CARA MEMBUAT DESAIN KURSI TANPA KOMPUTER

By | December 11, 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. Balik lagi ya di blog kami yaitu blog tehniq.com yang selalu senantiasa membahas seputar alat-alat teknik ini. Dan kali ini kami mau bagi-bagi tips buat kalian yang ( maap ) gaptek. Karena banyak sekali temen-temen kita yang belum bisa menggunakan software desain komputer. Untuk itu disini kami coba untuk memberikan tips atau cara membuat desain kursi tanpa komputer untuk kalian semua.

 

Agar kalian semua yang ga bisa komputer jangan minder, harus tetep pede dong. Karena jasa woodworking yang kita kerjakan itu intinya adalah hasil bukan apakah kita bisa komputer atau tidak. Jadi kalian tenang aja guys, selama kalian merasa kalian dapat membuat kursi dan peralatan dari kayu lainnya yang halus, kokoh dan presisi. Kalian bakalan tetep dianggap profesional oleh para customer kalian.

 

Tapi disini kenapa kami tetep ingin membuat artikel tentang cara membuat desain kursi tanpa komputer ini? jawabannya adalah agar kalian sedikit demi sedikit dapat menggambar desain kursi kalian sendiri yang merupakan karya kalian sendiri. Disitu kalian akan mendapatkan kepuasan kalian sendiri.

 

Dan tentunya bila kalian bisa menggambarkan desain yang customer kalian mau langsung dihadapan mereka. Wuuaahh udah pasti lah mereka bisa acungin jempol 4 buat kalian. Karena kalo cuma bayangan itu ga keren, tapi kalo pake visual itu baru keren. Hehehe

 

 

CARA MEMBUAT DESAIN KURSI TANPA KOMPUTER

Naahh jadi itu tadi ya sekelumit cerita dan motivasi dari saya yang paling oke dan kece. Hohoho.. Jadi pertanyaannya gimana cara membuat desain kursi tanpa komputer dengan mudah, cepat dan presisi? Jawabannya adalah dengan menggunakan beberapa alat wajib yaitu diantaranya adalah :

  • Penggaris panjang
  • Penggaris Segitiga
  • Pensil & Bolpoin
  • Kertas
  • Penggaris Busur ( Setengah Lingkaran )

 

Cara-Membuat-Desain-Kursi-Tanpa-Komputer

 

Itu tadi ya 5 alat yang perlu kalian siapkan untuk membuat desain kursi tanpa menggunakan komputer. Tidak perlu pandai menggambar guys, yang penting bisa buat garis lurus dan presisi.

 

Dan untuk melangkah lebih jauh lagi, kami akan mulai untuk menjelaskan step by step atau tahapan dalam menggambar desain kursi kalian sendiri menggunakan kelima alat tersebut.

 

 

LANGKAH 1 MEMBUAT DESAIN KURSI

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuat garis bersudut, minimal 102 derajat ya guys dan maksimal 105 derajat lah. Dan aturannya itu untuk kursi dining atau kursi makan itu kalian buat dengan derajat 102 derajat.

 

Dan untuk kursi lounge atau kursi ruang keluarga atau bisa juga kursi rumahan kali ya. Untuk jenis kursi tersebut kalian bisa buat dengan 105 derajat ya. Kedua ukuran tersebut adalah standard pembuatan kursi ya guys. Kalo kalian mau modif sih ga papa, tapi ga sesuai standard aja. Hehehe.

 

Oke langsung aja ya.. langkah pertama adalah membuat garis bersudut seperti gambar dibawah ini.

 

Buat-Kerangka-Garis

 

Besaran sudutnya udah gw jelasin diatas ya guys.. Jadi jangan nanya lagi.. Hehehe

 

 

LANGKAH 2 UNTUK MEMBUAT DESAIN KURSI

Untuk langkah yang kedua yaitu dengan membuat garis yang sama dibagian atasnya. Garis ini nantinya akan menentukan tinggi dari kursi yang akan kalian buat. Dan jika kalian ingin lebih detail lagi, gambar lah garis yang sama berulang-ulang untuk membuat tinggi kaki dari kursi tersebut.

 

Berikut adalah contoh untuk pembuatan garis kerangka untuk tahap yang kedua.

 

Buat-Kerangka-Garis-2

 

Disitu kami beri warna merah agar kalian bisa membedakan garis baru dan garis lama ya. Untuk penerapannya sih terserah kalian ya. Mau kalian bedain warnanya atau nggak. Sebenarnya sama aja guys, karena kalian yang menggambar dari awal.

 

Jadi kalian pasti tau arah dan tujuan gambar yang ingin kalian buat ini nantinya. Dan seperti yang udah kami sampaikan tadi, buatlah garis tambahan dibagian tengahnya untuk menentukan tinggi dari kursi yang akan kalian buat.

 

 

LANGKAH 3 MEMBUAT DESAIN KURSI

Dan langkah terakhir yang bisa kalian terapkan sebagai cara membuat desain kursi tanpa komputer ini adalah dengan menggambar kerangka kursi. Kerangka kursi yang kalian buat nantinya harus mengikuti garis-garis yang udah kalian buat tadi ya guys.

 

Dan ingat, untuk panjang kanan dan kiri harus sama, yaitu dengan mengikuti garis tengah yang udah kalian buat diawal. Tarik aja dari titik sudut yang kalian buat tadi. Contohnya adalah sebagai berikut :

 

Gambar-Kerangka-Kursi

 

Nah itu tadi ya cara membuat desain kursi tanpa komputer dari kami. Dan jika kalian ragu-ragu dan masih belajar, kami sarankan untuk menggunakan pensil agar kalian dapat menghapus bagian yang ingin anda hapus.

 

Baik menghapus garis ataupun menghapus sketsa kursi kalian. Tentunya kalian tidak akan langsung bisa, tetapi paling tidak kalian harus banyak belajar dengan mencoba menggambar sesuai dengan teknik yang udah kami jabarkan disini.

 

Yakk.. jadi segitu aja ya tips dari kami tentang cara membuat desain kursi tanpa komputer yang perlu kalian pelajari terus. Semoga kalian berhasil, tentunya dengan cara terus mencoba dan terus mempraktekkannya ya guys.

 

Dan kami berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian untuk menjadi lebih profesional. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *