MASALAH YANG BIASA MUNCUL PADA MESIN KETAM

By | December 13, 2019

Halo Sobat tehniq setanah air.. Kalian para woodworker atau pengrajin kayu tentunya pada punya ya yang namanya mesin ketam kayu atau mesin serut kayu. Atau dalam bahasa modernnya itu disebut dengan Planer Machine yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu dengan cara diserut bukan diamplas. Nah biasanya ada beberapa masalah yang biasa muncul pada mesin ketam ini guys, jadi disini kami akan coba membahas hal tersebut dan juga cara mengatasinya ya.

 

Artikel ini kami buat tentunya untuk dapat membantu kalian mengidentifikasi penyakit yang muncul pada mesin ketam atau mesin serut kalian ya. Dan sukur-sukur kalo kalian bisa benerin sendiri, malah lebih jos nantinya. Karena emang lokasi dari service center sebuah mesin biasanya agak jauh dari rumah kita, jadi agak males juga kalo kudu ke service center.

 

Kenapa nggak kalo emang kita bisa benerin dan bersihin sendiri mesinnya. Tentunya hal tersebut tidak akan mengganggu produktifitas kerja kita dalam bekerja ya guys. Karena biasanya kalo dibawa ke service center itu paling ga atau paling cepet pasti disuruh balik 2 – 3 hari lagi.

 

Nah kalo kita punya mesin ketam cadangan sih ga papa. Tapi gimana kalo kita cuma punya satu-satunya itu. Udah cuma satu, rusak lagi.. Amsyong dah.

 

 

MASALAH YANG BIASA MUNCUL PADA MESIN KETAM

Jadi ada beberapa masalah yang biasa muncul pada mesin ketam yang kalian miliki. Dan kalian wajib untuk mengetahui hal ini guys. Beberapa masalah yang biasa muncul pada mesin ketam ini yaitu :

  • Suara makin berisik.
  • Mesin cepat panas.
  • Kecepatan putar semakin menurun.
  • Performa motor naik dan turun ( tidak stabil ).

 

Jadi ada 4 hal yang bisa menjadi masalah dari mesin ketam kalian guys. Dan masing-masing masalah tersebut akan kami jelaskan satu persatu guys. Tenang aja, karena disini adalah blog paling oke kaya gw yang nulis artikel ini. hehehe

 

Peace.. v(‘-‘)

 

 

1. SUARA MAKIN BERISIK

Hal pertama yang merupakan masalah dari mesin ketam ini adalah suara yang makin berisik. Seperti kita ketahui bersama ya guys, suara dari mesin ketam ini kan sangat berisik ya. Jadi kita kudu tutup telinga kita dengan alat safety.

 

Tapi mungkin kalian akan lebih mendengar suara yang berisik walaupun telinga kalian sudah ditutup dengan penutup telinga. Nah kalo kalian udah mulai merasa suara mesin ketam kalian makin berisik berarti ada yang salah dengan mesin tersebut guys.

 

Suara-Lebih-Berisik

 

Suara yang dihasilkan mesin ketam yang kami maksud disini adalah saat mesin tidak digunakan untuk menyerut ya guys. Karena klo digunakan untuk menyerut udah pasti makin berisik. Jadi saat kalian dengerin suara mesinnya makin berisik, maka indikasi yang paling bisa terjadi adalah adanya kerusakan pada gear dibagian motornya.

 

Atau bisa juga terlalu kotornya mesin kalian. Sehingga saat motor berputar, ada gangguan-gangguan dari debu tersebut pada gear mesin kalian yang membuat mesin menjadi semakin berisik. Jadi solusinya adalah dengan membersihkan mesin kalian dan cek gear mesin kalian ya. Kalian masih normal berarti ga ada masalah guys.

 

Tapi kalo udah agak tumpul, berarti kalian harus segera menggantinya. Agar mesin kalian dapat bekerja maksimal dan lebih halus lagi nantinya.

 

 

2. MESIN CEPAT PANAS

Hal kedua yang merupakan masalah yang biasa muncul pada mesin ketam kalian yaitu mesin yang cepat panas. Mungkin kalian ga terlalu mempermasalahkan hal ini ya guys, kalo kalian pakai sarung tangan. Tapi bagi kalian yang ga pake sarung tangan mungkin akan berasa panas untuk digenggam.

 

Dan yang paling parah mesin kalian itu benernya teriak guys,, tapi kalian itu ga peka kaya mantan-mantan netizen yang sering diputusin.. Wakakakak..

 

Mesin-yang-Cepat-Panas

 

Okee balik serius lagi nih.. Jadi untuk penyebab mesin ketam kalian cepat panas itu biasanya adalah karena kotornya mesin kalian. Blower angin yang melemah juga bisa menjadi penyebab cepatnya terjadi pemanasan pada mesin ketam tersebut.

 

Hal utama yang membuat mesin cepat panas adalah menumpuknya debu kayu pada mesin sehingga sirkulasi udara akan terganggu. Dan menumpuknya debu kayu bisa terjadi karena 3 hal yaitu :

  • Jarangnya anda membersihkan bagian dalam mesin ketam anda.
  • Peletakan mesin ditumpukan debu serbuk kayu.
  • Blower angin yang melemah.

 

Jadi 3 hal tersebut kudu kalian perhatikan ya kalo mau mengatasi masalah ini. Yang pertama ya kudu rajin-rajin dibersihin. Terus yang kedua juga kalian kalo udah selesai nyerut, jangan taruh mesinnya ditumpukan serbuk kayu. Letakkan ditempat yang lebih bersih.

 

Dan untuk blower angin berarti emang sparepart yang harus diganti. Jadi kalian kudu ke service centernya untuk memperbaiki blower anginnya.

 

 

3. KECEPATAN PUTAR SEMAKIN MENURUN ( RPM )

Masalah yang biasa muncul pada mesin ketam selanjutnya yaitu RPM yang melemah. Atau kalo bahasa manusianya makin letoy kaya punyamu bukan punyaku. Wakakakak..

 

Hmm mulai ngelantur lagi.. Ayo serius serius..

 

Okee jadi pada masalah ini biasa kita temukan pada mesin ketam yang udah mulai berumur. Jadi wajar aja jika kecepatan putar semakin menurun. Lemahnya magnet motor putarnya dan juga gerigi gear yang mulai aus dapat menjadi penyebab melemahnya kecepatan putar dari mesin ketam kalian.

 

Jadi untuk saran dari kami sih mending dilakukan peremajaan motor dari mesin ketam kalian guys. Biar performanya kembali jos dan pekerjaan kalian juga lebih jos.

 

 

4. PERFORMA MOTOR NAIK TURUN ( TIDAK STABIL )

Masalah terakhir yang biasa muncul pada mesih ketam kalian yaitu tidak stabilnya putaran motor mesin tersebut. Jadi kalo kalian dengerin itu kaya orang naek motor sambil mainin gas. Agak naek turun gitu gasnya..

 

Walaupun tidak terlalu parah, tapi hal ini dapat mempengaruhi hasil serutan kita lhoh guys. Karena nantinya bisa terjadi permukaan serut yang tidak rata atau tidak halus sempurna.

 

Performa-Tidak-Stabil

 

Dan hal yang biasanya mempengaruhi tidak stabilnya putaran motor mesin ada beberapa hal nih guys. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi ketidak stabilan performa mesin kalian :

  • Sumber listrik yang tidak stabil.
  • Ada kabel yang rusak.
  • Colokan listrik yang longgar sehingga goyang.

 

Untuk hal tersebut, kalian bisa lihat masing-masing penyebabnya ya dari ketiga hal tersebut. Dan bisa kalian benerin sendiri tentunya, kecuali faktor yang pertama.. Hehehe.. Soalnya itu emang ga bisa dihindari kalo udah pengaruhnya sumber listrik.

 

Biasanya faktor rumah atau bengkel kita yang jauh dari tiang sumber listrik juga bisa ngaruh sih. Jadi mending kalian pindah rumah aja deh.. Wekekekekek.. becanda guys.. tapi emang bener ya,, pengaruh jauh dari sumber listrik itu juga ada sedikit walau ga banyak.

 

 

PENUTUP

Oke jadi itu tadi ya beberapa masalah yang biasa muncul pada mesin ketam kita. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber rujukan anda bila terjadi masalah dengan mesin ketam kayu anda. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat tentunya buat kalian semua.

 

Inget pesen kami.. selalu gunakan alat safety pada saat bekerja.. jangan pernah menyepelekan hal tersebut. Karena kejahatan bukan dari niat si pelaku, tapi karena ada kesempatan.. Salam..!!

8 thoughts on “MASALAH YANG BIASA MUNCUL PADA MESIN KETAM

  1. Sianturi

    Mas napa coolbrush nya berapi sehingga cepat habis coolbrushnya dan tenaga kurang.mksh

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk masalah yang bapak hadapi ini api yang bapak maksud kurang jelas karena kami tidak lihat langsung..

      Kalo memercikkan api itu memang wajar, karena ada gesekan antara mesin dan karbon brush saat mesin berputar.
      Tapi kalo apinya besar berarti ada masalah sama armature atau rotornya

      Ada baiknya bapak ganti rotornya

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  2. Yosi

    Cara mematikan otomatis nya bagai mana mas
    Sudah berkali kali tapi tetap aja gk mau mati
    Terpaksa lah cabut cok nya langsung

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Waduh malah saya baru tau ada otomatisnya
      Mending bawa ke tukang service aja om, ganti sparepart atau solder ulang
      mungkin ada sambungan listrik yang lepas
      jadi otomatis tidak berfungsi

      semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  3. Suharyanto

    Mau nanya mas, mesin ketm kalo digunakan kadang lompat-lompat. Jadi hasil serutannya jadi keriting. Pisau sudah saya setting dengan benar dengan alat bawaan untuk setting. Semua dalam kondisi bagus. Terima kasih atas respondnya

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Ada 3 hal yang menyebabkan hal tersebut pada mesin ketam bapak
      1. Kayu yang bapak serut terlalu keras
      2. Settingan pisau kurang presisi
      3. Kualitas mata pisau bawaan merk tersebut kurang bagus, jadi ada baiknya beli yang dari tempat luar. Jangan pakai bawaan pabrik merk tersebut

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      itu ada masalah sama rotornya pak.. berarti mesin itu tidak kuat untuk kerja berat.. Torsi mesin kurang sehingga membuat mesin mati saat mengetam kayu tebal dan keras

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *