Thumbnail-Review-Spesifikasi-Mesin-las-Lakoni-450-Watt

REVIEW SPESIFIKASI MESIN LAS LAKONI 450 WATT

By: Yudha Yudha
15 Jul 2019

Halo sobat tehniq sang welder sejati.. Balik lagi nih di blog tehniq.com.. Oke sobat welder, kali ini gw mau bahas dan review spesifikasi mesin las lakoni 450 watt dengan melakukan beberapa percobaan. Tentunya pada percobaan tersebut kami menggunakan alat-alat pengukur listrik ya, biar data yang kami dapet juga akurat.

 

Kalo ngetes mesin pake alat pengukur kan tentunya kalian pada yakin ya.. Soalnya sekarang ini banyak banget orang-orang yang suka review mesin las tapi cuma review ngelas doang. Jadi para pembaca ataupun penonton masih kurang yakin dengan review yang dilakukan orang tersebut.

 

Nah kalo di tehniq.com ini kan spesial ya guys.. jadi makanya kita selalu pake alat pengukur kalo lagi menguji spesifikasi mesin las. Tapi sebenarnya bukan mesin las aja sih.. mesin-mesin yang lain juga kami uji dengan alat-alat canggih. Jadi intinya tehniq.com itu memang mantap..!! ( jadi muji diri sendiri ) hehehe

Jangan ditiru ya guys..  ga baek

 

REVIEW SPESIFIKASI MESIN LAS LAKONI 450 WATT

Oke guys.. langsung keinti pembicaraan ya.. jadi pada review spesifikasi mesin las lakoni 450 watt ini, kami akan coba untuk melakukan beberapa percobaan agar dapat mengetahui performa asli dari mesin las Lakoni 450 watt ini. Apa aja sih percobaan yang akan kami lakukan ini??

 

Berikut ini adalah beberapa poin yang akan kami jadikan percobaan pada objek uji coba kali ini yaitu mesin las Lakoni 450 watt. Tapi akan kami jelaskan satu2 ya guys.. biar enak bacanya dan memahaminya.

1. MENGUKUR MAKSIMAL AMPERE

Hal pertama yang kami lakukan untuk me review spesifikasi mesin las lakoni 450 watt ini adalah dengan mengukur maksimal ampere.

Jadi seperti percobaan-percobaan sebelumnya ya,, dsini kami ingin mengetahui maksimal amperenya karena dari apa yang tertulis pada spesifikasi mesin las ini,, biasanya maksimal ampere asli atau realnya tidak sesuai dengan yang tertulis di spesifikasi.

 

Nah untuk itu kami mau tau nih untuk spesifikasi aslinya mesin las berapa sih? apakah 120 ampere sesuai dengan yang tertulis pada spesifikasinya??

Review-Spesifikasi-Mesin-las-Lakoni-450-Watt-untuk-mengetahui-maksimal-ampere

 

Jadi setelah kami tes dengan clamp meter dan kami setting mesin las tersebut pada maksimal amperenya. Alhasil clamp meter tersebut menunjukkan bahwa nilai maksimal ampere mesin las lakoni 450 watt ini real atau asli guys. Walaupun tidak stabil diangka 120 ampere, tetapi sekilas naik turun dia sempat mencapai nilai 120 ampere.

Mantap ya guys.. 😀

 

2. MENGELAS DI DAYA LISTRIK 450 WATT

Lanjut untuk percobaan yang kedua yaitu kami ingin mencoba mesin ini untuk mengelas di daya listrik 450 watt. Karena di bodi mesinnya tertulis 450 watt, tentunya kita harus mencari tau ya. Apakah mesin las ini bisa mengelas di daya listrik 450 watt atau tidak.

 

Karena emang saat ini teknik atau trik marketing dari produsen-produsen mesin las adalah dengan mencantumkan 450 watt pada bodinya. Tetapi dari apa yang sudah kita coba,, tetap belum ada yang bisa mengelas di daya listrik 450 watt.

 

Nah langsung aja nih guys.. bisa ga kira-kira mesin las ini ngelas di 450 watt? disini kami coba menggunakan kawat las 1.6 mm dan kawat las 2.0 mm ya guys. Untuk settingan amperenya kami setting di 25 ampere ya guys agar setara dengan 450 watt.

Review-Spesifikasi-Mesin-las-Lakoni-450-Watt-Panjang-Pengelasan-kawat-1.6-mm

 

Review-Spesifikasi-Mesin-las-Lakoni-450-Watt-Panjang-Pengelasan-kawat-2.0-mm

 

Bisa kalian lihat ya guys setelah kami mengelas dengan kawat las 1.6 mm,, kami mendapatkan panjang pengelasan sekitar 3.5 cm. Setelah itu MCB jepret, karena memang settingan 25 ampere itu tidak benar-benar membutuhkan 450 watt.. Melainkan lebih yaitu sekitar 600 – 700 watt.

 

Kemudian setelah kami coba dengan kawat las 2.0 mm,, hasil pengelasan yang kami dapatkan menjadi lebih pendek yaitu di 1.5 cm.

Tapi kami tidak merekomendasikan untuk mengelas pada settingan ini ya guys.. karena hasilnya tentunya tidak maksimal.

 

3. MENGELAS DI DAYA LISTRIK 900 WATT

Oke lanjut pada percobaan yang ketiga untuk review spesifikasi mesin las lakoni 450 watt yaitu disini kami mencoba untuk melakukan pengelasan di daya listrik 900 watt.. Kira-kira hasil pengelasannya matang atau nggak nih. Karena memang saat ini kebutuhan konsumen akan mesin las kebanyakan itu minta mesin las yang bisa ngelas di daya listrik 900 watt.

 

Jadi untuk itulah kami melakukan percobaan hal ini. Oke langsung aja,, kira-kira bisa ga mesin las ini mengelas di daya listrik 900 watt,, dan hasil lasannya matang atau tidak.

Review-Spesifikasi-Mesin-las-Lakoni-450-Watt-mengelas-di-900-watt

 

Seperti yang bisa kalian lihat ya.. setelah melakukan pengelasan, kami memukul atau menghantam sambungan besi yang sudah kami las tadi. Dan alhasil ternyata besi tidak menempel dengan sempurna, sehingga dapat disimpulkan hasil pengelasan mesin las ini di daya listrik 900 watt itu tidak matang.

Untuk itu kami tidak merekomendasikan mesin las ini pada pengelasan settingan daya listrik 900 watt kebawah ya.

 

4. UJI KETAHANAN MESIN LAS / OVERHEAT

Nah uji coba yang terakhir nih guys untuk review spesifikasi mesin las lakoni 450 watt.. Untuk ujicoba yang terakhir ini kami ingin mencoba untuk mengukur ketahanan mesin las ini untuk penggunaan continue atau penggunaan jangka panjang. Karena ada beberapa mesin las yang kurang bagus kualitasnya, saat digunakan untuk melakukan pengelasan continue itu ga kuat. Terus mesinnya mati, sehingga kudu istirahat dulu.

 

Kalo kaya gitu, berarti duty cycle dari mesin las tersebut terlalu besar. Jadi cepat panas dan cepet mati. Sedangkan mesin las yang bagus itu duty cyclenya malah harus lebih kecil.

 

Dan pada percobaan kami kali ini, kami mensetting mesin las di maksimal ampere dan menggunakannya untuk mengelas 10 batang kawat las ukuran 3.2 mm. Kira-kira hasilnya gimana guys??

Tes-Overheat-Mesin-las-Lakoni-450-Watt

 

Hasilnya ternyata masih tetap nyala guys. Mesin las ga mati walaupun udah digunakan untuk mengelas sebanyak 10 batang kawat las. Jadi memang mesin las ini daya tahannya oke punya ya guys. Jadi bagi kalian yang pekerjaannya dituntut untuk continue tetapi bukan untuk pengelasan industri. Mungkin mesin las ini jadi salah satu pilihan yang tepat buat kalian ya guys.

 

Jadi itu tadi ya guys sedikit review spesifikasi mesin las lakoni 450 watt,,, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kalian semua ya.

 

Jika kalian ingin melihat video lengkap dari percobaan ini, kalian bisa lihat pada video dibawah ini ya guys.

 

BONGKAR kualitas LAKONI FALCON 123iX 450 WATT, mesin las / trafo las murah harga 500ribuan !

Jangan lupa subscribe, share dan like video dan channel kami lho guys.. Biar kami makin semangat buat bikin video-video bermanfaat lainnya buat kalian semua. Karena kalo respon kalian semua baik, tentunya produsen-produsen mesin las yang lain akan bersedia untuk meminjamkan mesin lasnya pada kami. Darisitu tinggal kami bedah dan kami share ke kalian semua. Mantep kan guys.
Hehehe

 

Yaw dah cukup sekian lah ya.. udah kebanyakan ngomong ini kayanya. Sekian dari kami.. Salam..!!


16 responses to “REVIEW SPESIFIKASI MESIN LAS LAKONI 450 WATT”

  1. Untuk di rumah kami batam, listrik kami 1300VA, apa bisa mengoperasikan mesin las lakoni 450 W/120A?

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Jika maksud bapak 1300 VA berarti sama dengan 1000 watt, Maka ada beberapa saran dari kami agar bapak bisa mengelas dengan menggunakan mesin las tersebut.

      1. Listrik rumah full untuk mesin las, tidak boleh untuk alat listrik lainnya saat mesin las mulai digunakan.
      2. Kawat las yang digunakan maksimal 2.0 mm
      3. Settingan ampere maksimal harus 40 ampere dengan pengelasan yang tidak terlalu panjang.
      4. Jika bapak merasa 40 ampere kurang matang, maka naikkan menjadi 50 ampere, tapi pengelasan bapak dirumah menjadi pengelasan totol-totol untuk menjaga listrik tidak jepret.

      Jadi listrik 1.000 watt tidak akan bisa digunakan untuk pengelasan panjang, untuk itu bapak harus memainkan jede waktu pengelasan untuk mengakali listrik agar tidak jepret.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Bisa, asalkan listrik rumah full untuk mesin las
      Terus pengelasan tidak boleh panjang.. harus totol-totol dan dengan jeda waktu 5 – 7 detik setiap perpindahan lasnya

    • saat mulai mengelas, semua alat listrik harus mati
      Bapak hanya bisa mengelas menggunakan kawat las ukuran 2.0 mm dengan settingan ampere 40 menggunakan metode pengelasan totol-totol

  2. Daya listrik rumah saya 450, mau beli las 450watt.. Baik nya merk las apa yg mampu?? Kalau di beri stabilator apa kah berpengaruh?

  3. Mas saya punya mesin las 450w merk max light mma120lt. Kalo merk ini sama lakoni bagus mana mas, kalo depan nya sudah pake tampilan digital

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq

      Mohon maaf untuk merk dan tipe tersebut belum pernah kami uji
      jd kami tidak berani untuk menjawabnya

      tapi jika anda ingin melakukan uji tes mesin las 450 watt itu, kami bisa kasih saran

      coba tes dengan watt kecil sekitar settingan ampere 40 sampai 50
      mesin las yang bagus itu bisa cari api dengan mudah di ampere kecil
      karena itu salah satu keunggulan mesin las jg

      yang kedua coba diuji menggunakan kawat las LB,, bisa atau tidak,, dan putus2 atau tidak
      kalo lancar berarti mesin las itu mantap mas

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *