PERBEDAAN KEKUATAN PENGELASAN MAJU DAN MUNDUR

By | July 24, 2019

Halo sobat tehniq..!! khususnya sobat welder Indonesia. Gimana nih kabar kalian?? pada sakit mata ga habis ngelas? Hahaha.. Kayanya semua welder pasti ngerasain rasanya sakit mata karena ngelas ya. Hehehe. Yaw dah langsung ke poin pembahasan aja ya. Jadi kali ini kami mau bahas tentang perbedaan kekuatan pengelasan maju dan mundur. Kalian bingung ga maksudnya?

 

Jadi kalo ngelas itu ada 2 tipikal ya guys. Ngelas maju ke depan, jadi dimulai dari belakang terus ngelaasss sampai mentok dibagian depan. Dan ada lagi yang ngelas mulai dari depan terus ngelas munduuurrr hingga ujung belakang besi.

 

Nah disini kami akan membahas itu guys.. Bagusan mana sih atau kuatan mana sih hasil pengelasan maju atau pengelasan mundur. Penasaran ga?

 

PERBEDAAN KEKUATAN PENGELASAN MAJU DAN MUNDUR

Bagi pengelas seperti kita-kita ini guys, kalian tentunya punya gaya ngelas sendiri ya. Entah itu suka zigzag, atau bulet-bulet spiral atau bisa juga segitiga.

 

Tapi masalahnya kalian ngeh ga kalo ada yang ngelas dengan cara maju ke depan dan ada juga yang mundur ke belakang? Ternyata emang tipikal pengelas itu ada yang ngelas maju dan ada juga lho yang mundur.

Dan hasil pengelasan dari 2 tipikal las ini ternyata beda lho guys. Gw ga bilang yang satu jelek yang satu bagus ya. Tapi beda dalam hal penetrasinya guys. Kalian tau ga istilah penetrasi dari pengelasan?

 

Jadi penetrasi dalam pengelasan adalah seberapa dalam arc welding atau hasil lasan masuk dan menyatu pada besi yang di las tersebut. Dari tingkat kedalaman penetrasi ini lah hingga dapat dihasilkan lasan atau sambungan las yang kuat. Tapi jika tanpa adanya penetrasi, yang ada besi tidak akan menyambung sehingga kalo digetok bisa patah atau lepas gitu aja.

 

Ada beberapa faktor yang membuat penetrasi pengelasan menjadi bagus. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi penetrasi pengelasan seseorang :

  • Settingan Ampere. Jika settingan ampere anda kecil, yang ada hasil penetrasi pengelasan akan kurang dan sambungan besi mudah lepas. Dan jika settingan ampere anda besar, maka penetrasi yang didapat akan semakin bagus. Tapi jangan terlalu besar ya guys, karena besi yang kalian las bisa meleleh dan berlubang karena saking panasnya.
  • Jarak kawat las dengan objek. Jadi jika kalian mengelas terlalu jauh dari objek, yang ada hasil penetrasinya nanti tidak akan maksimal. Lebih bagus jika anda lebih mendekatkan jarak kawat las anda dengan objek las. Tapi jangan sampe menempel ya, karena nantinya malah tidak bisa ngelas.
  • Teknik pengelasan. Nah poin ini nih yang bakal kita bahas guys. Karena tiap teknik pengelasan itu menghasilkan penetrasi las yang berbeda-beda, jadi kalian harus mengetahui kebutuhan las anda juga. Mau dipake buat apa tuh objek lasnya.

 

PENGELASAN MAJU VS MUNDUR

Oke langsung aja ya kita ke inti pembahasan kita tentang perbedaan kekuatan pengelasan maju dan mundur. Jadi disini kita ga bahas tentang teknik pengelasan spiral, zigzag ataupun segitiga. Tapi lebih kearah pengelasan maju dan mundurnya saja, karena memang teknik pengelasan ini adalah teknik yang paling dasar.

Perbedaan-Kekuatan-Pengelasan-Maju-dan-Mundur

 

Nah seperti kalian bisa lihat dari gambar diatas ya guys. Ada yang namanya pengelasan maju yang nantinya hasil lasan atau kerak lasnya ada di belakang. Dan sebaliknya pengelasan mundur, hasil lasannya atau kerak lasnya berada di depan.

 

Gimana hasil penetrasinya?? disini kami akan coba potong besi hasil lasannya biar kalian semua bisa lihat langsung perbedaannya.

Penetrasi-Pengelasan-Maju-dan-Mundur

 

Oke langsung kita review ya guys. Coba kalian lihat pada gambar diatas. Untuk pengelasan teknik mendorong atau maju kedepan, terlihat penetrasi yang didapat lebih dalam. Dan juga penetrasi paling dalam terdapat pada besi bagian atas.

Sedangkan untuk pengelasan mundur atau ditarik ke belakang, terlihat penetrasi yang didapat lebih condong lebih dalam kearah bawah.

 

PERBANDINGAN KEKUATAN MAJU vs MUNDUR

Terus gimana perbedaan kekuatan pengelasan maju dan mundur ini? Tentunya sama-sama kuat ya guys. Tapi ada yang lebih menonjol kayanya nih. Jadi seperti yang sudah kami jelaskan diatas ya. Untuk pengelasan maju dengan mendorong, hasil penetrasinya lebih dalam, sehingga tentunya mempengaruhi kekuatan hasil lasan tersebut.

 

Mungkin jika diaplikasikan tidak terlalu berpengaruh ya guys. Tapi kalo di getok pake palu pastinya lebih banyak pukulan yang harus diayunkan pada pengelasan maju atau mendorong. Sempet ada welder yang nyoba di youtube. Dan gw coba cek disitu buat ngebuktiin juga apa sih perbedaannya.

 

Dan ternyata setelah di getok hasilnya sama dengan yang pernah gw coba guys. Pengelasan maju atau mendorong memang lebih unggul. Kalian bisa lihat buktinya pada gambar dibawah ini.

 

Perbandingan-Kekuatan-Pengelasan-Maju-dan-Mundur

 

Dapat kalian lihat ya. Push itu artinya mendorong atau dalam hal ini kami artikan maju. Dan pull yang sebelah kanan artinya mundur atau ditarik kebelakang. Terdapat angka2 yang menunjukkan perbandingan berapa banyak pukulan yang diayunkan hingga sambungan roboh.

Dan bisa kalian lihat, pengelasan maju atau dorong lebih unggul cukup banyak dari segi jumlah pukulannya yang artinya lebih kuat sambungannya. Atau kalo kalian pengen lihat video lengkapnya, kalian bisa lihat di video youtube dibawah ini :

 

 

Video diatas pake bahasa inggris ya guys. Jadi kalo kalian kurang bisa mengerti bahasanya ya abaikan aja.. Yang penting nonton sampe habis biar bisa lihat berapa jumlah pukulan yang diayunkan.

Jadi udah pada jelas ya guys. Disini bukan berarti pengelasan dengan cara maju atau mendorong lebih unggul dalam semua hal ya. Semua itu tergantung kebutuhan kalian masing-masing dan kenyamanan kalian saat mengelas. Karena kalo dipaksain juga hasilnya ga bakal bener juga.

 

Oke cukup sekian ya artikel tentang perbedaan kekuatan pengelasan maju dan mundur dari kami kali ini, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian dan skill kalian. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *