MENGATASI MESIN GERGAJI KAYU BERASAP ( KELUAR ASAP )

By | March 29, 2019

Halo guuyyyss..!! jumpa lagi nih di blog tehniq.com. Disini itu blog yang keren banget guys. Disini itu tempat kalian mendapatkan informasi berharga soal peralatan teknik kalian. Di blog ini kalian bisa belajar banyak dan bisa dapetin tips-tips dan cara-cara yang menurut kami menarik dan perlu kalian pahami. Dan pada artikel blog kami kali ini, kami akan membahas tentang cara mengatasi mesin gergaji kayu berasap ( keluar asap ). Jadi kali ini kami mau berbagi informasi sama orang-orang yang suka motongan kayu nih. Tapi bukan penebangan liat ya guys. Karena gw itu pecinta alam sejati guys, yang mendukung go green atau penghijauan. Jadi artikel ini khusus buat para pekerja yang rela bekerja untuk membersihkan jalanan kita dari pohon-pohon yang tumbang atau pohon-pohon yang rantingnya udah mulai mengganggu pengguna jalan nih.

 

Tentunya para pekerja tersebut sangat berjasa ya buat kita semua. Maka dari itu guys.. gw mau berbagi info ini buat kalian-kalian pekerja yang sudah rela bantu kita semua dalam menggunakan jalan dengan aman dan nyaman. Mungkin kalian para pekerja lapangan yang pegangannya mesin gergaji kayu, tentunya pernah ngalamin yang namanya mesin gergaji kalian berasap atau keluar asap nih. Dan mungkin kalian sempat panik karena takut mesinnya rusak atau segala macam yang ada dipikiran kalian.

 

Kalo menurut gw, kalian jangan panik dulu guys. Karena ada beberapa hal yang mungkin bisa kalian kaitkan pada masalah yang kalian hadapi itu. Jadi beberapa hal ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan keluarnya asap pada mesin gergaji kayu anda atau chainsaw anda.

  • Aliran udara yang kurang karena mampet
  • Bensin yang bercampur oli yang berlebih.
  • Switch power idle yang bermasalah
  • Gear Mesin yang Aus.

Nah ada 4 masalah nih yang bisa kalian kaitkan pada kasus ini.

 

 

MENGATASI MESIN GERGAJI KAYU BERASAP ( KELUAR ASAP )

Nah setelah kita tau beberapa faktor penyebab, maka hal perlu kita lakukan adalah bagaimana cara mengatasi masing-masing faktor terjadinya pengeluaran asap tersebut pada mesin gergaji anda.

 

Hal pertama yang menjadi faktor keluarnya asap pada mesin gergaji anda yaitu Aliran udara yang kurang karena mampet. Jadi logikanya adalah Udara mengandung oksigen, dan oksigen itu adalah elemen yang harus dimiliki untuk membakar sesuatu. Aliran udara yang tidak memadai dapat menyebabkan asap dari abu-abu gergaji yang menumpuk dibagian mesin.

 

Untuk mengetahui masalah ini, anda dapat mengecek durasi panas dari mesin gergaji anda. Karena abu-abu gergaji yang menumpuk dan menyebabkan aliran udara pada mesin terganggu. Maka tentunya mesin gergaji anda akan cepat panas. Jadi jika mesin gergaji kayu anda cepat panas, anda bisa menyimpulkan bahwa masalah yang terjadi saat mesin gergaji kayu anda berasap adalah karena aliran udara yang mampet.

 

CARA MENGATASINYA

Terus bagaimana cara mengatasi mesin gergaji kayu berasap ( keluar asap ) karena aliran udara yang mampet ini? Jawabannya adalah dengan melakukan beberapa tahap ini.

  1. Pertama : Copot atau lepaslah filter udara mesin gergaji kayu anda.

  2. Kedua : Bersihkan debu dari filter tersebut dengan cara menggetoknya dengan benda keras sampai debu-debu keluar dari filter udaranya.

  3. Ketiga : Jika sudah tidak ada debu yang keluar dari filter, selanjutnya adalah bersihkan dengan kuas dan kain, dan jangan lupa juga bersihkan bagian mesin gergaji anda dari debu agar hasilnya lebih maksimal.

  4. Keempat : Pasangkan kembali filter pada mesin. Dan coba nyalakan apakah masih berasap atau tidak. Jika masih berasap juga maka filter udara mesin gergaji anda memang sudah harus diganti.

 

MENGATASI MESIN GERGAJI KAYU BERASAP ( KELUAR ASAP ) KEDUA

Hal kedua yang menjadi faktor keluarnya asap pada mesin gergaji anda adalah karena tercampurnya besin dengan minyak atau oli yang berlebih pada mesin gergaji anda. Karena mesin gergaji kayu ini adalah 2 tak, jadi tentunya bensinnya adalah bensin campuran. Jadi jika kalian salah untuk memberi takaran, sehingga oli yang masuk itu kebanyakan. Hal yang terjadi nantinya yaitu mesin kalian akan berasap.

 

CARA MENGATASINYA

Jadi cara mengatasinya itu cukup mudah ya. Berikut ini adalah tahapan yang perlu kalian lakukan untuk mengatasi mesin gergaji kayu berasap ( keluar asap ) karena oli yang berlebih.

  1. Pertama : Kuras tangki bensin mesin gergaji kayu anda sampe bersih.

  2. Kedua : Isi ulang dengan bensin yang baru, dan isilah dengan oli samping dengan sewajarnya. Untuk ukuran takaran standard dari bensin dan oli pada mesin gergaji kayu ini 1 liter bensin harus anda campurkan dengan oli 25 – 35 mililiter.

Cukup mudah ya guys untuk masalah yang kedua ini.

 

MENGATASI MESIN GERGAJI KAYU BERASAP ( KELUAR ASAP ) KETIGA

Hal yang ketiga yang merupakan faktor keluarnya asap pada mesin gergaji kayu anda yaitu switch power idle tidak stabil atau dalam bahasa indonesianya itu tarikan kabel gas tidak stabil. Jadi biasanya setelan gasnya terlalu tinggi atau naik turun sehingga mesin bekerja ektra dan akhirnya mengeluarkan asap. Cara untuk mendeteksi masalah ini yaitu dengan melihat jumlah atau kapasitas asap yang keluar dari knalpotnya. Jika knalpot tersebut mengeluarkan asap secara berlebihan maka bisa jadi setelan gas anda terlalu tinggi sehingga membuat mesin berputar lebih kencang.

 

CARA MENGATASINYA

Jika didapat masalah yang terjadi adalah faktor power idle yang tidak stabil pada mesin gergaji kayu anda. Maka cara mengatasi mesin gergaji kayu berasap ( keluar asap ) karena hal ini yaitu dengan :

  1. Pertama : Siapkan tool kit kalian yang berisi obeng dengan beberapa ukuran.

  2. Kedua : Nyalakan mesin gergaji anda, dan tancapkan obeng pada sekrup kabel gas atau power idle mesin gergaji anda.

  3. Ketiga : Putar arah obeng searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam untuk mengetahui tekanan gas pada power idle mesin gergaji anda. Lebih mudahnya seperti anda mengatur gas pada karburator motor anda.

Mudah ya guys.. Kesulitan utamanya yaitu mencari sekrup pengatur gas pada mesin gergaji anda. Mungkin bagi kalian yang ambil jurusan mesin sangat familiar di bidang ini. Tapi bagi kalian yang jurusan lain agak sulit ya. Gak papa guys. Itung-itung sambil belajar. Hehe.

MENGATASI MESIN GERGAJI KAYU BERASAP ( KELUAR ASAP ) KEEMPAT

Faktor keluarnya asap pada mesin gergaji kayu anda yang terakhir yaitu karena gear yang aus. Dan faktor ini adalah faktor yang paling umum terjadi. Untuk mendeteksinya anda dapat mendengarkan suara mesinnya. Biasanya suara mesin anda akan lebih kasar dan bising. Selain itu jumlah asap yang dihasilkan knalpotnya itu lebih hitam dan banyak.

 

CARA MENGATASINYA

Untuk mengatasi hal ini sayangnya tidak bisa dengan tenaga anda sendiri. Karena ini berhubungan dengan sparepart. Tetapi jika memang anda adalah seorang mekanik dan tau pasti cara mengganti sparepart mesin gergaji anda. Maka yang perlu kalian lakukan hanyalah membeli sparepart gear mesin gergaji anda di service centernya.

Tetapi bagi anda yang memang tidak menguasai mesin, maka ada baiknya bawalah mesin gergaji kayu anda langsung pada service centernya atau pada bengkel yang memang suka mengerjakan atau mereparasi mesin gergaji.

 

Oke guys.. Udah jelas ya masalah-masalah dan cara mengatasi mesin gergaji kayu berasap ( keluar asap ). Dan bagi anda yang membutuhkan mesin gergaji kayu atau chainsaw berkualitas dan asli tentunya. Kalian bisa mengunjungi katalog chainsaw kami disini >> KATALOG CHAINSAW <<.

Jadi cukup sekian ya artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu masalah yang anda hadapi dengan mesin gergaji kayu anda. Salam..!!

 

Kunjungi juga channel youtube kami yang bermanfaat untuk mencari info mesin-mesin dan peralatan yang anda butuhkan disini >> CHANNEL YOUTUBE <<.

5 thoughts on “MENGATASI MESIN GERGAJI KAYU BERASAP ( KELUAR ASAP )

  1. Marthen

    Klo hanya ngebul saat nebang atau dimiringkan itu apa penyebabnya min??

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di tehniq.com

      Ngebulnya banyak atau sedikit pak?
      Kalo sedikit itu wajar saja karena mesin tersebut termasuk golongan 2 tak klo motor. Jadi pasti ada asap keluar.
      Kalo ngebulnya dibagian gergajinya berarti bapak terlalu menekan sehingga terlalu memaksakan kerja gergaji dan mesin
      Tapi ada baiknya bapak langsung ke service center untuk pengecekan lebih lanjut

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  2. Yas laia

    1. Gimana mas mengatasi mesin kayu mini boros minyak. (supaya irit minyaknya)
    2. Gimana nyetel suara mesinnya agar ngga terlalu brissing/besar
    2. Apa fungsi baut, yg berlogo/tanda L dan H dari luar.

    Reply
  3. nick

    gak kebanyakan kah 1 liter : 50 ml…?
    setau saya 1 liter : 25 ml..

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Terima kasih atas koreksinya pak
      memang ada yang pake takaran 25 ml, ada jg yang pake takaran 35 ml.
      Berarti kalo 50 ml kebanyakan ya.

      Mungkin nanti saya masih perlu belajar-belajar lagi.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *