MERAWAT KOMPRESOR OIL LESS SENDIRI DIRUMAH

By | July 5, 2019

Halo halo guys..!! jadi setelah kami banyak bahas tentang mesin las pada minggu lalu, maka kali ini kami mau ganti topik nih.. Topik kami kali ini adalah seputar kompresor angin tepatnya kompresor oil less. Nah pada artikel ini kami mau bahas tentang cara merawat kompresor oil less sendiri dirumah, agar kalian dapat merawat dan memaintenance kompresor oil less kalian sendiri dirumah.

 

Tentunya kalian semua tau ya guys,, akhir-akhir ini banyak sekali pengenalan terhadap masyarakat untuk kompresor angin oil less ini. Yaitu kompresor yang banyak dikenal masyarakat luas adalah kompresor yang tidak bising atau silent dan tanpa oli. Jadi dapat menghasilkan udara atau angin yang lebih bersih, tetapi tetap dapat melakukan pengisian angin dengan cepat.

 

Walaupun piston bergerak naik dan turun tanpa adanya oli, tetapi dapat lebih cepat mengisi angin pada tanki anginnya. Kok bisa ya?? Nah ini lah kehebatan kompresor angin model baru ini. Sebenarnya kompresor oil less ini merupakan sebuah trobosan baru yang perlu kita pelajari bersama guys.

 

Jadi agar kita dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Dan tentunya perkembangan teknologi ini pasti mengarahkan kita pada kemudahan ya guys. Untuk mempelajari hal tersebut, salah satunya adalah dengan mempelajari cara merawat kompresor oil less sendiri dirumah kalian masing-masing.

 

MERAWAT KOMPRESOR OIL LESS SENDIRI DIRUMAH

Oke jadi tadi itu baru pengenalan dan pembukaan artikel ya guys.. Nah kali ini kita akan masuk pada pembahasan utama artikel ini yaitu gimana sih cara merawat kompresor oil less sendiri dirumah. Sebenarnya inti dari perawatan kompresor oil less itu ada pada penggantian teflon atau ring piston kompresor oil less tersebut.

 

Intinya itu doang guys.. ga ribet, simple dan bisa kalian ganti sendiri dirumah

 

Tapi ada masalahnya lagi nih.. Masalahnya kapan kita harus mengganti teflon atau ring piston kompresor oil less ini. Nah disini lah hal yang perlu kita pelajari bersama guys.

 

Tips yang pertama untuk merawat kompresor oil less sendiri dirumah adalah bertanya pada penjualnya. Berapakah lifetime dari kompresor oil less yang ingin kalian beli tersebut. Misalkan penjual kompresor tersebut tidak tau, maka kami akan coba beri kisi-kisi sedikit nih guys.

 

MENGHITUNG LIFETIME KOMPRESOR

Umumnya lifetime dari kompresor oil less itu 500 jam.. Kami disini ngomong umumnya ya guys,, bukan semuanya. Saat ini kebanyakan kompresor oil less itu 3/4 – 1 HP dengan kapasitas tanki 24 Liter. Nah umumnya kompresor oil less dengan spesifikasi ini itu memiliki lifetime sebesar 500 jam.

 

Yang artinya sebelum 500 jam masa pakai kompresor, anda harus mengganti teflon atau ring piston mesin kompresor anda. Sama kaya ganti oli gitu guys.. kalian kan pasti suka rutin ganti oli kompresor atau kendaraan kalian kan biar tetep awet mesinnya.

 

Nah hal ini juga berlaku pada piston kompresor oil less ini guys. Cuma sayangnya sampai saat ini belum ada teknologi buat ngukur durasi pemakaian dari kompresor ini guys.. Jadi sampai saat ini kita cm bisa membulatkan saja untuk jadwal penggantian teflonnya.

 

Jadi gini.. misal jam kerja bengkel kalian itu 10 jam perhari.. berarti 45 hari kerja kalian harus sudah mempersiapkan untuk membeli teflon atau ring piston yang baru, agar langsung dapat cepat diganti. Hitungan kalkulatornya ya 45 hari x 10 jam perhari = 450 jam.

 

Sedangkan tadi sudah kami sampaikan, masa ganti teflon yang umum pada kompresor oil less ukuran kecil itu 500 jam.

 

MENGGANTI TEFLON ATAU RING PISTON KOMPRESOR

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas yaitu mengenai penggantian teflon atau ring piston ini. Maka hal selanjutnya yang perlu kita tau adalah harga dari teflon atau ring piston ini sendiri.

 

Berapa sih harga dari teflon atau ring piston ini?

 

Harganya cukup murah guys, ga kaya oli pada umumnya. Harga dari teflon atau ring piston ini sekitar Rp. 10.000 – 12.000 saja. Jadi anda tidak perlu merogoh kocek agak dalam untuk membeli teflon ini guys.

 

Jadi memang sebenarnya teknologi baru dari kompresor ini adalah teknologi untuk mengurangi pengeluaran dari user kompresor ini sendiri. Untuk itu kita memang seharusnya sudah mulai berpindah ke teknologi yang lebih ramah lingkungan dan tentunya irit biaya.. Hehehe

 

Merawat-Kompresor-Oil-Less-Sendiri-Dirumah

 

Untuk mengganti teflon ini pun cukup mudah ya guys.. Anda tinggal membuka bagian mesinnya, kemudian keluarkan pistonnya secara perlahan. Kemudian lepaskan teflon atau ring piston yang lama agar yang baru bisa di replace.

 

Cara memasukkan teflon yang baru melingkari piston juga perlu hati-hati ya guys. Jangan langsung dimasukkan bebarengan. Tapi hari perlahan sisi demi sisi agar teflon dapat terpasang dengan presisi, sehingga nantinya tidak akan mengganggu pergerakan piston saat mesin bekerja.

 

Jadi demikian ya guys.. kedepannya akan kami coba untuk membuatkan tutorial mengganti teflon pada kompresor oil less ya. Doain aja guys,, karena saat ini kami mau fokus melakukan percobaan pada kompresor angin.

 

Tungguin aja videonya di channel youtube kami disini guys :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa untuk subscribe, like dan share video-video edukatif kami ya guys biar kami bisa lebih semangat membuat video-video bermanfaat dan bermutu kedepannya.

 

Okelah kalo begitu,, cukup sekian ya guys artikel kami ini, semoga bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *