MITOS SEPUTAR MESIN DENGAN BATERAI CORDLESS

By | June 9, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya.. Saat ini banyak banget ya orang-orang yang berspekulasi tentang mesin yang menggunakan baterai atau biasa disebut dengan cordless. Baik itu  mesin bor, gerinda, impact wrench, dan lain-lain. Tapi yang namanya spekulasi belum tentu benar ya,, nah maka dari itu kami akan menyampaikan kepada kalian semua tentang fakta dan mitos seputar mesin dengan baterai cordless yang belum tentu benar dan terbukti.

 

Dan sebelum kami menjelaskan tentang mitos seputar mesin dengan baterai cordless yang belum tentu benar. Kami akan mengajak kalian berdoa bersama terlebih dahulu.. Hehehe.. sekalian ngingetin kalian semua, agar ga lupa untuk berdoa agar pandemi Corona ini segera berakhir. Amiinn..

 

Kalo virus udah ilang, gw pengen ketemu emak bapak.. T_T .. sedih banget dah

 

Oke kalo gitu.. Jadi balik lagi ya ke pembahasan kita tadi.. Intinya banyak orang-orang yang sebenarnya belum tau betul tentang mesin dengan baterai ini, tetapi sudah bisa menyimpulkan. Nah sebenernya ga baik ya kaya gitu.. seharusnya kita tau dulu tentang fakta, baru kita bisa menyimpulkan sesuatu.

 

Karena jika kita melihat balik ke awal pembuatan mesin cordless, tentunya para orang-orang jenius sedang berkumpul membicarakan sebuah evolusi. Dan mereka pasti memikirkan sebuah alat baru yang dapat menggantikan alat lamanya.

 

Dan tentunya lebih efisien dan flexible. Selain itu mereka juga pasti sudah berdiskusi dan membicarakan tentang teknologi. Intinya alat ini ( mesin cordless ) sudah dibuat dengan sempurna dan dipikirkan secara matang produksinya agar dapat menyamai performa alat sebelumnya yang menggunakan listrik.

 

Walaupun memiliki kelebihan dan juga kekurangan, tetapi fakta bahwa performa dari mesin dengan cordless itu sama dengan mesin dengan listrik. Itu tadi contoh kecil bahwa mitos seputar mesin dengan baterai cordless itu tidak benar.

 

Dan berikut ini adalah beberapa poin tentang mitos-mitos tersebut yang tentunya sudah kami rangkum untuk melengkapi artikel ini.

 

 

MITOS SEPUTAR MESIN DENGAN BATERAI CORDLESS

Oke jadi apa aja nih mitos seputar mesin dengan baterai cordless yang belum tentu kebenarannya? Berikut ini adalah beberapa mitos yang perlu kalian ketahui ya tentang cordless ini.

 

1. MESIN CORDLESS TIDAK SEKUAT MESIN DENGAN LISTRIK

Mitos yang pertama yaitu power dari mesin cordless ya guys. Jadi seperti yang sudah kami sebutkan diatas,, banyak banget orang yang berspekulasi bahwa power dari mesin cordless ini tidak lebih bertenaga dari mesin yang menggunakan listrik PLN.

 

Tapi tersebut mitos tersebut tidaklah benar. Fakta bahwa nilai torsi dari setiap mesin cordless disamakan dengan mesin dengan listrik biasa. Bahkan ada mesin cordless yang torsinya melebihi mesin dengan listrik. Biasanya mesin cordless dengan nilai torsi yang besar menggunakan voltase yang lebih besar pula.

 

Biasanya diangka 21 volt lebih. Itu keliatan banget kalo mesin cordless tersebut memiliki torsi yang tinggi. Tapi jangan cuma liat baterainya juga ya.. Kalian juga harus tetep pastikan di spesifikasi yang tertera untuk bagian nilai torsinya.

 

 

2. BATERAI MESIN CORDLESS BOROS

Mitos yang kedua yaitu baterai mesin cordless ini boros, jadi cuma bisa dipakai sebentar aja. Hmmm mitos tersebut juga belum tentu benar guys. Fakta bahwa pembuatan baterai untuk mesin cordless telah disempurnakan dari nikel hibrida menjadi lithium-ion yang kita kenal sekarang.

 

Dan keunggulan dari lithium-ion ini yaitu lebih ringan dan dapat menyimpan lebih banyak energi listrik. Sehingga penggunaannya sendiri bisa lebih lama dengan baterai jaman dulu.

 

Tapi bukan berarti semua baterai mesin cordless itu kualitasnya bagus ya guys. Jadi untuk melihat kualitas dari baterai mesin cordless, kalian bisa melihat dari sisi :

  • Merk
  • Harga
  • Kekuatan mesin saat baterai tinggal sedikit

 

Intinya untuk melihat kualitas dari baterai mesin cordless tersebut bagus dan tidaknya adalah dari 3 sisi diatas ya. Yang pertama merk, yang kedua harga dan yang ketiga harus dengan percobaan. Untuk merk sendiri tentunya merk yang sudah terkenal tidak akan mau mengurangi spesifikasi mesin yang dibuatnya.

 

Karena hal tersebut akan mengakibatkan lost customer. Yang kedua dari sisi harga.. Misal merk kurang kalian kenal tapi harga tinggi biasanya baterainya bagus. ( biasanya tapi ya ) hehe.. yang jelas walaupun harga lebih murah tapi merk terkenal, bisa jadi baterai cordlessnya bagus.

 

Tapi kalo merk kurang terkenal, ada baiknya kalian melihat dari sisi harga yang lebih tinggi. Karena biasanya merk baru yang profesional pasti mengedepankan kualitas. Dan sudah pasti saat kualitas itu tinggi, harga juga mengikuti kualitasnya.

 

Dan yang terakhir yaitu dari sisi output baterai. Kalo saat baterai full, biasanya performa mesin itu normal. Tapi saat baterai sudah mendekati habis, maka baterai lebih lemah dalam mengeluarkan powernya. Dan hal tersebut tidak berlaku bagi baterai yang bagus.

 

Mesin cordless yang memiliki baterai yang bagus pastinya selalu dapat menjaga performa mesinnya baik dalam keadaan baterai terisi penuh maupun baterai tinggal sedikit.

 

 

3. NGECAS BATERAINYA LAMA

Mitos seputar mesin dengan baterai cordless yang ketiga yaitu ngecas baterainya lama. Hmmm.. sebenarnya mitos dari pengecasan baterai cordless ini juga tidak sepenuhnya benar ya guys. Karena faktanya waktu normal untuk melakukan pengecasan pada mesin cordless itu sekitar 2 jam.

 

Dan bahkan ada sebagian merk yang menggunakan teknologi fast charging. Sehingga waktu pengecasannya pun bisa lebih cepat dari 2 jam. Tentunya waktu tersebut sama seperti kalian mengecas HP kalian ya guys. Jadi kalo dibilang lama ngecasnya juga tidak benar ya guys. Terlebih biasanya mesin cordless menyediakan 2 baterai saat kalian membelinya.

 

Dua-Baterai-Lebih-flexible

 

Jadi yang satu bisa kalian pakai, yang satu bisa kalian cas. Terus seperti itu secara bergantian jika memang penggunaan kalian itu untuk aplikasi yang cukup memakan waktu. Intinya proses pengecasan ini tidaklah lama, dan malah lebih efisien waktu karena memiliki 2 baterai.

 

Beda dengan HP kalian yang saat habis ya mau ga mau kalian harus cari colokan. Dan kegiatan kalian dengan handphone kalian harus dekat dengan colokan listrik / power bank. Sedangkan mesin cordless baterainya bisa kalian tinggal di dekat colokan listrik dengan posisi charging.

 

Dan mesin tetap kalian bisa gunakan tanpa perlu memikirkan pengecasan, karena kalian bisa menggunakan baterai cadangan.

 

 

4. DAPAT DICAS MENGGUNAKAN CHARGER APAPUN

Mitos yang terakhir yaitu mesin dengan baterai atau cordless ini dapat dicas dengan charger merk apapun. Kalo kalian salah satu dari orang yang mempercayai mitos ini, berarti anda salah. Faktanya, setiap perusahaan biasanya memproduksi barangnya pada satu pabrik.

 

Jadi belum pernah kami temukan satu perusahaan yang memproduksi barangnya sistem join dengan perusahaan lain. Karena hal tersebut bisa membongkar rahasia-rahasia barang dan juga produksi dari perusahaan tersebut. Dalam perusahaan khususnya manufaktur biasanya sangat merahasiakan proses produksinya.

 

Selain menjaga paten barangnya, mereka juga menjaga rahasia dari proses produksinya. Jadi kemungkinan sangat kecil jika kalian menemukan satu merk bisa mengecas cordless merk lain.

 

Lain halnya jika satu merk tapi beda tipe ya. Ada sebagian merk yang memberikan fitur dan kemudahan untuk para konsumennya dengan memproduksi cordless yang suitable dengan tipe lainnya. Tapi dalam hal pengecasan ya dan tentunya dengan nilai voltase yang sama.

 

 

KESIMPULAN

Nah itu tadi ya beberapa mitos seputar mesin dengan baterai cordless yang tidak boleh kalian percayain begitu saja, karena faktanya berkata lain. Jadi pastikan kalian tidak perlu takut untuk membeli mesin dengan baterai atau cordless ini.

 

Karena memang teknologi cordless diciptakan untuk mempermudah pekerjaan kita. Yaw dah klo gitu.. itu tadi sekelumit kesimpulan yang bisa kita tarik dari artikel ini. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian dan dapat membuka hati dan pikiran kalian terhadap cordless. Hehehe

 

Yaw dah kami pamit dulu klo gitu.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *