MENGENAL HASIL LAS YANG BENAR DAN SALAH

By | June 25, 2019

Halo welder-welder Indonesia, balik lagi nih di blog tehniq.com. Oke guys.. kali ini gw mau bagi-bagi info seputar mengenal hasil las yang benar dan salah. Jadi jangan melihat bagusnya atau lurusnya hasil las kalian guys.. Ternyata hasil las yang baik atau yang benar bukanlah dari segi kerapian, bentuk dan lurusnya hasil lasan tersebut guys.

 

Tentunya sebagai welder baik pemula maupun sudah pengalaman,, semuanya harus tau dan mengenal hasil las yang benar dan salah. Hal ini dimaksudkan agar produk atau barang yang kalian sambung dengan las tersebut dapat tersambung sempurna dan kuat sambungannya.

 

Jika hasil las kalian tersambung sempurna dan kuat menempel, tentunya produk atau barang yang kalian las tidak akan mudah patah ataupun rusak. Dengan begitu para customer kalian pasti puas dengan hasil las yang telah kalian buat.

 

Seperti yang kita ketahui bersama ya guys.. sekarang udah banyak banget pengguna mesin las khususnya mesin las MMA yang menggunakan kawat las dalam pengelasannya. Jadi darisitu tentunya kita harus belajar untuk mengelas dengan baik dan benar sehingga dapat mendapatkan hasil las yang baik. Hal ini tentunya akan menjadi nilai plus untuk kalian saat kalian mempresentasikan skill kalian pada customer ya guys. Tidak lain agar nantinya customer percaya dengan kemampuan kalian dan sepakat untuk menggunakan jasa kalian.

 

MENGENAL HASIL LAS YANG BENAR DAN SALAH

Dari penjelasan yang sudah kami paparkan diatas, tentunya kita semua perlu tau dong hasil las yang benar dan yang salah. Untuk itu kami akan coba menjelaskan pada kalian nih guys. Agar nantinya informasi yang akan kami sampaikan ini dapat menjadi bekal anda menuju keprofesionalan kalian.

 

Kami akan memulai penjelasan kami dari contoh-contoh hasil las yang salah ya guys. Agar nantinya kalian dapat mempelajarinya dan menghindarinya saat melakukan pengelasan.

 

Berikut adalah beberapa contoh dari hasil pengelasan yang salah :

1. HASIL LAS YANG MENUMPUK

Jika kalian terlalu lama mengelas pada satu titik kemudian bergeser ketitik lain, maka hasil lasan kalian akan menumpuk pada satu titik saja. Sehingga hasil dari lasan anda menjadi bergelombang tidak rata dan yang terpenting penetrasi dari lasan anda pada besinya tidak maksimal.

Jika penetrasi tidak maksimal maka besi tidak akan menempel kuat dan gampang patah. Jika kalian ingin mengetahui contoh gambar hasil las yang menumpuk untuk mengenal hasil las yang salah dan benar. Kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini ya guys.

Mengenal-Hasil-Las-yang-Salah-Menumpuk

 

2. HASIL LAS BERLUBANG

Dan jika kalian pernah menemukan hasil las kalian berlubang maka hasil las tersebut termasuk hasil las yang salah atau gagal ya guys. Penyebab yang membuat adanya lubang didalam hasil las yaitu terjebaknya udara atau gas didalam hasil lasan tersebut.

Mengenal-Hasil-Las-yang-Salah-Berlubang

 

Faktor yang membuat adanya udara yang terjebak pada hasil lasan ada 3 yaitu :

  • Penggunaan kawat las yang basah atau lembab
  • Benda Kerja kotor
  • Jarak pengelasan yang terlalu lebar

 

Jadi sebelum kalian memulai mengelas, perhatikan 3 hal yang telah kami sebutkan diatas ya guys. Tidak lain karena untuk menghindari hasil lasan yang berlubang. Karena percuma jika hasil lasan kalian bagus tetapi saat digerinda atau diketrik eh taunya ada lubang didalamnya.

 

3. PENGELASAN TIDAK RATA

Oke poin selanjutnya untuk mengenal hasil las yang benar dan salah adalah pengelasan yang tidak rata. Pengelasan ini akan menghasilkan hasil las yang salah karena hasil lasan menjadi totol-totol dan tidak rata. Dan akibatnya besi yang anda las tidak akan kuat menempel satu sama lain dan mudah patah ataupun bengkok.

 

Untuk itu jangan mengelas dengan terburu-buru. Mending kalian ngelas pelan-pelan tapi hasil las kalian rata. Ga perlu rapi jg ga papa guys, yang penting rata. Jadi penetrasi pada besi bisa sempurna dan tentunya hasil las kalian kokoh dan tahan lama. Berikut adalah contoh dari pengelasan yang tidak rata :

Mengenal-Hasil-Las-yang-Salah-Tidak-Rata

 

4. HASIL LAS TIDAK MATANG

Masuk pada poin yang keempat ya guys. Hasil las yang salah yang lain yaitu hasil las yang tidak matang. Hal ini disebabkan oleh settingan mesin las anda yang kurang besar atau terlalu kecil. Sehingga daya listrik yang dikonsumsi pun kecil.

 

Hasilnya, kawat las tidak dapat terbakar sempurna sehingga hanya meleleh sedikit dan tidak sempurna. Untuk hasil las seperti ini tidak akan dapat menyambungkan besi satu dengan besi yang lain. Karena hasil las yang tidak matang tidak berpenetrasi pula pada besi. Sehingga besi pun tidak tersambung dengan kerak las yang tidak matang tersebut.

 

Berikut adalah contoh gambar dari hasil las yang tidak matang ya guys :

Mengenal-Hasil-Las-yang-Salah-Tidak-Matang

 

 

5. HASIL LAS KARENA PENGELASAN TERLALU CEPAT DAN TERLALU PELAN

Oke yang kelima tentang hasil las yang salah adalah dari teknik pengelasan kalian ya guys. Jangan terlalu cepat menggeser elektroda saat kalian mengelas guys. Dan jangan pula terlalu lama menggeser elektroda juga saat melakukan pengelasan.

 

Akibat kalian menggeser elektroda terlalu cepat adalah penetrasi pada besinya nanti guys. Jadi elektroda yang meleleh akibat proses las itu pelan-pelan akan berpenetrasi pada besi agar besi dapat tersambung dengan kerak las dan besi lainnya. Nah jika kalian terlalu cepat bergeser, maka proses penetrasi tadi menjadi tidak sempurna.

 

Yang kedua adalah jika kalian terlalu lama menggeser. Akibat dari jika kalian terlalu lama menggeser lasan kalian adalah penetrasi pada besinya itu sendiri. Seperti yang telah kami jelaskan diatas ya guys, penetrasi pada besi membutuhkan waktu beberapa saat.

 

Tapi jika terlalu lama berpenetrasi, maka hasil besi yang kalian las bisa berlubang atau karena penetrasi terlalu dalam, jadi besi menjadi tipis dan mudah patah. Selain itu kerak las akibat jika terlalu lama digeser bisa meluber dan lebih lebar. Berikut adalah contoh gambar dari hasil las yang terlalu lama dan terlalu cepat digeser.

Mengenal-Hasil-Las-yang-Salah-Tidak-Cepat-Dan-Terlalu-Pelan

 

 

6. SETELAN AMPERE TERLALU TINGGI

Untuk hal keenam dalam mengenal hasil las yang benar dan salah adalah dari sisi pengelasannya lagi. Yaitu pengelasan yang salah karena setelan atau settingan ampere mesin las kalian terlalu tinggi. Untuk hasil lasan seperti ini akibatnya adalah dari sisi besinya sendiri akan dapat meleleh dan berlubang. Sehingga kalian tidak dapat melakukan pengelesan dengan benar.

 

Atau jika kalian mengelas pada bidang datar maka hasil lasan akan sangat dalam berpenetrasi pada besi tersebut sehingga besi akan terkikis dan hasil lasan juga luber atau encer. Akibat yang terakhir jika kalian menyetel atau mensetting ampere mesin las terlalu tinggi adalah dapat membuat kawat las memerah terbakar dan meleleh.

 

Berikut adalah contoh gambar hasil las yang terlalu tinggi mendapatkan ampere dan kawat las yang memerah akibat ampere yang terlalu tinggi pula.

Mengenal-Hasil-Las-yang-Salah-Setelan-Ampere-Terlalu-Tinggi-dan-Rendah

 

Elektroda-Kawat-Las-Terbakar-Karena-Ampere-Terlalu-Tinggi

 

 

MENGENAL HASIL LAS YANG BENAR

Oke guys.. setelah kita tau model gimana aja hasil las yang salah. Maka kali ini gw mau kasih info tentang hasil las yang bener nih guys.

 

Jadi hasil las yang benar itu waktu jeda penggeseran elektroda atau kawat las saat digunakan untuk mengelas itu pas. Kami ga bisa tentukan waktu jedanya itu berapa ya guys. Karena itu feeling dari kalian masing-masing. Klo gw ngelas pake ketukan 1 – 2 – 1 – 2 gitu sih.

 

Terus hasil las yang benar itu matang sempurna dengan settingan ampere yang pas. Jika kalian belum mengetahui settingan ampere yang benar untuk mengelas dengan kawat las, kalian bisa melihatnya pada blog cara menentukan settingan ampere yang benar disini ya >> disini <<.

 

Berikut adalah gambar hasil las yang benar untuk kalian pahami dan ketahui :

Mengenal-Hasil-Las-yang-Benar

 

Seperti yang kalian lihat ya guys.. Ga perlu rapi, ga perlu lurus. Yang penting searah dengan alur besi yang akan disambung. Kalo hasil las kalian rapi dan lurus ya tambah oke banget tuh. Tapi semua itu butuh proses guys..

 

Kalo mau dapetin hasil las yang bagus itu ga bisa instant soalnya. Perlu kebiasan dan latihan terus menerus agar dapat terbiasa dan melatih tangan agar tidak bergerak atau bergetar saat mengelas.

 

INFORMASI MESIN LAS

Oke deh cukup sekian ya artikel mengenal hasil las yang benar dan salah dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys. Jika kalian saat ini sedang ada kebutuhan mesin las yang asli dan berkualitas, kalian bisa melihat-lihat katalog mesin las dibawah ini ya. Syukur-syukur kalian dapat merk dan harga mesin las yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Note* : Klik pada gambar untuk melihat katalog

KATALOG MESIN LAS
Katalog-Mesin-Las

 

 

Dan jika kalian ingin melihat video-video tentang uji coba beberapa merk-merk mesin las untuk mengetahui konsumsi daya listriknya, amperenya atau informasi-informasi penting lainnya seputar pengelasan. Kalian bisa kunjungi channel youtube kami dibawah ini ya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Oke dah.. udah cukup segini aja artikel tentang mengenal hasil las yang benar dan salah ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *