BEDA MESIN LAS MIG DENGAN GAS DAN TANPA GAS

By | July 26, 2019

Oke sobat tehniq khususnya para welder. Kali ini gw pengen kasih info buat kalian tentang beda mesin las MIG dengan Gas dan tanpa Gas Co2. Pada artikel ini kami akan coba memperlihatkan kepada kalian beda hasil lasan mesin las MIG dengan Gas atau tanpa gas.

 

Dan selain itu kami juga akan memberikan informasi tentang mesin las MIG yang bisa mengelas tanpa gas. Tentunya informasi ini sangat seru ya. Dan sangat sayang banget kalo dilewatin, karena dapat menambah pengetahuan kalian juga tentang mesin las MIG ini.

 

BEDA MESIN LAS MIG DENGAN GAS DAN TANPA GAS

Tapi sebelum kami membahas kedua jenis mesin las ini, pertama-tama kami akan menjelaskan tentang kawat lasnya dulu nih guys. Karena menurut kami ini penting, jadi kami akan menjelaskan juga tentang jenis kawat las dari mesin las MIG ini. Biar kalian ga salah aja nantinya guys. Repot juga kalo salah soalnya. 😀

 

Jadi ada 2 jenis kawat las untuk mesin las MIG nih guys, berikut adalah 2 jenis kawat las tersebut :

  1. Solid Wire Core
  2. Flux Wire Core

Untuk lebih gampangnya, dibawah ini kami akan memberikan gambar kawat las MMA biar lebih mudah bedainnya.

Beda-Kawat-Mesin-Las-MIG-dengan-Gas-dan-Tanpa-Gas

 

Bisa kalian lihat ya guys. Bagian tengah yang berwarna hitam itu adalah yang disebut dengan solid wire. Sedangkan bagian berwarna abu-abu yang membungkus solid wire tersebut dinamakan dengan flux. Terus gimana penampakan solid wire tanpa dibungkus dengan flux?

Nah kalian bisa lihat solid wire tanpa dibungkus flux pada gambar dibawah ini.

Solid-Wire-Core

 

Kalo kawat kaya gini biasanya bisa kalian temui saat pengelasan dengan mesin las TIG dan MIG ya guys. Tapi kalo mesin las MIG itu biasanya lebih tipis lagi diameter kawatnya. Dan kawat las MIG yang dibungkus flux tadi ya kurang lebih gambarannya sama kaya gambar sebelumnya. Jadi kawat dibungkus dengan flux gitu.

 

MESIN LAS MIG DENGAN GAS

Setelah kalian tau tentang jenis kawat las yang digunakan mesin las MIG, maka selanjutnya kami akan masuk pada inti pembahasan kita nih yaitu beda mesin las MIG dengan gas dan tanpa gas. Nah jadi yang seperti kita tau ya guys, sampai saat ini kita sudah mengenal bahwa mesin las MIG itu seharusnya menggunakan gas CO2 pada saat pengelasannya.

 

Tapi kalian tau ga gimana hasil dari pengelasan dengan mesin las MIG tersebut dengan gas dan tanpa gas?? Udah pernah nyoba belum?? Hayoo ngaku.. Hehe. Mungkin kalian yang suka penasaran sama alat-alat kalian pasti udah pernah nyoba ya. Tapi gpp guys,, kita emang harus mencoba sesuatu yang baru toh.

MESIN LAS MIG DENGAN GAS

Lanjut pada penjelasan ya. Gimana hasilnya jika kita menggunakan gas dan tidak menggunakan gas jika menggunakan pengelasan dengan mesin las MIG ini. Kami akan jawab pertanyaan itu pada gambar dibawah ini ya guys.

Hasil-Pengelasan-Dengan-Gas-dan-tanpa-Gas

 

Diatas ada 2 hasil pengelasan. Mungkin ga terlalu jelas ya guys, karena memang kami dapat dari video seorang youtuber bernama tukang HD, thanks buat jerih payahnya mas :). Disini kami ingin meneruskan perjuangan mas tukang HD ini guys.

Jadi disitu beliau mencoba untuk melakukan pengelasan dengan 2 kawat las yang berbeda yaitu solid wire core dan juga flux wire core. Dan hasil pengelasan dari kedua jenis kawat las itu sama guys.

  1. Kawat Las solid wire core lebih baik hasil lasannya dengan menggunakan gas CO2, dibandingkan dengan tanpa menggunakan gas CO2.
  2. Kawat Las Flux wire core juga lebih baik hasil lasannya dengan menggunakan gas CO2, dibandingkan dengan tanpa menggunakan gas CO2.

 

Dan dapat disimpulkan, dalam menggunakan mesin las MIG umumnya kalian harus menggunakan gas CO2 sebagai alat tambahan ya guys. Karena hasil lasan yang akan kalian dapatkan malah akan keropos dan cepat rusak, sehingga hasil sambungan lasan cepat rusak.

 

Tapi ga sampe disini ya artikel kami ini. Ada berita baru nih buat kalian guys. Saat ini telah muncul mesin las MIG yang bisa mengelas tanpa menggunakan gas CO2. Jadi tentunya mesin las ini dapat menekan biaya kalian karena tidak perlu membeli tabung gas CO2.

Dan ada satu poin lagi yang perlu kami sampaikan, yaitu kawat las yang digunakan itu juga berbeda guys. Jadi jangan sampe salah beli kawat las MIG ya kalo kalian beli mesin las jenis ini.

 

MESIN LAS MIG YANG DAPAT MENGELAS TANPA GAS CO2

Oke jadi udah jelas ya guys. Kesimpulan yang bisa kita dapat disini adalah :

  1. Mesin las MIG biasa tidak bisa mengelas tanpa menggunakan gas CO2 ( bisa tapi hasil tidak sempurna ).
  2. Kawat las MIG tipe solid wire core ataupun flux wire core juga tidak cocok digunakan tanpa menggunakan gas CO2.
  3. Jika ingin mengelas tanpa gas CO2, kalian harus membeli mesin las MIG khusus.

 

Disini kita akan membahas poin ketiga karena poin kesatu dan kedua sudah kami jelaskan ya guys. Jadi ada mesin las MIG yang bisa melakukan pengelasan tanpa menggunakan gas CO2.

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi ya guys, saat ini sudah muncul mesin las MIG yang memang dibuat dan dirancang untuk dapat mengelas tanpa menggunakan gas CO2. Mesin las ini adalah mesin las Daiden MIGi 130 yang merupakan mesin las MIG tanpa gas pertama yang di review di Indonesia.

 

Jadi jangan salah persepsi ya guys. Kami ga di endorse, cuma emang beneran mesin las ini adalah mesin las MIG pertama yang tidak menggunakan gas CO2 di Indonesia. Tapi mungkin kedepannya pasti akan banyak bermunculan merk-merk mesin las MIG lainnya yang bisa mengelas tanpa menggunakan gas CO2.

Kalo kalian pengen tau harganya, kalian biasa lihat pada katalog mesin las Daiden MIGi 130 dibawah ini :

 

Daiden-MIGi-130

DAIDEN

  • Tipe : MIGi 130
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 2.850.000,-
Lihat

 

Langsung aja cek disitu guys kalo kalian pengen tau. Dan sapa tau mau beli, silahkan aja langsung beli di tehniq.com. Oia dan satu lagi nih guys, kan tadi kita juga ngomong ya. Ada kawat las khusus buat pengelasan tanpa menggunakan gas CO2. Kawat las ini juga produk dari Daiden, karena memang untuk mendampingi mesin las tadi ya.

 

Tipe dari kawat las ini adalah Kawat Las E71T-11. Dan jika kalian ingin melihat spesifikasi lengkapnya, kalian juga bisa lihat pada link dibawah ini ya guys.

 

Kawat-Las-MIG-Silver-Tanpa-Gas-Daiden-E71T-11-Welding-Wire

DAIDEN

  • Tipe : E71T-11
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 150.000,-
Lihat

 

Okeee.. Jadi udah jelas ya guys tentang beda las MIG dengan gas dan tanpa gas. Intinya kalo kalian mau ngelas MIG tanpa gas, kalian kudu beli mesin las khusus yang bisa ngelas tanpa gas. Tapi jika kalian punya mesin las MIG biasa yang pada umumnya. Kalian kudu tetep harus pake gas buat hasil yang sempurna.

Yaw dah kalo gitu sampe disini aja guys artikel tentang beda mesin las MIG dengan Gas dan tanpa Gas ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Salam..!!

9 thoughts on “BEDA MESIN LAS MIG DENGAN GAS DAN TANPA GAS

  1. Syufriadi

    Untuk trafo migi daiden 130 apa kawat las yg di gunakan untuk pengelasan besi biasa dengan menggunakan gas co2, dan tanpa co2? Apa sama bos….? Trus untuk kawat stainless apa lagi boss… Maksud saya dengan co2 dan tanpa co2 atau juga bisa kawat yg sama. Makasih…

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Sebenarnya dari sisi kekuatan sama saja om
      Tapi kalo dari sisi warna berbeda yang satu mengkilap yang satu kusam

      Sedangkan untuk stainless harus pake argon
      dan kawat las juga beda

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk pengelasan alat-alat berat biasanya menggunakan mesin las MIG dengan ukuran 250 keatas
      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  2. Fauzan

    Mas terima kasih sebelumnya atas penjelasan nya. Nama saya fauzan, sayang mahasiswa UGM angkatan 17 jurusan teknik mesin. Saya sedang mengerjakan tugas akhir tetntang pengelasan TIG menggunakan gas argon dan gas Co2. Apakah mas bersedia untuk saya ajak berdiskusi?

    Reply
  3. Kurnia Herry Sandhi

    Karat Fluxcore 71 apa bisa but ngelas bahan stainless 304 tanpa gas?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *