KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IGBT

By | June 28, 2019

Yo yo yo my brotheerrr.. balik lagi nih di blog tehniq.com yang paling lengkap dan isi kontennya juga sangat berbobot dan tentunya bermanfaat. Oke guys.. kali ini kami mau bahas tentang hal yang banyak dipertanyakan welder pemula di Indonesia yaitu kelebihan dan kekurangan IGBT.

 

Emm tapi kayanya ada juga sih welder yang udah pro tapi masih belum terlalu paham tentang IGBT. Ga tau dah.. pokoknya gw disini bukan untuk menjelekkan atau meragukan pengetahuan para welder Indonesia, tapi disini kami cuma mau sharing pengetahuan aja ya.

 

Jadi jangan salah sangka dan under estimate kami dulu ya. Hehehe.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IGBT

Oke balik lagi ke pembahasan kelebihan dan kekurangan IGBT ya guys. Tapi sebelum kami membahas kelebihan dan kekurangan IGBT, kami mau jelasin dulu sedikit tentang IGBT. Jadi IGBT itu apa?

 

IGBT atau dikenal dengan kepanjangan Insulated Gate Bipolar Transistor adalah merupakan sebuah teknologi baru yang muncul di dunia eletronik yang menggunakan komponen semikonduktor dengan tiga terminal utama yang banyak dipergunakan sebagai switch yang mengkombinasikan kecepatan switching efisiensi tinggi.

 

Kelebihan-dan-kekurangan-IGBT

 

IGBT ini dibuat dan dirancang ahli elektronik sebagai transistor yang dirancang dengan impedasi tinggi, sehingga tidak membebani rangkaian control terutama pada bagian driver.

 

Mungkin bahasan ini terlalu berat ya bagi kalian yang bukan orang elektro,, gw juga mulai berat nih guys.. haahaha.. Yaw dah kita skip aja ya pembahasan tentang IGBT ini. Kita masuk ke pembahasan yang lebih mudah aja yaitu pada pokok pembahasan kita Kelebihan dan Kekurangan IGBT.

 

KELEBIHAN IGBT

Oke guys langsung kita masuk ke pokok pembahasan kelebihan dan kekurangan IGBT ini ya guys. Yang pertama yang akan kami jelaskan adalah kelebihan IGBT telebih dahulu. Setelah itu kami baru akan menjelaskan kekurangannya ya guys.

 

Apa aja sih kelebihan IGBT itu? Berikut adalah kelebihan yang dimiliki teknologi IGBT ini :

  • Saat mesin las menyala tapi tidak aktif digunakan, tahanan listriknya menjadi besar dan dapat menahan arus listrik besar. Sehingga konsumsi listrik dari PLN juga kecil.
  • Saat mesin digunakan untuk mengelas, tahanan listriknya menjadi kecil sehingga dapat mengkonsumsi listrik besar ( On-Resistance Rendah ).
  • Kecepatan Switching yang relatif cepat
  • Ukuran lebih ringkas atau kecil.
  • Ampere yang dihasilkan lebih tinggi.

 

Mungkin bagi kalian yang awam masalah kelistrikan akan susah untuk menangkapnya ya guys. Tapi gw kasih bahasa gampangnya nih. Gampangnya itu teknologi IGBT ini ukurannya lebih kecil tetapi bisa mengkonvert daya listrik rendah menjadi lebih besar dari teknologi yang ada sebelumny, contohnya teknologi Mosfet dan Bipolar.

 

Jadi jika 2 part mosfet bisa mengkonvert listrik 100 ampere, dengan teknologi IGBT hanya butuh 1 part saja. Bisa dibayangkan ya guys.. 2 part bisa diganti hanya dengan 1 part. Makanya ukuran mesin las IGBT cenderung lebih kecil dibandingkan dengan mesin las jaman dulu.

 

KEKURANGAN IGBT

Oke bahasan selanjutnya. Jadi setelah kita tau kelebihan IGBT tentunya kita juga harus tau kekurangannya dong. Tujuannya agar kalian bisa jaga2 aja klo misal aplikasi yang kalian lakukan tidak cocok dengan karakter IGBT ini.

 

Kan sayang banget hanya karena penasaran pengen pake mesin las dengan teknologi IGBT, eh taunya ga sesuai dengan kemampuan dan aplikasi yang kalian butuhkan. Kalo bisa dijual lagi sih ga masalah, walaupun harga lebih rendah. Yang penting ga rugi-rugi amat. Tapi kalo ga laku gimana coba :O

 

Terus apa aja sih kekurangan dari IGBT ini? Berikut adalah beberapa kekurangan IGBT yang perlu kalian ketahui :

  • Harga lebih mahal
  • Teknologi IGBT membutuhkan aliran listrik terus menerus sebesar 2 Volt walaupun sedang tidak bekerja “pada saat mesin on”. Jadi teknologi IGBT tidak cocok untuk alat elektronik yang anda gunakan standby seperti .
  • Switching Speednya tidak terlalu cepat. Maksudnya saat settingan / setelan ampere digerakkan, ampere yang keluar memiliki jeda waktu dalam hitungan detik atau tidak langsung berubah.

 

Terus alat-alat apa aja sih yang biasa menggunakan teknologi IGBT ini dalam aplikasinya? Kalian udah pada tau belum? Tapi emang serius gw ngira awalnya teknologi ini cuma punyanya mesin las. Eh taunya setelah gw pelajari lebih dalam, ternyata ada mesin-mesin atau alat elektronik lain yang menggunakan teknologi IGBT ini didalam mesinnya.

 

MESIN DAN ALAT YANG MENGGUNAKAN IGBT

Jadi sebagai bonus tambahan dari kami tentang kelebihan dan kekurangan IGBT ini, kami juga akan menambahkan informasi tentang mesin dan alat yang menggunakan IGBT ini. Itung-itung sebagai tambahan ilmu dan informasi buat kalian guys. Hehehe

Jadi apa aja sih mesin-mesin atau alat-alat yang menggunakan teknologi IGBT ini sebagai transistormua. Berikut adalah beberapa alat-alat tersebut :

  • Mesin Las
  • Mesin Inverter – Secara keseluruhan banyak alat-alat elektronik dirumah yang menggunakan inverter seperti AC, Kulkas, dll.
  • Servo – Sebuah Motor DC yang dirancang dengan sistem kontrol umpan balik loop tertutup. Baca artikel selengkapnya tentang servo disini>>.
  • AC Drive – sebuah alat yang digunakan untuk pengaturan kecepatan motor listrik AC. Baca artikel selengkapnya tentang AC Drive disini>>.

 

Gimana guys?? sekarang udah pada tau ya tentang kelebihan dan kekurangan IGBT ini? Semoga kalian udah pada paham ya guys. Udah gw tambahin info juga tuh tentang alat-alat yang menggunakan IGBT.

 

Kayanya artikel ini udah lengkap ya. Yaw dah kalo gitu guys.. Gw pamit undur diri dulu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa untuk selalu support channel youtube kami dengan subscribe, like dan share video-video kami yang sangat edukatif dan bermanfaat ya.

 

Kalo kalian belum tau channel kami, silahkan mampir dulu guys dengan klik link dibawah ini :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Oke deh cukup sekian dari kami ya guys.. Salam..!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *