JENIS OBOR LAS UNTUK MESIN LAS TIG

By | July 5, 2019

Halo semua welder TIG khususnya, kali ini kami mau bahas seputar mesin las TIG nih guys.. Mesin las yang biasa kalian pakai untuk pekerjaan kalian nih.. Jadi pada artikel ini kami mau bahas tentang jenis obor las untuk mesin las TIG anda.

 

Tentunya sebagai TIG welder, kalian harus memahami dan mengerti apa saja jenis obor las untuk mesin las TIG kalian. Dengan demikian, kalian akan dapat meningkatkan skill mengelas kalian dengan beberapa macam jenis obor las untuk mesin las TIG tersebut.

 

Tapi jangan cuma memahami dan mengerti jenis obor las ini doang guys.. Kalian kudu punya dong,, koleksi dirumah atau di workshop kalian. Jadi kalian bisa langsung terapin penggunaan obor las kalian yang bervariasi tersebut langsung pada objek las kalian. Hehehe.. ­čśÇ

 

Jadi apa aja sih jenis obor las untuk mesin las TIG kalian?

 

JENIS OBOR LAS UNTUK MESIN LAS TIG

Langsung aja nih ke pokok pembahasan kita ya guys. Berikut ini adalah beberapa jenis obor las untuk mesin las TIG yang perlu kalian ketahui.

Jenis-Obor-Las-untuk-Mesin-Las-TIG

 

 

1. HP-50 MACHINE PLASMA TORCH

Bentuk dari obor las tipe ini Lurus dengan kapasitas penggunaannya sebesar 50 amp @ 100% Duty Cycle. Biasanya obor las jenis ini dibekali dengan kabel sepanjang 4 meter. Diameter lingkar obor las ini berukuran kecil sehingga dapat menjangkau object las dengan sudut kecil.

 

2. MP 5-13 SECHERON® HAND/MANUAL TORCH

Untuk bentuk dari obor las ini memiliki sudut dengan sudut las yang dapat digunakan sebesar 110┬║. Sedangkan kapasitas penggunaannya ada pada 45 amp @ 100% Duty Cyle. Dan untuk panjang kabel bawaan standard dari obor las TIG tipe ini adalah 4 meter.

 

3. MP 5-21 SECHERON® MACHINE PLASMA TORCH

Tipe obor las yang ketiga yaitu tipe MP 5-21. Obor las ini memiliki sudut las sebesar 180┬║, jadi lurus ya guys. Penggunaannya sendiri nanti akan seperti saat kalian menulis dengan bolpoin, jadi lebih mudah dan tentunya hasilnya dapat lebih rapi lagi. Untuk kapasitas penggunaannya sendiri yaitu diangka 45 amp @ 100% duty cycle. Dan untuk panjang kabelnya sendiri biasanya dibekali dengan kabel sepanjang 4 meter.

 

4. PHB-50 HAND/MANUAL TORCH

Lanjut untuk jenis obor las yang keempat yaitu PHB-50. Tipe obor las ini dibekali dengan sudut las sebesar 110┬║ dan memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan tipe obor las sebelumnya. Dan untuk kapasitas penggunaannya dapat mencapai 50 amp @ 60% Duty Cyle. Bedanya, kabel yang dibekali pada tipe obor las ini biasanya lebih pendek yaitu di panjang 3 meter. Untuk hasil lasan dari obor las ini juga dapat anda sesuaikan dengan posisi elektroda anda saat mengelas agar dapat mendapatkan hasil las yang lebih halus dan tidak terlalu rapat.

 

5. PMB-50 MACHINE PLASMA TORCH

Jenis obor las pada mesin las TIG yang kelima yaitu PMB-50. Tipe ini dibekali dengan sudut las yang lebih lebar yaitu 180┬║. Dan untuk kelebihan dan kekurangan dari tipe obor las ini kurang lebih sama dengan tipe obor las sebelumnya yaitu PHB-50. Diantaranya masalah berat yang lebih ringan dan kabel yang lebih pendek. Hasil las dari obor las ini juga dapat anda sesuaikan sendiri sesuai dengan teknik pengelasan yang kalian miliki sama seperti tipe sebelumnya, yaitu dapat digunakan untuk mendapatkan hasil las yang lebih halus dan tidak terlalu rapat.

 

6. PMB-50 CENTERLINE PLASMA TORCH

Masuk ke jenis obor las yang ke enam yaitu PMB-50 tipe centerline. Untuk tipe juga dibekali dengan sudut las yang lebar yaitu 180┬║. Bedanya hanya ada pada leher kepala obor lasnya saja yang lebih memiliki sudut sehingga lebih mudah untuk digenggam. Kelebihan dan kekurangan dari tipe obor las ini juga kurang lebih sama yang guys dengan 2 tipe sebelumnya. Yaitu dari segi berat yang lebih ringan dan kabel yang didapat biasanya hanya berukuran 3 meter saja. Dan hasil pengelasannya sendiri juga dapat kalian atur sesuai dengan teknik pengelasan yang biasa kalian sukai ataukah ingin mendapatkan hasil las yang lebih halus dan tidak terlalu rapat atau yang lebih rapat dan menonjol.

 

Oke guys.. Jadi ada 6 jenis obor las untuk mesin las TIG nih guys. Tapi bukan cuma sampai disini ya guys. Ada lagi hal yang akan kami bahas dan tentunya masih terkait dengan obor las ini sendiri.. Dan jika kalian ada pertanyaan seputar duty cycle yang kami sebutkan pada beberapa jenis obor las tersebut, kalian bisa melihat artikel kami terkait penjelasan tentang duty cycle dibawah ini :

>> ARTIKEL ARTI DUTY CYCLE PADA MESIN LAS <<

 

Jadi ada yang namanya sparepart atau bagian-bagian yang ada didalam kepala obor las mesin las TIG ini. Tentunya kita juga harus perlu tau ya guys, agar nantinya saat terjadi masalah dengan obor las kalian, kalian akan dapat mendeteksi kerusakan part obor las yang anda miliki.

 

PART JENIS KEPALA OBOR LAS TIG

 

Jenis-Part-Pada-Obor-Las-untuk-Mesin-Las-TIG

 

Dapat kalian lihat ya guys. Gambar diatas adalah gambar dari kepala obor las saat dibuka satu-persatu. Ada 6 bagian dari kepala obor las ini yang perlu kalian ketahui. Jadi nanti kalian bisa menanyakannya di toko sparepart mesin las jika memang kalian sedang membutuhkan salah satu dari keenam bagian kepala obor las ini.

 

Nama dari keenam part atau bagian tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Gas Cup
  2. Copper Nozzles
  3. Collet
  4. Centering Case
  5. Adjusting Screw
  6. Ceramic Insulating Sleeve

 

Udah pada jelas ya guys tentang jenis obor las untuk mesin las TIG ini. Semoga kalian semua dapat memahaminya dengan jelas. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat nih buat nambahin pengetahuan kalian tentang sparepart mesin las TIG.

 

Tentunya untuk mencapai jenjang yang lebih profesional dan sukses, kalian harus terus belajar dan belajar ya guys. Jangan malas untuk belajar dan tetap berkreasi dengan sebaik-baiknya guys.

 

Bagi kalian yang ingin mencari informasi-informasi menarik tentang kekuatan dan performa mesin las-mesin las yang telah kami uji kekuatannya. Kalian bisa lihat channel youtube kami yang sangat informatif, khususnya buat kalian yang ingin mengetahui dan membeli mesin las yang saat ini sedang kalian incar.

 

Kunjungi channel youtube kami pada link dibawah ini

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ya guys, agar kami bisa terus berkarya untuk membuat video-video edukatif lainnya yang tentunya bisa bermanfaat buat viewer semuanya. Akhir kata kami ucapkan terima kasih dan Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *