BEBERAPA HAL TENTANG MESIN LAS MIG

By | July 23, 2019

Halo guys.. Kali ini kami mau kasih kalian info seputar mesin las MIG nih. Jadi sebagai tambahan pengetahuan kalian, kami akan coba untuk memberikan info kepada kalian beberapa hal tentang mesin las MIG. Tentunya sebagai welder sejati, kalian harus tau ya beberapa hal tentang mesin las MIG ini.

 

BEBERAPA HAL TENTANG MESIN LAS MIG

Karena sebagai seorang welder, mesin las MIG itu merupakan mesin las yang harus harus harus dan wajib diketahui. Selain penggunaannya yang lebih mudah, mesin las MIG ini juga lebih flexible dalam penggunaannya. Karena bisa digunakan untuk pengelasan pada besi yang tipis maupun besi yang tebal sekalipun. Beda halnya dengan mesin las MMA atau stik welding yang hanya cocok digunakan pada besi yang tebal saja.

 

Oke jadi pada artikel kami kali ini kami akan membahas beberapa hal tentang mesin las MIG yaitu diantaranya adalah :

  • Apa itu mesin las MIG
  • Sejarah singkat mesin las MIG
  • Saran saat membeli mesin las MIG
  • Kelebihan dan Kekurangan mesin las MIG

Jadi ada 4 hal ya guys yang akan kami bahas pada artikel ini. Pada penasaran ga??.. Baca artikelnya sampai habis dan perlahan ya guys, agar pengetahuan kalian akan mesin las MIG jadi semakin bertambah.

 

APA ITU MESIN LAS MIG

Mesin Las MIG adalah sebuah alat yang menggunakan metode pengelasan paling sederhana, karena tidak terlalu membutuhkan teknik khusus. Kalian hanya perlu mengetahui standard pengaturan pengelasan mesin ini dengan benar agar dapat menghasilkan hasil las yang matang dan benar.

 

Sedangkan pengetahuan umum tentang mesin las MIG ini juga kudu kalian ketahui ya sebagai pengetahuan dasar aja ya guys. Jadi MIG adalah singkatan dari Metal Inert Gas yang artinya pengelasan mesin las ini menggunakan CO2 sebagai pelindung apinya. Maksudnya agar asap yang dikeluarkan akibat pengelasan tidak terlalu berbahaya untuk pernafasan kita, dan juga agar api yang dihasilkan jadi lebih terfokus.

Beberapa-Hal-Tentang-Mesin-Las-MIG-Alat-yang-Digunakan

 

Dan seperti yang sudah kami jelaskan diatas ya guys. Mesin las ini dapat digunakan untuk pengelasan pada material besi yang tipis maupun yang tebal sekalipun. Untuk objek las atau jenis besi yang cocok untuk digunakan pada mesin las ini yaitu diantaranya :

  • Baja
  • Alumunium
  • Stainless Steel

 

SEJARAH SINGKAT MESIN LAS MIG

Beberapa hal tentang mesin las MIG yaitu sejarah dari mesin las MIG ini. Sejarah tentang mesin las MIG ini akan kami sampaikan singkat aja ya guys, biar kalian ga bosen. Disini kami akan menjelaskan inti-intinya saja biar artikel ini jadi lebih menarik dan informatif.

 

Oke jadi mesin las MIG ini dibuat atau diciptakan pada masa perang dunia ke-2. Penggunaan mesin las MIG ini sendiri digunakan untuk pembuatan senjata dan peralatan-peralatan yang dapat digunakan untuk keperluan perang tersebut. Tapi kesini-kesininya atau setelah perang usai, mesin las MIG digunakan untuk keperluan pabrik dan bengkel-bengkel besar.

 

Oia kalo kalian kurang paham perang dunia ke-2 itu kapan, ya kira-kira tahun 1940an lah ya.. Maap tapi kalo salah. Nilai sejarah gw kurang bagus soalnya. Hehehe.

 

SARAN SAAT MEMBELI MESIN LAS MIG

Oke lanjut lagi pada pembahasan selanjutnya yaitu Ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan saat membeli dan memilih mesin las MIG ini ya guys. Berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan :

  • Berapa Minimal dan Maksimal Amperenya. Untuk poin ini harus kalian sesuaikan dengan kebutuhan pengelasan kalian ya guys. Karena kalian sendiri lah yang dapat menilai dan mengukur ampere yang kalian butuhkan pada aplikasi yang akan kalian tekuni.

 

  • Kesanggupan pengelasan pada besi yang tipis hingga yang tebal. Untuk poin ini bisa kalian tanyakan langsung pada penjual atau produsen dari mesin las tersebut. Karena hal ini dapat berpengaruh dari variasi pekerjaan yang akan kalian kerjakan nanti. Hindari membeli 2 mesin las karena mesin las yang satu tidak bisa diaplikasikan pada besi yang tipis atau yang tebal. “Pemborosan”

 

  • Berapa nilai Duty Cycle nya. Untuk poin ini dapat kalian pertimbangkan karena hal ini menyangkut kesanggupan mesin ini bekerja untuk jangka waktu yang lama atau singkat. Semakin besar nilai duty cycle berarti semakin cepat mesin berhenti bekerja. Dan sebaliknya, semakin kecil nilai duty cycle, maka mesin las tersebut dapat digunakan lebih lama untuk aplikasi pengelasan. Jika kalian ingin tau lebih dalam tentang cara menghitung nilai duty cycle, kalian bisa membaca artikel kami berikut ini “Arti Duty Cycle pada Mesin Las“.

 

  • Lama Garansinya & Service Center. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada after sales kita nantinya ya. Jangan pernah membeli mesin las dengan garansi jangka pendek. Apalagi mesin las yang tidak jelas service centernya dimana. Jadi penting untuk melihat garansi dan service centernya.

 

  • Tipe Garansi. Hal ini juga mendukung poin sebelumnya ya. Karena ada yang namanya garansi sparepart dan ada pula garansi service. Carilah mesin las yang memiliki garansi sparepart, karena justru sparepartnya lah yang mahal.

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN LAS MIG

Lanjut pada pembahasan beberapa hal tentang mesin las MIG yang terpenting nih guys yaitu tentang kelebihan dan kekurangan mesin las MIG. Hal pertama yang akan gw bahas disini yaitu kelebihan dari mesin las MIG dlu kali ya. Biar kalian lebih greget duluan.. Hehe

Oke berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki mesin las MIG :

  • Produktivitas tinggi. Kenapa demikian? karena panjang pengelasan itu kan tergantung dari kawat lasnya kan. Nah karena kawat las MIG ini beda yaitu gulungan yang sangat panjang. Jadi kalian bisa ngelas sepanjang-panjangnya dan sekuat-kuatnya kalian.
  • Mudah Dipelajari. Karena kalian tidak perlu memegang kawat las dan hal-hal lainnya. Kalian cuma tinggal pencet dan selesai.
  • Teknik pengelasan bisa kalian sesuaikan dengan kenyamanan kalian sendiri.
  • Hampir tidak ada pembersihan setelah pengelasan. Hanya tinggal bersihin spatter dan selesai.
  • Dapat di las di Stainless Steel, Baja, Besi dan Alumunium.
  • Dapat di las disemua posisi.

 

Jadi itu ya kelebihan dari mesin las MIG yang perlu kalian ketahui guys. Dan gimana kalo kekurangannya? sekarang mari kita lihat kekurangan yang dimiliki mesin las MIG.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki mesin las MIG :

  • Besi harus dibersihkan dulu sebelum di Las. Karena hal tersebut mempengaruhi hasil lasan anda. Objek kerja kotor akan membuat hasil lasan juga tidak berkualitas.
  • Membutuhkan Gas. Selain menambah biaya pengeluaran, penggunaan tabung gas ini juga membuat ruang kerja menjadi lebih sempit.
  • Tidak dapat melakukan pengelasan pada permukaan yang berkarat dan ada cat.
  • Tidak terlalu bagus untuk baja yang berukuran tebal. Karena penetrasi las yang dihasilkan kurang maksimal.

 

Oke jadi segitu ya beberapa hal tentang mesin las MIG yang perlu kalian ketahui. Semoga informasi dari artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang saat ini memang sedang mencari informasi tentang mesin las MIG.

 

CHANNEL YOUTUBE KAMI

Jangan lupa untuk tonton youtube channel kami, karena disitu kalian bisa mendapatkan informasi penting tentang mesin las. Seperti harga, performa aslinya dan ukuran-ukuran listrik asli dengan alat pengukur tertentu. Langsung aja cek video-video kami dibawah ini :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ya guys. Pasti bermanfaat buat temen-temen kalian. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *