PENGERTIAN ARC WELDING PADA MESIN LAS

By | July 4, 2019

Halo halo.. Sahabat tehniq se Indonesia khususnya para welder Indonesia yang oke-oke dan kece-kece. Jadi artikel kami kali ini akan coba untuk membahas tentang pengertian arc welding pada mesin las. Seperti yang pernah anda lihat pada bodi mesin las mesin las khususnya mesin las MMA. Biasanya terdapat tulisan arc welding atau ARC sekian sekian.

 

Nah disini kami mau bahas tentang ARC itu sendiri. Apa sih pengertian arc welding pada mesin las yang khususnya mesin las MMA ini?

 

Jadi ARC welding adalah bagian dari singkatan SMAW yaitu Shield Metal Arc Welding. Apa maksud dari SMAW ini?? maksudnya adalah sebuah cara atau teknik untuk menyambung besi dengan menggunakan proses pemanasan terhadap besi dan elektroda ( bahan pengisi / kawat las ).

 

Karena arti dari shield adalah pelindung, jadi apa pelindungnya? pelindung yang dimaksud disini adalah selaput flux pada elektroda. Flux ini berfungsi untuk melindungi arc welding yang mencair saat dilakukan pengelasan. Dan flux ini adalah menjadi kerak las saat sudah dingin. Tentunya kalian udah pada paham ya guys apa itu kerak las, yaitu kerak yang biasa kalian bersihkan setelah kalian melakukan pengelasan.

 

PENGERTIAN ARC WELDING PADA MESIN LAS

Gimana nih guys?? udah paham belum penjelasan kami tentang SMAW diatas?? semoga udah pada paham semua ya guys. Jadi intinya SMAW itu bagian dari Shield Metal yaitu Flux yang sudah kami jelaskan diatas, dan Arc Welding yang akan kami jelaskan pada poin selanjutnya dibawah ini.

 

Jadi pengertian arc welding pada mesin las adalah bagian dalam dari Elektroda yang berfungsi untuk menyambungkan logam besi pada saat dilakukan pengelasan. Sedangkan ARC sendiri artinya adalah bagian dalam elektroda yang mencair akibat pengelasan itu sendiri dan nantinya akan menyambungkan 2 logam besi yang tersambung tersebut.

 

Udah pada tau belum guys?? Jadi Arc welding itu seperti yang dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini ya guys.

Pengertian-Arc-Welding-Pada-Mesin-Las

 

Seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas dan apa yang telah kami jelaskan diatas. Bahwa Arc welding tersebut dilindungi oleh flux yang nantinya akan menjadi kerak las saat sudah dingin. Dan perlu kalian ketahui ya guys, bukan hanya SMAW yang menggunakan Arc sebagai penyambung saat proses pengelasannya. GMAW juga merupakan proses pengelasan yang menggunakan Arc Welding sebagai penyambungnya.

 

PERBEDAAN SMAW DAN GMAW

Perbedaan mendasar antara SMAW dan GMAW ada pada pelindungnya. Jika SMAW adalah proses pengelasan yang dilindungi dengan shield berupa Flux. Maka GMAW adalah proses pengelasan yang dilindungi dengan shield berupa gas.

 

Udah jelas ya guys perbedaan antara SMAW dan GMAW ini walaupun sama-sama menggunakan arc welding sebagai penyambung besinya. Jadi dari penjelasan yang telah kami jelaskan diatas, maka GMAW tidak memiliki kerak pelindung seperti SMAW. Karena GMAW menggunakan gas sebagai pelindungnya, dan kita ketahui bersama bahwa sifat gas itu menguap saat dipanaskan.

 

Nah maka dari itu jika kalian menggunakan mesin las tipe GMAW atau MIG, maka hasil yang kalian dapatkan pasti arc tanpa kerak. Berbeda dengan SMAW yang perlu kalian bersihkan dan gosok keraknya setelah kalian melakukan pengelasan. GMAW tidak memiliki kerak yang menutupi bagian arc weldingnya.

 

Tapi walaupun tidak berkerak, kalian tetap harus membersihkan dengan cara menggosok hasil lasnya ya guys. Karena kelemahan GMAW itu menghasilkan bintik-bintik cipratan atau biasa disebut dengan spatter. Untuk itu kalian tetap harus menggosok bintik-bintik atau spatter bekas pengelasan kalian, agar hasil lasan kalian lebih mulus dan halus.

 

Jika kalian bingung spatter itu yang mana, berikut akan kami berikan contoh dari spatter itu sendiri :

Contoh-Spatter-Pada-Mesin-Las-Saat-Melakukan-Pengelasan

 

Bisa kalian lihat ya guyss.. Spatter yang kami maksud adalah bagian berbintik atau totol-totol akibat cipratan dari hasil pengelasan dengan menggunakan mesin las MIG. Dibagian bawah hasil pengelasan tersebut terlihat banyak sekali ya totol-totol spatter tersebut.

 

Totol-totol tersebut akan dapat hilang jika kalian gosok dengan sikat las guys. Karena itu tidak menempel sempurna pada besi, jadi masih bisa dihilangkan atau dilepaskan dari besi tersebut.

 

JARAK ARC WELDING SAAT MENGELAS

Oke guyss.  setelah kita tau arti mendasar tentang pengertian arc welding pada mesin las, maka hal selanjutnya adalah mempelajari jarak arc welding yang tepat saat anda melakukan pengelasan.

 

Jadi seperti yang kita tau ya guys,, arc welding dihasilkan dari proses pengelasan itu sendiri. Dan teknik mengelas itu ada beberapa macam. Nah jarak arc welding ini bisa kita hubungkan dengan beberapa macam teknik pengelasan yang ada tersebut guys.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami jelaskan sedikit tentang apa aja teknik pengelasan yang ada saat ini :

  1. Zig-zag
  2. Spiral
  3. Lurus

Untuk pengelasan Zig-zag dan spiral, jarak arc welding yang perlu kalian terapkan saat melakukan pengelasan minimal 1 cm ya guys.. Jadi titik kekiri terus geser hingga titik kekanan, begitu seterusnya lakukan dengan stabil dengan jenjang waktu yang sama dan terus stabil untuk menghasilkan arc welding yang rapi. Dan tentunya penetrasi yang dilakukan juga sempurna.

 

Untuk pengelasan lurus hanya kalian lakukan dengan menggeser kawat las kalian searah lajur pengelasan. Dan untuk waktu gesernya jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat pula guys. Karena jika kalian terlalu cepat menggesernya, maka arc welding akan terpisah atau terlalu tipis. Dan jika waktu geser kalian terlalu lambat, maka hasil lasan akan menggumpal dan tidak rapi.

 

Oke deh, cukup sekian ya guys artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa terus pantengin channel youtube kami ya guys. Untuk melihat video-video pengelasan dan alat-alat kerja lainnya yang tentunya sangat edukatif dan bermanfaat buat kalian.

 

Untuk melihat channel youtube kami kalian bisa klik link dibawah ini ya guys.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video dan channel youtube kami ya guys. Agar kami makin semangat terus buat berkarya dengan menghasilkan konten-konten video yang berkualitas dan bermanfaat buat kalian semua.

 

Oke guys.. Sampai jumpa lagi ya.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *