Thumbnail-Pilih-Jigsaw-atau-Router-Trimmer

PILIH JIGSAW ATAU ROUTER TRIMMER

By: Yudha Yudha
14 Mar 2019

Yo-yo-Yomaaann.. gimana nih kabar kalian guys? semoga kalian semua pada sehat dan waras semua ya. Hehehe.. ( Becanda ya ). Oke sahabat tehniq setanah air Indonesia yang tercinta, balik lagi nih di blog tehniq.com. Mau bahas apa ya kita kali ini?? Oke kali ini kami mau bahas tentang Jigsaw dan Router. Jadi kalian mau pilih mana? pilih Jigsaw Atau Router Trimmer ?. Jadi artikel ini berkisah tentang seorang wood worker yang sedang bingung memilih power tools apa yang paling cocok untuk pekerjaannya. Apa aja perbedaannya, kelebihan, kekurangan dan banyak pertimbangan yang muncul saat itu di kelapa si tukang kayu ini. Eh kok kelapa ya, kepala maksud kami.

 

Jadi biasanya pertimbangan ini muncul bagi kalian wood worker yang baru memulai bidang pekerjaan ini. Jadi kalian ingin memprioritaskan alat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan usernya lebih banyak. Karena banyak hal yang jadi pertimbangan, seperti budget yang pas-pasan, kurangnya pengetahuan antara kedua barang tersebut, keterampilan yang hanya menonjol dari salah satu jenis barang itu, dan lain-lain. Tentunya kalian semua yang tau masalah kalian saat kalian sedang bingung mempertimbangkan untuk pilih jigsaw atau router trimmer.

PILIH JIGSAW ATAU ROUTER TRIMMER

Memang tidak mudah untuk memulai sebuah usaha baik itu usaha kecil ataupun usaha besar. Hal ini juga berlaku pada jenis usaha woodworking. Usaha woodworking ini adalah usaha yang melibatkan seni, ketrampilan, ketelitian, kelembutan dan juga kesabaran. Dan seorang wood worker harus memiliki keterampilan menggunakan alat-alat pendukung untuk menyelesaikan pekerjaan wood working ini.

 

Ada alat yang digunakan untuk menghaluskan kayu, ada yang digunakan untuk serut kayu, ada yang digunakan untuk memotong kayu, ada yang digunakan untuk membentuk kayu. Sungguh bervariasi dan banyak sekali macam dari alat-alat pendukung pekerjaan ini. Sedangkan untuk alat pembentuk kayu sendiri ada 2 jenis yaitu jigsaw dan juga router. Maka dari itu munculah pertanyaan tentang pilih jigsaw atau router trimmer ini, karena memang kegunaan dari kedua alat ini hampir sama yaitu dapat membentuk pola tertentu pada kayu, walaupun mata pisau yang digunakan berbeda.

 

Jadi pada artikel ini kami akan menjawab pertanyaan pilih jigsaw atau router trimmer ini dengan membahasnya dari segi :

  • Cara kerjanya.
  • Aplikasinya.
  • Harganya.

Kenapa kami membahas ketiga hal tersebut? karena menurut kami ketiga hal tersebut akan dapat membantu anda untuk menentukan prioritas apa yang perlu anda dahulukan. Apakah pilih jigsaw atau router trimmer terlebih dahulu, jadi tunggu apa lagi, ayok sama-sama kita bahas.

 

 

BEDA CARA KERJA JIGSAW DAN ROUTER

Hal yang pertama akan kita bahas yaitu beda cara kerja jigsaw dan router. Apa sih bedanya antara cara kerja jigsaw dan router? Sebelum kami menjawab pertanyaan itu, kami akan coba untuk menjelaskan pengertian dari mesin ini terlebih dahulu.

 

Jigsaw adalah salah satu dari beberapa jenis power tools yang berfungsi untuk memotong kayu dan triplek dengan menggunakan gergaji baik untuk memotong lurus ataupun dengan lekukan / Pola. Sedangkan cara kerja dari Jigsaw ini sendiri adalah mesin ini menggunakan mata gergaji kecil yang bergerak keatas dan kebawah. Dan jika untuk kondisi tertentu, mesin ini dapat di setting agar mata gergaji dapat bergerak keatas dan kebawah dan juga maju kedepan dan kebelakang. Jadi bisa melakukan empat gerakan sekaligus dalam satu kali jalan Empat gerakan ini dilakukan agar user dapat melakukan pekerjaan dengan lebih cepat. Karena saat melakukan gerakan maju mundur keatas dan kebawah, kayu akan lebih cepat terpotong.

Thumbnail-Pilih-Jigsaw-atau-Router-Trimmer-1

 

Sedangkan Router adalah salah satu dari beberapa jenis power tools yang berfungsi untuk membuat lekukan atau pola pada kayu. Dan untuk cara kerjanya sendiri yaitu mesin ini bekerja dengan menggunakan poros yang berputar dengan ujungnya yang dipasangi mata tertentu agar dapat membuat lekukan pada kayu dan juga membuat pola pada kayu juga.

Thumbnail-Pilih-Jigsaw-atau-Router-Trimmer-2

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JIGSAW DAN ROUTER

Jadi udah tau bedanya ya guys. Kalo jigsaw itu cara kerjanya dengan gergaji yang bergerak keatas kebawah maju dan mundur. Sedangkan router cara kerjanya yaitu dengan mata poles yang berputar untuk membuat lekukan dan pola pada kayu. Kalo kita menganalisa cara kerja kedua alat ini tentunya kita dapat menyimpulkan apa yang tidak dapat dilakukan mesin ini ya.

 

Kalo jigsaw karena menggunakan gergaji, jadi saat kalian membuat lekukan, kalian membutuhkan amplas atau sander untuk menghaluskan bagian lekukan yang anda buat tadi. Sedangkan untuk router, lekukan yang anda buat itu sudah halus karena mesin router cara kerjanya seperti memoles, tapi anda juga tetap bisa mengamplasnya lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

Terus yang kedua, karena menggunakan gergaji yang bergerak maju mundur maka jigsaw tidak dapat membuat lekukan yang kecil karena terbatas akan gerakan. Sedangkan router dapat membuat lekukan lebih detail karena memang gerakannya yang dapat anda sesuaikan sendiri dengan gerakan tangan anda.

 

 

BEDA APLIKASI JIGSAW DAN ROUTER

Untuk hal yang kedua yang akan kita bahas yaitu beda aplikasi jigsaw dan router. Jadi pplikasinya untuk apa aja sih kedua mesin ini?

Aplikasi dari jigsaw sendiri biasa digunakan untuk memotong kayu, membuat bevel atau lekukan dan juga membuat lubang. Selain itu jigsaw juga digunakan untuk memotong besi, keramik, alumunium, mika, plastik, partikel dan drywall.

 

Sedangkan untuk router sendiri apa aja ya aplikasinya?. Aplikasi dari router ini biasa digunakan untuk membuat profil, Sponing kusen pintu dan juga jendela, membuat lekukan pada pinggiran kayu, bingkai pigura, list meja, dll. Selain itu router atau trimmer ini biasa digunakan untuk merapikan sambungan kayu, membuat lubang dan membuat celah pada sambungan kayu.

 

Jadi udah pada tau ya beda aplikasinya. Walaupun agak sama, tapi ada aplikasi yang mencolok pada masing-masing mesin ini. Untuk pilihannya sendiri kami kembalikan pada anda semua. Bagaimana pekerjaan anda disana, pekerjaan apa yang paling banyak anda kerjakan, dan lain-lain yang tentunya anda sendiri yang tau tentang kebutuhan anda. Dan sekarang bagaimana dengan harganya?

 

Untuk harga jigsaw sendiri yang agak murah dapat anda dapatkan antara harga Rp. 400.000 hingga Rp. 1.000.000. Jika anda ingin mendapatkan jigsaw yang lebih mahal, maksimal harga yang ada pada database kami yaitu di maksimal harga Rp. 2.500.000,-. Untuk melihat katalog dari mesin Jigsaw ini sendiri, kalian bisa mengunjungi link dibawah ini :

KATALOG JIGSAW

 

Sedangkan untuk harga Router trimmer sendiri bisa kalian dapatkan dengan kisaran harga Rp. 400.000 hingga Rp. 1.000.000 untuk trimmer ukuran kecil. Sedangkan untuk router trimmer ukuran besar bisa kalian dapatkan dengan kisaran harga Rp. 2.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Cukup mahal juga ya kalo router yang ukuran gede. Tapi wajar lah dengan hasil yang anda dapatkan nanti. Lebih halus dan lebih detail. Untuk katalog router trimmer ini sendiri dapat kalian kunjungi pada link dibawah ini :

KATALOG ROUTER TRIMMER

 

CHANNEL YOUTUBE TEHNIQ

Dan bagi kalian yang ingin melihat review-review alat-alat teknik sebelum anda membelinya, kalian bisa mengunjungi channel youtube kami yang paling ok punya. Kami menyediakan informasi seputar review produk, perbandingan produk satu dengan yang lain, dan juga tips-tips menarik untuk merawat dan memperbaiki mesin-mesin teknik anda. Kunjungi channel youtube kami pada link dibawah ini.

CHANNEL YOUTUBE TEHNIQ.COM


2 responses to “PILIH JIGSAW ATAU ROUTER TRIMMER”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *