Thumbnail-Perbedaan-Scroll-Saw-dan-Band-Saw

PERBEDAAN SCROLL SAW DAN BAND SAW

By: Yudha Yudha
07 May 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. Sebelumnya mari kita sama-sama berdoa dulu agar pandemi korona ini segera berakhir dari muka bumi ya. Amiiinn.. Oke langsung aja ya, jadi kali ini kami akan membahas tentang perbedaan scroll saw dan band saw.

 

Tentunya bagi kalian sang pengrajin kayu sejati harus tau ya tentang perbedaan scroll saw dan band saw ini. Karena memang kedua alat ini adalah alat khusus untuk pekerjaan di dunia perkayuan. Jadi tentunya menarik untuk kita bahas tentang perbedaan dari kedua alat ini.

 

Selain dapat menambah pengetahuan kalian, artikel ini juga bisa jadi informasi buat kalian untuk menentukan kebutuhan kalian sendiri. Apakah kalian perlu membeli scroll saw terlebih dahulu ataukah band saw terlebih dahulu. Karena yang tau kebutuhan kalian ya kalian sendiri ya.

 

Untuk itu jangan sampai kalian salah membeli salah satu dari kedua alat ini. Karena nantinya penggunaannya akan salah dan malah merusak karya kalian yang seharusnya bisa sempurna.

 

 

PERBEDAAN SCROLL SAW DAN BAND SAW

Okee.. Untuk menjelaskan perbedaan scroll saw dan band saw ini, pertama-tama gw akan membahas tentang pengertian dari kedua alat ini. Jadi biar kalian paham dan mengerti masing-masing perbedaanya dari sisi pengertiannya.

 

Dimulai dari scroll saw dulu ya. Scroll Saw adalah Sebuah alat yang berfungsi untuk memotong kayu berukuran kecil dan juga digunakan untuk membuat pola dari kayu itu sendiri. Cara penggunaanya berbeda dengan jigsaw yang sama-sama bisa digunakan untuk memotong kayu.

 

Karena scroll saw akan diam ditempatnya dengan posisi gergaji terus bergerak keatas dan kebawah. Sedangkan kita yang akan menggerakkan kayu yang akan kita potong atau akan kita bentuk polanya. Jadi beda ya klo jigsaw yang gerak yang jigsawnya. Kayunya diem aja. Scroll saw ini kebalikannya.

 

Dan selanjutnya yaitu Band Saw ya. Jadi Band Saw adalah Sebuah alat yang berfungsi untuk memotong kayu, logam ataupun bahan lainnya yang sesuai dengan jarak potongnya. Hal ini disebabkan karena ukuran mata gergajinya yang lebih besar dari scroll saw, sehingga band saw lebih memiliki kekuatan potong untuk logam.

 

Selain itu band saw juga bisa digunakan untuk membuat pola yang lebih lebar dan besar. Cara penggunaannya juga sama ya.. Kayu yang bergerak bukan mesin yang bergerak.

 

Nah itu tadi ya sedikit perbedaan scroll saw dan band saw dari sisi pengertian dan kegunaannya. Dan selanjutnya kami akan menjelaskan lebih detail lagi ya tentang perbedaan scroll saw dan band saw ini. Jadi jangan pindah ditutup dulu halaman ini. Hehehe

 

 

CARA KERJA SCROLL SAW

Jika tadi kita berbicara tentang pengertiannya, selanjutnya yang akan kami bahas tentang perbedaan scroll saw dan band ini yaitu dari sisi cara kerjanya. Pada poin ini kami juga akan menjelaskan tentang kemampuan atau kelebihan dari masing-masing alat tersebut.

 

Dan yang pertama akan kami jelaskan disini yaitu scroll saw. Scroll Saw bekerja dengan cara naik turun dengan menggerakkan poros dibagian mesinnya. Gerakan naik dan turun ini membuatnya bekerja seperti sistem kerja jigsaw dan gergaji kayu manual.

 

Cara-Kerja-Scroll-Saw

 

Ukuran dari mata gergaji dari scroll saw ini biasanya memiliki panjang hanya 5 inch sehingga memiliki batasan potong. Untuk itu kalian tidak akan bisa memotong kayu atau papan yang lebar. Jadi memang scroll saw ini difokuskan kegunaannya untuk pemotongan kayu-kayu berukuran kecil.

 

Selain itu fungsi utamanya yang lain yaitu membuat potongan siku, bevel atau lekukan dan juga cekungan. Jadi intinya kegunaan dari mesin ini yaitu untuk membentuk kayu yang akan kalian kreasikan.

 

Kelebihan dari scroll saw ini sendiri yaitu dapat memotongan tekukan atau bentuk lubang kotak dibagian dalam kayu ataupun bentuk lingkaran. Jadi kalian bisa membuat kreasi berupa gambar ataupun model kayu-kayu berlubang.

 

Selain bisa membuat gambar atau kayu-kayu berlubang, scroll saw juga bisa membuat ukiran nama menggunakan kayu. Jadi cukup menjanjikan ya untuk pekerjaan-pekerjaan ringan yang memiliki nilai seni tinggi. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa dikerjakan dengan scroll saw :

 

Contoh-Hasil-Kerja-dengan-Scroll-Saw

 

 

CARA KERJA BAND SAW

Jika tadi kita sudah membahas tentang cara kerja scroll saw, maka selanjutnya kami akan membahas tentang cara kerja band saw ya. Karena memang artikel ini berkisah tentang perbedaan scroll saw dan band saw. Ga mungkin juga gw cm jelasin cara kerja scroll saw.. Hehehe

 

Jadi band saw bekerja dengan 2 poros putar ya guys. Jadi cara kerjanya seperti motor matic nih.. Ada 2 roda dibagian atas dan dibagian bawah mesin. Dan 2 roda tersebut dikaitkan dengan mata gergajinya yang bentuknya melingkar.

 

Mata gergaji tersebut memang didesain melingkar agar dapat menjadi mata pisau band saw. Setau gw sih bentuknya melingkar karena di las antara sisi satu dengan sisi lainnya sehingga dapat berbentuk melingkar.

 

Mata-Pisau-Band-Saw

 

Nah kalo ngelihat gambar mata pisaunya bisa kalian bayangin ya. Jadi mata pisau ini dilingkarkan pada porosnya. Dan poros tersebut akan bergerak searah terus menerus dengan kecepatan tinggi sehingga dapat memotong kayu dengan cepat.

 

Ditambah mata pisau dengan ukuran lebih besar dari scroll membuatnya dapat memotong kayu lebih cepat. Untuk sistem kerja band saw ini dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini ya.

 

Cara-Kerja-Band-Saw

 

Gambarnya kami buat vertical ya.. Tapi bayangin aja itu horizontal, karena biar enak aja kami masukkan ke artikel ini. Horizontal lihatnya agak panjang kebawah, ga enak dilihat. Oke jadi balik lagi ke penjelasan ya. Kalo scroll saw bergerak 2 arah keatas dan kebawah.

 

Sedangkan band saw bergerak searah seperti ban motor yang bergerak searah. Untuk kegunaannya sendiri biasa digunakan untuk pemotongan kayu saja. Baik untuk memotong tipis, pendek ataupun lengkungan.

 

Untuk kelebihannya udah kami jelasin tadi ya, yaitu dapat memotong kayu lebih cepat. Tetapi untuk kekurangannya sendiri, band saw tidak bisa memotong dengan sudut yang sempit. Sehingga tidak bisa digunakan untuk membentuk pola pada kayu.

 

KESIMPULAN

Naahh itu tadi perbedaan scroll saw dan band saw yang perlu kalian ketahui ya guys. Untuk penggunaannya sendiri juga bisa kalian bedakan ya. Untuk pekerjaan yang lebih detail lebih baik kalian beli scroll saw. Dan untuk pekerjaan yang lebih berat dan mengutamakan kecepatan potong kalian bisa membeli band saw.

 

Setelah kalian tau perbedaan scroll saw dan band saw ini kami harap kalian jadi lebih mengerti masing-masing kegunaannya. Jadi nantinya bisa kalian sesuaikan dengan pekerjaan kalian masing-masing. Jangan sampai salah beli ya.

 

Yaw dah kalo gitu. Sampai disini ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *