BELAJAR MENGELAS TANPA LISTRIK SAAT LOCKDOWN

By | May 12, 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya ditengah pandemi virus korona ini. Nah jadi kan sekarang kita semua disuruh pemerintah diem dirumah aja tuh. Bagi kalian yang masih dapat proyek dan masih dapet kerjaan ya alhamdulillah ya. Nah masalahnya ini temen-temen kita yang ga dapet kerjaan tuh. Kan banyak nganggurnya dirumah atau di bengkel las mereka. Maka dari itu agar tetep produktif, kami akan memberikan tips belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown.

 

Tujuan kami memberikan tips belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown ini ya karena memang kondisi Indonesia yang lagi kaya gini. Jadi bagaimanapun juga kita semua harus irit agar tidak membuang uang sia-sia. Ya walaupun ini tidak sia-sia karena sifatnya belajar dan dapat ilmu, paling tidak kalo tanpa listrik kan lebih hemat. hehehe

 

Intinya disini sekarang banyak orang-orang yang tidak mau atau menahan dulu untuk mengeluarkan biaya selain kebutuhan pangan. Nah tentunya ada sebagian welder yang juga tentunya temen-temen kita semua sobat tehniq merasakan sepinya proyek yang mereka dapatkan.

 

Makanya dengan belajar dari tips belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown dari kami ini, kami berharap welder sejati baik yang masih belajar dan yang sudah bekerja masih bisa mengasah skill mengelasnya.

 

 

BELAJAR MENGELAS TANPA LISTRIK SAAT LOCKDOWN

Oke jadi apa aja sih yang bisa kalian lakukan untuk belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown terjadi di daerah kalian seperti sekarang ini. Ada 2 hal ya guys yang bisa kalian pelajari yaitu dari sisi :

  • Teori
  • Praktek

 

TEORI

Untuk cara pembelajaran yang pertama yaitu teori. Dengan belajar teori kita bisa mendapatkan banyak informasi tambahan tentang mesin las dan juga seputar teknik pengelasan. Jadi saat kita belajar teori, semua ilmu akan terserap di otak kita.

 

Belajar teori bisa dengan buku, video ataupun media-media lainnya yang bisa kalian gunakan dan manfaatkan ya guys. Jadi saat kalian sudah penuh dengan teori pengelasan, maka saat di Lapangan nantinya atau di proyek sesungguhnya, kalian bisa mempresentasikan apa yang sudah kalian ketahui dan baca dari teori-teori tentang pengelasan tadi.

 

PRAKTEK

Hal kedua ini nih yang penting dan akan butuh penjelasan yang lebih banyak dan detail mengenai teknik atau aplikasi langsung. Tentunya aplikasi langsung atau penerapan sangat penting. Karena teori mendukung praktek, dan kedua hal tersebut tidak akan bisa dipisahkan.

 

Contoh dari tidak saling mendukungnya kedua hal tersebut yaitu jika kalian melihat orang dengan hasil lasan yang bagus dan rapi. Tapi ternyata rapuh dan tidak matang. Tentunya kerapian dan kebagusan dari hasil lasan dia bisa dipelajari dari teknik.

 

Tetapi tingkat kematangan hasil lasan harus diketahui dari teori tentang ukuran kawat, las, besaran ampere, kebersihan objek las dan lain-lain.

 

Dan sebaliknya jika kalian hanya punya teori aja, pastinya saat kalian berada di proyek langsung nantinya bakalan bingung. Kemudian orang-orang disekitar kalian bakalan bilang ah teori doang bisanya.

 

Jangan sampai seperti itu ya guys. Maka kita harus belajar baik teori dan prakteknya langsung.

 

Oke langsung aja kita jelasin ya bagaimana teori dan praktek ini kalian satukan bersama saat belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown. Pas banget materi kali ini sama keadaan kita sekarang.

 

MENGGABUNGKAN TEORI DAN PRAKTEK

Oke jika kalian sudah membaca berbagai macam informasi terkait teori-teori dari pengelasan, maka yang selanjutnya adalah menggabungkan teori tersebut dengan praktek langsung. Jadi keburu teorinya ilang dr kepala, untuk itu harus dipraktekin langsung biar inget terus.

 

Ada 3 hal yang bisa kalian lakukan untuk praktek ini dan tentunya tanpa listrik ya guys. Jadi bayangin aja kalian lagi ngelas. Gunakan obor las dan kawat las beneran biar sama seperti posisi kalian sedang mengelas.

 

Dan beberapa poin yang harus kalian lakukan yaitu :

  • Posisi tangan
  • Ritme pergerakan obor las / tang las
  • Tipe Pengelasan

 

Kita bahas satu-satu ya guys biar lebih enak dan lebih jelas.

 

POSISI TANGAN

Untuk belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown, kalian cukup tinggal belajar mencari posisi tangan yang paling sesuai dan nyaman untuk kalian. Hal ini sangat penting ya, karena jangan disepelekan.

 

Ada 3 posisi dalam pengelasan ya, dan masing-masing posisi pengelasan tersebut membutuhkan posisi tangan yang berbeda pula. Jadi tugas kalian disini adalah mencari posisi tangan yang paling sesuai dengan posisi pengelasan kalian.

 

Dan 3 posisi pengelasan yang perlu kalian praktekan disini yaitu :

  • Datar
  • Horizontal / Menyamping
  • Vertical / Naik Turun

Tips-Belajar-Mengelas-Tanpa-Listrik-saat-Lockdown

 

Jadi carilah posisi ternyaman kalian dan tentunya praktekan seperti kalian saat sedang mengelas ya. Hal ini dilakukan untuk membuat anda cepat dalam menentukan posisi tangan kalian saat ada di kondisi pengelasan seperti apapun.

 

RITME PERGERAKAN OBOR LAS / TANG LAS

Hal kedua yang perlu kalian lakukan untuk belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown yaitu mempelajari ritme. Ritme ini artinya waktu jeda untuk menggerakkan obor las atau tang las ke kanan dan kekiri atau lurus ke depan dan ke belakang.

 

Kalo saya pribadi menggunakan ritme hitungan 1 dan 2 dengan tipe pengelasan zigzag. Tapi semua tergantung kalian ya, kalian suka tipe pengelasan yang seperti apa. Ritme ini harus terus kalian latih karena ritme adalah sebuah kebiasaan.

 

Saat kalian sudah terbiasa maka kalian akan siap mengelas kapanpun dan dimanapun dengan hasil lasan yang konsisten.

 

TIPE PENGELASAN

Dan untuk praktek terakhir yang harus kalian pelajari yaitu belajar mencoba tipe pengelasan yang lain ya. Jadi kaya saya nih pribadi suka tipe pengelasan zig zag. Nah sekarang sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk belajar tipe pengelasan yang lain.

 

Perlu kalian ketahui ya, ada 3 tipe pengelasan yang perlu kalian pelajari. Hal ini dimaksudkan agar kalian lebih flexible menerima pesanan dari orang. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan sertifikat pengelasan jika dapat melakukan segala jenis dan tipe pengelasan.

 

Nah untuk itu kalian harus pelajari satu-satu ya kalo kalian pengen jadi welder profesional yang bisa bekerja bergandengan dengan perusahaan-perusahaan besar. Adapun ketiga tipe pengelasan yang harus kalian pelajari yaitu :

  • Spiral
  • Zig Zag
  • Segitiga

 

Gerakan-Pengelasan

 

Nah itu ya 3 tipe pengelasan yang harus kalian kuasai. Masing-masing tipe pengelasan ini memiliki ritme pengelasan yang berbeda. Tapi masih bisa dipelajari kok walaupun tanpa listrik sekalipun. Caranya seperti poin diatas sebelumnya ya yang telah kami jelaskan.

 

Pokoknya inti dari pengelasan adalah hafalan dan kebiasaan. Kebiasaan ini sangat mendukung hasil pengelasan kalian nantinya ( rapi dan tidaknya, matang dan tidaknya serta dalam dan tidaknya penetrasi pengelasannya ).

 

Okee jadi itu tadi ya cara dan tips belajar mengelas tanpa listrik saat lockdown yang perlu kalian pelajari dan praktekkan satu persatu. Kami harap kedepannya kalian dapat menjadi seorang welder profesional hingga dapat membanggakan negara Indonesia.

 

Boleh kalian goes internasional atau pergi ke luar negeri, tapi jangan lupakan negara tercinta kalian negara Indonesia ini. Hmmm.. udah mulai patriotis nih gw.. Yaw dah kalo gitu sampai disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.

 

Pastikan kalian belanja kebutuhan mesin las dan alat-alat tehniq lainnya di tehniq.com untuk mendukung kami dapat selalu berkarya dan berbagi informasi ke kalian semua.. Salam..!!

2 thoughts on “BELAJAR MENGELAS TANPA LISTRIK SAAT LOCKDOWN

  1. Arul

    Mantap!! mas bro, makasih atas ilmunya semoga bisa di praktekan dan bermanfaat.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Makasii banyak mas arul
      semoga ga ngomong doang.. belajar bener2.. jangan mancing mulu

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *