Thumbnail-Tips-Sebelum-Membeli-Table-Saw

TIPS SEBELUM MEMBELI TABLE SAW

By: Yudha Yudha
11 May 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. Gimana nih kabar kalian? semoga pada baik-baik aja ya ditengah pandemi corona ini. Jangan lupa jaga kebersihan dan jaga kesehatan aja pokoknya. Oke pada kesempatan kali ini kami mau memberikan informasi dan tips sebelum membeli table saw.

 

Hal ini kami sampaikan agar nantinya table saw yang kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian dan kondisi bengkel kayu kalian. Intinya kita semua tau lah ya harga table saw itu ga murah. Jadi kita harus pintar dalam memilih table saw yang paling cocok dengan kebutuhan kita.

 

Karena ga lucu juga ya kalo kalian sampai salah beli table saw di bengkel kalian. Mau nangis ga bisa, mau marah juga ga bisa. Yang ada mah mbatin doang bisanya. Hehehe

 

TIPS SEBELUM MEMBELI TABLE SAW

Oke jadi sebelumnya akan kami jelaskan dulu ya apa itu table saw. Jadi table saw adalah salah satu jenis power tools yang berfungsi untuk memotong kayu dengan cepat dan rapi. Berbeda dengan circular saw yang juga merupakan mesin untuk memotong kayu.

 

Bedanya adalah di cara penggunaannya. Untuk circular saw, kita yang menggerakkan mesin atau circular sawnya. Tapi kalo table saw, kita yang menggerakkan kayunya. Karena table saw prinsip kerjanya memang mengandalkan kecepatan putar pisau potong dengan meja sebagai alasnya. Maka dari itu sebutannya yaitu table saw.

 

Table itu meja, saw itu pisau gergaji. Mantep banget kan bahasa inggris gw. Wakakakak

 

Oke langsung kita masuk ke pembahasan ya, jadi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat akan membeli dan memilih table saw untuk kebutuhan kalian.

 

 

1. BUDGET

Hal pertama yang harus kalian pastikan tentunya budget kalian ya. Pastikan budget kalian mencukupi untuk membeli table saw yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Sebenarnya budget ini bisa diletakkan di poin terakhir sebagai tips sebelum membeli table saw.

 

Tips-Membeli-Table-Saw-Tentukan-Budget

 

Tapi disini kami letakkan di poin pertama dengan harapkan kalian dapat mengerti bahwa budget yang kalian punya jangan terlalu dipaksakan.

 

Maksudnya yaitu saat kalian menemukan table saw dengan spesifikasi dan tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan anda tetapi ternyata budget anda tidak mencukupi. Maka kalian harus bersabar dulu dengan mengumpulkan budget itu sendiri hingga tercukupi untuk membeli table saw yang kalian inginkan.

 

Jangan sampai karena budget kalian kurang, jadinya malah kalian membeli table saw yang sesuai dengan budget anda. Padahal table saw itu kurang sesuai dengan kebutuhan anda. Jadi jangan sampai seperti itu ya guys. Mending sabar tapi hasil maksimal.

 

 

2. UKURAN BENGKEL DAN ALAT-ALAT PENDUKUNG

Hal kedua yang perlu kalian perhatikan sebagai tips sebelum membeli table saw adalah dengan memperhatikan ukuran bengkel kayu kalian dan juga alat-alat pendukung.

 

Jika kalian memiliki tempat yang cukup luas dan besar serta alat-alat yang memadai untuk memotong kayu, maka kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli table saw portable yang berukuran lebih kecil. Tapi jika ukuran bengkel anda luas tetapi tidak memiliki banyak alat pendukung kerja, maka kalian harus membeli table saw dengan ukuran lebih besar.

 

Atau jika ukuran bengkel anda kecil, maka mau tidak mau kalian harus membeli table saw dengan ukuran kecil dan mulai menambah alat-alat pendukung untuk memotong kayu. Contohnya mitter saw, circular saw ataupun band saw.

 

Nah dan sebagai bahan pertimbangan kalian bisa melihat beberapa jenis table saw yang ada :

  • Portable Table Saw
  • Hybrid Table Saw
  • Cabinet Saw

 

PORTABLE TABLE SAW

Jenis-Table-Saw-Portable-Table-Saw

 

Portable table saw adalah salah satu jenis table saw yang dibuat ringkas dan ringan. Sehingga bisa pindahkan dengan mudah. Tetapi bahan dari dudukan atau alas mejanya terbuat dari bahan alumunium.

 

Kekurangan dari portable table saw ini yaitu ada pada kekuatan RPMnya. Jadi portable table saw ini tidak dapat digunakan untuk pekerjaan heavy duty. Misalnya memotong 2 kayu sekaligus atau 3 sekaligus. Jadi jika kalian memiliki portable table saw ini kami sarankan jangan dipaksakan penggunaannya. Karena hanya akan memperpendek umur table saw ini sendiri.

 

Ukurannya yang kecil juga membuatnya tidak bisa bekerja pada objek kayu yang agak panjang dan lebar. Jadi emang portable table saw ini lebih kearah penggunaan ringan saja.

 

CABINET TABLE SAW

Jenis-Table-Saw-Cabinet-Table-Saw

 

Cabinet Table saw adalah salah satu jenis table saw dengan harga yang paling tinggi diantara jenis table saw lainnya. Tetapi cabinet table saw memiliki power dan nilai RPM yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk pekerjaan yang cukup berat.

 

Selain itu bagian dudukan atau alas mejanya terbuat dari besi cor yang tentunya lebih tahan banting jika dibandingkan dengan bahan alumunium pada jenis table saw sebelumnya. Ukuran bagian atasnya juga lebih besar sehingga dapat digunakan untuk ukuran kayu yang lebih besar dan panjang pula. Kaya anuku. :V

 

Bagian sayapnya juga kokoh karena terbuat dari baja, jadi untuk berat kayu yang lumayan juga masih bisa diatasi. Tetapi karena ukurannya yang besar dan beratnya yang cukup berat membuatnya dirancang untuk diam ditempat. Bukan seperti table saw portable saw sebelumnya yang dapat dipindah-pindah dengan mudah.

 

Kekurangannya yang lain yaitu dari sisi konsumsi daya listriknya ya. Tentunya dengan power yang besar membuat konsumsi daya listriknya juga besar

 

HYBRID TABLE SAW

Jenis-Table-Saw-Hybrid-Table-Saw

 

Hybrid Table saw adalah inovasi dari table saw yang lain dengan menggabungkan desain dari portable saw dan cabinet saw. Bagian alas dudukan dibuat dari besi cor dan bagian sayapnya dibuat dari baja, sama seperti cabinet saw.

 

Bedanya table saw jenis ini didesain agar lebih portable dan dengan konsumsi daya listrik lebih rendah dari cabinet saw. Penggunaannya sendiri bisa digunakan untuk kebutuhan menengah ya. Jadi jika dibandingkan dari sisi powernya, cabinet yang pertama, hybrid posisi kedua dan portable table saw di posisi terakhir.

 

 

3. KAPASITAS LISTRIK BENGKEL

Untuk tips sebelum membeli table saw yang ketiga yaitu dari sisi kapasitas listrik di tempat kalian kerja ya. Tentunya kalo kalian punya uang banyak tapi listrik ga memadai ya sama juga boong. Jadi pastikan kalian juga mempertimbangkan kapasitas listrik di tempat kalian bekerja.

 

Jika memang kalian butuh table saw dengan power yang besar ya mau tidak mau kalian harus menaikkan kapasitas daya listrik di tempat kalian. Hubungi PLN terdekat ya.

 

Naahh jadi itu tadi ya 3 hal yang perlu kalian perhatikan sebagai tips sebelum membeli table saw kalian sendiri. Pastikan kebutuhan kalian sehari-harinya sesuai dengan spesifikasi dan jenis table saw yang akan kalian beli. Karena yang tau kebutuhan kalian ya kalian sendiri.

 

Dan kalian yang tau rutinitas permintaan yang masuk ke bengkel kalian. Usahakan jangan maksain jenis table dengan kebutuhan kalian ya. Karena nantinya hasil ga akan maksimal dan bahkan ditakutkan table saw kalian malah sering nganggur.

 

Ga bagus juga buat kalian. Yaw dah kalo gitu sampai disini aja kali ya tips sebelum membeli table saw buat bengkel kalian. Semoga artikel ini dapat membantu kalian menentukan jenis table saw yang cocok buat kebutuhan kalian. Dan inget untuk selalu menjaga kebersihan dan juga kesehatan kalian ya.

 

Semoga kalian selalu diberikan kesehatan.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *