JENIS SCROLL SAW DAN MATA PISAU GERGAJINYA

By | March 13, 2019

yo-yo-yo.. halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya yang tercinta, balik lagi nih di blog tehniq.com. Gimana guys? udah pada baca artikel kami yang kemarin belum? yang tentang kegunaan dan cara kerja scroll saw tuh. Klo belum sih sayang banget guys. Kalo kalian mau baca artikel kami sebelumnya tentang kegunaan dan cara kerja scroll saw, kalian bisa kunjungi link dibawah ini ya. Karena pada artikel ini kami akan membahas tentang jenis scroll saw dan mata pisau gergajinya.

KEGUNAAN DAN CARA KERJA SCROLL SAW

 

Oke guys, kali ini kita akan membahas poin diatas yaitu jenis scroll saw dan mata pisau gergajinya. Jadi bagi kalian yang baru memulai atau sudah memulai bidang woodworking kalian sendiri, tetapi kalian belum tau banyak dan pengen lebih tau lagi tentang scroll saw. Tentunya artikel ini sangat berarti buat kalian ya. Udah kaya lagu aja ya sangat berarti. hehe.

JENIS SCROLL SAW DAN MATA PISAU GERGAJINYA

Langsung aja nih, apa aja sih jenis scroll saw yang ada atau umum digunakan di Indonesia? Walaupun sekilas bentuknya sama, tetapi ternyata scroll saw ini memiliki beberapa jenis yang berbeda lho. Dan bukan hanya scroll saw juga yang memiliki jenis yang berbeda, bahkan mata pisau gergajinya pun memiliki jenis yang berbeda pula. Untuk hal pertama yang akan kami bahas apa dulu nih enaknya?? mending kita bahas dulu jenis mata pisau gergajinya ya. Karena nanti mata pisau ini dapat menjadi penjelasan tentang beberapa jenis scroll saw yang ada.

Untuk jenis mata pisau gergaji scroll saw dapat dibagi menjadi 2 yaitu diantaranya adalah :

  • Pin Blade
  • Pinless Blade

Jenis-Scroll-Saw-dan-Mata-Pisau-Gergajinya

 

Jenis mata pisau gergaji scroll saw yang pertama yaitu pin blade. Pin blade ini memiliki ciri-ciri yaitu bagian atas mata pisaunya terdapat pin pengunci untuk dikaitkan pada pengait mata pisau scroll saw. Karena memiliki pin pengunci, tentunya mata pisau yang satu ini memiliki kelebihan yaitu tidak mudah lepas dari pengaitnya.

 

Jenis pin blade ini juga banyak ditemukan dipasaran Indonesia, sehingga jika anda ingin membeli yang baru, anda tidak perlu susah-sudah untuk mencarinya di toko-toko alat teknik manapun. Untuk ciri-ciri lain dari mata pisau ini yaitu ukurannya yang lebih besar atau lebar. Tetapi ukuran dari pin blade ini justru menjadi salah satu kekurangan dari mata pisau jenis ini. Karena tentunya ukurannya yang besar membuatnya lebih sulit membuat lekukan-lekukan kecil yang lebih detail pada karya anda.

 

Untuk kekurangan lainnya yaitu saat anda sedang menggunakan mata pisau ini dan tiba-tiba patah ditengah jalan, maka kalian harus memasukkan mata pisau pada awal anda memulai pekerjaan anda. Karena pin pengunci pada pisau ini membuatnya tidak dapat disisipkan pada lubang hasil gergaji anda yang sangat tipis tersebut.

JENIS MATA PISAU GERGAJI SCROLL SAW

Selanjutnya jenis mata pisau gergaji scroll saw yang kedua yaitu pinless blade. Pin Blade ini memiliki ciri-ciri yaitu ukurannya yang lebih kecil dan tipis. Selain itu jenis mata pisau ini tidak memiliki pin pengunci dibagian atas dan bawahnya. Sedangkan untuk kelebihannya yaitu dapat membuat lekukan yang lebih kecil dan detail karena ukurannya yang kecil. Selain itu jika anda mengalami mata pisau patah ditengah pekerjaan anda, anda dapat langsung mensisipkannya pada lubang gergaji yang telah anda gergaji tanpa perlu mengulang dari awal lagi.

 

Untuk kekurangannya yaitu karena ukurannya yang lebih kecil membuatnya mudah patah jika anda tidak berhati-hati. Selain itu untuk mata pisau jenis ini agak sulit untuk dicari di Indonesia. Hanya beberapa toko saja yang menjual jenis mata pisau ini. Jadi pastikan anda mencari mata pisau jenis ini pada toko-toko besar yang menjual aksesoris alat-alat teknik lebih besar.

 

JENIS SCROLL SAW

Lanjut pada pembahasan inti, yaitu jenis scroll saw. Jadi setelah kita semua tau apa aja jenis mata pisau gergajinya dan kelebihan serta kekurangannya, maka selanjutnya kita akan membahas jenis scroll saw. Scroll saw memiliki beberapa jenis yang jenisnya tersebut memang berkaitan dengan mata pisaunya. Apa aja sih jenis scroll saw ini? Berikut ini adalah beberapa jenis scroll saw yang umum :

  1. Pin Blade Scroll Saw
  2. Pinless Blade Scroll Saw
  3. Multi Blade Scroll Saw

 

Tentunya anda sudah dapat mengartikan kesemua jenis scroll saw tersebut ya. Jadi yang pertama yaitu Pin Blade scroll saw yaitu scroll saw yang khusus menggunakan mata pisau jenis pin blade untuk pengait mata pisaunya. Jenis scroll saw ini banyak dijual di pasaran Indonesia sehingga anda akan lebih mudah untuk menemukannya.

 

Sedangkan untuk Pinless Blade scroll saw yaitu scroll saw yang khusus menggunakan mata pisau jenis pinless blade untuk pengait mata pisaunya. Untuk scroll saw tipe ini agak jarang ada di Indonesia, tetapi kami tidak mengatakan tidak ada ya guys. Ada beberapa merk yang merupakan scroll saw jenis ini seperti Dewalt dan Excalibur.

 

Jenis scroll yang terakhir yaitu multiple Blade scroll saw yaitu scroll saw yang dapat menggunakan kedua tipe mata pisau yang telah kami jelaskan diatas. Jadi lebih flexible nih guys penggunaannya. Dan untuk tipe ini juga agak jarang dijual di Indonesia. Beberapa merk yang memproduksi jenis scroll saw ini yaitu Makita dan Krisbow.

 

JUAL SCROLL SAW

Jadi udah jelas ya guys. Semoga kalian semua ga bertanya-tanya lagi tentang jenis scroll saw ini. Dan apabila kalian tertarik dan ingin membeli scroll saw ini untuk kebutuhan anda, kalian bisa langsung mengunjungi tehniq.com untuk melakukan pembelian atau kunjungi link dibawah ini :

KATALOG SCROLL SAW

Oke kalo gitu kami pamit undur diri dulu nih. Sampai ketemu di artikel kami selanjutnya. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *