4 HAL PENTING UNTUK MEMULAI USAHA WOODWORKING

By | December 4, 2019

Halo halo.. ada orang dsna?? Hehehe.. Haloo sobat tehniq setanah air.. Balik lagi di blog kesayangan kita yang paling lengkap dan terkenal setanah air.. Wakakaka.. Becanda dulu guys opening kali ini biar kita ga tegang.. Jadi kali ini kami mau bahas tentang 4 hal penting untuk memulai usaha woodworking kalian masing-masing.

 

Karena kalo memulai usaha apapun itu jenis dan modelnya, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan pada artikel ini kami fokuskan pada materi untuk memulai usaha woodworking. Jadi kalian harus memperhatikan 4 hal penting untuk memulai usaha woodworking ini.

 

Tentunya kalo kalian mulai usaha asal-asalan ujung-ujungnya kalian bisa bangkrut. Sayang banget modal kalian nanti jadi terbuang percuma. Mending buat gw modal beli HP baru duitnya.. Wakakakaka

 

 

4 HAL PENTING UNTUK MEMULAI USAHA WOODWORKING

Okeee… langsung aja ya kita bahas masalah ini lebih detail. Jadi 4 hal penting apa sih yang perlu kita bahas disini sebelum kalian memulai usaha woodworking kalian? Berikut adalah keempat hal tersebut dan penjelasannya :

  • Faktor keamanan atau keselamatan kerja.
  • Pembersih debu kayu dan debu-debu lainnya.
  • Efisiensi, baik efisiensi waktu dan pekerjaan.
  • Kualitas kerja.

 

Nah jadi keempat hal tersebut sangatlah penting untuk menjadi bekal kalian menuju kesuksesan dalam memulai usaha woodworking kalian. Karena tanpa keempat hal tersebut, maka usaha woodworking kalian bakalan terkesan kurang profesional dan ditambah jika kualitas kerja kalian kurang.

 

Yang ada pada pelanggan kalian bisa pada kabur. Karena apa yang kita berikan pada orang lainlah yang akan kita tuai nanti, seperti pepatah dari kakek nenek jaman dulu. Hehehe

 

Oke jadi akan kita mulai bahas satu-satu ya 4 hal penting untuk memulai usaha woodworking kalian yang udah gw sebutin diatas.

 

 

1. FAKTOR KEAMANAN / KESELAMATAN KERJA

Hal pertama yang sangat penting dalam sebuah pekerjaan tentunya faktor keamanan atau yang sering kita sebut dengan keselamatan kerja ya guys. Dan untuk memulai usaha woodworking kalian, kalian harus mempersiapkan alat-alat safety untuk kebutuhan kalian sendiri.

 

Faktor-Keamanan-untuk-Memulai-Usaha-Woodworking

 

Baik itu sarung tangan, kacamata, masker, first aid atau kotak obat, dan lain-lain. Pokoknya semua peralatan yang dapat membuat anda terlindung dari bahaya pekerjaan kalian.

 

Dan tau ga kenapa faktor keamanan ini kami masukin kedalam salah satu hal untuk memulai usaha woodworking ini? Jawabannya adalah karena usaha yang tidak menggunakan keselamatan kerja pada pekerjaannya akan beresiko terjadinya kecelakaan kerja.

 

Jika terjadi kecelakaan kerja, maka produksi anda akan terhenti sehingga anda akan membuat target pekerjaan kalian terlambat. Dan tentunya tau lah ya kalo pekerjaan sampai terlambat, pastinya diomelin sama customer kalian.

 

Intinya faktor kecelakaan kerja yang sangat berbahaya dan juga faktor komplain customer yang akan anda dapatkan jika kalian tidak memperhatikan faktor keselamatan kerja ini.

 

 

2. PEMBERSIH DEBU

Hal kedua yang perlu kalian persiapkan untuk memulai usaha woodworking kalian yaitu Pembersih Debu. Baik itu buat serbuk kayu yang dihasilkan saat kalian bekerja ataupun debu-debu yang lainnya. Kaya jurusnya saint seiya jaman dulu juga bisa lu bersihin. Jurusnya yang debu-debu intan itu.. Wakakakakak

 

Hmmm.. mulai ga jelas gw.

 

Faktor-Kebersihan-untuk-Memulai-Usaha-Woodworking

 

Oke jadi seperti kita ketahui ya. Serbuk-serbuk kayu yang halus dan lembut itu sangat berbahaya buat paru-paru kalian. Kalo sampe kesedot masuk ke paru-paru itu bahaya banget guys, karena untuk mengeluarkan serbuk tadi dari paru-paru kita harus dengan jalan operasi.

 

Jadi selain pencegahan dari debu dengan menggunakan alat keamanan yang udah gw sebutin sebelumnya. Kalian juga harus menyediakan alat pembersih atau penyedot debu. Biasanya bisa dengan menggunakan vacuum cleaner atau vacum lainnya yang khusus digunakan untuk penyedot debu saat bekerja.

 

Oia guys, kalo kalian ga pake pembersih debu, kalian juga akan membahayakan kesehatan customer kalian. Dan bisa-bisa customer kalian bisa menghindar dari workshop kalian yang kotor. Gw aja sering ke tempat workshop woodworking yang ga pake pembersih debu, terus upil gw banyak banget.

 

Mana upil gw kasar banget campur serbuk-serbuk kayu. Makanya gw langsung berinisiatif untuk bikin artikel ini, biar ga ada korban-korban kaya gw yang sampai punya upil gede banget. -_-

 

 

3. EFISIENSI WAKTU DAN PEKERJAAN

Untuk hal yang perlu kalian perhatikan selanjutnya untuk memulai usaha woodworking kalian adalah efisiensi waktu dan pekerjaan. Maksudnya adalah dengan membekali diri kalian dengan skil dan kecepatan pekerjaan.

 

Efisiensi-Waktu-untuk-Memulai-Usaha-Woodworking

 

Jadi jangan melakukan pekerjaan yang sia-sia sehingga dapat membuat kalian kerja dua kali. Asah skill kalian dan baik agar kalian dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Untuk hal ini yang kalian butuhkan adalah pengalaman pekerjaan ya.

 

Kalo kalian baru memulai kerja tentunya kalian tidak akan bisa membuat pekerjaan dengan efisiensi waktu yang tinggi. Semua butuh latihan dengan membuat dan membuat karya terus hingga kalian mendapatkan kemudahan saat bekerja.

 

Terus efisiensi yang kedua yaitu efisiensi material. Jangan terlalu boros dalam mengaplikasikan kayu yang kalian akan buat. Buatlah karya dengan bahan seminim mungkin tetapi tidak mengurangi kualitas karya kalian tersebut.

 

Hal ini juga bisa kalian dapatkan dengan terus berlatih dan banyak belajar tentang teknik dan bentuk-bentuk karya yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan kalian.

 

 

4. KUALITAS KERJA

Hal terakhir yang termasuk kedalam 4 hal penting untuk memulai usaha woodworking adalah kualitas kerja kalian. Jadi buatlah karya dengan kualitas yang bagus dan kekuatan yang bagus pula.

 

Intinya buat karya sehalus mungkin tetapi tidak menghilangkan kekokohan karya kalian tersebut. Banyak belajar dan berlatih untuk meningkatkan kualitas kerja kalian.

 

Jangan terburu-buru untuk membuka usaha woodworking kalian. Lebih baik asah dulu skill kalian, karena sekali kalian membuat karya yang jelek. Maka testimoni yang kalian dapatkan juga jelek dan hal tersebut akan mempengaruhi calon customer kalian.

 

Karena testimoni orang-orang itu sangat mempengaruhi usaha kalian. Ya walaupun belum jago-jago amat, paling nggak kalian udah bisa bikin kualitas kerja yang baik. Jadi kalian ga perlu menunggu lama juga untuk membuka usaha woodworking kalian.

 

Okee.. jadi itu tadi beberapa tips dari kami tentang 4 hal penting untuk memulai usaha woodworking kalian. Jadikanlah tips dari kami ini untuk pembelajaran kalian. Jangan terlalu tergesa-gesa, karena yang terpenting adalah hasil kerja kalian terlebih dahulu.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *