CARA CUCI MOBIL MOTOR YANG BENAR

By | February 21, 2019

Halo Guys..!! gimana nih kabarnya? semoga kalian semua sehat dan waras ya.. hehe.. Oke guys. Kali ini kami ingin membahas cara cuci mobil motor yang benar. Jadi sudah bener belum sih kalian nyuci mobil atau motor kalian dirumah? Tentunya kalian ga tau ya kalo belum baca artikel ini. Tapi mungkin kalian sudah ada yang tau karena kalian sudah pernah baca artikel seperti ini atau emang udah tau. hehe.. Jadi ceritanya artikel ini kami buat untuk kalian yang belum tau cara cuci mobil motor yang benar.

 

Mungkin banyak sekali terutama bagi kalian yang hidup dirumah sendiri baik rumah kalian sendiri atau kalian masih ikut orang tua dirumah sendiri. Karena kebanyakan orang-orang yang ngekost atau ngontrak ini suka cuci steam diluar atau pake jasa orang lain. Bukan karena faktor males ya guys.. tapi biasanya karena ga adanya parkiran di kost kalian atau kontrakan kalian. Terus faktor ga adanya air pancuran di depan, karena kalian tinggal di kamar. Dan faktor-faktor lain yang membuat kalian ga bisa nyuci ditempat kalian sendiri ( kost atau kontrakan ).

 

Oke bagi kalian yang suka nyuci mobil dan motor kalian sendiri dirumah, semoga tips tentang cara cuci mobil motor yang benar ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Jadi hal-hal apa aja yang sih perlu kalian perhatikan untuk mencuci mobil atau motor kalian dengan benar. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat mencuci motor dan mobil yaitu diantaranya adalah :

  • Waktu kalian mencuci
  • Jenis Sabun yang digunakan
  • Jenis dan jumlah lap / kain yang anda gunakan
  • Cara mencuci dan menggosok bagian kendaraannya

CARA CUCI MOBIL MOTOR YANG BENAR

Seperti yang sudah anda baca bahwa ada 4 hal yang perlu kalian perhatikan saat mencuci motor dan mobil ini, agar nantinya cat mobil atau motor anda tidak cepat kusam ataupun lecet. Karena tentunya sangat disayangkan jika mobil atau motor yang anda miliki ini warnanya jadi kusam dalam waktu yang singkat. Jadi apa aja sih tips yang perlu kalian ketahui tentang cara cuci mobil motor yang benar. Beberapa poin ini akan menjelaskan tentang tips tersebut :

  • Jangan mencuci mobil dibawah terik sinar matahari.
  • Jangan menggunakan sabun cuci piring sebagai sabunnya.
  • Jangan langsung menggosok permukaan ( Basahi terlebih dahulu ).
  • Jangan menggunakan lap kasar.
  • Jangan mulai mencuci dari bagian yang kotor.
  • Jangan menggunakan satu lap saja.

 

Jadi keenam hal tersebut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan tentunya kami terapin ya untuk cara mencuci mobil motor yang benar ini. Tapi sebelum itu kami ingin menjelaskan kenapa sih kalian perlu ngelakuin hal itu. Tentunya keenam poin tersebut memiliki maksud dan tujuan. Jadi pada poin-poin dibawah ini, kami akan coba untuk menjelaskannya.

Cara-Cuci-Mobil-Motor-yang-Benar

 

Hal yang pertama yaitu jangan mencuci mobil dibawah terik sinar matahari. Maksud dan tujuan dari perlunya kalian melakukan hal ini yaitu karena saat kalian mencuci dibawah terik sinar matahari, permukaan motor atau mobil kalian yang seharusnya basah karena air dan sabun akan cepat kering. Dan permukaan yang terkena sabun jika mengering akan membuat cat menjadi cepat kusam dan bernoda.

 

Dan hal yang kedua yang perlu kalian ketahui adalah jangan menggunakan sabun cuci piring sebagai sabunnya. Kami tidak menyebutkan merk ya guys.. tapi hal ini berlaku untuk semua merk jenis sabun cuci. Jadi kenapa ga boleh nyuci pake sabun cuci sebagai sabunnya? Jawabannya adalah karena sabun cuci piring mengandung bahan kimia yang dapat mengikis permukaan cat kendaraan anda. Mungkin kalian ga sadar, tapi dapat dipastikan lama kelamaan cat kendaraan anda akan cepat kusam dan tipis.

CARA CUCI MOBIL MOTOR YANG BENAR

Lanjut pada poin yang ketiga yaitu jangan langsung menggosok permukaan. Jadi basahi terlebih dahulu permukaan body kendaraan anda, kemudian berikan sabun barulah waktunya untuk menggosok. Hal ini dimaksudkan agar melindungi permukaan cat dari gesekan langsung antara permukaan dan lap yang menyebabkan lecetnya cat kendaraan anda.

 

Untuk poin yang keempat yaitu jangan menggunakan lap kasar. Hal ini juga fungsinya sama dengan poin sebelumnya yaitu untuk menghindari permukaan cat yang lecet akibat gesekan langsung dengan lap kasar tersebut.

 

Poin yang kelima juga memiliki maksud dan tujuan yang sama, yaitu untuk menghindari gesekan langsung. Tetapi bedanya gesekan langsung terjadi akibat menempelnya kotoran pada lap bersih kalian. Sehingga saat kalian coba untuk mengelap bagian yang bersih, kotoran yang sudah menempel pada lap bisa menggores permukaan cat.

Cara-Cuci-Mobil-Motor-yang-Benar-2

 

Finally, untuk poin yang terakhir yaitu jangan menggunakan satu lap saja. Maksudnya adalah agar kalian dapat membedakan lap mana yang untuk menggosok permukaan body dan lap mana yang digunakan untuk menggosok bagian bawah ( mesin, rangka, dan lain-lain ). Kenapa demikian? karena bagian bawah kendaraan itu mengandung oli dan juga debu-debu kasar yang dapat merusak permukaan cat anda jika anda menggunakan satu lap saja.

 

CUCI MOBIL MOTOR YANG BENAR PAKE HPC

Jadi gimana nih guys? udah jelas ya semua. Kalo kalian ngerasa ngelakuin salah satu atau bahkan semua poin yang sudah kami jelaskan diatas, mending langsung diganti lah caranya. Bukan apa-apa, cuma agar kendaraan kalian tetep kinclong dan awet cat permukaanya. Dan satu lagi nih, kalo kalian pengen mencuci kendaraan kalian dengan mudah, kalian bisa gunain yang namanya HPC ( High Pressure Cleaner ). Kalian bisa liat-liat katalog HPC di website kami atau kalian bisa langsung beli. Silahkan kunjungi link dibawah ini untuk katalog HPC kami yang lengkap.

HIGH PRESSURE CLEANER

 

Dan bagi kalian yang suka nonton youtube dan lagi cari-cari informasi bermanfaat seputar alat-alat teknik dan perkakas kebutuhan kalian. Kalian bisa langsung mampir ke channel youtube kami nih guys di TEHNIQ.com. Channel youtube kami adalah channel youtube yang sangat bermanfaat karena memberikan informasi penting buat kalian semua. Jangan lupa subscribe dan share ya guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *