BAHAYA ASAP LAS

By | February 13, 2019

Hai-haiii..!! gimana kabar kalian guys? semoga kalian semua sehat dan bahagia ya tentunya.. Oke guys.. kali ini kami akan membahas sedikit tentang bahaya asap las itu apa sih?? Pada artikel kami sebelumnya kami telah membahas tentang cara mengatasi sakit mata karena asap las, dan memang terbukti ampuh lho cara tersebut. Jadi karena asap las ini bikin sakit mata, maka akan kita coba kroscek lebih dalam lagi nih guys. Apa sih bahaya asap las ini? kok bisa bikin sakit mata, pusing dan lain-lain sampe bikin kita susah tidur.

 

Fungsi kami membahas bahaya asap las ini ke kalian semua itu sebenarnya kami juga ingin menghimbau kalian untuk selalu menggunakan alat safety saat melakukan pengelasan. Mungkin dengan kami membahas bahaya asap las ini, kalian yang ga suka pake alat safety dan meremehkan hal ini bisa tergugah hatinya buat mulai pake alat safety kalian saat mengelas. hehe..

 

Bahaya-Asap-Las

Seperti yang dapat anda lihat diatas. Ada beberapa poin yang akan menjadi bahasan kami tentang bahaya asap las ini. Kenapa sih bisa berbahaya? Jawabannya adalah dengan kita melihat partikel-partikel yang dikeluarkan saat terjadi pengelasan tersebut. Partikel-partikel atau material yang dikeluarkan asap las itulah yang berbahaya bagi anda. Jadi dapat kita bayangkan ya, material yang digunakan saat mengelas tentunya adalah kawat las. Apa yang terkandung pada kawat las tersebut sehingga bisa membuat 2 besi yang saling bersinggungan dapat menempel dengan kuat? Pernah ga kalian berpikiran kaya gitu?

 

Tentunya material yang terdapat pada kawat las adalah material-material logam yang dapat meleleh saat dipanaskan dan dapat menjadi sangat keras sangat material tersebut kembali dingin dan mengeras.

 

BAHAYA ASAP LAS BAGI KESEHATAN

Jadi apa saja sih material yang terkandung pada asap las yang dikeluarkan dari kawat las saat terjadi pengelasan?

  • Alumunium
  • Berilium
  • Kadmium Oksida
  • Kromium
  • Tembaga
  • Fluorida
  • Besi Oksida
  • Timah
  • Mangan
  • Molibdenum
  • Nikel
  • Vanadium
  • Seng Oksida

 

Wow.. sangat banyak ya ternyata kandungan material yang terdapat asap las ini. Coba bayangin guys, semua material tersebut terhirup kedalam paru-paru kita. Sereeemmm.. ga bisa bayangin nih gw jadinya. Itulah guys.. perlunya kita pake alat-alat safety atau alat pelindung saat mengelas. Mungkin material-material tersebut belum menjadi hal yang kuat buat menggugah hati kalian sehingga kalian mau memakai alat pelindung saat pengelasan. Jadi bahasan kami selanjutnya adalah bahaya asap las bagi kesehatan kalian semua nih guys. Kira-kira kalo kita menghirup semua partikel atau material yang dikandung asap las tersebut, apa sih efeknya ke tubuh kita? Ada beberapa penyakit yang disebabkan asap las yang terhirup kedalam paru-paru kita nih guys. Dan kesemuanya itu perlu kalian pahami dan renungi baik-baik ya.. buat kesehatan kalian kok guys.

 

Jadi ada beberapa hal yang perlu kalian catat. Bahaya asap las bagi kesehatan kalian saat kalian menghirup asap las tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penyakit Paru-Paru
  2. Iritasi Kulit
  3. Kerusakan Ginjal
  4. Iritasi Akut pada Mata
  5. Masalah pada Tulang dan Sendi
  6. Kerusakan pada Sistem Saraf Pusat
  7. Bronkitis

 

Itu dia guys 7 bahaya asap las bagi kesehatan kalian.. Seereeeemmmm.. menurut kalian serem ga guys?? menurut gw sih serem banget guys, karena kebanyakan itu penyakit dalam lho guys. Gw ingetin lagi ya guys, tolong pake alat safety pada saat kalian mengelas ya guys.. pliiisss.. Kita semua tentunya ga mau ya kena penyakit, apalagi itu penyakit dalam. Biaya yang dikeluarkan udah banyak, sakit semua di badan, keluarga khawatir, sedih.. Banyak lah pokoknya akibat yang terjadi di lingkungan sekitar dan pada kita sendiri jika kita sakit.

 

BAHAYA ASAP LAS AGAR MENGGUNAKAN ALAT SAFETY LAS

Kalian udah tau belum guys apa aja sih alat-alat keselamatan kerja yang perlu kalian gunakan saat kalian melakukan pengelasan?. Sebagai tambahan informasi buat kalian, kami ingin mengingatkan pada kalian semua tentang ragam atau macam-macam alat safety yang perlu kalian gunakan saat melakukan pengelasan. Jadi bagi kalian yang belum tau apa aja sih alat-alat safety tersebut, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian. Sehingga kalian bisa memulai untuk nyicil dan nabung agar kalian semua bisa beli alat-alat tersebut satu persatu.

Bahaya-Asap-Las-Alat-Keselamatan-Kerja-Saat-Mengelas

 

Seperti yang dapat kalian lihat pada gambar diatas. Ada beberapa alat keselamatan yang perlu kalian gunakan saat sedang melakukan pengelasan. Beberapa alat tersebut diantaranya adalah :

  • Penutup Wajah
  • Sarung Tangan
  • Baju Pelindung
  • Sepatu

 

Pada poin pertama, penutup wajah yang kami maksud disini adalah helm las dan topeng las. Kedua jenis penutup las tersebut fungsinya adalah untuk menghindari kontak langsung antara mata kita dengan sinar las. Helm las dan topeng las tersebut juga dapat menghalau atau menghindari asap las untuk kontak langsung dengan hidung kita. Sehingga kita tidak menghirup langsung material-material berbahaya yang sudah kami sebutkan diatas.

 

Sedangkan untuk poin kedua, ketiga dan keempat yaitu sarung tangun, baju pelindung dan juga sepatu. Usahakan untuk menggunakan alat-alat safety tersebut yang terbuat dari kulit. Fungsinya adalah untuk menghindari kontak langsung api percikan las dengan kulit kalian. Karena percikan api las yang keluar saat terjadinya pengelasan itu sangat panas dan dapat membuat kulit kita iritasi. Terkadang dapat membuat kulit kita terbakar sehingga terkelupas.

 

CHANNEL YOUTUBE TEHNIQ.COM

Jadi udah paham ya guys tentang bahaya asap las dan alat-alat keselamatan saat anda melakukan pengelasan. Dengan membaca artikel ini, semoga kalian semua sudah mulai menggunakan alat keselamatan kalian masing-masing ya guys.

 

Jika kalian pengen tau tentang mesin las dan beberapa power tools paling hits dan paling top untuk referensi kalian sebelum kalian membeli alat-alat tersebut. Cek Channel Youtube kami Tehniq.com. Agar kalian semua dapat mendapatkan pengetahuan dan juga referensi alat-alat teknik yang paling cocok untuk kebutuhan anda. Hanya di tehniq.com..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *