PERBEDAAN KUALITAS MATA GERINDA

By | August 30, 2019

Halo sobat tehniq yang pada baik.. Kalian suka pilih-pilih mata gerinda ga saat membeli mata gerinda tersebut? Kalian tau ga sih perbedaan kualitas mata gerinda yang kamu pilih-pilih itu? Kalo kalian belum tau, ayok mari sama-sama bahas bareng tehniq.com di artikel kami kali ini.

 

 

PERBEDAAN KUALITAS MATA GERINDA

Jadi semua produk yang dibuat manusia tentunya memiliki perbedaan ya guys. Baik dari segi kualitas, harga, dan juga ketahanannya terhadap aplikasi yang dihadapi.

Kalo kita berbicara tentang harga, tentunya sangat mudah ya membedakan mata gerinda tersebut. Mana mata gerinda dengan harga yang murah dan yang mahal.

 

Tapi kalo kita berbicara tentang kualitas, naahh ini yang agak sulit. Jadi kalo kita berbicara tentang kualitas, ya harusnya kita melakukan uji coba atau percobaan pada masing-masing mata gerinda yang kita miliki. Dan percobaan yang kalian lakukan harus adil. Jika satu mata gerinda dilakukan percobaan A, maka untuk mata gerinda B, C, D dan seterusnya harus juga dilakukan percobaan A.

Jadi harus melakukan percobaan yang adil ya untuk melihat kualitas dari masing-masing mata gerinda tersebut.

 

Balik lagi ke pembahasan. Terus apa aja sih perbedaan kualitas mata gerinda itu? Jawabannya ada 2 ya guys. Karena setelah kami melakukan percobaan untuk mengetahui perbedaan kualitas mata gerinda yang telah kami coba. Dapat kami simpulkan bahwa ada 2 perbedaan mencolok dari semua mata gerinda yang kami coba, yaitu diantaranya :

  1. Kekerasan Mata Gerinda
  2. Ketajaman Mata Gerinda

 

2 hal ini yang bisa kalian ukur untuk mengetahui perbedaan kualitas mata gerinda milik kalian. Dan 2 hal tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok dari sisi yang berbeda, maksudnya bertolak belakang.

Maksudnya adalah Mata gerinda yang keras biasanya lebih tumpul. Dan Mata gerinda yang tajam biasanya lebih empuk, jadi lebih cepat habis. Hal tersebut akan kami buktikan dari percobaan yang telah kami lakukan dibawah ini.

 

 

PERBEDAAN KUALITAS MATA GERINDA DARI SISI KEKERASAN

Jadi setelah kami melakukan beberapa percobaan, dapat kami simpulan bahwa tingkat kekerasan dari mata gerinda biasanya mempengaruhi dari tingkat ketajaman yang tidak terlalu maksimal. Dan bagaimana cara kita mengetahui mata gerinda yang keras tanpa perlu melakukan percobaan dengan extreme seperti yang kami lakukan?

 

Nah disini kami akan kasih tau jawabannya nih guys. Perhatikan gambar dibawah ini ya. Gambar ini adalah percobaan yang telah kami lakukan pada mata gerinda yang memiliki sifat lebih keras.

Perbedaan-Kualitas-Mata-Gerinda-dari-sisi-Kekerasan

 

Pada Percobaan tersebut kami mencoba untuk melakukan pemotongan besi ulir ukuran 13 mm pada daya listrik 500 – 600 watt. Jadi patokan untuk percobaan ini kami patok di 500 – 600 watt ya guys, biar adil.

Ada beberapa hal yang dapat disimpulkan dari percobaan pada mata gerinda yang keras ini. Berikut adalah kesimpulannya.

  • Hasil potongan lebih lama ketimbang mata gerinda yang tajam. Perbedaannya hampir 6 – 7 detik.
  • Percikan api lebih sedikit. Mungkin karena mata gerinda ini lebih keras, jadi lebih memercikan api yang sedikit.
  • Karena keras, mata gerinda lebih awet atau tidak gampang habis. Pada percobaan ini kami melakukan pemotongan sebanyak 10x dan kami dapatkan mata gerinda ini ukurannya berkurang 3.5 mm.

Jadi kesimpulannya mata gerinda yang keras itu lebih tumpul karena sesuai dengan yang kami coba, hasil pemotongan lebih lambat 6 – 7 detik. Untuk melihatnya dengan mudah, kalian bisa melihat dari percikan apinya dan waktu potongnya ya guys.

Kalian ga perlu melakukan percobaan extreme seperti kami ya,, cukup liat dari 2 tersebut, ( percikan api dan waktu potongnya ).

 

 

PERBEDAAN KUALITAS MATA GERINDA DARI SISI KETAJAMAN

Selanjutnya jika kita bicara dari sisi ketajaman. Kami pun dapat menyimpulkan bahwa mata gerinda yang lebih tajam memiliki tingkat kekerasan yang lebih lembek dari mata gerinda yang keras tadi. Jadi tadi kalo mata gerinda yang keras itu lebih tumpul tapi lebih awet, nah ini kebalikannya. Kalo tajam itu lebih empuk dan lebih cepat habis.

Tapi ga cepet-cepet habis banget ya guys. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kami sampaikan dari hasil percobaan yang kami lakukan jika kita lihat perbedaan kualitas mata gerinda ini dari sisi ketajamannya.

Perbedaan-Kualitas-Mata-Gerinda-dari-sisi-Ketajaman

 

Berikut adalah kesimpulan yang bisa kami jabarkan dari percobaan diatas :

  • Hasil potongan lebih cepat karena mata pisau gerinda lebih tajam. Standard pemotongan tercepat yang kami lakukan dengan mata gerinda ini adalah 9 – 10 detik untuk memotong besi ulir 13 mm. Jadi tadi mata gerinda yang keras kan lebih lama 6 – 7 detik.. berarti kalo pake mata gerinda yang keras itu lama pemotongannya bisa 12 – 15 detik.
  • Percikan api lebih banyak, yang bisa kalian lihat dan bandingkan dari gambar yang kami tampilkan diatas.
  • Karena lebih tajam, jadi mata gerinda lebih cepat habis. Pada percobaan ini kami telah melakukan pemotongan sebanyak 10x pada besi ulir 13 mm, dan kami dapatkan mata gerinda ini ukurannya mengecil sekitar 4 mm.

 

Nah dari hasil tersebut dapat kita simpulkan bahwa mata gerinda yang tajam itu lebih cepat habis karena lebih empuk. Dan secara kasat mata kalian bisa membedakan mata gerinda yang tajam yaitu dari percikan api yang dikeluarkan. Percikan api yang dikeluarkan itu lebih banyak ketimbang mata gerinda yang tumpul.

Jadi gampang ya guys.. Kalo yang tajam itu bisa kalian lihat dari percikan api yang lebih banyak dan waktu pemotongan sekitar 9 – 10 detik.

 

 

KUALITAS MATA GERINDA YANG JELEK

Terus kalo ingin melihat perbedaan kualitas mata gerinda yang jelek gimana?? ya gampang aja guys. Kalo yang jelek itu berarti lebih empuk sehingga lebih boros. Kami telah melakukan percobaan dengan mata gerinda abal-abal dan alhasil pada pemotongan besi ulir 13 mm yang sudah kami lakukan. Mata gerinda yang berkualitas jelek itu dapat memotong besi tersebut dalam waktu yang sama dengan mata gerinda yang keras tadi. Yaitu disekitaran 12 – 15 detik.

 

Dan untuk percikan apinya itu juga banyak seperti mata gerinda yang tajam. Tapi juga lebih boros, karena ukuran diameter mata gerinda tersebut berkurang 9.58 mm guys. Wow.. boros banget ya.

Padahal saingannya tadi cuma berkurang 4 mm. Nah yang jelek bisa berkurang 10 mm.

 

Okee guyss.. jadi sekarang kalian udah bisa bedain ya perbedaan kualitas mata gerinda ini. Jadi intinya bisa kalian lihat 3 sisi Durasi pemotongan, percikan api dan konsumsi diameternya ya. Jangan melihat dari satu sisi aja ya guys. Harus lihat dari 3 sisi.

Toh harga dari mata gerinda ini cuma beda 500 – 1000 rupiah doang. Jadi ga mahal-mahal banget, tapi perbedaan mencolok banget.

 

Dan kalo kalian penasaran pengen nonton video percobaan kami, kalian bisa mengunjungi channel youtube kami ya guys. Langsung aja klik linknya dibawah ini :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ya guys untuk support kami, agar kami bisa terus memberikan video-video bermanfaat buat kalian.

Yaw dah kalo gitu,,, salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *