Thumbnail-Perbedaan-Amplas-dan-Mata-Poles-yang-Jelek-dan-Bagus

PERBEDAAN AMPLAS DAN MATA POLES YANG BAGUS DAN JELEK

By: Yudha Yudha
09 Aug 2019

Halo temen-temen semua.. Kalian kudu tau nih perbedaan amplas dan mata poles yang bagus dan jelek. Karena banyak banget ya diantara kita dan termasuk gw. Kalo beli amplas dan mata poles itu pasti cari yang paling murah.. Hehehe.. Tapi akhirnya gw jadi sadar guys, ternyata harga murah itu bukan segalanya guys. Jadi ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan sebelum membeli amplas dan mata poles nih temen-temen.

 

Nah pada artikel ini kami akan coba untuk membahas hal itu guys. Jadi disini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit pencerahan pada kalian semua agar kalian ga selalu berpatokan pada hal yang berharga murah. Cari produk dengan harga murah ya ga papa guys, cuma kita emang perlu tau kualitas dari barang tersebut terlebih dulu kan. Biar nanti ga nyesel gitu.

 

Kalo kami menjelaskan tentang kualitas dari amplas dan mata poles yang bagus dan jelek atau sama aja ya yang murah dan yang mahal. Tentunya akan menjadi tambahan informasi dong buat kalian saat akan membeli amplas ataupun mata poles gerinda kalian. Oke langsung aja deh kita ke pembahasan utama biar gw ga perlu banyak-banyak ngetik artikelnya.. Hehehe

 

 

PERBEDAAN AMPLAS DAN MATA POLES YANG BAGUS DAN JELEK

 

Perbedaan-Amplas-dan-Mata-Poles-yang-Jelek-dan-Bagus

 

Oke langsung aja ya.. Jadi dimana letak perbedaan amplas dan mata poles yang bagus dan jelek? berikut adalah beberapa poin tentang perbedaan tersebut ya guys.

  • Letak perbedaan pertama yaitu ada pada perekatnya.
  • Dan yang kedua ada pada bagian kasarnya atau kerikilnya itu terbuat dari apa.
  • Jumlah atau kepadatan bagian kerikilnya atau bagian kasarnya.

 

Ketiga perbedaan tersebut akan kami jelaskan kok guys. Jadi kalian tenang aja, gw ga pernah ngegantungin hubungan kok, karena semua butuh penjelasan.. Apa sih O_O.

 

Becanda dulu biar ga stress, walaupun garing ga papa, yang penting krispy dan renyah. Oke jadi gw mau jelasin dari yang pertama dulu ya. Yaitu bagian perekatnya nih. Bagian perekat dari amplas dan mata poles ini adalah perekat khusus. Tapi tiap produsen amplas dan mata poles tentunya memberikan standard campuran utama bahan dari perekat tersebut.

 

PEREKAT

Nah klo amplas atau mata poles yang bagus itu tentunya campuran perekat yang digunakan lebih banyak, sehingga kerikil atau bagian kasarnya tidak mudah terlepas dari amplas tersebut. Karena tidak mudah terlepas, tentunya penggunaan dari amplas dan atau mata poles tersebut akan lebih lama. Misal nih. Kalo kalian beli yang jeles itu mungkin ya 3x amplas udah jadi kertas dianya,, maksudnya udah ga kasar lagi tuh permukaan amplasnya. Jadi kalian kudu ganti amplas yang baru. Sedangkan amplas yang bagus itu bisa 6x bahkan sampai 9x lebih baik jika dibandingkan dengan amplas yang jelek?

 

Terus kalian masih mau pilih amplas yang murahan ga nih?? masih mau?? yaw dah gw jelasin lagi poin yang kedua ya. Semoga untuk penjelasan yang kedua ini, pemikiran kalian terhadap amplas murahan udah mulai berubah arah nih. Hehe

 

 

MATERIAL KERIKIL

Nah untuk faktor yang kedua yaitu material dari kerikil atau bagian kasarnya. Maksudnya adalah terbuat dari apakah bagian tersebut. Hal ini berpengaruh dari daya amplas barang tersebut. Semakin kasar dan keras bagian kerikilnya, tentunya akan membuat hasil amplasan lebih cepat halus.

 

Perlu kalian ketahui ya, ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kerikil atau bagian kasar pada amplas ini guys. Jadi ini bukan sembarang kerikil. Melainkan kerikil buatan dan bukan kerikil alami dari batu-batuan kali of the river. B-)

 

Jadi ada beberapa material yang dibuat untuk bahan kerikil amplas ini guys. Dan masing-masing material tersebut memiliki karakter sendiri. Berikut adalah beberapa macam dari material tersebut :

  • Serbuk Kaca
  • Alumunium Oxide
  • Silicon Carbide

 

Jenis amplas dan mata poles yang bagus biasanya terbuat dari material Alumunium Oxide atau Silicon Carbide yang lebih keras lagi. Tapi jika amplas itu berkualitas jelek, maka material yang dimasukkan hanyalah serbuk kaca. Dan seperti yang kita ketahui bersama ya, kaca itu memang keras dan tajam. Tetapi saat kaca digesekkan pada permukaan besi atau tembok, tentunya kaca akan cepat hancur. Dan akhirnya amplas tersebut akan jadi halus dan tidak bisa digunakan lagi ( ganti baru ).

 

 

JUMLAH KERIKIL

Faktor selanjutnya tentang perbedaan amplas dan mata poles yang bagus dan jelek adalah faktor Jumlah kerikil ya guys. Kenapa bisa jumlah kerikil? karena semakin banyak jumlah kerikil maka amplas atau mata poles tersebut akan semakin padat. Dan jika amplas tersebut isinya padat, tentunya hasil amplasan akan lebih maksimal dan cepat.

 

Sedangkan untuk amplas dan mata poles yang memiliki jumlah kerikil yang sedikit, maka amplas dan mata poles tersebut akan lebih lunak. Jadi selain lebih lama pada saat proses memolesnya, amplas dan mata poles ini akan cepat rusak karena sifatnya yang lebih lunak tadi.

 

Kalo tadi kita bicara tentang perekat yang membuat daya tahan menjadi lebih cepat atau lebih lama. Maka sekarang kita berbicara tentang jumlah gesekannya. Kalo kalian pake amplas dan mata poles yang jelek, kerja kalian bisa 9x lebih banyak jika dibandingkan menggunakan amplas dan mata poles yang bagus.

 

Kenapa bisa begitu? ya tau lah guys,, kalo ga ada kasar-kasarnya ya gimana bisa moles ya.

 

 

TIPS MEMBELI AMPLAS & MATA POLES

Okeee.. gimana guys? Sekarang udah tau dong perbedaan amplas dan mata poles yang bagus dan jelek. Jadi masih mau beli yang murahan atau mau beli yang harganya ya bisa dibilang harga menengah sampe keatas?. Coba pikirin lagi aja ya guys tentang pilihan kalian saat akan membeli amplas ataupun mata poles.

 

Kami disini cuma ingin menginfokan aja bahwa jangan hanya melihat harga murah saat membeli barang. Dan disini kita bukan cuma bicara amplas ataupun mata poles ya. Disini kita juga berbicara tentang semua barang guys. Jadi mending cek dulu fisik barangnya sebelum melihat harganya. Jadi nantinya kalian bisa membandingkan kualitas dari masing-masing barang yang akan kalian beli.

 

Kalo kalian suka melihat pembedahan mesin-mesin dan alat-alat pertukangan untuk membedakan masing-masing kualitasnya, kalian bisa kunjungi channel youtube kami nih guys. Disini kalian bakalan dapat banyak informasi tentang daleman dan performa asli dan barang-barang yang kami uji.

Jadi bukan cuma omongan, tapi langsung kami kasih bukti nyata. Kaya performa kerja gw yang kerja nyata B-).. hohoho

langsung aja cek youtube kami disini bawah ini guys.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Oke semoga info tentang perbedaan amplas dan mata poles yang bagus dan jelek yang kami bagikan ini bisa bermanfaat buat kalian semua ya guys. Tetap pantengin blog tehniq.com dan channel youtube kami ya guys. Semua itu akan bisa bantu untuk support kami agar bisa terus berkarya guys. Thanks banget sebelumnya dan.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *