CIRI HASIL LASAN YANG BAGUS

By | October 31, 2019

Halo sobat tehniq yang tercinta.. Balik lagi nih di blog tehniq.com yang selalu memberikan info dan edukasi buat kalian semua seputar alat-alat teknik. Dan kali ini gw mau kasih info buat kalian sobat welder Indonesia. Infonya adalah ciri hasil lasan yang bagus itu yang kaya gimana sih? mantep banget kan bahasannya.

 

Karena ternyata teknik membatik dalam mengelas itu bisa dipelajari. Asal tangan dan nafas kalian teratur, dan kalian tau timingnya. Gw yakin hasil lasan lu pasti bisa kaya sisik ikan. Tapi masalahnya hasil lasannya bagus apa ga?? berkualitas ga?? kuat ga?.

 

Jadi gitu ya, intinya bagaimana kita mengetahui kualitas dari hasil lasan kita? makanya mari kita bahas sama-sama nih ciri hasil lasan yang bagus, yang berkualitas baik lah intinya.

 

 

CIRI HASIL LASAN YANG BAGUS

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar kalian bisa menilai hasil lasan kalian. Tapi kalo selama ini kalian cuma ngelas tanpa memperhatikan dengan detail, maka kalian ga akan bisa tau kualitas pengelasan kalian selamanya. Maka dari itu disini kami ajak kalian masuk lebih dalam kedalam hasil lasan kalian.

 

Ada 3 hal ya, yang perlu anda perhatikan nih. Berikut ini adalah hal yang harus perhatikan pada hasil lasan kalian untuk menentukan ciri hasil lasan yang bagus tersebut :

  • Penetrasi
  • Ada tidaknya lubang didalamnya
  • Ukuran dan bentuknya

 

sedikit sih,, cuma 3 doang. Tapi susah lho kalo ga ngerti teori dan prakteknya. Dan tenang aja guys, ketiga ciri hasil lasan yang bagus tersebut akan kami coba jelaskan satu persatu. Agar nantinya kalian bisa mengecek sendiri hasil lasan kalian.

 

Tentunya untuk mengecek hasil lasan kalian, kalian kudu membuat beberapa plat besi untuk kalian potong dan cek. Jadi jangan pake plat yang kalian pake buat customer kalian ya. Pake aja plat besi bekas. Dan lakukan hal ini pada beberapa ukuran plat besi bekas yang berbeda.

 

Maksudnya agar kalian bisa menilai hasil lasan kalian pada plat besi tipis hingga plat besi yang tebal, sesuai dengan spesifikasi mesin las kalian. Karena kadang kalo masalah las besi tipis kalian yakin kalian itu jago, tapi apakah itu berlaku juga untuk plat besi yang tebal? Nah kalo ga dilihat dan dicek kan ga bakalan tau nanti.

 

Jadi emang kudu dicek satu-satu dari berbagai ukuran plat besinya ya guys.

 

 

PENETRASI

Hal pertama yang perlu kalian ketahui adalah penetrasi. Penetrasi pada pengelasan yaitu seberapa dalam terak las atau hasil lasan kalian masuk menembus dan menyatu dengan besi tersebut. Jadi kalo ada pertanyaan, kalo kita nyambung besi dengan mesin las. Terus pas di getok itu kok ga bisa lepas ya??

 

Jawabannya adalah penetrasi ini guys. Jadi semakin dalam dia menyatu dengan besi, maka semakin kuat ikatannya. Bahkan penetrasi itu bisa menjadi besi itu sendiri. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini ya.

 

Penetrasi-pada-besi-yang-benar-dan-salah

 

Kalian bisa lihat gambar disebelah kiri, terlihat hasil lasan tersebut menembus masuk dan menyatu pada besi plat. Dan itu yang disebut dengan penetrasi. Sedangkan gambar disebelah kanan, tidak ada hasil lasan yang menembus atau hanya sedikit aja tembus masuk ke besi.

 

Jadi itu tadi ciri hasil lasan yang bagus yang pertama. Kalo kalian mau tau hasil lasan kalian penetrasinya bagus atau tidak, ya potong aja pake gerinda. Terus kasih cairan kimia agar bisa teroksidasi, sehingga terlihat bagian besi dan kerak lasnya.

 

Atau kalo kalian ga mau ribet pake cairan kimia dan sebagainya. Getok aja bro pake palu, kalo copot sambungannya berarti ada yang salah dan ada yang harus kalian perbaiki dari teknik pengelasan kalian.

 

 

ADA TIDAKNYA LUBANG DIDALAMNYA

Ciri hasil lasan yang bagus yang kedua yaitu ada tidaknya lubang didalamnya. Tentunya hasil lasan yang bagus itu yang tidak berlubang ya. Maksudnya berlubang disini itu di kerak lasnya ya, bukan plat yang dilas.

 

Lubang-Pada-Hasil-Lasan

 

Adanya lubang pada hasil lasan berpengaruh dari 3 hal yaitu diantaranya :

  • Objek las yang kotor dan berkarat
  • Settingan Ampere / Voltase yang kurang
  • Salah penggunaan kawat las

 

ketiga hal tersebut adalah hal yang dapat mempengaruhi hasil lasan kita sehingga hasil lasan kita bisa berlubang. Untuk bisa melihat lubang ini sebenarnya agak susah. Karena terkadang berlubangnya dibagian dalam seperti gambar disebelah kiri.

 

Kalian bisa melihat hasil lasan kalian dengan menggerinda atau memolesnya hingga rata dengan besi. Nah disitu nanti keliatan tuh selama proses pemolesan kalian. Ada tuh lubang-lubang kecil ataupun besar. Kalo kalian temukan lubang, maka kalian harus instrospeksi ketiga hal diatas.

 

Mungkin besinya belum kalian poles hingga bersih. Atau bisa juga settingan kalian yang kurang. Dan bisa juga kalian salah pake kawat las. Biasanya salah kawat ini terjadi pada mesin las MIG nih. Kawat las MIG itu harus kalian ketahui karakteristiknya. Kalo kalian ga pake gas CO2 pada kawat las MIG yang bukan tipe kawat las tanpa gas. Ya hasilnya bakalan lubang-lubang gitu.

 

 

UKURAN DAN BENTUKNYA

Ciri hasil lasan yang bagus yang terakhir yaitu ukuran dan bentuknya. Mungkin bagi kalian welder lama, kalian bisa mendengarkan proses lasan kalian. Karena kalo settingan kalian bener, suara ngelasnya itu lebih padat dan renyah. Hehe.. Tapi emang kudu berkali-kali kalian dengerin. Dan dengan percobaan-percobaan beberapa kali, agar kalian bisa membandingkan mana lasan yang bagus dan dengerin suaranya, dan mana yang jelek.

 

Tapi gimana kalo kalian welder pemula yang lagi belajar ngelas? tentunya kalian perlu informasi yang pasti tentang hasil lasan yang bagus mengenai ukuran dan bentuknya ini. Jadi mari kita bahas sama-sama ya.

 

Kalo kita bahas mengenai ukuran dan bentuk, ciri hasil lasan yang bagus yaitu ukurannya tidak terlalu menonjol dan tidak pula terlalu meleleh atau lebur. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

 

Ukuran-dan-Bentuk

 

Kalian bisa lihat ya,, bagian atas adalah penetrasinya dan bagian bawah adalah hasil lasannya. Terlihat hasil lasan yang bagus lebih bagus dan tentunya penetrasinya juga seimbang. Tapi itu kan gambar aja ya guys. Ayok sekarang kita lihat hasil lasan yang sebenarnya.

 

Ukuran-dan-Bentuk-Las

 

Bisa kalian lihat sendiri ya guys. Sekarang pertanyaannya.. itu tadi kan dua-duanya adalah gambar yang ga bisa dihitung pasti. Ada hitung-hitungannya ga? Jawabannya adalah ada.. tenang aja guys bakalan gw bocorin nih biar kalian lebih jelas dan hasilnya lebih tepat. Tapi buat MMA doang ya.

 

Jadi itungannya gini guys.. untuk ketebalan lasan itu hitungannya adalah 2 – 3x diameter elektroda kalian. Untuk itu jangan terlalu lebar dalam menggeser elektroda atau kawat las kalian kekanan dan kekiri. Kalo kalian mau belajar pelan-pelan, mungkin kalian bisa menghitungnya terlebih dahulu kemudian diberi garis lurus untuk petunjuk lebar lasan kalian. Ngerti ya maksud kami.

 

Terus untuk tingginya yaitu 1x diameter elektroda. Kalo mau gampang, kalian bisa melihat cara perhitungannya pada gambar dibawah ini :

Perhitungan-Hasil-Lasan

 

 

PENUTUP

Jadi itu ya cara menghitungnya, Dan itu pula akhir dari penjelasan tentang ciri hasil lasan yang bagus ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua dan bisa jadi rujukan buat kita semua.

 

Jangan lupa share ke temen-temen dan sodara-sodara kalian yang seprofesi yaitu welder. Biar kita semua bisa belajar lebih menjadi profesional lagi. Tentunya kalo kita tau ilmunya, customer juga bisa kita yakinkan dengan ilmu yang kita dapatkan ini. Jadi kesannya anda lebih profesional dan customer akan mudah untuk percaya dengan kemampuan kalian.

 

Oke sekian ya artikel kami kali ini. Jangan lupa juga buat kunjungi channel youtube kami yang selalu memberi edukasi dan juga informasi seputar alat-alat teknik. Buat rujukan kalian sebelum membeli barang, agar nanti kalian ga kecewa saat sudah membeli barang tersebut.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Pastikan kalian subscribe dan share video-video kami ya buat sodara dan temen-temen kalian. Dengan begitu kami akan termotivasi untuk selalu memberikan video yang bermanfaat lainnya. Sekian dari kami.. Salam..!!

One thought on “CIRI HASIL LASAN YANG BAGUS

  1. Pingback: Hal yang Mempengaruhi Hasil Las - Blog Tehniq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *