TUTORIAL MENGELAS MIG UNTUK PEMULA

By | July 19, 2019

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia, khususnya welder yang masih pemula ya. Mungkin saat ini kalian sedang mencari informasi tentang tutorial mengelas dengan mesin las MIG ya guys. Kebetulan banget nih guys,, karena pada artikel ini kami mau memberikan informasi kepada kalian tentang tutorial mengelas MIG untuk pemula. Dan kami berharap dengan adanya tutorial ini, kalian bisa selevel lebih tinggi dibandingkan dengan level mengelas kalian ya.

 

Karena ini merupakan pembelajaran mengelas MIG yang lebih kearah teknik, maka tentunya kalian emang kudu bisa selevel lebih tinggi. Atau bahkan berlevel-level lebih tinggi dong guys. Semangat ya buat belajarnya guys..!!

 

TUTORIAL MENGELAS MIG UNTUK PEMULA

Oke langsung aja ya masuk ke pembahasan utama tentang tutorial mengelas MIG untuk pemula. Jadi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan pada tutorial ini ya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memulai melakukan pengelasan dengan mesin las kalian :

  • Kebersihan objek las yang akan anda las. Jadi besi yang mau di las harus dibersihkan dulu ya guys, karena apapun itu baik karat, oli debu akan dapat mempengaruhi kualitas pengelasan kalian..
  • Settingan tekanan gas CO2 yang keluar harus antara 20 sampai 30 kubik. Kalian bisa lihat di alat pengukurnya kok, gampang banget pokoknya.

Tutorial-Mengelas-MIG-untuk-Pemula-dalam-mengatur-tekanan-CO2-yang-keluar

 

  • Atur kecepatan wire atau kawat lasnya. Semua mesin las MIG pasti punya pengaturan untuk kecepatan putaran kawat lasnya. Biasanya speed kawat las ini ditulis dari angka 1 sampai 10. Semakin tipis besi yang kalian las, maka semakin pelan juga kalian harus mensetting wire speednya.

Tutorial-Mengelas-MIG-untuk-Pemula-dalam-mengatur-wire-speed

 

Jadi ada 3 hal yang perlu kalian perhatikan ya sebelum kalian melakukan pengelasan. Pada tahap ini tentunya masih mudah untuk dimengerti ya guys, jadi kami anggap disini kalian udah mengerti penjelasan kami.

Tapi jika ada yang masih mengganjal dan mau ditanyakan, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar agar nanti kami coba bantu jawab.

 

TUTORIAL POSISI MENGELAS MIG

Oke lanjut pada pembahasan utama ya untuk tutorial mengelas MIG untuk pemula. Hal pertama yang harus kalian pelajari aja posisi mengelas kalian. Maksud posisi dalam hal ini adalah posisi obor las anda saat menempel di objek las.

 

Kenapa kita harus mempelajari posisi mengelas? karena tiap sudut obor yang kita terapkan saat mengelas akan mempengaruhi penetrasi atau tingkat kedalaman kawat las hingga dapat masuk dan bersatu dengan besi.

Maksudnya adalah dengan mendapatkan penetrasi yang dalam, maka besi yang disambung akan dapat tersambung dengan kuat. Sedangkan saat penetrasi las yang kalian dapatkan itu kurang dalam, maka yang terjadi sambungan las kalian akan lemah dan bahkan mudah patah.

 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Penetrasi-Kawat-las-saat-mengelas

Bisa kalian lihat sendiri ya guys dari hasil pengelasan yang sudah dipotong dan dibersihkan. Terlihat arc welding atau hasil lasan diatas berpenetrasi hingga masuk kedalam besi. Hal inilah yang dapat menilai kuat dan tidaknya hasil lasan seseorang.

 

Oke lanjut pada penjelasan posisi mengelas ya,, penetrasi tadi hanya sebagai penjelasan tambahan buat kalian. Untuk posisi mengelas yang perlu kalian ketahui itu kuncinya ada pada :

  • Ketebalan besi yang akan kalian las
  • Sudut yang bagaimana yang akan kalian las.

 

KETEBALAN BESI YANG AKAN KALIAN LAS

Ayok kita bahas penjelasannya satu persatu. Yang pertama tentang ketebalan besi ya guys. Karena besi tipis mudah berlubang, jadi kalian harus lebih menjaga jarak saat melakukan pengelasan. Buat ujung kawat las agak menjauh dari objek sekitar 3 – 4 mm. Dan buat sudut sekitar 10 – 15 derajat saat melakukan pengelasan.

Sudut-Las-besi-Tipis

Hal ini dilakukan agar penetrasi yang didapat tidak terlalu dalam, sehingga malah dapat melubangi besi tersebut.

 

Sedangkan untuk besi yang lebih tebal, kalian harus mengelasnya lebih dalam atau lebih menempel sekitar 1 – 3 mm ( jarang ujung kawat dengan besi ).

Sudut-Las-besi-Tebal

Oia.. sebagai note aja ya.. sudut diatas hanya diterapkan untuk pengelasan bidang lurus.

 

SUDUT BESI YANG BAGAIMANA YANG AKAN KALIAN LAS

Selanjutnya yang perlu kita perhatikan adalah kita mau menyambung dengan sambungan yang bagaimana. Atau sudut besi yang bagaimana? Mungkin kalian bingung ya dengan yang kami maksud. Jadi ayok kita sama-sama lihat beberapa tipe sambungan pengelasan yang perlu kalian ketahui.

Jenis-Sambungan-Las

 

Jadi jika sebelumnya kami memberikan informasi tentang sudut pengelasan lurus, maka kali ini sudut pengelasan dari beberapa jenis sambungan las diatas.

 

Yang pertama adalah untuk Jenis pengelasan tipe T dan LAP, kalian harus mengubah sudut pengelasan kalian lebih miring yaitu 50 derajat. Untuk lebih jelasnya bisa kalian pada gambar dibawah ini.

Sudut-Pengelasan-T-dan-LAP

 

Dan untuk jenis pengelasan tipe Edge, Butt dan Corner bisa kalian lebih tegakkan lagi seperti mengelas pada bidang datar yang sudah kami jelaskan di poin atas tentang sudut pengelasan di bidang datar. Berikut adalah contoh pengelasan pada jenis sambungan las CORNER.

Sudut-Pengelasan-Butt-Edge-dan-Corner

 

Oke guys.. sampai sini udah jelas belum?? kalo ada yang belum jelas atau ada yang mau ditanyakan. Kalian bisa tulis di kolom komentar ya, biar nanti bisa kami bantu jawab.

 

TEKNIK MENGELAS MIG

Lanjut pada pembahasan kita yang terakhir ya guys.. Jadi pembahasan ini itu bisa disebut dengan klimaksnya nih guys. Jadi disini akan dapat menentukan ukurin las kalian bisa rapi dan rata atau tidak.

 

Karena pada tutorial mengelas MIG untuk pemula dibagian ini akan menentukan nilai dan kelebihan yang kalian miliki nantinya. Maksudnya adalah dengan calon customer anda melihat hasil lasan anda yang rapi, tentunya mereka akan memberikan nilai lebih pada anda dengan kepercayaan dan juga harapan yang tinggi. Sehingga nantinya mereka akan deal dan setuju dengan anda untuk dapat mengerjakan proyek yang diinginkannya.

 

Selain itu kalian juga bisa pasang harga lebih tinggi dibandingkan dengan tukang las atau tempat las lainnya, karena kelebihan yang kalian miliki itu.

Oke langsung aja ya,, untuk teknik pengelasan pada mesin las MIG ini ada 3 ya. Teknik ini adalah teknik umum yang dilakukan oleh para pengelas profesional.

  1. Spiral
  2. Zig-Zag
  3. Segitiga

 

TEKNIK PENGELASAN SPIRAL

Untuk teknik pengelasan spiral ini bisa kalian lakukan dengan membuat alur putaran dengan waktu yang konsisten. Tingkat kesulitan dari teknik pengelasan ini bisa dibilang sedang atau menengah ya guys. Karena kita harus menyesuaikan waktu jeda saat memutar obor las kita untuk mendapatkan hasil lasan yang konsisten.

Untuk melihat caranya atau tekniknya, kalian bisa melihat gambar dibawah ini :

Teknik-Pengelasan-Spiral

Jeda waktu pengelasan tidak bisa kami jelaskan dengan kata-kata ya guys, karena ini menyangkut feeling kalian masing-masing. Kalo kami gambarkan sih bisa pake acuan nafas kita ya,, jadi buat nafas yang teratur dan ikuti dengan alur pengelasan ini.

 

TEKNIK PENGELASAN ZIG-ZAG

Yang kedua adalah teknik pengelasan zig-zag ya guys. Teknik pengelasan ini adalah teknik yang paling umum digunakan para welder pemula, karena memang tingkat kesulitannya juga rendah. Selain itu kita lebih mudah mengatur jeda waktu pindah saat pengelasannya, sehingga kita lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang konsisten.

Untuk melihat caranya atau tekniknya, kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini ya guys :

Teknik-Pengelasan-Zig-Zag

Jeda waktu pindah pada pengelasan ini jika kami coba jelaskan itu bisa kalian lakukan dengan menghitung satu dua satu dua secara konsisten. Jadi kalian ga perlu mengatur nafas kalian untuk melakukan pengelasan dengan teknik ini. Melainkan hanya cukup dengan menghitung dengan konsisten.

Tapi tetep terserah kalian ya mau pake nafas atau hitungan. Kami hanya menyarankan dengan cara kami saja guys.

 

TEKNIK PENGELASAN SEGITIGA

Oke masuk ke pembahasan tentang tutorial mengelas MIG untuk pemula bagian yang paling akhir nih. Jadi ada yang namanya teknik pengelasan segitiga. Teknik ini menggunakan sudut segitiga dalam pengelasannya. Dan karena menggunakan sudut, jadi tingkat pengelasannya pun lebih sulit jika dibandingkan dengan teknik-teknik sebelumnya.

 

Kenapa?? karena segitiga memiliki 3 titik, jadi kalian harus menghitung 3 kali untuk mendapatkan hasil las yang konsisten. Berbeda dari teknik sebelumnya yang hanya menghitung 1 & 2 saja seperti yang sudah kami jelaskan pada poin sebelumnya.

Untuk melihat gambar alur teknik pengelasan ini, kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini :

Teknik-Pengelasan-Segitiga

Karena menggunakan 3 titik, kalian tidak boleh memberikan jeda waktu terlalu lama ya guys, karena nanti hasilnya malah akan luber. Gunakan waktu tidak lebih dari satu detik untuk memindahkan masing-masing titiknya. Paling tidak 0.5 atau 0.8 detik,, pokoknya jangan lama-lama karena itu kudu pake feeling. Ga bisa dijelaskan dengan pasti.

 

Okeeee.. Cukup sekian ya tutorial mengelas MIG untuk pemula ini,, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian. Oia. Bagi kalian yang ada request pada kami untuk membuat materi artikel tertentu, langsung tulis aja di kolom komen ya guys.

 

Nanti kami coba pikir-pikir apakah kami sudah punya pengetahuan tentang itu atau tidak. Dan sekedar informasi saja, judul artikel ini kami buat karena adanya masukan dari bapak Sigit yang sempat menulis di kolom komentar. Beliau meminta agar dibuatkan langkah-langkah mengelas.

 

Untuk pertama kalinya kami buat artikel tentang tutorial mengelas MIG untuk pemula dulu. Tapi kedepannya jika respon yang kami dapatkan lebih banyak dan lebih positif, kami akan coba untuk membuatkan artikel lainnya tentang tutorial mengelas dengan mesin las MMA dan mesin las TIG.

 

CHANNEL YOUTUBE TEHNIQ.COM

Yaw dah kalo gitu guys.. kami rasa udah cukup ya artikel tentang tutorial mengelas MIG untuk pemula ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa untuk tonton terus channel youtube kami dan yang terpenting jangan lupa juga buat subscribe, like dan share video-video kami. Karena dengan begitu kalian dapat membantu temen-temen lainnya untuk mendapatkan informasi seputar mesin las dan alat-alat teknik lainnya.

 

Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi channel youtube kami, kalian bisa klik link dibawah ini ya untuk liat-liat video kami yang bermanfaat.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

Oke sampai disini ya guys.. Salam..!!

5 thoughts on “TUTORIAL MENGELAS MIG UNTUK PEMULA

  1. Pingback: Pengertian Welder dan Tahapan untuk Menjadi Welder Profesional - Blog Tehniq.com

  2. Pingback: Proses Pengelasan MIG - Blog Tehniq.com

  3. Pingback: 7 Kesalahan Saat Mengelas Menggunakan Mesin Las MIG - Blog Tehniq.com

  4. Edwin SL

    Salam tehniq Pak…kalo untuk menetukan penggunaan kawat las mig untuk objek yg akan di las bagaimana? Dan mohon pencerahannya mengenai perbandingan kekuatan tarik dr kawat las mig dengan kawat las mma

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *