PROSES PEMBUATAN MATA GERINDA

By: Yudha Yudha
07 Aug 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. Masih tentang abrasive ya, jadi artikel kami kali ini akan coba untuk menjelaskan tentang proses pembuatan mata gerinda. Dengan maksud agar informasi ini nantinya dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian terhadap mata gerinda itu sendiri.

 

Disini nantinya akan dijelaskan material apa saja yang terkandung pada mata gerinda itu sendiri. Kemudian bagaimana cara pembuatannya. Dan bagaimana perbedaan dari mata gerinda yang lunak dan keras. Tentunya kalian semua kudu tau nih informasi ini. Itung-itung buat tambahan pelajaran kalian diluar sekolah. Hehehe.

 

Kalo udah tau ya siapa tau nanti kalian bisa bikin pabrik sendiri dan bisa membuat mata gerinda merk kalian sendiri dan tentunya made in Indonesia dong. Kalo Indonesia bisa bikin mata gerinda sendiri dengan kualitas yang bagus tentunya, maka hal tersebut tentunya akan dapat membantu perekonomian Indonesia juga dong. Pokoknya maju terus Indonesia lah.. mumpung mau 17 Agustus nih, jadi gw lagi semangat membara buat membangkitkan semangat pemuda pemudi Indonesia. Grroooooaaaarr..!!!

 

 

PROSES PEMBUATAN MATA GERINDA

Sebelum kita mengetahui proses pembuatan mata gerinda ini, ada baiknya kita pelajari dulu material utama dari mata gerinda ini. Jadi maksudnya itu mata gerinda ini terbuat dari apa sih? Tentunya paling afdol kita harus bahas itu dulu dong. Biar kalian nyambung sama penjelasan selanjutnya tentang proses pembuatan mata gerinda ini.

 

Jadi terbuat dari apa sih mata gerinda ini? Berikut adalah beberapa material pembuat dari mata gerinda yang dibedakan dari jenis mata gerindanya sendiri :

  • Mata Gerinda Potong Besi terbuat dari material serbuk alumunium oxide
  • Mata Gerinda Potong Batu, Semen, Dsb terbuat dari material Silikon Carbide

 

Kedua jenis mata gerinda potong ini nantinya akan diberikan campuran dari serbuk besi ( Iron Oxide ) yang kemudian diaduk atau dicampur bersamaan dengan bubuk seperti tepung dan resin khusus. Setelah diaduk dengan rata, nantinya campuran material tadi akan diproses lagi dengan menggunakan perekat. Perekat yang digunakan untuk proses pembuatan mata gerinda ini terbuat dari bahan Mineral Cryolite.

 

LANGKAH-LANGKAH PROSES PEMBUATAN MATA GERINDA

Terus langkah-langkah proses pembuatan mata gerinda ini seperti apa ya? Ternyata bukan langsung semua dicampur aduk gitu guys bahan-bahan yang udah kami sebutin tadi. Jadi adalah tahapan langkah-langkah saat menyatukan keempat bahan pembuat mata gerinda tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya guys :

 

1. PROSES PEMBUATAN SERBUK

Hal yang pertama dilakukan adalah pencampuran dan pengadukan tepung dengan resin khusus pada wadah tertentu yang diaduk dan disangrai dengan mesin pengaduk khusus. Dan sekitar 1 – 2 menit kemudian, barulah serbuk besi dan perekat mineral Cryolite dimasukkan. Setelah tercampur selama sekitar 5 menit, warna dari tepung dan bahan-bahan tadi akan berubah menjadi hitam dan mengeras dengan tekstur yang kasar karena adanya campuran serbuk besi dan perekat mineral cryolite tadi.

 

Proses-Pembuatan-Mata-Gerinda

 

 

Langkah selanjutnya setelah proses tersebut yaitu dengan melakukan penyaringan agar campuran yang tadi telah dibuat dapat dipisahkan antara butiran halus dengan butiran yang masih kasar. Dengan disaring begitu, maka hasil yang didapatkan tentunya butiran halus yang konsisten.

 

2. PROSES PENCETAKAN MATA GERINDA

Setelah sudah didapatkan hasil yang halus dan konsisten, selanjutnya butiran tadi akan disiapkan pada cetakan bulat agar nantinya dipress menjadi bentuk mata gerinda seperti yang kalian ketahui bersama.

 

Pencetakan-Mata-Gerinda

 

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas ya. Nantinya butiran tadi akan dimasukkan pada cetakan tersebut. Tapi sebelumnya, gw mau tanya nih. Kalian tau ga yang warna kuning itu apa?

Nah gw bantu jawab nih guys. Yang kuning itu adalah rajutan yang dibuat dari fiber glass atau serat kaca fiber. Rajutan serat kaca fiber itu nantinya berfungsi sebagai pengikat dua setelah perekat mineral cyrolite yang sudah dicampur pada proses yang pertama tadi.

 

Jadi serbuk tadi akan dimasukkan pada cetakan tersebut yang sudah dimasukkan fiber glass tadi. Karena fiber glass dan serbuk tadi sudah memiliki perekat, jadi otomatis dari cetakan tersebut sudah bisa didapatkan bentuk lempengan mata gerinda.

 

3. PROSES PEMASANGAN RING DAN PEMANASAN

Oke lanjut lagi nih. Jadi setelah dari sudah didapatkan lempengan-lempengan mata gerinda. Lempengan tersebut dikumpulkan menjadi tumpukan-tumpukan nih. Karena nantinya akan diletakkan pada mesin pemasangan ring. Ring ini terbuat dari besi yang di lapisi finishing galvanis agar terhindar dari karat.

 

Pemisahan-Mata-Gerinda

 

Nah dari tumpukan lempengan mata gerinda tersebut nantinya akan diambil satu-persatu dengan mesin juga agar dapat dipasang dengan ring galvanis tadi. Ring ini nantinya digunakan untuk melindungi lempengan dari gesekan pada ring pengunci mesin gerinda.

 

Kemudian untuk proses akhirnya, mata gerinda yang tadi sudah dicetak dan sudah dipasangi ring akan dimasukkan pada oven berukuran sangat besar. Yang fungsi agar dapat menampung banyak mata gerinda sekaligus. Jadi nantinya pabrik tersebut akan dapat menghasilkan banyak produk dalam sekali proses pemanasan atau finishing ini.

 

Pemanasan-Mata-Gerinda

 

Pembuatan-Mata-Gerinda

 

 

Biasa kalian lihat ya pada gambar pertama. Ruangan pemanas atau bisa juga disebut dengan oven ini sangat besar ukurannya. Dan setelah dari proses pemanasan tersebut jadilah mata gerinda yang sampai saat ini kita gunakan untuk memotong besi. Contohnya ada pada gambar kedua diatas.

 

Jadi gimana sekarang?? kalian udah pada tau ya proses pembuatannya. Kalo kalian penasaran pengen lihat video pembuatannya. Kalian bisa tonton video dari channel Ian Collier yang diambil juga dari video Discovery Channel. Karena terlihat watermark dari Discovery channel pada video tersebut. Langsung aja tonton videonya pada dibawah ini ya kalo kalian penasaran.

How It's Made Grinding Wheels

 

Oke kalo gitu gw pamit dulu guys. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *