Thumbnail-Tipe-Mata-Pisau-Table-Saw

TIPE MATA PISAU TABLE SAW

By: Yudha Yudha
06 Dec 2019

Halo sobat tehniq setanah air yang tercinta. Kali ini kami mau buat artikel buat kalian spesialis woodworking atau yang sering kita sebut dengan seniman di bidang perkayuan. Jadi disini kami akan coba untuk membahas tentang tipe mata pisau table saw yang perlu kalian ketahui. Agar nantinya kalian dapat menentukan tipe mata pisau yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Sama halnya kaya gerinda, router, mitter saw dan lain-lain. Semua mesin tersebut memiliki jenis mata pisau mereka sendiri. Dan tentunya sebagai user dari alat tersebut, kita harus mengerti masing-masing kegunaan dari mata pisau tersebut.

 

Karena kalo kalian ga ngerti masing-masing fungsinya, yang ada hasil kerja kalian nanti ga bisa maksimal. Atau bisa juga tidak terjadi efisiensi waktu kerja anda. Maksudnya yaitu misal harusnya kalian bisa motong besi pake mata gerinda potong dengan waktu 5 menit. Tapi kalian lebih memilih menggunakan mata gerinda poles untuk memotong.

 

Dan akhirnya kalian dapat memotong selama 10 menit. Sama-sama bisa motong sih, tapi karena kegunaan dari mata pisau gerinda tersebut anda tidak paham. Yang ada anda membuang waktu anda selama 5 menit dan itu juga termasuk kedalam ketidak efisiensian waktu.

 

 

TIPE MATA PISAU TABLE SAW

Jadi intinya semua pekerjaan itu harus kita kerjakan dengan efisien, dan salah satu caranya adalah mengerti karakteristik dan fungsi dari alat tersebut. Makanya guys, menurut gw itu penting kalo kita bahas tentang tipe mata pisau table saw ini.

 

Karena table saw ini adalah alat yang paling banyak digunakan para woodworker untuk memotong kayu baik panjang ataupun kayu pendek.

 

Jadi pertanyaannya, apa aja sih tipe mata pisau table saw ini? Kalo kita berbicara tipe sebenernya banyak ya guys, dan semua itu tergantung dari si produsen mata pisau tersebut. Tapi yang jelas yang paling perlu kita perhatikan adalah jumlah mata pisaunya dan arah geriginya pisaunya.

 

Karena kalo kita bahas tentang bentuk mata gerigi mata pisau, kayanya ga akan ada habisnya. Secara si produsen mata pisau table saw ini pasti selalu melakukan perubahan dan inovasi-inovasi lainnya. Jadi mending kita bahas tentang jumlah mata pisaunya aja.

 

 

TIPE MATA PISAU TABLE SAW BERDASARKAN JUMLAH GERIGI

Okee.. Untuk tipe mata pisau table saw yang pertama yaitu berdasarkan jumlah geriginya itu dibagi menjadi 2 tipe yaitu diantaranya adalah :

  • 40 Gigi / Gerigi
  • 50 Gigi / Gerigi Kombinasi

 

Tipe-Mata-Pisau-Table-Saw-Berdasarkan-Jumlah-Gigi-Gerigi

 

 

40 GIGI / GERIGI

Untuk tipe mata pisau table saw yang berjumlah 40 Gigi atau gerigi ini memiliki fungsi untuk memotong searah dengan serat kayu. Jadi jika serat kayu tidak searah dengan putaran mata pisau biasanya akan muncul sobekan-sobekan kecil di permukaan yang membuat hasil potongan kurang halus.

 

Walaupun masih tergolong halus, tapi masih lebih halus lagi hasilnya jika kalian memotongnya sesuai dengan arah serat kayunya. Dan bukan berarti kalian harus memaksakan ya guys. Karena pemotongan kayu tidak bisa kita atur arahnya. Yang terpenting disini adalah agar kalian tau aja kenapa ada hasil potongan yang halus dan kurang halus walaupun mata pisau sama.

 

Untuk kecepatan potong menggunakan mata pisau ini juga lebih cepat dari mata pisau bergerigi 50 kombinasi. Karena gerigi 40 lebih rapat sehingga terus menerus mengoyak serat kayu yang dipotongnya.

 

 

50 GIGI / GERIGI

Tipe mata pisau table saw yang kedua berdasarkan jumlah geriginya yaitu mata pisau dengan jumlah 50 gerigi. Untuk tipe mata pisau yang satu ini berbeda dengan 40 gerigi. Jadi seperti yang udah kami sebutin diatas, bahwa tipe mata pisau ini tidak dapat memotong secepat 40 gerigi.

 

Tapi, mata pisau ini dapat memotong lebih halus karena mata pisau tidak tersebut merobek kayu. Hal ini disebabkan adanya rongga pada setiap sekian mata gerigi. Jadi ada gerigi-gerigi terus lubang besar, kemudian ada gerigi lagi. Gampangnya kalian bisa lihat gambar diatas lah ya di gambar mata pisau yang bawah.

 

Dari sisi harga, pisau 50 gerigi ini lebih murah jika dibandingkan 40 gerigi. Jadi ada plus dan minusnya lah ya.

 

 

TIPE MATA PISAU BERDASARKAN ARAH GERIGINYA

Tipe mata pisau table saw selanjutnya akan kita bahas berdasarkan arah geriginya. Karena arah gerigi ini nanti akan mempengaruhi hasil potongan tentunya. Jadi kudu kita bahas juga disini, agar nantinya kalian dapat membeli mata pisau yang sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

 

Okee.. untuk jenis mata pisau berdasarkan arah geriginya terbagi menjadi 5 yaitu diantaranya adalah :

  • Flat Top Grind ( FTG )
  • Alternate Top Bevel ( ATB )
  • High Angle Alternate Top Bevel ( Hi-ATB )
  • Alternate Top Bevel / Raker ( ATB/R )
  • Triple Chip Grind ( TCG )

 

 

FLAP TOP GRIND ( FTG )

Bentuk gerigi pisaunya yang sejajar membuatnya dapat merobek dan memotong kayu dengan cepat. Dan karena kecepatan potongnya tadi membuatnya tidak cepat panas saat digunakan untuk memotong kayu.

 

Tipe-Mata-Pisau-table-Saw-Flat-Top-Grind

 

Dan untuk hasilnya juga dapat tergolong halus karena bentuk mata geriginya yang sejajar. Sehingga saat digunakan untuk memotong, geriginya tadi dapat memotong searah serat kayu.

 

 

ALTERNATE TOP BEVEL ( ATB )

Bentuk mata gerigi dari tipe mata pisau table saw ini miring berlawanan. Hmmm apaan tuh bahasanya.. Hahahaha.. Lihat aja deh gambar dibawah ini biar enak jelasinnya.

 

Tipe-Mata-Pisau-table-Saw-Alternate-Top-Bevel

 

Jadi bisa kalian lihat ya. Mata geriginya miring kekanan terus kekiri. Tipa mata gigi arahnya berlawanan. Hal ini membuat mata pisau ini dapat meminimalkan robekan dari potong kayu.

 

Sehingga hasil potongannya pun nantinya akan lebih halus ketimbang tipe FTG sebelumnya. Tapi karena mata pisau ini bertumpu dengan ujung gigi, maka durasi penggunaannya pun menjadi lebih pendek.

 

Bahasa gampangnya lebih cepat tumpul, karena mata gerigi yang tajam condong kedepan. Sehingga sering bertabrakan dengan kayu saat dibuat untuk memotong dan membuatnya tumpul.

 

 

HIGH ANGLE ALTERNATE TOP BEVEL ( Hi-ATB )

Yang selanjutnya, untuk jenis mata pisau table saw berdasarkan arah mata geriginya yang ketiga adalah Hi-ATB. Sama seperti ATB sebelumnya, dia memiliki mata gerigi yang miring berlawanan arah. Tetapi tingkat kemiringannya lebih miring ketimbang ATB biasa.

 

Makanya disebut High Angle atau Sudut yang lebih besar. Berikut adalah gambar dari mata pisau tersebut.

 

Tipe-Mata-Pisau-table-Saw-High-Angle-Alternate-Top-Bevel

 

Kemiringan sudut yang berada dikisaran 30 – 40 derajat ini membuat mata pisau ini dapat memotong kayu tipis sekalipun dengan sangat rapi. Karena Bentuk dan arah dari geriginya sangat runcing kedepan sehingga tidak akan merusak kayu yang tipis sekalipun.

 

Dan kelemahannya sama seperti ATB yang tadi ya. Mata pisau ini juga lebih cepat tumpul jika dibandingkan dengan tipe FTG yang pertama. Dan alasannya juga sama dengan tipe ATB sebelumnya ya.

 

 

ALTERNATE TOP BEVEL / RAKER ( ATB/R)

Yang jenis mata pisau berdasarkan arah gerigi yang keempat yaitu ATB/R. Bentuknya sama dengan model ATB. Tapi bedanya ini gerigi sudah miring, terus turun juga bagian tajamnya. Kalian bisa lihat ya pada gambar dibawah ini.

 

Tipe-Mata-Pisau-table-Saw-Alternate-Top-Bevel-Raker

 

Seperti yang bisa kalian lihat ya. Jadi agak turun gitu sudutnya. Udah miring, terus turun yang berarti ujungnya pastinya berbentuk runcing dan tajam. Kalau kalian sentuh ujungnya pastinya sakit seperti saat hatimu dilukai.

 

Sakiitt banget.. Wakakakakakak..

 

Tipe mata pisau ini memiliki fungsi yang digunakan khusus untuk pemotongan dengan hasil potongan silang. Jadi hasilnya ga rata guys alias agak grenjel-grenjel. Biasanya tipe ini hanya dimiliki mata pisau dengan jumlah gerigi 50.

 

 

TRIPLE CHIP GRIND ( TCG )

Untuk tipe mata pisau table yang terakhir yaitu TCG. Untuk tipe TCG ini dia bentuknya datar kaya FCG tapi langsung turun membentuk sudut.

 

Tipe-Mata-Pisau-table-Saw-Triple-Chip-Grind

 

Bisa kalian lihat pada gambar diatas ya guys bentuknya. Dan untuk jenis mata pisau yang satu ini sangat cocok untuk penggunaan pada kayu tipis, kayu yang diberi perekat dan ditumpuk-tumpuk atau bisa disebut dengan kayu plywood dan jenis kayu-kayu lainnya yang merupakan jenis kayu olahan.

 

Kelebihan dari mata pisau ini yaitu memiliki daya tahan yang cukup lama alias tidak cepat tumpul sama seperti jenis FCG yang pertama.

 

 

PENUTUP

Okeee.. jadi itu tadi beraneka ragam jenis dan tipe mata pisau table saw beserta kegunaannya. Semoga apa yang udah kami tulis ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys.

 

Dan jangan lupa buat terus belajar untuk jadi woodworker yang profesional. Jadi segini dulu ya dari kami, karena udah mulai pegel nih jari gw ngetiknya. Hahahaha.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *