meleleh sebagian tersebut akan tertutup langsung dengan kerak las atau arc welding ini, kemudian bersatu sehingga besi dapat tersambung dengan kuat.

Untuk lebih mudahnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini ya guys.

Contoh-Penetrasi-Hasil-Pengelasan

Bisa kalian lihat ya guys. Garis kuning adalah sudut sambungan besi dari masing-masing besi plat tersebut. Dan garis merah adalah penetrasi ( tingkat kedalaman ) yang dibuat mesin las tersebut saat melakukan pengelasan.

Dan bisa kalian lihat juga disitu bahwa penetrasi yang didapatkan cukup dalam, sehingga kami yakin sambungan tersebut pasti kuat.

Tapi gambar diatas masih contoh dari penjelasan tentang penetrasi lho guys.

 

Kalo untuk pengujian pengelasan mesin las MIG dan TIG untuk melihat perbedaan hasil lasan mesin las MIG dan TIG ini, baru akan kami bahas pada poin dibawah ini ya guys.

Disini kami mencoba sebuah percobaan menyambung besi plat yang sama dengan mesin las MIG dan TIG, dan hasilnya adalah sebagai berikut guys.

Perbedaan-Penetrasi-Hasil-Lasan-Mesin-Las-MIG-dan-TIG

 

Bisa kalian lihat ya pada gambar diatas. Untuk perbedaan penetrasi dari mesin las MIG dan TIG, terlihat mesin las MIG lebih unggul karena memiliki penetrasi yang lebih dalam. Sedangkan untuk penetrasi dari mesin las TIG sendiri lebih dangkal tetapi merata.

Kalian bisa lihat sendiri ya guys,, untuk garis kuning adalah sudut besi yang disambung. Sedangkan yang garis merah adalah penetrasi ada kedalaman pengelasan dari hasil lasan kedua mesin las tersebut.

 

Jadi udah jelas ya guys untuk bagian perbedaan hasil lasan mesin las MIG dan TIG pada sisi penetrasi pengelasannya. Semoga kalian udah pada jelas semua ya. Oke kalo gitu, langsung aja kita ke poin selanjutnya yaitu Ketebalan Arc Welding.

 

 

KETEBALAN ARC WELDING

Lanjut ya, pada poin selanjutnya untuk mengetahui perbedaan hasil lasan mesin las MIG dan TIG. Maka kita harus melihat dari sisi ketebalan arc welding dari masing-masing mesin las tersebut.

Untuk melihat ketebalan dari hasil pengelasan kedua mesin las ini, tentunya kalian harus membandingkannya dengan cara mengelas langsung pada objek lasnya ya guys.

 

Tapi bagi kalian yang ga punya atau pengen tau hasilnya lewat blog tehniq.com ini. Berikut kami berikan gambar hasil lasan dari kedua mesin las yang berbeda ini.

Perbedaan-Ketebalan-Hasil-Lasan-Mesin-Las-MIG-dan-TIG

 

Bisa kalian lihat ya guys. Untuk hasil lasan dari mesin las MIG terlihat lebih lebar dan tebal. Sedangkan untuk mesin las TIG, hasil lasannya lebih ramping tetapi sama-sama padat.

 

Jadi untuk penggunaannya sendiri tergantung dari kebutuhan kalian ya guys. Kalian butuh untuk aplikasi apa? kalo kalian ingin membuat peralatan yang bersih dan halus, tentunya kalian harus menggunakan mesin las TIG ya.

Tapi bagi kalian yang mementingkan ketebalan agar peralatan yang anda buat terlihat kokoh, maka kalian membutuhkan yang namanya mesin las MIG ini guys.

 

Gimana? Udah jelas belum nih? udah lah ya pastinya, simple banget soalnya masalah ketebalan ini. Oke lanjut ke poin ketiga yaitu kualitas pengelasan atau tampilan dari hasil lasan keduanya saat dilakukan pengelasan yang baik dengan settingan mesin yang pas.

 

 

KUALITAS PENGELASAN

Oke yang terakhir yang akan kami nilai adalah dari sisi kualitas pengelasan dari kedua mesin las ini ya guys. Tapi perlu dicatat ya, maksud dari kualitas ini bukan bagus dan jelek ya. Tapi lebih kearah tampilannya visualnya.

Dan pada percobaan kali ini, settingan mesin las harus di setting pada settingan yang benar-benar pas agar menghasilkan hasil lasan yang bagus.

 

Penasaran ga dengan hasilnya?? nah berikut ini adalah contoh dari hasil lasan mesin las MIG dan TIG, agar kalian bisa melihat perbedaan hasil lasan mesin las MIG dan TIG ini guys.

Hasil-Lasan-MIG

 

Hasil-Lasan-TIG

 

 

Gimana guys menurut kalian setelah melihat kedua perbedaan kualitas atau tampilan hasil lasan dari kedua mesin las MIG dan TIG ini?

 

Karena welder yang satu ini adalah welder kelas dunia, jadi kedua hasil lasannya sangat rapi dan bagus ya. Tapi kalo menurut kami, untuk kualitas pengelasan dari mesin las TIG ini terlihat lebih rapat, ramping, padat dan rapi. Jadi ngelihatnya itu kelihatan cakep banget dah. Demen banget gw ngeliatnya. Hehe

Dan untuk hasil lasan dari mesin las MIG ini lebih terlihat kasar, lebar tetapi padat. Jadi kalo menurut kalian gimana nih?

 

Tapi perlu diingat lagi ya guys.. Walaupun berbeda hasilnya, tapi kekuatan dari masing-masing hasil lasan mesin las tersebut sama-sama kuat kok. Jadi kalian ga perlu khawatir dan bingung mau milih yang mana.

Jadi balik lagi ke kebutuhan kalian di Lapangan. Kalian mau ngelas apa? kalo ngelas benda-benda yang membutuhkan kehalusan dan kerapian ya gunakan aja mesin las TIG. Tapi kalo aplikasi yang kalian butuhkan itu membutuhkan hasil lasan yang lebar dan kokoh, kalian kudu pake mesin las MIG

 

 

Naahhh.. udah kelar nih artikel tentang perbedaan hasil lasan mesin las MIG dan TIG ini. Gimana menurut kalian semua? semoga bermanfaat ya tentunya.

Dan bagi kalian yang suka nonton videonya langsung untuk melihat hasil lasan mesin las mesin las dengan merk dan tipe yang lain. Kalian bisa langsung kunjungi channel youtube kami nih guys. Langsung aja klik link dibawah ini ya untuk melihat channel youtube kami :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Dan jangan lupa buat subscribe, like dan share channel dan video-video kami guys untuk mensupport atau mendukung apa yang kami lakukan ini. Jadi kedepannya kami akan membuat konten-konten yang menarik dan informatif buat kalian semua.

Oke sampai disini ya perjumpaan kita,, salam..!!


4 responses to “PERBEDAAN HASIL LASAN MESIN LAS MIG DAN TIG”

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk merk bagus atau tidaknya semua relatif sama pak.
      Karena bagus tidaknya sebuah produk itu kembali pada kebutuhan bapak sendiri.
      Kalo kebutuhan berat kami sarankan beli mesin las TIG dengan ukuran 200 keatas.
      Tapi jika ringan hingga menengah, bapak bisa menggunakan mesin las TIG dengan ukuran dibawah 200 Ampere.

      Saran kami dalam membeli mesin las, perhatikan lokasi service centernya pak. Cari perusahaan yang lokasi service centernya jelas dan tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menandakan perusahaan tersebut adalah perusahaan besar yang notabene perusahaan besar memiliki kualitas produk yang bagus.

      Semoga menjawab pertanyaan bapak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *