MENGAJARI ANAK MENJADI PENGRAJIN KAYU

By | December 16, 2019

Halo sobat tehniq setanah air. Bagi kalian yang udah menjadi seorang ayah dan sudah menjadi pengusaha sukses. Tentunya kalian ingin anak kalian meneruskan usaha yang telah kalian rintis tersebut. Salah satunya adalah dengan mengajari anak menjadi pengrajin kayu, karena disini kita akan bahas untuk para pengrajin kayu.

 

Jadi kita disini ga bahas untuk pengusaha yang lain ya guys, walaupun pengusaha yang lain juga bisa menjadi sukses juga. Tapi balik lagi ya, karena kita disini sedang bahas tentang pengrajin kayu atau pekerjaan woodworking.

 

Nah balik lagi ke pembahasan. Kami disini bukan serta merta mengajarkan buruk pada anak keturunan kita dengan memberikan kita usaha yang udah kita rintis gitu aja. Tapi kita lebih mengajarkan dan mengarahkan anak-anak kita dengan mengajari anak menjadi pengrajin kayu sedari dini.

 

Darisitu nanti kita bisa lihat ketertarikannya guys. Kalo anaknya pasif berarti bukan minatnya dibidang seni perkayuan. Tapi kalo semangat dan kelihatan sibuk sendiri, berarti ada kemungkinan anak anda menyukai bidang yang anda geluti ini yaitu menjadi seniman kayu.

 

Jadi jangan salah ya guys.. para woodworker atau pengrajin kayu itu juga termasuk kedalam kategori seniman lho. Makanya jangan malu kalau anak kalian nanti pengen ikutan jadi seniman. Yang ada malah seharusnya kita bangga karena mereka dapat menghasilkan karya mereka untuk orang lain.

 

 

MENGAJARI ANAK MENJADI PENGRAJIN KAYU

Nah untuk mengajari anak menjadi pengrajin kayu ini tentunya ada teknik khusus guys, biar anak kalian semua dapat masuk kedalam dunia mereka sendiri. Karena yang namanya anak-anak tentunya punya dunia sendiri ya guys. Dan dengan berhasilnya kalian membuat anak kalian masuk ke dunianya sendiri sambil membuat karya seni. Tentunya proses pembelajaran anda sudah benar.

 

Mengajari-Anak-Menjadi-Pengrajin-Kayu

 

Tapi sebelum kalian mulai untuk mengajarkan pelajaran membuat kerajinan kayu, yang pertama harus kalian lakukan adalah menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk mendukung kegiatan anak anda tersebut. Karena dapat membuat kerajinan kayu ya mau tidak mau kalian harus memberikan alat pendukung, agar anak kalian dapat langsung praktek sesuai dengan imaginasinya.

 

Nah berikut ini adalah beberapa alat pendukung yang wajib kalian beli untuk mendukung anda saat mengajari buah hati anda :

  • Palu kecil + paku untuk menyambung kayu.
  • Alat serut / ketam kayu kecil.
  • Meteran
  • Mesin bor Cordless / Alat bor kayu manual.
  • Gergaji kayu dengan Pegangan tangan.
  • Penggaris
  • Amplas Halus sampai kasar

 

Jadi ada 7 alat pendukung yang perlu anda siapkan ya guys. Mungkin kalian kira kami akan bagiin alat-alat mainan ya?? Tapi nggak guys.. Alat-alat tersebut adalah alat asli yang tentunya tingkat safetynya lebih aman ditambah pengawasan dari anda juga pastinya.

 

Untuk kayu untuk objek uji cobanya bisa kalian gunakan kayu-kayu yang empuk aja guys. Jangan kayu keras, kesian ntar tuh bocah yang ada ga jadi bikin kerajinan. Malah keluyuran maen ama temen-temennya.. Hehehe

 

Alat-alat-yang-dibutuhkan

 

Jadi dapat kalian lihat ya guys, gambar diatas adalah beberapa alat yang wajib kalian miliki untuk mengajari anak menjadi pengrajin kayu. Itu gambar gw dapet dari google, jadi ada gambar yang ga gw sebutin di list tadi. Hehehe.. Harap maklum ya.

 

 

TEKNIK MENGAJARI ANAK MENJADI PENGRAJIN KAYU

Setelah kita bahas tentang alat-alat yang kalian butuhkan untuk mengajari anak menjadi pengrajin kayu, maka yang akan kita bahas sekarang adalah tekniknya. Karena untuk mengajari anak itu butuh kesabaran dan metode-metode khusus agar anak tersebut dapat kalian ketahui minatnya.

 

Oia guys,, untuk umur anak yang kami maksud disini bukan anak kecil banget ya.. Ya kisaran anak-anak SMP – SMA gitu guys. Jadi siap untuk dibentuk menjadi seorang pengusaha sekaligus seniman. Kalo masih kecil banget kayanya kasian banget kalo kalian suruh bikin kerajinan. Hehe

 

Jadi kita masuk pada metode ya guys.. Metode yang pertama yaitu :

 

PERKENALAN

Tahap perkenalan ini sangat penting guys. Karena tahap inilah yang dapat menarik anak anda masuk kedalam dunia perkayuan ini. Perkenalan yang kami maksud ini adalah memperkenalkan dan menunjukkan hasil kerja kalian guys.

 

Tentunya jangan kasih hasil kerjaan kalian yang jelek. Kalo bisa yang memiliki nilai seni tetapi simple. Inget ya guys.. harus simple. Jangan dikasih liat yang susah dulu, karena takutnya nanti dia mundur di tengah perjalanan. Dengan kita memperkenalkan kerajinan yang mudah dan indah, tentunya akan membuat anak anda tertarik. Selain itu mudah juga untuk dibuatnya.

 

Contohnya ya bisa kalian kasih liat Papan Nama Rumah, Mainan-mainan anak yang simple tapi bagus, dan lain-lain lah. Kalian pasti ngerti lah yang mana yang bagus dan yang murah dibuat. Berikut adalah contohnya :

 

Contoh-Kerajinan-Kayu

 

Contoh diatas adalah contoh kerajinan kayu berupa pesawat-pesawatan. Jadi temanya adalah mainan anak yang simple. Karena mainan tersebut adalah mainan anak, jadi kemungkinan anak kalian pasti suka ngeliatnya.

 

 

PEMOTONGAN DAN PENYAMBUNGAN

Teknik yang kedua yaitu ajari anak anda teknik memotongan dan menyambung kayu hasil potongan mereka guys. Masalah ngalusin mending kalian dulu. Karena ngalusin kayu itu lama dan bikin bosen. Kalo udah bisa motongnya, kalian ajari dah tuh untuk menyambung potongan-potongannya.

 

Untuk menyambung potongan kayu bisa kalian ajari dengan menggunakan paku atau dengan lem ya guys. Tergantung dia mau bikin apa. Dan tentunya kalian juga udah pasti lebih ngerti untuk teknik-teknik menyambung yang benar.

 

 

PENGHALUSAN

Dan untuk metode yang terakhir untuk mengajari anak menjadi pengrajin kayu adalah penghalusan atau finishing. Kenapa finishing terakhir, karena finishing itu bagian yang melelahkan dan membosankan. Jika anak selesai membuat kerajinannya sendiri, tentunya dia akan merasa bangga dan senang melihat hasilnya.

 

Nah karena dia senang dan bangga, bujuklah dia untuk menghaluskan hasilnya tersebut. Karena dengan rasa senang dan bangga itu tadi, proses menghaluskan kayu ini akan menjadi menyenangkan untuk dia.

 

Contoh-Kerajinan-Kayu-Jadi

 

Nah kalo udah berhasil membujuk sampai tahap penghalusan tadi. Kalian tinggal mengarahkan mereka untuk membuat kerajinan lainnya yang membuat mereka lebih tertantang untuk membuatnya. Dan untuk tingkat kesulitan dalam membuatnya juga harus kalian berikan bertahap ya guys.

 

Tetaplah memberikan atau menunjukkan contoh-contoh kerajinan kayu yang mudah tetapi terus naik ke level selanjutnya. Karena hal tersebut akan menjadikan tantangan sendiri dan juga pengalaman tentunya untuk anak anda.

 

Dan seperti kita semua tau, yang paling berharga dalam kerja kita adalah pengalaman kita. Karena dengan pengalaman, kita dapat mengetahui kesalahan kita sehingga kita dapat memperbaikinya. Begitupun dengan pengalaman yang akan anak anda peroleh nantinya.

 

Dan insyaa Allah pengalaman itu akan mereka bawa hingga menjadi pengusaha woodworking sukses nantinya. Amiinn.

 

Jadi sekian dulu ya artikel dari kami ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua dan dapat mencetak generasi-generasi yang profesional kedepannya. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *