Thumbnail-pengertian-abrasif-abrasive-dan-kegunaannya

PENGERTIAN ABRASIF / ABRASIVE DAN KEGUNAANNYA

By: Yudha Yudha
03 Sep 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. kalian udah pada tau belum sih apa itu abrasif? atau bisa juga disebut dengan abrasive. Tergantung cara ngetik kalian mau bilang abrasif apa abrasive. Balik lagi ke topik pembahasan ya,, jadi kalo kalian belum tau apa itu abrasif atau abrasive, maka akan kami coba jelaskan pada artikel ini. Karena pada artikel ini kami akan coba untuk menjelaskan tentang pengertian abrasif / abrasive dan kegunaannya. Biar kalian bisa lebih mengenal peralatan perkakas kalian sendiri.

 

 

PENGERTIAN ABRASIF / ABRASIVE DAN KEGUNAANNYA

Jadi apa itu pengertian abrasif / abrasive dan kegunaannya? Abrasif adalah alat yang digunakan untuk mempermudah manusia untuk kebutuhan memotong dan menghaluskan permukaan benda. Abrasif ini sendiri bisa digunakan bersamaan dengan alat perkakas lain ataupun bisa langsung digunakan dengan tenaga tangan.

Terus apa aja contoh dari abrasif ini? Berikut adalah beberapa alat yang termasuk golongan abrasif :

  • Amplas
  • Piringan / Mata Potong
  • Batu / Mata Poles

 

Masing-masing jenis abrasif atau abrasive tersebut memiliki 2 jenis lagi, yaitu jenis yang dapat digunakan langsung dengan tangan dan ada juga jenis yang bisa dipasangkan dengan mesin perkakas. Contohnya gerinda, sander, cut off, dll.

 

Dan masing-masing jenis abrasif tadi memiliki fungsi yang berbeda ya guys. Apa aja fungsi atau kegunaannya?? berikut adalah penjelasannya :

 

AMPLAS

Amplas adalah salah satu jenis alat abrasif / abrasive yang digunakan untuk menghaluskan permukaan besi, tembok ataupun kayu yang semula kasar. Tetapi selain menghaluskan, amplas juga bisa mengikis permukaan baik sedikit ataupun banyak, tergantung dari tingkat kekasaran permukaan dari amplas itu sendiri.

Semakin kasar permukaan amplas, maka akan dapat mengikis permukaan tembok ataupun kayu. Tetapi jika permukaannya halus atau tidak terlalu kasar, maka hasilnya adalah untuk menghaluskan permukaan yang semula kasar.

 

pengertian-abrasif-abrasive-dan-kegunaannya

 

Kalo udah lihat gambar diatas tentunya kalian udah paham ya mana amplas yang kasar dan mana yang halus. Dan bisa kalian lihat juga ya guys, amplas yang berbentuk bulat tanpa ada ujungnya biasanya dapat digunakan bersamaan dengan mesin sander. Dan amplas yang lembaran bisa digunakan langsung dengan tangan.

Selain itu ada juga amplas bentuk kotak dan bulat yang juga bisa digunakan untuk mesin sander.

 

 

PIRINGAN / MATA POTONG

Jenis yang kedua yaitu piringan / mata potong. Untuk abrasif jenis ini khusus digunakan bersamaan dengan masin perkakas seperti gerinda dan Cut off. Dan kegunaan dari piringan / mata potong ini adalah untuk memotong kayu, besi maupun batu.

Tetapi masing-masing mata potong tersebut memiliki bentuk mata pisau yang berbeda-beda. Jadi untuk kayu beda, untuk besi beda dan untuk batu itu juga beda. Kita ga bisa pake mata potong kayu untuk memotong besi, karena yang ada akan membahayakan anda sendiri nantinya.

 

pengertian-dan-kegunaan-abrasif-mata-pisau-potong

 

Seperti yang bisa kalian lihat ya guys. Dibagian mata pisaunya atau sisi-sisinya memiliki bentuk yang berbeda. Selain itu material pembuat mata potong itu juga berbeda-beda.

 

 

BATU / MATA POLES

Jenis abrasif yang ketiga yaitu Batu atau bisa juga disebut dengan mata poles. Untuk jenis abrasif ini juga dirancang untuk digunakan bersama dengan alat perkakas ya guys.

Beberapa alat perkakas yang bisa digunakan bersama dengan batu atau mata poles ini yaitu gerinda baik disc grinder ataupun die grinder. Kemudian bisa juga digunakan bersama dengan gerinda duduk dan juga polisher. Dan kegunaannya sendiri bisa digunakan untuk memoles besi dan juga batu seperti batu berlian ataupun batu akik yang pernah jadi trend di Indonesia kemarin.

pengertian-dan-kegunaan-abrasif-mata-poles

 

pengertian-dan-kegunaan-abrasif-mata-poles-die-grinder

 

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas ya. Gambar tersebut adalah kumpulan jenis mata poles jenis abrasif. Untuk gambar pertama adalah mata poles untuk digunakan bersamaan dengan gerinda dan mesin poles. Sedangkan gambar kedua adalah mata poles yang dapat digunakan bersamaan dengan die grinder.

 

Poles disini yaitu untuk menghaluskan permukaan, sama dengan amplas. Tetapi bedanya poles disini lebih luas fungsinya. Bisa untuk mengkilapkan permukaan dan bisa untuk mengikis permukaan yang tidak rata menjadi lebih rata. Sedangkan amplas fungsinya hanya menghaluskan saja.

 

PENUTUP

Okee.. gimana guys? udah jelas ya tentunya apa itu abrasif, jenisnya apa aja dan kegunaan masing-masing jenisnya. Semoga artikel tentang pengertian abrasif / abrasive dan kegunaannya ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys.

Dan bagi kalian yang suka nonton youtube, kami mau rekomendasi channel youtube edukasi kita nih guys. Buat kalian yang sedang cari informasi terkait alat-alat teknik itu itu alat perkakas dan mesin-mesin. Kami yakin video kami akan sangat bermanfaat buat kalian, karena kami adalah youtube pertama yang membuat video compare produk alat-alat teknik.

 

Langsung cekidot aja ya linknya dibawah ini :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ya guys, agar temen-temen kalian juga kebagian informasi dari kami. Dan tentunya video-video kami bermaksud untuk saling berbagi informasi pada kalian semua dan juga menambah wawasan sobat tehniq setanah air.

Yaw dah kalo gitu.. cukup sekian ya guys.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *