UKURAN AMPLAS DAN MASING-MASING KEGUNAANNYA

By | July 30, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya. Gimana nih kabarnya kalian semua?? semoga pada baik aja ya guys, apalagi di masa pandemi gini kalian harus banyak minum vitamin. Oke itu tadi sedikit wejangan dari gw ya tentang kesehatan. Hehehe.. Jadi kali ini kami mau bahas tentang ukuran amplas dan masing-masing kegunaannya.

 

Mungkin kalian suka ngeliat amplas itu ada yang alus, setengah alus, setengah kasar, kasar dan lain-lain lah. Nah tapi kalian tau ga sebenarnya itu masing-masing amplas punya ukuran lho. Dan masing-masing ukurannya itu seharusnya memiliki kegunaannya masing-masing untuk media yang diamplasnya.

 

Jadi ukuran itu menandakan tingkat kekasaran dari amplas itu sendiri. Naahh penasaran ga masing-masing kegunaan dari ukuran amplas yang bervariasi tadi?? kalo ga penasaran ya gpp sih,, tinggal pencet tanda silang buat close windows T_T.

 

Dan bagi yang penasaran langsung aja ya cekidot beberapa penjelasan kami dibawah ini.

 

 

UKURAN AMPLAS DAN MASING-MASING KEGUNAANNYA

Jadi ada 10 ukuran amplas tangan yang perlu kalian ketahui ya guys. Ukuran amplas tersebut ditulis dengan angka-angka tertentu. Dan berikut ini adalah beberapa variasi ukuran amplas tangan tersebut :

  1. P40
  2. P60
  3. P80
  4. P100
  5. P120
  6. P180
  7. P240
  8. P320
  9. P400
  10. P800

 

Bisa kalian lihat ya guys, ada 10 ukuran dari amplas tangan itu sendiri. Dan masing-masing ukuran amplas tersebut akan kami jelaskan kegunaannya pada beberapa poin dibawah ini.

 

Ukuran-Amplas-dan-Masing-masing-Kegunaannya

 

Ukuran-Amplas-dan-Kegunaannya

 

UKURAN AMPLAS P40 – P60

Karena tingkat permukaan yang paling kasar, jadi amplas tangan tipe P40 – P60 bisa digunakan untuk kayu dengan permukaan yang kasar. Bisa juga untuk menghilangkan cat yang masih menempel dan membandel pada permukaan kayu. Tapi ga bisa buat ngamplas anak-anak yang membandel ya,, itu kudu dinasehatin sendiri-sendiri ama orang tuanya.. hehe

 

 

UKURAN AMPLAS P80

Ukuran amplas yang kedua yaitu P80 yang fungsinya lebih untuk kayu-kayu yang keras. Kayu-kayu keras yang dimaksud disini adalah kayu-kayu yang banyak dikerjakan oleh para pengrajin kayu seperti contohnya kayu meranti, kamper, dan lain-lain.

 

Selain itu ukuran amplas P80 ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki permukaan atau menghaluskan permukaan yang tergores. Contohnya tergores dengan paku, gergaji dan semacamnya. Tapi jika kalian merasa goresannya terlalu dalam, mungkin kalian bisa menggunakan cara lain seperti dempul.

 

 

UKURAN AMPLAS P100 – P120

Untuk ukuran amplas P100 – P120 sangat cocok digunakan untuk proses menghaluskan permukaan setelah diamplas dengan menggunakan amplas P80 sebelumnya. Dan biasanya setelah anda melakukan penghalusan menggunakan amplas ukuran ini, berarti kayu sudah siap untuk dilakukan pengecatan.

 

Tetapi jika kalian masih merasa kayu tersebut belum terlalu halus untuk dilakukan pengecatan, maka kalian dapat menggunakan ukuran amplas selanjutnya yaitu P180.

 

 

UKURAN AMPLAS P180

Selanjutnya adalah ukuran amplas P180 yang sudah kami jelaskan diatas ya. Jadi fungsinya untuk menghaluskan permukaan agar lebih halus lagi agar dapat segera di lakukan finishing pengecatan. Selain itu amplas ukuran ini juga dapat kalian gunakan untuk menghaluskan permukaan kayu yang memiliki serat-serat kecil yang keluar dari permukaannya.

 

Karena ukuran kayu yang sudah pas dan tidak perlu dilakukan banyak perubahan, maka kalian hanya perlu melakukan finishing kecil saja. Nah amplas ini adalah ukuran yang cocok untuk melakukan hal tersebut.

 

 

UKURAN AMPLAS P240

Amplas dengan ukuran P240 ini sangat cocok untuk melakukan finishing yang lebih halus, sehingga tidak perlu dilakukan pengecatan untuk menutup serat kayunya. Karena dengan amplas ini, kalian akan mendapatkan permukaan yang sangat halus tanpa menghilangkan corak dan serat kayunya.

 

Biasanya setelah melakukan finishing dengan amplas ukuran P240 ini, kalian bisa langsung melindungi lapisan kayunya dengan lapisan minyak. Atau biasa kita sebut dengan oil finishing atau finishing minyak, sehingga tekstur kayunya akan terlihat lebih padat dan jelas.

 

 

UKURAN AMPLAS P320

Selanjutnya yaitu ukuran amplas P320 dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu setelah anda melakukan pengamplasan menggunakan P240 sebelumnya. Karena sebagian kayu dan sebagian project butuh penghalusan kayu yang lebih lagi agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Dan sama seperti P240 ya,, finishing yang biasa dilakukan setelahnya yaitu finishing minyak dan juga bisa di vernis. Karena emang sama-sama finishing tekstur kayu ya minyak dan vernis ini.

 

 

UKURAN AMPLAS P400

Ukuran amplas P400 agak jarang dipake ya guys, karena ini level kehalusannya setingkat lebih halus ketimbang amplas P320. Dan kebanyakan wood worker atau pengrajin kayu hanya membutuhkan P320 saja untuk menyelesaikan pekerjaannya.

 

Jadi ukuran amplas ini hanya difokuskan untuk menghaluskan lapisan poliuretan. Poliuretan sendiri adalah zat polymeric material yang mengandung urethane, hasil reaksi dari polyol dengan isocyanate yang berbentuk cairan yang tentunya kalian semua udah pada tau ya.

 

 

UKURAN AMPLAS P800

Amplas yang terakhir adalah ukuran P800 yang sangat cocok digunakan untuk finishing terakhir pada kayu-kayu yang rentan rusak atau patah. Biasanya yang ukuran kecil atau tipis. Nah butuh amplas halus yang tidak merusak bentuk tetapi tetap dapat menghaluskan permukaannya.

 

Bukan berarti kali bebas amplas ya. Rusak mah tetep aja bisa rusak kalo kalian kasar. Harus halus dan lembut dan gimana caranya lah ga rusak tuh kayu yang kalian amplas.

 

Jadi gitu lah ya beberapa ukuran amplas dan masing-masing kegunaannya yang perlu kalian ketahui ya. Terutama nih kalian para pemula yang ingin masuk ke dunia perkayuan. Tentunya finishing dengan amplas ini adalah informasi yang sangat berguna buat kalian.

 

Untuk itu pelajarilah ukuran amplas dan masing-masing kegunaannya ini dengan serius kalo memang kalian pengen serius di bidang perkayuan ini guys. Karena hasil pekerjaan kalian nantinya akan sangat berpengaruh dari finishing akhir kalian sendiri.

 

Okelah yaw dah kalo gitu.. smoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *