Thumbnail-Jenis-Paku-untuk-Paku-Tembak-dan-Kegunaannya

JENIS PAKU UNTUK PAKU TEMBAK DAN KEGUNAANNYA

By: Yudha Yudha
07 Jan 2020

Halo sobat tehniq semuanya.. balik lagi ya di blog tehniq yang selalu tak henti dan tak bosan membahas seputar alat-alat teknik yang perlu kalian ketahui. Nah jadi kali ini kami mau bahas tentang jenis paku untuk paku tembak dan kegunaannya. Karena banyak banget yang nanyain tipe paku untuk paku tembak itu ada berapa macem gan?

 

Nah jadi pada artikel kami kali ini, kami mau bahas tentang pertanyaan kalian tersebut. Biar uneg-uneg di kepala kalian bisa terobati gitu. Kebiasaannya temen-temen itu kalo ada uneg-uneg malah dibiarin, nanti lama-lama bisa jadi penyakit.

 

Mending ngopi sambil baca artikel kami ini, biar uneg-uneg kalian terobati.. Hehehehe.. Maksain dikit ya.. yang penting kalian mau baca.. v(^^)

 

 

JENIS PAKU UNTUK PAKU TEMBAK DAN KEGUNAANNYA

Oke jadi apa aja sih jenis paku untuk paku tembak dan kegunaannya yang perlu kalian ketahui?? jawabannya ada pada beberapa poin dibawah ini tentunya.

 

Tapiii sebelum kami menyebutkan jenis paku untuk paku tembak dan kegunaannya ini. Pertama-tama kami mau kasih info tentang fungsi dari paku tembak ini biasanya digunakan untuk apa aja sih?? berikut adalah beberapa fungsi dari paku tembak yang perlu kalian ketahui nih :

  • Memasang Lantai Kayu
  • Menggabungkan atau menempelkan 2 kayu menjadi satu
  • Menyambung rangka pigura dengan mudah
  • Menempelkan list kayu baik untuk meja, pintu dan beberapa media perkayuan lainnya
  • Menempelkan list langit-langit

 

Naahh itu tadi ya beberapa hal yang bisa kalian lakukan dengan paku tembak. Yang jelas semua hal tersebut bisa kalian kerjakan dengan cepat dan halus tanpa perlu menggunakan banyak tenaga. Lebih simple, aman, cepat dan tepat. Dan inget ya.. makin kecil ukuran kayu yang mau kalian sambung, maka harus makin kecil juga ukuran pakunya.

 

Hal ini untuk menghindari pecahnya atau retaknya kayu karena kebesaran paku. Hehehe

 

Yaw dah gw rasa udah cukup jelas ya gw jelasin poin untuk fungsi paku tembak ini. Selanjutnya mari kita mulai sebutkan satu-satu jenis paku untuk paku tembak dan kegunaannya pada beberapa poin dibawah ini :

 

PAKU CINCIN ( ANNULAR RING NAIL )

Paku-Cincin

 

Paku cincin digunakan untuk menyambung panel kayu ataupun menjadi penahan sambungan sudut. Bentuk dari paku cincin ini seperti halnya paku kayu biasa, tetapi bedanya dia memiliki ulir dibadannya. Ulir ini fungsinya untuk mengunci kayu agar tidak mudah terlepas setelah disambung dengan paku ini.

 

Dan untuk material pembuat dari paku ini yaitu baja galvanis. Hal ini memungkinkan paku ini lebih tahan terhadap karat, sehingga dapat digunakan baik diluar ruangan atau didalam ruangan.

 

 

PAKU KOTAK ( BOX NAIL )

Paku-Kotak

 

Paku kotak berukuran lebih pendek karena dikhususkan untuk menyambung triplek dan kayu-kayu tipis lainnya. Jika dilihat dari sisi kekuatannya, paku ini lebih rentan karena bentuknya yang tipis dan pendek kaya anumu membuatnya kurang kuat dalam menahan sambungan dengan beban.

 

Untuk itu penggunaannya kami sarankan hanya untuk kebutuhan ringan saja seperti pajangan atau hiasan rumah. Bukan untuk aplikasi yang memiliki tahanan.

 

 

PAKU TANPA KEPALA ( BRAD NAIL )

Paku-Tanpa-Kepala

 

Bisa kalian lihat ya, jenis paku yang satu ini sambung menyambung menjadi satu. Paku-paku tersebut bisa menyambung dengan tanpa jarak dikarenakan paku tersebut tidak memiliki kepala atau topi dibagian atasnya. Sehingga tidak ada halangan antara satu paku dengan paku yang lain untuk menempel.

 

Paku ini adalah paku yang sangat umum digunakan pada mesin paku tembak karena penggunaannya yang dikhususkan untuk menyambung bingkai, panel kayu tipis, kayu kabinet dan lain-lain. Kekuatan cengkeram dari paku ini hampir sama dengan paku kotak diatas.

 

Sama-sama lemah kaya kalian yang baru diputusin pacar. lemah banget. Wakakakak

 

 

PAKU BINGKAI ( CASING NAIL )

Paku-Bingkai

 

Hampir sama dengan paku brad atau tanpa kepala. Tetapi jika dilihat dari sisi kekuatan cengkeram, jenis paku ini memiliki kekuatan cengkeram yang lebih kuat. Hal ini disebabkan dengan adanya kepala yang berbentuk kecil dan juga permukaan yang kasar dari paku ini.

 

Sedangkan untuk kegunaannya sendiri, paku ini bisa kalian gunakan untuk menggabungkan bingkai jendela, pintu atau semacamnya.

 

 

PAKU SETENGAH BULAN ( CLIPPED HEAD NAIL )

Paku-Setengah-Bulan

 

Paku ini memiliki bentuk topi atau kepala setengah lingkaran yang berfungsi sebagai penahan. Desain setengah lingkaran ini dibuat hanya agar paku dapat dibuat memanjang untuk digunakan pada paku tembak. Jadi untuk fungsinya sendiri sama dengan paku box atau paku kotak.

 

Cuma beda bentuk kepala aja guys. Dan untuk kekuatan cengkeramnya juga tidak terlalu besar karena memang kegunaannya yang hanya untuk kebutuhan ringan saja.

 

 

PAKU STANDARD

Paku-Standard

 

Jenis paku berikutnya yaitu paku standard yang umum digunakan untuk menggabungkan kayu balok yang lebih tebal dari bingkai ataupun kayu kabinet. Ya kayu-kayu seukuran kusen pintu gitu lah ya. Jenis paku ini sangat umum digunakan untuk berbagai pekerjaan karena memang fungsinya yang umum.

 

Jadi bagi kalian yang menggunakan paku ini ya hajar aja selama itu buat kayu. Asal jangan dibuat untuk beton ya.. Yang ada pakunya entar bengkok.. Hehehe

 

 

PAKU LANTAI KAYU

Paku-Lantai-Kayu

Sesuai dengan namanya ya guys.. Jenis paku ini digunakan untuk merekatkan lantai kayu pada dasar lantai. Jadi Lantainya tidak bisa bergeser kemana-mana. Tapi untuk penggunakan paku jenis ini mulai berkurang ya guys karena banyaknya penggunaan lantai kayu tiruan ataupun lantai kayu puzzle.

 

Walaupun sudah jarang digunakan, tetap kita masukin di artikel jenis paku untuk paku tembak dan kegunaannya ini. Biar pengetahuan kalian akan jenis paku ini tidak berkurang sedikitpun karena perkembangan teknologi sekarang. Siapa tau nanti jenis-jenis paku model lama dimuncul lagi.

 

 

PAKU BETON

Paku-Beton

 

jenis paku untuk paku tembak dan kegunaannya yang terakhir yaitu paku beton guys. Dan seperti namanya ya.. Paku ini digunakan untuk menghantam beton. Untuk material logam dari paku ini juga difinishing dengan finishing galvanis guys.

 

Jadi daya tahan terhadap karat sangatlah bagus. Dan jenis paku ini cocok digunakan baik untuk kebutuhan outdoor ataupun indoor.

 

Oia gw cuma mau ingetin kalian semua aja ya. Masing-masing tipe paku yang kami cantumkan diatas bukan hanya untuk satu jenis Paku Tembak / Nail gun aja ya. Karena jenis-jenis dari paku tembak juga beragam. Mungkin akan kami buatkan artikel khusus untuk menjelaskan tentang jenis paku tembak atau nail gun ini buat kalian.

 

Untuk itu jangan salah paham dulu ya dengan jenis paku yang udah kami jelasin diatas. Dan itu tadi sekalian buat penutupan artikel tentang jenis paku untuk paku tembak dan kegunaannya ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua ya guys.

 

Dan inget untuk selalu menggunakan alat safety selama kalian bekerja.. Salam..!!

 

>> KATALOG PAKU TEMBAK <<

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *