CARA MENGELAS PLAT TIPIS

By | October 23, 2019

Halo halo my brother sobat tehniq setanah air Indonesia raya. Kalian pasti saat ini sedang mencari tau informasi ya tentang cara mengelas plat tipis?? Hayoo ngaku.. Tenang-tenang,, pertanyaan kalian bakalan gw jawab dan jelaskan secara singkat, padat dan jelas. Jadi berikut ini akan kami coba jelaskan beberapa tutorial cara mengelas plat tipis untuk kalian semua.

 

Karena mengelas plat tipis itu ada beberapa cara, jadi memang harus kami jelaskan masing-masing cara tersebut buat kalian semua. Maksudnya adalah agar kalian dapat bebas memilih, mana metode yang paling cocok dan mudah buat kalian.

 

Masing-masing metode nantinya akan coba kami jelaskan satu persatu secara singkat dan jelas. Jadi semoga kalian bisa paham dan mengerti apa yang akan kami coba sampaikan nantinya. Oke langsung aja ya kita masuk pada penjelasan tentang cara mengelas plat tipis ini.

 

 

CARA MENGELAS PLAT TIPIS

Sebagai orang yang berprofesi sebagai welder tentunya kalian harus bisa mengelas dengan berbagai permintaan para customer kalian. Tentunya permintaan para customer itu beraneka ragam ya guys. Dan salah satunya itu kalian disuruh ngelas plat tipis.

 

Nah plat tipis ini adalah salah satu material yang tidak mudah dilas oleh seorang welder, khususnya welder pemula. Alasannya adalah plat tipis mudah berlubang pada saat dilas, sehingga bukannya tersambung. Yang ada malah bolong-bolong tuh plat dan alhasil pekerjaan kalian gagal.

 

Ada 3 cara yang dapat kalian lakukan untuk mengelas plat tipis ini sobat tehniq. Dan masing-masing cara tersebut penjelasannya ada pada poin-poin dibawah ini :

 

LAS TOTOL-TOTOL

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menyambung plat tipis yaitu dengan melakukan pengelasan totol-totol. Metode pengelasan totol-totol ini sangat banyak digunakan oleh para welder khususnya untuk pengelasan besi hollow.

 

Cara-Mengelas-Plat-Tipis-Las-Totol

 

Karena ukuran besi hollow yang tipis, jadi para welder mengakalinya dengan melakukan pengelasan dengan metode totol-totol. Selain untuk menghindari berlubangnya plat karena meleleh kepanasan, las totol-totol juga memiliki manfaat yang lainnya lho. Berikut adalah manfaat lain dari pengelasan totol-totol :

  • Menghindari MCB jepret saat kelebihan daya listrik.
  • Menghemat listrik
  • Irit kawat las
  • Mesin Las tidak cepat panas

 

Nah itu tadi kelebihan las totol-totol guys. Jadi bagi kalian yang mau menyambung plat tipis tanpa mengelas full, kami sarankan kalian las dengan metode las totol-totol ini. Caranya hanya dengan mengelas dengan satu titik selama kurang lebih 1-2 detik saja. Untuk metode las totol ini bisa kalian gunakan pada mesin las MMA, MIG dan juga TIG.

 

Dan jarak pengelasan satu dengan yang lain harus ada jarak sekitar 10 detik untuk menghindari besi yang terlalu panas sehingga bisa meleleh dan berlubang dan juga menstabilkan MCB agar tidak jepret saat kelebihan daya listrik.

 

 

PENGELASAN TIG

Kalo tadi kita sudah mempelajari tentang lasan totol-totol, pertanyaannya. Gimana kalo harus lasan panjang, bukan totol-totol? Untuk pertanyaan ini kami juga akan jawab yaitu dengan metode pengelasan TIG dan MIG. Tapi untuk penjelasan yang pertama akan kami mulai pada pengelasan TIG terlebih dahulu.

 

Nah untuk metode pengelasan sebagai cara mengelas plat tipis yaitu dengan metode pengelasan TIG ya guys. Dengan metode ini, kalian bisa mengelas panjang atau tidak totol-totol. Karena memang pengelasan TIG sangat cocok digunakan untuk material-material yang tipis.

 

Persiapan yang kalian butuhkan yaitu :

  • Kawat las tungsten dengan ketebalan 1.6 mm.
  • Clamp
  • Alas besi / alumunium

 

Cara-Mengelas-Plat-Tipis-Menggunakan-Mesin-Las-TIG

 

Untuk settingan mesin tidak kami jelaskan karena setiap mesin las memiliki settingan yang berbeda-beda. Jadi kalian sesuaikan saja untuk ampere yang rendah. Jangan terlalu tinggi karena hanya akan merusak plat kalian.

 

Teknik pengelasannya sendiri sama aja kaya mesin las TIG pada umumnya. Hanya saja Alas dan Clamp ini memiliki peran yang sangat penting. Alas besi atau alumunium untuk menyerap panas agar plat dapat cepat dingin sehingga tidak berlubang. Dan juga alas ini dibutuhkan untuk menempatkan clamp tadi pada tempat yang kalian inginkan. Dan juga untuk menahan agar plat tidak bengkok karena panas dari lasan.

 

 

PENGELASAN MIG

Oke sekarang kita masuk pada metode atau cara mengelas plat tipis yang terakhir. Untuk mengelas plat tipis dengan cara yang ketiga yaitu dengan menggunakan pengelasan MIG. Untuk teknik pengelasan pada mesin las MIG yaitu dengan cara Pengelasan panjang tapi totol-totol.

 

Maksudnya totol-totol tapi tidak berjarak jauh antara totol satu dengan yang lain. Tapi di totol dengan jarak sekitar 3 – 5 mm dengan lasan totol sebelumnya. Jadi jarak lasan totol kalian tetap menempel dengan lasan totol sebelumnya dan terus memanjang hingga kebutuhan pengelasan kalian.

 

Jika kalian bingung dengan maksud kami, kalian bisa melihat hasil lasan MIG dengan metode pengelasan totol-totol berdekatan.

 

Cara-Mengelas-Plat-Tipis-Las-Totol-Jarak-Dekat

 

Bisa kalian lihat ya jarak totol satu dengan yang lain berdekatan. Jadi pengelasan tersebut masih berkesan seperti pengelasan panjang yang tidak berlubang. Untuk jarak masing-masing totol tersebut jika ingin lebih kalian dekatkan juga bisa guys. Biar hasilnya lebih kuat dan lebih meyakinkan kalian.

 

Jadi itu tadi ya metode pengelasan MIG yang perlu kalian pelajari untuk mengelas plat tipis. Dan inget guys.. Ini yang paling penting. Untuk ukuran kawat las gulung ( wire ) yang harus kalian gunakan adalah wire ukuran 0.5 atau 0.6 dan nilai ampere jangan kalian setting terlalu tinggi. Dan jangan mengelas Zig Zag untuk mengelas plat tipis karena hanya akan menghancurkannya.

 

PENUTUP

Sesuaikan lah semua settingan mesin las kalian baik MMA, TIG dan MIG untuk mengelas plat tipis ini. Tentunya kalian tidak akan langsung berhasil. Tapi paling tidak ikutilah petunjuk cara mengelas plat tipis dari kami ini hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan gambar yang kami tampilkan diatas.

 

Dan artikel ini kami buat untuk plat besi tipis ya guys, bukan plat stainless steel. Karena untuk stainless steel kami rasa butuh penjelasan yang berbeda lagi. Untuk itu perlu kami pisahkan untuk atikel cara mengelas plat besi tipis dengan plat stainless tipis.

 

Oke kalo gitu ya.. Cukup sekian artikel dari kami ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

2 thoughts on “CARA MENGELAS PLAT TIPIS

  1. Ashar zuhri

    Terima kasih telah memberikan artikel yang bermanfaat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *