Thumbnail-Memilih-dan-Menggunakan-Mata-Gerinda-dengan-Benar

MEMILIH DAN MENGGUNAKAN MATA GERINDA DENGAN BENAR

By: Yudha Yudha
06 Aug 2019

Halo sobat tehniq,, kalian pernah ga mengalami mata gerinda kalian rusak. Padahal kalian baru aja beli tuh mata gerinda, eh taunya udah rusak. Kan pasti kecewa banget kalian. Bisa jadi kalian kecewa sama merk dari mata gerinda itu. Padahal mungkin kesalahan ada pada faktor yang lain. Nah untuk itu kami akan mencoba untuk membahas tips memilih dan menggunakan mata gerinda dengan benar. Fungsinya adalah agar kalian nanti tidak salah dalam memilih dan menggunakan mata gerinda anda.

 

Dan saat anda dapat memilih dan menggunakan mata gerinda dengan benar, maka yang terjadi tentunya mata gerinda yang anda gunakan akan lebih awet. Kemudian yang paling penting adalah anda menggunakan mata gerinda tidak asal-asalan karena sudah membaca artikel ini.

 

Bahaya banget kan kalo kalian pake mata gerinda asal-asalan, karena selama ini kalian ngerasa baik-baik aja pake mata gerinda kalian. Kita ga pernah tau soalnya, kapan mata gerinda itu rusak baik karena kesalahan anda memilih mata gerinda ataupun kesalahan dari cara menggunakannya. Langsung aja kita belajar bareng guys biar pengetahuan dan skill kalian bisa jadi lebih tinggi dan lebih profesional lagi.

 

 

MEMILIH DAN MENGGUNAKAN MATA GERINDA DENGAN BENAR

Oke guys.. Jadi gimana sih cara memilih dan menggunakan mata gerinda dengan benar agar kalian bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja. Ada 2 hal ya guys yang perlu kalian perhatikan saat memilih mata gerinda yang benar. Berikut adalah penjelasannya.

  • Jenis Mata Gerinda Potong
  • Nilai RPM Gerinda

 

Untuk poin pertama, sudah pernah kami jelaskan pada artikel kami sebelumnya ya guys tentang 4 jenis mata gerinda potong. Intinya pilihlah mata gerinda yang sesuai dengan aplikasi yang akan anda kerjakan. Jadi kalian bisa baca juga artikel tersebut ya guys untuk melengkapi penjelasan dari artikel ini. Klik link artikel dibawah untuk membaca tentang jenis mata gerinda potong agar kalian tau fungsi masing-masing dari tiap jenis mata gerinda potong tersebut.

>> 4 Jenis Mata Gerinda Potong <<

 

Kalo kalian udah baca penjelasan tentang poin pertama, maka kita akan lanjut pada poin yang kedua ya guys. Jadi yang harus kita lakukan adalah melihat nilai RPM gerinda kalian. Kalo kalian sudah hafal nilai RPM mesin gerinda kalian, maka saatnya kita cari mata gerinda nih guys.

 

Untuk memilih mata gerinda yang benar, kalian tidak boleh membeli mata gerinda yang memiliki batas RPM dibawah nilai RPM mesin gerinda kalian. Contoh : kalo RPM mesin gerinda kalian itu 15.000 RPM,, kalian ga boleh beli mata gerinda dengan spesifikasi 13.000 RPM guys.. atau bahkan kalian beli mata gerinda yang 15.000 RPM jg.

Saran dari kami sih mending kalian beli mata gerinda dengan nilai RPM diatas nilai RPM gerinda kalian. Lihat contoh spesifikasi mata gerinda dibawah ini :

Spesifikasi-Nilai-RPM-Mata-Gerinda

 

Bisa kalian lihat ya guys.. disitu tertulis 13.300 RPM. Nilai itu bisa kalian lihat ya dan inget guys,, patokannya tetap nilai RPM mesin gerinda kalian. Jangan patokannya spesifikasi mata gerindanya.

 

 

MENGGUNAKAN MATA GERINDA DENGAN BENAR

Nah itu tadi tips memilih mata gerinda yang ideal untuk kebutuhan anda ya guys. Selanjutnya kami akan membahas tentang tips menggunakan mata gerinda pada aplikasi anda. Karena memang judul artikel ini adalah memilih dan menggunakan mata gerinda dengan benar. Setelah kami menjelaskan tentang cara memilih mata gerinda maka selanjutnya adalah cara menggunakan mata gerinda.

 

Lanjut ya guys.. cara menggunakan mata gerinda dengan benar itu seperti apa? Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat menggunakan mata gerinda kalian. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ya guys :

  • Jangan menggunakan gerinda kalian dengan terburu-buru. Bekerjalah dengan relax dan teratur, agar gerinda dan mata gerinda kalian dapat bekerja dengan benar dan stabil.
  • Mulailah memotong dengan menyentuhkan mata gerinda ke objek potong dengan lembut.
  • Jika besi mulai terpotong, gerakan gerinda maju dan mundur agar permukaan potong dapat terpotong dengan rata depan dan belakangnya. Karena jika tertumpu pada satu titik saja, maka nantinya akan ada tekanan pada mata gerinda kalian dan hal itu akan membuat mata gerinda cepat rusak.
  • Jangan menekan mata gerinda pada objek potong, karena mata gerinda dapat pecah dan melukai diri anda.

 

Berikut adalah beberapa contoh gambar mata gerinda yang rusak karena penggunaan mata gerinda yang salah. Jadi jangan sampai mata gerinda kalian jadi seperti ini ya guys.

 

Contoh-Mata-Gerinda-yang-Rusak

 

Contoh-Mata-Gerinda-yang-Rusak-2

 

 

Gimana guys? serem juga ya. Apalagi kalo pecahannya sampe kena badan kita.. Jangan sampe lah ya. Semoga kita semua selalu dilindungi Allah Subhanahu Wata’ala.. Amiin.

 

Oke kalo gitu.. cukup sekian ya artikel dari kami kali ini. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian pada mata gerinda dan cara menggunakannya. Dan bagi kalian yang selama ini menggunakan gerinda secara asal-asalan, kami berharap kedepannya kalian udah bisa menggunakan mata gerinda kalian dengan baik dan lebih bijak lagi.

 

Support kami dengan menonton Channel Youtube Kami

Kalo kalian pengen tau cara menggunakan gerinda secara langsung dengan menonton video. Kalian bisa juga mengunjungi channel youtube kami ya temen-temen. Bukan cuma cara menggunakan gerinda, disana banyak banget video-video edukasi buat kalian yang bekerja di lapangan.

Jadi dengan menonton video tersebut, wawasan kalian akan lebih bertambah dan juga profesionalisme kalian juga pastinya lebih terjamin ya. Langsung aja cek channel youtube kami pada link di bawah ini guys.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ke temen-temen kalian ya. Biar kita semua bisa jadi pribadi yang lebih profesional lagi guys. Dan tentunya ayok sama-sama kita bangun Indonesia menjadi negara yang lebih hebat dari sekarang. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *