TIPS MENGGUNAKAN ROUTER MESIN PROFIL KAYU

By | January 2, 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. jumpa lagi ya dengan kami disini.. Jadi kali ini gw mau kasih sedikit tips menggunakan router mesin profil kayu yang baik dan benar. Tentunya tips ini kami bagikan agar nantinya hasil pekerjaan kalian jadi lebih maksimal dan lebih cepat.

 

Karena mungkin masih banyak temen-temen kita yang baru memulai usaha woodworkingnya. Jadi mereka masih suka mencari informasi-informasi seputar alat-alat yang akan mereka gunakan untuk usaha mereka ini. Nah makanya kami buat artikel tentang tips menggunakan router mesin profil kayu ini.

 

Diharapkan artikel ini dapat membantu kalian yang baru merintis usaha menjadi pengrajin kayu atau yang baru beli mesin profil kayu. Jadi nantinya kalian dapat menggunakan mesin profil kayu kalian dengan benar dan hasilnya bisa maksimal tanpa perlu mubadzir waktu dan mata pisaunya.

 

 

TIPS MENGGUNAKAN ROUTER MESIN PROFIL KAYU

Oke langsung aja kita masuk pada tips menggunakan router mesin profil kayu ya, biar ga terlalu banyak basa basinya. Jadi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menggunakan mesin profil kalian ya guys. Berikut adalah beberapa tips menggunakan mesin profil kayu versi tehniq.com :

 

LEPAS COLOKAN SAAT MEMASANG MATA PISAU

Oke langsung aja. Untuk tipe yang pertama yaitu jangan pernah memasang mata pisau atau menyetel ulang mata pisau dengan kondisi colokan listrik sedang menempel. Hal ini tentunya akan sangat beresiko untuk tangan anda jika sampai power listrik tidak sengaja tertekan tangan kalian.

 

Tips-Menggunakan-Router-Mesin-Profil-Kayu

 

Atau jika kalian rasa terlalu ribet, maksimal kalian bisa mematikan saklar listrik kalian atau saklar mesin profil kayu kalian. Hal ini berkaitan pada keamanan penggunaan mesin ini ya guys. Jadi selain bisa menggunakan mesin profil dengan benar, kalian juga harus tetap menjaga keamanan diri kalian sendiri.

 

Salah satu caranya ya dengan mengikuti tips kami yang pertama ini.

 

PASANG MATA PISAU DENGAN BENAR

3 Hal pertama yang akan kami jelaskan disini memang dari sisi keamanan ya guys.. Jadi jangan bosen dulu karena emang semua itu baik untuk kalian.

 

Dan tips yang kedua ini yaitu pastikan kalian memasang mata pisau dengan benar dan kencang. Jangan sampai longgar karena akan membahayakan diri anda. Oia, sebelum memasang mata pisaunya, pastikan juga bahwa mata pisau yang kalian pakai masih layak untuk digunakan.

 

Jangan memaksakan untuk menggunakan mata pisau yang sudah tumpul karena akan memperlambat dan memperjelek pekerjaan anda juga nantinya.

 

 

GUNAKAN ALAT SAFETY

Masih soal keamanan ya. Tips menggunakan router mesin profil kayu yang ketiga yaitu gunakanlah alat safety. Karena alat safety itu sangat penting untuk kalian gunakan saat bekerja. Tentunya jika kalian bekerja dengan aman, maka resiko kalian tidak bekerja karena sakit akan berkurang dan bahkan tiada.

 

Yaa paling sakit-sakit pilek dikit juga gpp. hehe

 

Gunakan-Alat-Safety-saat-Bekerja

 

Untuk detail atau daftar alat-alat safety yang wajib kalian gunakan yaitu :

  • Penutup telinga
  • Masker
  • Kacamata

 

 

PERHATIKAN SAAT MENYALAKAN DAN MEMATIKAN MESIN

Hal keempat yang penting untuk kalian perhatikan adalah saat menyalakan dan mematikan mesin. Jangan mematikan dan menyalakan mesin saat posisi mesin atau mata pisaunya menempel pada objek kerjanya. Karena hal tersebut bisa menjadi berbahaya dan dapat merusak objek kerja kalian.

 

Bahaya karena saat posisi mata pisau menempel dan langsung kalian nyalakan, maka ada kemungkinan objek terpental karena putaran mata pisau tadi. Dan jika kalian mematikan mesin saat posisi masih menempel pada objek kerja, yang ada objek kerja yang udah halus bisa terkikis lagi karena sisa putaran mesin yang akan mati.

 

Alhasil pekerjaan kalian bisa ga halus atau ga rata guys.

 

 

PERHATIKAN ARAH PUTARAN MATA PISAUNYA

Setelah kita mempelajari tentang faktor keamanan. Sekarang kita akan mulai pada teknik pekerjaannya ya. Mulai seru nih guys, jadi harus lebih diperhatikan.

 

Ada dua cara pada saat menggerakkan router ataupun kayu. Karena ada orang yang memegang router kemudian di dorong atau di tarik mesinnya pada kayu yang ingin di serut. Dan ada orang yang membuat rumah untuk routernya, sehingga difungsikan seperti table saw.

 

Cuma bukan untuk memotong. Tapi untuk membuat lekukan ataupun bevel-bevel gitu. Berikut adalah contoh arah yang benar untuk mengoperasikan router anda.

 

Arah-Router

 

Jika kalian menggunakan mesin profil ini dengan menggerakkan mesinnya. Maka arah putaran dan dorongan yang perlu kalian perhatikan yaitu seperti gambar diatas.

 

Arah-Dorongan-Kayu

 

Dan jika kalian menggunakan mesin profil dengan cara mendorong kayunya. Maka arah putaran dan dorongan kayu yang perlu kalian perhatikan seperti gambar diatas.

 

 

JANGAN PAKSA MESIN KALIAN BEKERJA

Tips menggunakan router mesin profil kayu yang keenam yaitu jangan memaksakan mesin kalian saat terjadi getaran yang sudah tidak normal. Biasanya hal ini terjadi saat ada serat kayu yang terlalu keras dan atau bagian kayu yang cacat.

 

Nah kalo udah kaya gitu jangan dipaksain untuk di dorong ya. Karena nantinya akan dapat merusak motor mesin profil kalian dan juga dapat merusak mata pisaunya.

 

Terus bisa juga faktor salahnya kalian dalam menggunakan bit kalian. Biasanya ukuran bit terlalu besar, tapi mesin kalian kurang kuat. Jadi mending ganti mata pisau kalian dengan yang lebih kecil agar tekanan yang diterima mesin lebih ringan.

 

Saran kami mending emang beli mesin profil yang kuat atau yang gede, biar ga terjadi masalah-masalah seperti ini. Sehingga mesin kalian tetep awet dan performa terus terjaga.

 

Dan untuk mata pisau besar harus dikhususkan untuk penggunaan mesin profil yang menempel. Jadi yang digerakkan kayunya bukan mesinnya. Tau lah ya maksud gw. Semoga kalian paham.

 

 

Naahh jadi itu tadi ya guys beberapa tips menggunakan router mesin profil kayu yang perlu kalian perhatikan. Selain dapat menjaga keamanan diri kalian, tips ini juga bisa menjaga performa dan keawetan mesin profil kalian.

 

Jadi sampai segini aja ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua. Dan bagi kalian yang sedang ada kebutuhan mesin profil kayu yang asli dan berkualitas. Langsung aja cek katalog mesin profil kayu kami dari segala merk dibawah ini.

 

KATALOG MESIN PROFIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *