Thumbnail-Peralatan-Tukang-Las

PERALATAN TUKANG LAS

By: Yudha Yudha
28 Oct 2019

Halo Sobat tehniq yang tercinta.. nih artikel bakalan buat para sobat welder yang oke oke dan kece kece nih. Disini kami akan bahas tuntas tentang peralatan tukang las yang wajib kalian ketahui. Jadi saat nanti kalian jadi seorang welder ataupun saat ini kalian udah jadi welder. Kalian bakalan tau apa yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu sebelum kalian mulai untuk bekerja.

 

Karena tugas atau pekerjaan dari tukang las ini merupakan pekerjaan yang tergolong memiliki resiko yang tinggi. Nah tanpa peralatan tukang las yang lengkap, tentunya hanya akan merusak dan membahayakan tubuh kalian. Dan dampaknya bukan cuma ke badan guys

 

Makanya,, gw rasa artikel ini akan cukup bermanfaat buat kalian para welder Indonesia. Disamping untuk memberikan dampak positif ke kalian. Kalian juga bakalan memberi dampak positif ke Negara kalian negara Indonesia ini.

 

 

PERALATAN TUKANG LAS

Langsung aja ya kita bahas untuk peralatan tukang las itu apa aja. Jadi ada beberapa peralatan yang wajib dimiliki seorang tukang las yaitu diantaranya :

  • Topeng Las
  • Apron
  • Sarung Tangan Las
  • Masker
  • Magnet
  • Palu & Sikat Terak Las
  • Genset
  • Tang Panas
  • Clamp / Penjepit
  • Gerinda & Mesin Bor

 

Masing-masing peralatan tukang las tersebut tentunya akan kami jelaskan satu persatu biar kalian semua tau maksud dan tujuan dari menggunakan alat tersebut. Jadi langsung aja ya kita masuk pada penjelasan tentang peralatan tukang las tersebut.

 

1. TOPENG LAS

Topeng las ada salah satu peralatan tukang las yang berbentuk seperti helm yang melindungi wajah dari cipratan las. Baik wajah dibagian depan dan samping. Kenapa kami merekomendasikan topeng las? ya karena dengan topeng las ini kalian bisa mendapatkan hasil lasan yang bagus, serta dapat melindung hampir semua wajah anda.

 

Topeng-Las-Helm-Las

 

Beda halnya dengan kedok las dan kacamata las yang hanya melindungi wajah bagian depan anda saja. Dan selain itu, topeng las dapat dipasang dikepala kita tanpa kita harus pegangi lagi seperti halnya kedok las yang harus dipegangi.

 

Jadi proses pengelasan kita menggunakan topeng las ini akan lebih fokus dan wajah kita dapat mendekati objek dengan sangat dekat tanpa perlu takut panas dan percikan api. Fungsi kita mendekat pada objek las juga agar hasil lasan kita terlihat jelas dimata kita, sehingga hasil lasan akan lebih bagus dan tepat disasaran.

 

Beda halnya jika kita menggunakan kedok las yang notabene pada saat pengelasannya, wajah kita tidak bisa mendekat sepenuhnya pada objek yang kita las. Jadi kami sarankan belilah topeng atau helm las ya guys.. Karena kacamata dan kecok las kami rasa kurang optimal pemakaiannya. Inget nih,, kami ga ngelarang,, tapi cuma kasih saran aja lho ya.

 

 

2. APRON

Peralatan tukang las selanjutnya yaitu apron. Apron ini adalah pelindung badan yang terbuat dari kulit hewan yang menutupi bagian depan badan dan juga tangan dari percikan las.

 

Apron-Las

 

Apron ini sangat perlu kalian gunakan untuk melindungi tubuh kalian ya guys. Karena emang percikan las itu tidak seperti percikan gerinda. Kenapa demikian?? karena percikan las ini dapat membakar pakaian dan bahkan kulit kalian guys.

 

 

3. SARUNG TANGAN LAS

Selanjutnya yaitu sarung tangan las ya guys. Untuk sarung tangan las ini fungsinya juga untuk melindungi kalian dari percikan api las. Tapi hanya melindungi bagian tangan hingga pergelangan tangan kalian. Bukan seluruh tangan ya, karena udah ada apron tadi.

 

Sarung-Tangan-Las

 

Kami sarankan untuk membeli sarung tangan yang panjang ya guys. Jangan yang pendek, karena kalo beli yang pendek takutnya pergelangan tangan kalian masih tidak tertutup. Sehingga masih rawan terkena percikan api las tadi.

 

 

4. MASKER

Peralatan selanjutnya yaitu Masker guys. Perlu kita ketahui ya, asap las yang dihasilkan dari pembakaran saat pengelasan sangat berbahaya lho bagi paru-paru kita. Jadi kami sarankan gunakanlah masker untuk menghindari asap las masuk langsung menuju hidung anda.

 

Masker-Las

 

Itu contoh gambarnya ya guys.. Untuk model dan tipenya bisa kalian sesuaikan sendiri dengan kemauan kalian. Pokoknya bisa nutupin hidung kalian biar pernafasan kalian tetep sehat.

 

 

5. MAGNET

Magnet ini kegunaannya penting ga penting ya guys. Tapi kami sarankan kalian membeli magnet ini, karena memang mempermudah pekerjaan anda dalam membuat hasil lasan siku. Dan bukan cuma untuk membuat siku, magnet ini fungsinya juga mempermudah anda dalam mengelas untuk membuat sudut-sudut tertentu. Contohnya adalah gambar dibawah ini :

 

Magnet-Las

 

 

6. PALU & SIKAT TERAK

Peralatan tukang las selanjutnya yaitu palu dan sikat terak. Alat ini digunakan untuk menghilangkan terak atau kerak hasil pengelasan dan juga untuk menggosok hasil lasan tersebut agar terlihat hasilnya. Dengan menggunakan alat ini, anda dapat sekaligus menghaluskan hasil lasan kalian dari terak atau kerak las yang menempel.

 

Berikut adalah gambar dari palu & sikat terak ini. Oia,, biasanya palu & sikat ini biasanya udah kalian dapatkan saat kalian membeli mesin las. Tapi sebagai informasi aja, jadi kami masukkan kedalam daftar paralatan las ini.

 

Palu-&-Sikat-Las

 

 

7. GENSET

Untuk peralatan yang ketujuh adalah genset. Mungkin kalian berfikir ini adalah alat yang terlalu mewah untuk dibeli. Tapi akan kami jelaskan maksud kami dalam memasukkan genset ini kedalam daftar peralatan tukang las menurut tehniq.com.

 

Genset

 

Begini penjelasannya. Mungkin saat anda melakukan pengelasan di bengkel, listrik dibengkel kalian bisa disesuaikan dengan mesin las kalian. Tapi apakah anda dapat memastikan bahwa daya listrik customer yang menggunakan jasa anda itu sesuai dengan mesin las kalian?

 

Karena mengelas setau kami bukan hanya dibengkel, tapi justru kebanyakan anda harus mengelas di lokasi pengelasan tersebut. Baik dirumah yang daya listriknya tidak anda ketahui ataupun diruang terbuka yang tidak ada listriknya. Jadi kami rasa sangat perlu kalian menggunakan genset yang juga dapat menunjukkan profesionalisme kalian sebagai welder.

 

 

8. TANG PANAS

Tang panas adalah alat yang bisa kalian gunakan dan bisa juga tidak kalian gunakan. Semua tergantung dari kebutuhan pekerjaan anda. Jika kalian bekerja di pekerjaan yang memiliki jam tayang yang cukup padat, kami sarankan sih gunakan tang panas ini. Tapi jika pekerjaan kalian santai, berarti kalian tunggu aja besi tersebut hingga tidak memanas.

 

Oia.. gunanya tang panas ini adalah untuk menjepit dan memindahkan objek yang telah kalian las untuk menghindari panas dari besi tersebut dan mempercepat pekerjaan anda.

 

Tang-Panas

 

 

9. CLAMP PENJEPIT

Lanjut untuk daftar peralatan tukang las selanjutnya yaitu Clamp penjepit. Clamp penjepit ini dapat kalian gunakan untuk menjepit objek las kalian agar tidak bergeser saat kalian melakukan pengelasan. Jadi dengan clamp ini, kesempatan anda melakukan kesalahan bisa hilang. Tapi balik lagi ke pilihan kalian ya, kalian bisa menggunakan ini dan memilih untuk tidak menggunakannya.

 

Clamp-Penjepit

 

Bisa kalian lihat ya.. dengan clamp penjepit itu, 2 buah pipa bisa kalian tempelkan dengan sempurna tanpa perlu kalian pegangin. Jadi pekerjaan kalian akan lebih mudah, ringkas dan tentunya hasilnya lebih rapi.

 

 

10. GERINDA & MESIN BOR

Daftar peralatan tukang las yang terakhir yaitu gerinda dan mesin bor. Mesin gerinda dan mesin bor ini tentunya seperti alat yang wajib buat seorang welder ya guys. Karena dengan alat ini kalian bisa menghaluskan hasil lasan kalian sehingga permukaan besi yang kalian las bisa rata dan halus.

 

Bahasa gampangnya yaitu digunakan sebagai finishing. Selain itu mesin gerinda ini juga bisa kalian gunakan untuk memotong besi yang kalian miliki. Jadi emang alat ini sangat bermanfaat buat kalian yang bekerja di bidang pengelasan.

 

Sedangkan mesin bor sendiri gunanya untuk membantu pembuatan lubang baut dan lubang-lubang variasi lainnya. Serta saat dilokasi customer, mesin bor biasa digunakan untuk pemasangan pagar, tralis, kanopi dan lain-lain.

 

Mesin-Gerinda-Tangan

 

Okeee.. jadi ada 10 – 11 peralatan tukang las yang bisa kalian gunakan untuk membantu kalian dalam melakukan pengelasan ya guys. Untuk pilihannya kami serahkan semuanya ke kalian masing-masing. Disini kami hanya memberikan saran terbaik buat kalian untuk menjadi welder yang profesional dan totalitas.

 

Tapi jika memang 2 atau 3 peralatan yang telah kami sebutkan diatas, kalian anggap belum perlu. Ya silahkan saja. Jadi sekian dulu ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber informasi buat kalian semua. Dan gw ga bosen buat ngingetin kalian semua buat tonton video-video edukasi dan pengujian extreme pada mesin las dan alat-alat teknik lainnya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe dan share video-video bermanfaat kami . Karena kami yakin video yang kami buat akan sangat membantu kalian semua dalam memilih peralatan teknik kalian. Dan juga video tersebut bisa kalian gunakan untuk mendapatkan informasi-informasi yang mungkin sedang kalian cari.

 

Oke sekian dulu guys.. Salam..!!


2 responses to “PERALATAN TUKANG LAS”

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      waduh iya lupa mesin bor harusnya masuk ya
      terima kasih banyak pak masukannya

      kalo mesin katop saya kurang paham deh
      Mungkin namanya disini bukan mesin katop, jadi saya ga paham

      Sudah saya tambahin di artikel ya pak untuk mesin bornya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *