PENGETAHUAN DASAR TENTANG PENGELASAN

By | July 17, 2019

Halo sobat tehniq khususnya para welder pemula. Artikel ini mungkin akan sangat berguna bagi anda yang saat ini sedang tertarik atau sangat tertarik untuk mempelajari tentang welding atau pengelasan. Jadi disini kami akan coba untuk menjelaskan tentang pengetahuan dasar tentang pengelasan bagi anda yang pemula. Penjelasan artikel ini akan berfokus pada penjelasan jenis mesin las, karakteristiknya dan juga objek las yang sesuai dengan masing-masing jenis mesin las tersebut.

 

Jadi maksud kami untuk menulis artikel ini adalah agar kalian bisa lebih mengenal mesin las yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dan dengan mengetahui karakteristik serta objek las yang cocok dengan mesin las tersebut, nantinya kami harap kalian gak salah mengaplikasikan mesin las kalian.

 

Gimana??? tertarik gak untuk lebih mengenal mesin las kalian? dan dengan membaca artikel ini kalian bisa lebih naik satu level ke level yang lebih profesional di bidang pengelasan yang baik dan benar. Langsung aja ya guys kita mulai penjelasannya.

 

PENGETAHUAN DASAR TENTANG PENGELASAN

Oke langsung masuk pada pembahasan kita yang pertama ya guys.. kita akan membahas tentang jenis mesin las listrik. Jadi mesin las listrik itu ada 3 jenis ya.. diantaranya adalah :

  1. MMA ( Stick welding )
  2. MIG ( Metal Inert Gas )
  3. TIG ( Tungsten Inert Gas )

 

Gw bakalan bahas ini singkat aja ya.. karena udah pernah gw bahas di artikel sebelumnya tentang jenis mesin las. Jadi MMA adalah jenis mesin las yang menggunakan kawat las stik. Sedangkan mesin las MIG adalah mesin las yang pengelasannya menggunakan kawat las gulung dan juga gas CO2. Dan mesin las TIG adalah mesin las yang menggunakan kawat las dan juga gas argon.

 

Intinya gitu ya guys. Dan untuk kegunaannya sendiri, mesin las MMA itu digunakan untuk kebutuhan ringan hingga menengah, tergantung ukuran dari mesin las MMA itu sendiri. Dan mesin las MIG itu digunakan untuk kebutuhan ringan hingga berat, sehingga mesin las ini sangat flexible ya. Yang terakhir yaitu mesin las TIG yang bisa digunakan untuk kebutuhan ringan maupun berat juga, tetapi semua ini tergantung ukuran dari mesin las tersebut ya.

Lanjut ke pembahasan selanjutnya.

 

KARAKTERISTIK MESIN LAS

Oke selanjutnya,, sebagai pengetahuan dasar tentang pengelasan buat kalian. Maka kita akan membahas karakteristik mesin las yang udah kami sebutkan diatas ya guys.. Hal ini ingin kami jelaskan dengan maksud agar kalian lebih mengerti karakter pengelasan dan juga karakter mesin las kalian. Jadi dengan mengerti karakter dari mesin las tersebut, maka kalian akan lebih memahami dan dapat mengelas sesuai dengan kemampuan dan spesifikasi dari mesin las kalian itu.

 

Kita mulai pada mesin las MMA ya guys.

Karakteristik Mesin Las MMA

Jadi seperti yang sudah kami jelaskan diatas ya, mesin las ini adalah mesin las yang menggunakan stik las atau kawat las dan listrik saja untuk dapat melakukan pengelasan. Terus apa aja karakteristik yang dimiliki mesin las ini ya, berikut adalah jawabannya :

  • Menggunakan Kawat Las Stik
  • Cocok untuk pengelasan pada besi yang tebal tetapi tidak cocok untuk besi tipis ( minimal 1.5 – 2 mm ).
  • Duty Cycle besar, sehingga harus lebih sering istirahat saat menggunakannya. Tidak bisa dipakai nonstop selama berjam-jam.
  • Cocok digunakan diruangan terbuka seperti bengkel pinggir jalan, teras rumah, lapangan tapi teduh karena api tidak terpengaruh dari angin yang berhembus.
  • Mengeluarkan asap yang mudah membuat mata iritasi, jadi tidak cocok untuk digunakan diruangan tertutup.
  • Hasil lasan kurang halus dan kotor, sehingga tidak cocok digunakan untuk kerajinan yang mementingkan kebersihan. Tetapi lebih cocok untuk digunakan pada besi-besi untuk rak, pipa, besi bangunan, dan lain-lain sehingga dapat ditutup dengan cat.

Pengetahuan-Dasar-tentang-Pengelasan-Hasil-Las-MMA

  • Hasil lasan harus di ketrik atau dipukul-pukul untuk menghilangkan kerak lasnya.

Itu karakteristik mesin las MMA versi tehniq.com ya guys. Tapi jika kalian tau lebih banyak tentang karakteristik mesin las MMA ini, jangan lupa tulis di kolom komen ya guys. Biar temen-temen semua bisa tau lebih dalam tentang karakteristik mesin las MMA mereka.

 

 

Karakteristik Mesin Las MIG

Oke selanjutnya untuk menambah pengetahuan dasar tentang pengelasan yaitu dengan memahami karakteristik mesin las MIG ya guys. Bagi kalian yang aktif dan suka menggunakan mesin las MIG untuk pekerjaan kalian, tetapi kalian belum terlalu mengerti karakteristik mesin las MIG kalian. Mungkin poin ini bisa jadi pengetahuan dasar tentang pengelasan MIG buat kalian semua guys.

 

Oke langsung aja berikut ini adalah karakteristik dari mesin las MIG yang perlu kalian ketahui :

  • Mudah dipelajari karena hanya membutuhkan torch atau obor lasnya saja tanpa perlu memegang kawat las. Jadi kalian bisa mengelas dengan berbagai macam teknik kalian sendiri.
  • Menggunakan gas CO2 sebagai pelindung atau pelapis api lasnya, sehingga api las dapat lebih terfokus dan menghasilkan asap las yang tidak terlalu membuat mata iritasi.
  • Hasil las tidak berkerak tapi mengeluarkan spatter atau bercak-bercak cipratan las, sehingga harus dibersihkan dengan alat khusus atau cairan khusus.

Pengetahuan-Dasar-tentang-Pengelasan-Hasil-Las-MIG

Bisa kalian lihat ya guys. Ada bercak-bercak atau bintik-bintik gitu disekitar hasil lasannya. Dan itu bisa dihilangkan dengan sikat besi yang biasa disediakan di kardus mesin las yang kalian beli. Atau bisa juga dicairan khusus yang bisa kalian beli di toko-toko yang menjual mesin las.

  • Cocok digunakan untuk pengelasan di ruangan tertutup karena asapnya yang tidak terlalu berbahaya dan lebih santai.
  • Dapat digunakan untuk pengelasan pada besi yang tipis hingga besi yang tebal.

 

Jadi itu beberapa karakteristik dari pengelasan mesin las MIG yang kami ketahui. Dan sama seperti sebelumnya ya guys. Jika kalian tau tentang karakteristik mesin las MIG yang lain, kalian bisa tulis di kolom komen ya, buat nambah pengetahuan kita-kita juga.

 

 

Karakteristik Mesin Las TIG

Oke lanjut ke karakteristik mesin las yang terakhir yaitu karakteristik mesin las TIG ya guys. Jadi sebagai pengetahuan dasar tentang pengelasan, tentunya kamu juga harus tau tentang mesin las TIG ini ya. Oke jadi apa aja nih karakteristik mesin las TIG yang perlu kalian ketahui?

 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang karakteristik mesin las TIG :

  • Hasil lasan sangat presisi, bersih dan juga halus. Jadi mesin las ini sangat cocok digunakan untuk hasil kerajinan atau pengelasan pada jenis-jenis pekerjaan yang membutuhkan hasil yang halus dan rapi.

Pengetahuan-Dasar-tentang-Pengelasan-Hasil-Las-TIG

  • Dapat mengelas pada besi yang tipis ataupun besi yang tebal.
  • Dibutuhkan skill dan teknik pengelasan yang lebih untuk dapat mengelas dengan mesin las ini. Karena kita menggunakan 2 tangan untuk melakukan pengelasan dan waktu jeda yang stabil untuk menghasilkan hasil lasan yang rapi dan presisi. Dan sebagian mesin las merk tertentu juga menggunakan pedal untuk mengontrol panas dan gas yang keluar, sehingga harus menggunakan 2 tangan dan satu kaki bersamaan untuk dapat melakukan pengelasan.

 

Jadi itu ya beberapa karakteristik mesin las TIG yang harus kamu ketahui ya guys. Dan seperti biasa, jangan lupa tulis di kolom komen kalo kalian tau beberapa karakteristik mesin las TIG lainnya yang belum kami sebutkan.

 

MATERIAL PENGELASAN MASING-MASING MESIN LAS

Oke next. Untuk pengetahuan dasar tentang pengelasan yang perlu kalian ketahui adalah material yang cocok untuk pengelasan dari masing-masing mesin las yang telah kami sebutkan diatas. Maksudnya, satu jenis mesin las ini sebenarnya cocok digunakan untuk jenis besi apa? dan satu jenis yang lain cocok untuk besi jenis apa.

 

Nah pertanyaan itu akan kami coba jawab di poin ini. Oke jadi logam apa yang cocok untuk masing-masing jenis mesin las yang telah kami sebutkan tadi?

MESIN LAS MMA

Oke lanjut untuk pembahasan selanjutnya yaitu logam yang cocok untuk mesin las MMA ini apa ya? langsung aja ya, gw ga mau bertele-tele lagi.. Capek ngetiknya guys.. Hehehe

Berikut ini adalah beberapa macam logam yang cocok digunakan untuk pengelasan dengan mesin las MMA ini :

  • Besi ( plat besi, hollow, besi balok, besi lonjoran, dll )
  • Baja
  • Stainless Steel

MESIN LAS MIG

Dan untuk mesin las MIG sendiri cocoknya digunakan untuk beberapa jenis logam dibawah ini :

  • Baja
  • Alumunium
  • Stainless Steel

MESIN LAS TIG

Yang terakhir yaitu mesin las TIG. Untuk mesin las TIG ini sendiri cocoknya digunakan untuk beberapa jenis logam yang lebih bervariasi dan banyak macemnya guys. Jadi mesin las yang satu ini penggunaannya dapat lebih bervariasi ya.

Berikut adalah beberapa logam yang cocok digunakan untuk pengelasan dengan menggunakan mesin las TIG :

  • Baja
  • Stainless Steel
  • Alumunium
  • Tembaga
  • Kuningan
  • Besi berlapis Krom
  • Logam Eksotis ( Magnesium, Titanium, Alloy, dan lain-lain )

 

Nah gimana nih?? udah jelas ya guys. Jadi itu tadi ya pengetahuan dasar tentang pengelasan yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.

 

Dan bagi kalian yang pengen tau dan penasaran tentang performa mesin las dari beberapa merk yang terkenal dan umum di Indonesia. Kalian bisa tonton channel youtube kami ya guys. Disitu kalian bisa dapetin informasi aktual dengan data-data asli yang diberikan dari percobaan yang kami lakukan.

 

Kalian juga bisa belajar untuk menentukan settingan yang tepat untuk pengelasan ditempat anda bekerja. Langsung aja kunjungi channel youtube kami dibawah ini ya guys.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ya guys. Kami yakin video dari kami akan sangat bermanfaat buat para welder setanah air.

Yaw dah kalo gitu, cukup sampai disini perjumpaan kita guys. Salam..!!

2 thoughts on “PENGETAHUAN DASAR TENTANG PENGELASAN

  1. Kristian

    Hallo Min, mau tanya bgmn cara kita untuk tau membeli jenis besaran watt atau ampere yang tepat untk mesin las berdasarkan ketebalan material yang mau kita las? (misal mig250 / mig350 , mma200 / mma300 , tig200 /tig315…

    Tq min

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk pertanyaan tersebut sebenarnya bisa dijelaskan dengan ukuran kawat las
      Jadi mending om tanya mesin las ini maksimal untuk kawat las ukuran berapa.. Nah darisitu nanti bisa ditentukan ketebalan besinya

      Contoh :
      MMA
      Kawat las ukuran :
      2.o mm bisa untuk plat 4 mm
      2.6 mm bisa untuk plat 6 mm
      3.2 mm bisa untuk plat 8 mm
      4.0 mm bisa untuk plat 10 mm

      MIG
      Wire ukuran :
      0.6 mm bisa untuk plat 4 mm
      0.8 mm bisa untuk plat 6 mm
      1.0 mm bisa untuk plat 8 mm
      1.2 mm bisa untuk plat 10 mm

      TIG
      Tungsten ukuran :
      1.2 mm bisa untuk ukuran 2 mm
      2.6 mm bisa untuk ukuran 4 mm

      Jika plat lebih dari itu, sistem pengelasan harus bevel ( sambung )
      Jadi kalo beli mesin las, mending tanya aja bisa ngelas sampe ukuran kawat las berapa
      Masalah ukuran plat ntar bisa ngikut

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *