SEJARAH PEMBUATAN KOMPRESOR ANGIN

By | November 1, 2019

Halo sobat tehniq semuanya,, jaman sekarang yang sudah serba canggih ini, siapa sih yang ga tau kompresor angin. Tapi kalian tau ga sejarah pembuatan kompresor angin itu dimulai darimana? Kalau kalian belum tau, kebetulan nih karena kami akan coba untuk membahas tentang sejarah pembuatan kompresor angin itu dimulai sejak kapan dari kenapa sampai bisa diciptakan sebuah kompresor ini.

 

Menarik ya bahasan kita kali ini. Karena ini juga untuk menambah pengetahuan kita terhadap sejarah perkembangan teknologi di dunia. Sebab abad 20 ini adalah abad dimana kita merasakan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Jadi kami rasa kita sebagai manusia-manusia yang hidup di abad ini harusnya tau tentang sejarah-sejarah teknologi di dunia ini.

 

Dan dalam hal ini adalah sejarah pembuatan kompresor angin yang harus kita ketahui bersama.

 

 

SEJARAH DIBUATNYA KOMPRESOR ANGIN

Nah kita bahas dari ide dibuatnya kompresor angin ini dulu ya guys. Jadi awal mula kompresor dibuat ini karena adanya paru-paru manusia. Seperti yang kita tau ya guys, paru-paru kita ini cara kerjanya adalah melalui hidung yang menghirup udara kemudian dihembuskan. Jadi udara dihirup berupa gas O2 kemudian dihembuskan menjadi gas CO2.

 

Dan kegunaan paru-paru ini sangat banyak pada waktu itu, seperti contohnya membuat api dengan cara ditiup. Api yang dihasilkan tersebut memiliki banyak fungsi pada waktu itu. Contohnya yaitu untuk memasak, menghangatkan tubuh saat udara dingin, membuat logam seperti pedang, pisau dan lain sebagainya.

 

Sejarah-dibuatnya-kompresor

 

Tapiiii.. karena semakin banyaknya permintaan orang akan makanan, logam dan lain-lain sebagainya itu. Tentunya paru-paru dan mulut manusia ini ada keterbatasannya ya guys. Kesian juga kerjaannya niup tiap menit.. Hehehe..

 

Dari masalah tersebut timbullah ide untuk membuat mesin yang dapat menghasilkan angin yang bertekanan. Atau angin yang dapat menyembur keluar dengan kekuatan sembur. Dan karena angin yang disemburkan manusia itu CO2, maka untuk pembakaran sendiri kurang maksimal. Jadi mereka lebih berpikir untuk membuat mesin yang dapat menghasilkan gas O2 / oksigen yang memiliki tekanan udara.

 

Naahh.. akhirnya mereka coba untuk membuat alat yang memiliki pegas yang bisa memompa angin. Bentuknya seperti gunting yang memiliki dua tuas pegangan. Kalo kalian bingung, gini nih gambarnya lihat aja :

 

Pegas-Sumpit-Pendorong-Angin

 

Nah kalo pake itu kan ga bakal pegel ya mulutnya.. Hehehe.. dan alat ini mulai banyak digunakan orang-orang untuk kebutuhan mereka menyalakan api pembakaran. Lagi-lagi kebutuhan manusia meningkat dan permintaan semakin beragam. Mereka membutuhkan alat yang dapat menghasilkan udara dengan tekanan yang lebih tinggi.

 

 

MULAINYA PEMBUATAN KOMPRESOR ANGIN

Lanjut lagi ya sejarahnya.. jangan bosen dulu.. heheh.. Jadi begini kelanjutan setelah permintaan akan alat yang dapat menghasilkan udara dengan tekanan yang lebih tinggi ini. Pada tanggal 1650 seorang ahli fisika Jerman Otto Von Guericke merancang pompa vakum yang dapat menarik gas melalui ruang kecil dan menyimpannya pada ruang yang lebih besar.

 

Tapi cuma sampe disitu penciptaannya karena mungkin keterbatasan teknologi dan peralatan saat itu. Akhirnya pada tahun 1762, seorang insinyur yang bernama John Smeaton menciptakan alat peniup baru yang digerakkan oleh roda air. Sehingga penemuan sebelumnya tadi yang hanya dapat menghisap yang menyimpan udara, sudah bisa dikeluarkan oleh si John Smeaton ini.

 

Tapi karena hanya meniup, jadi angin yang dikeluarkan tersebut tidak memiliki tekanan yang tinggi. Sehingga pada tahun 1776, seorang penemu Inggris yang bernama John Wilkinson menemukan alat yang dapat meledakkan angin dengan tekanan tinggi yang alat inilah yang merupakan awal mula dari dibuatnya kompresor yang lebih sempurna lagi.

 

Waktu terus berjalan dan pembuatan kompresor pun semakin disempurnakan dan penggunaannya pun semakin beragam. Mulai dari penggunaan rumahan hingga pabrik besar. Dan kompresor mulai diproduksi masal pada tahun 1888 di Eropa dengan dibuatnya pabrik kompresor pertama. Hingga sekarang kompresor dibuat dengan berbagai jenis dan juga ukuran.

 

Jadi itu tadi sejarah pembuatan kompresor angin secara singkat ya guys. Dan pada akhirnya kompresor angin ini banyak sekali digunakan orang diberbagai aplikasi. Apa aja kira-kira kegunaan kompresor daridulu hingga sekarang ya?

 

 

KEGUNAAN KOMPRESOR ANGIN

Untuk kegunaan kompresor angin saat ini sudah cukup beragam ya guys. Dan masing-masing kegunaannya tersebut terbagi ke setiap industri dan bidang. Jadi udah bener-bener bervariasi lah penggunaan kompresor ini. Terus buat apa aja sih kompresor sekarang ini?

 

Ini jawabannya :

  • Transportasi Kendaraan ( Bus, Truk, Kereta, Pesawat, dan lain-lain ). Biasanya digunakan untuk pintu otomatis, biar bisa nutup dan buka sendiri dengan tekanan angin yang dilepaskan kompresor tersebut.
  • Militer ( Kapal Selam, Tank, dll ).
  • Gedung-gedung bertingkat, Hotel, Apartment, Stadion, Airport, dll.
  • Food & beverages ( Pembuatan Makanan dan Minuman ).
  • Pabrik-pabrik
  • Dll

 

Cukup banyak ya guys.. kalo ada yang ga gw sebutin berarti gw lupa atau gw emang ga dapet informasinya.. Hehehe.. Harap maklum ya.. Namanya juga manusia.

 

Oke yaw dah cukup sekian ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua, agar pengetahuan kalian akan sejarah teknologi jadi bertambah. Jangan lupa buat share artikel ini juga ke temen-temen kalian kalo kalian rasa artikel ini perlu untuk menambah pengetahuan temen-temen atau sodara kalian semua.

 

Jadi sampai disini dulu ya artikel kami.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *