MESIN LAS LISTRIK TERBAIK

By: Yudha Yudha
23 Oct 2019

Halo sobat tehniq yang tercinta.. Apakah kalian saat ini sedang bingung mencari mesin las yang bagus untuk kalian miliki? Kalian punya budget tapi bingung mau beli mesin las merk apa. Nah kebetulan banget nih, disini kami akan bahas tentang mesin las listrik terbaik yang tentunya telah kami uji dengan peralatan pengukur canggih.

 

Karena tanpa adanya alat pengukur, maka uji coba dan testing yang kami lakukan tidak akan terlihat nyata. Hanya seperti omong belaka. Maka dari itu disini kami ingin mengetahui mana mesin las listrik terbaik dengan menggunakan alat-alat pengukur yang canggih-canggih tadi.

 

Dan terbaik disini ada beberapa faktor ya guys. Karena itu semua tergantung dari kebutuhan kalian di Lapangan. Jadi kalian sesuaikan aja sendiri mana mesin las listrik terbaik yang cocok untuk kebutuhan kalian.

 

Dan faktor “terbaik” yang akan kami uji disini yaitu diantaranya adalah :

  • Maksimal Ampere
  • Overheat

 

Kenapa terbaik disini kami patokin pada kedua hal tersebut?? jawabannya adalah yang pertama maksimal ampere. Mesin las dengan maksimal ampere yang nyata atau mendekati nyata tentunya tidak mengurangi spesifikasi dari mesin las itu sendiri. Jadi kalo nilai ampere aja ga nyata, kan ditakutkan untuk spesifikasi yang lainnya jg ga nyata.

 

Yang kedua yaitu overheat.  Overheat disini adalah kemampuan mesin bekerja secara konstan tanpa berhenti hingga mesin mati secara otomatis. Nah saat mesin mati secara otomatis itulah yang dimaksud overheat, yaitu saat panas mesin las sudah berlebihan maka mesin harus didinginkan dulu. Fungsi dari fitur ini adalah melindungi mesin las dari panas berlebih yang dapat merusak sparepart didalamnya.

 

Nah mesin las yang overheatnya terlalu lemah juga kurang bagus karena membuat kalian lambat bekerja. Jadi disini kami standarisasi dengan menggunakan kawat las sebanyak 10 buah. Nah jika mesin las mati sebelum dapat mengelas 10 batang kawat las tanpa henti. Maka tentunya overheat dari mesin las tersebut lemah.

 

 

KATEGORI MESIN LAS TERBAIK

Jadi itu tadi ya faktor terbaik versi tehniq.com untuk pengujian ini. Nah karena keterbatasan kami juga, kami pun menggolongkan mesin las terbaik ini berdasarkan kategori. Karena kalo semua mesin las kami uji coba tentunya kami bakalan bangkrut guys. Hehehe

 

Jadi disini kami telah melakukan beberapa percobaan pada beberapa merk mesin las yang nantinya akan kami kategorikan menjadi 2 kategori yaitu :

  • 900 Watt
  • 450 Watt

 

Untuk mesin las dengan spesifikasi diatas kategori tersebut belum pernah kami uji karena memang keterbatasan kami. Ya semoga nantinya kami dapat menguji semua merk mesin las seiring kesuksesan kami. Doain aja ya guys, dan tentunya kami juga minta support dari kalian juga ya. Agar kami dapat terus memberikan review produk-produk alat teknik tanpa batas buat kalian semua.

 

Langsung aja kita mulai review untuk mengetahui mesin las listrik terbaik ya guys.

 

 

MESIN LAS 900 WATT TERBAIK

Untuk mengetahui mana diantara mesin las listrik terbaik dari mesin las dengan kategori 900 watt ini, tentunya nanti bisa kalian lihat sendiri ya baik dari segi merk dan review dari temen-temen. Disini kami hanya bahas seputar hasil uji coba, sehingga terlihat mana yang paling tinggi nilainya.

 

Ada 5 buah mesin las yang kami uji coba pada percobaan kami. Dan untuk merk lainnya yang mungkin tidak ada pada percobaan ini, kami mohon maaf. Karena alasan yang udah kami utarakan diawal paragraf tadi ya. Nah merk mesin las 900 watt yang telah kami uji coba yaitu :

  • Daiden MMAi 120
  • Lakoni Falcon 120E
  • Redbo MMA 120
  • Redfox MME 120
  • Rhino MMA 120

 

Kelima mesin las tersebut telah kami uji dengan menggunakan alat pengukur bernama clamp meter. Kalo kalian pengen coba sendiri, silahkan membelinya di website kami atau toko-toko yang dekat dengan lokasi anda.

 

UJI MAX AMPERE

Clamp meter ini cara kerjanya yaitu dengan mendeteksi ampere yang dikeluarkan mesin ataupun alat listrik apapun melalui kabelnya. Nah jadi setelah kami uji coba dengan menaikkan settingan ampere kelima mesin las pada angka maksimal. Maka kami dapatkan nilai maksimal amperenya yaitu :

 

  • Daiden MMAi 120 ————– > 106 – 108 Amp
  • Lakoni Falcon 120E ————-> 100 – 102 Amp
  • Redbo MMA 120 —————–> 115 – 117 Amp
  • Redfox MME 120 —————-> 105 – 107 Amp
  • Rhino MMA 120 —————–>  101 – 102 Amp

 

Mesin-Las-Listrik-900-Watt-Terbaik

 

Jadi untuk uji coba maksimal ampere ini dimenangkan oleh mesin las Redbo MMA 120 yang berwarna orange. Dan untuk percobaan yang kedua dengan menggunakan kawat las 10 batang. Kelima mesin las tersebut sama-sama dapat melakukannya.

 

Untuk uji overheat, semua mesin las tersebut lolos ujian dari tehniq.com. Untuk itu ga perlu kami jelasin lagi ya guys. Jadi udah jelas ya.. silahkan pilih sendiri mana mesin las listrik terbaik yang cocok untuk kebutuhan kalian. Dan inget, pandanglah dari segi merk dan review keawetan mesin las tersebut. Karena apa yang kami sampaikan ini hanya bersifat nilai, bukan keawetan mesin las.

 

Dan bagi kalian yang pengen melihat penampakan produknya, spesifikasi dan juga harganya. Langsung aja klik link katalog produk kami dibawah ini :

 

 

Rekomendasi-Mesin-Las-DAIDEN-MMAi-120

DAIDEN

  • Tipe : MMAi 120
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 1.370.000,-
Lihat

Rekomendasi-Mesin-Las-Lakoni-Falcon-120E

LAKONI

  • Tipe : Falcon 120E
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 999.100,-
Lihat

Rekomendasi-Mesin-Las-Redbo-MMA-120

REDBO

  • Tipe : MMA 120
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 825.000,-
Lihat

Rekomendasi-Mesin-Las-Redfox-MME-120A

REDFOX

  • Tipe : MME 120
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 935.000,-
Lihat

 

 

Rekomendasi-Mesin-Las-Rhino-MMA-120A

RHINO

  • Tipe : MMA 120
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 671.000,-
Lihat

 

 

 

MESIN LAS 450 WATT TERBAIK

Lanjut pada mesin las selanjutnya yaitu mesin las 450 watt terbaik. Nah sama seperti sebelumnya ya guys, untuk melihat mesin las listrik terbaik pada kategori mesin las 450 watt. Jangan hanya menjadikan uji coba yang telah kami lakukan ini sebagai patokan utama.

 

Tetap perhatikan merk dan juga review dari orang-orang sekitar mengenai keawetan dan service center yang jelas dari merk tersebut. Karena belum tentu jika pada uji coba yang kami lakukan ini, misal merk A menang karena nilainya terbesar. Eh taunya sebentaran doang udah rusak, dan ternyata service centernya ga jelas.

 

Tentunya mesin las tersebut tidak bisa kita katakan terbaik dong. Yaw dah langsung aja kami telah melakukan uji coba pada 6 merk mesin las yaitu :

  • Benz PIW-0120
  • Lakoni Basic 123IX ( Ungu )
  • Lakoni Falcon 123IX ( Putih )
  • H&L Smart Series
  • Multipro EG-120A-SC
  • Edon Dry-120

 

Keenam mesin las tersebut telah kami uji mengenai maximal ampere dan juga ketahanannya atau overheatnya. Dan setelah kami melakukan uji coba tersebut kami dapatkan hasil.

 

UJI COBA MAX AMPERE

Setelah kami uji coba dengan menggunakan clamp meter untuk mengetahui maksimal ampere dari masing-masing mesin las tersebut. Maka kami dapatkan nilai maksimal amperenya adalah sebagai berikut :

 

Mesin-Las-Listrik-450-watt-Terbaik

 

Dari hasil uji coba yang telah kami lakukan pada 6 mesin las 450 watt tadi. Maka kami dapatkan untuk mesin las dengan nilai maximal ampere paling besar yaitu mesin las Lakoni Falcon 123IX di angka 125 Amp. Wow. Emang keren ya guys. Tapi sayang banget mesin ini sudah tidak ada di pasaran, jadi buat kalian pecinta lakoni jangan kecewa.

 

Masih ada adiknya yang ungu.. Hehe. Kalo kalian mau liat perbedaan daleman atau sparepart dari lakoni falcon dan basic diatas. Kalian bisa nonton video kami berikut ini : >> Bongkar Perbedaan Lakoni Falcon dan Basic <<.

 

Disitu kami temukan 9 perbedaan guys. Jadi tonton aja kalo emang kalian pecinta mesin las Lakoni.

 

UJI COBA OVERHEAT

Oke lanjut lagi untuk mengetahui mesin las listrik terbaik ini kami akan terus berusaha memberikan informasinya pada kalian guys. Dan untuk percobaan selanjutnya pada mesin las 450 watt ini, kami gunakan 10 kawat las yang akan digunakan secara kontinu. Mari kita liat mana mesin las yang kuat dan yang tidak kuat mengatasi pekerjaan yang kontinu.

 

Mesin-Las-Listrik-450-watt-Terbaik-Uji-Overheat

 

Nah bisa kalian lihat ya guys. Untuk mesin las Benz, Lakoni dan Multipro ternyata lolos uji coba overheat ini. Karena dapat mengelas secara kontinu dengan menggunakan 10 batang kawat las tanpa henti. Dan bisa kita lihat juga yang ga lolos uji coba dari kami yaitu mesin las H&L smart series dan Edon Dry-120.

 

Tapi ga sampe disini guys.. Ternyata distributor mesin las H&L mengklarifikasi uji coba yang telah kami lakukan ini. Mereka langsung mendatangi kami dengan membawa mesin las H&L smart series keluaran terbaru. Jadi ternyata H&L yang lama itu banyak yang cacat produksi katanya.

 

Nah sekarang mereka sudah menjamin bahwa mesin las H&L mereka udah bisa mengelas 10 kawat las nonstop tanpa henti. Jadi bagi kalian pecinta H&L jangan berkecil hati ya. Saran dari kami sih beli mesin las yang keluaran terbaru aja biar aman. Jadi kalian ga perlu ragu itu mesin las yang cacat atau yang nggak.

 

Bagi kalian yang mau cek produk dan harganya, langsung aja liat katalognya dibawah ini guys :

 

 

Multipro-EG-120A-SC

MULTIPRO

  • Tipe : EG 120ASC
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 787.800,-
Lihat

Lakoni-Basic-123ix

LAKONI

  • Tipe : Basic 123iX
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 528.000,-
Lihat

H&L-MMA-120

H&L

  • Tipe : MMA 120
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 550.000,-
Lihat

 

Oke guys.. Jadi itu tadi ya informasi mesin las listrik terbaik versi tehniq.com. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian yang saat ini sedang bingung mencari mesin las terbaik. Dan bagi kalian yang ingin melihat langsung percobaan-percobaan pada mesin las dan alat teknik lainnya. Kalian bisa langsung kunjungi channel youtube kami disini :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe dan share video-video kami ya guys, sebagai wujud dukungan kalian ke kami. Agar nantinya kami dapat terus berkarya dengan membuat video-video percobaan dengan alat-alat yang objek uji coba terlengkap.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *