TIPS SEBELUM MEMBELI TERMINAL STOP KONTAK RUMAH

By | May 4, 2020

Halo sobat tehniq yang selalu setia membaca artikel kami,, semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya ditengah pandemi Corona ini. Nah karena selama pandemi kalian harus dirumah aja, maka kali ini kami mau kasih tips sebelum membeli terminal stop kontak rumah kalian. Biar kalian adem ayem dirumah dan tidak sering bepergian.

tips-sebelum-membeli-terminal-stop-kontak-rumah

 

Karena banyak yang bisa kalian lakukan dengan terminal stop kontak yang awet, kuat dan tahan lama kaya anuku ya. Kenapa kami bilang banyak yang bisa kalian lakukan? Nah hal ini bisa kami kaitkan dengan fungsi dari terminal stop kontak ini sendiri ya.

 

Jadi berikut adalah beberapa fungsi terminal stop kontak yang perlu kalian ketahui :

  • Memiliki Panjang kabel yang dapat disesuaikan dengan posisi kalian kerja atau kebutuhan kalian. Jadi maksudnya kabel kerja kalian ga perlu kalian tarik ke colokan yang nempel di dinding. Biar Terminal stop kontaknya aja yang nyamperin kalian.
  • Lubang Stop Kontak bisa lebih dari satu, sehingga dapat digunakan untuk beberapa alat listrik. Bagi kalian yang kerja dirumah pake laptop atau komputer, tentunya butuh colokan banyak ya. Entah itu colokan CPU, monitor, Casan Handphone, Kipas angin biar adem, dll. Nah kalo punya terminal stop kontak dengan colokan yang banyak tentunya semua alat kerja kalian bisa dicolokin disatu tempat yang dengan kalian.
  • Membuat alat-alat kerja lebih rapi disatu tempat karena bisa didekatkan dengan terminal stop kontak.

 

 

TIPS SEBELUM MEMBELI TERMINAL STOP KONTAK RUMAH

Nah itu tadi ya beberapa fungsi dari terminal stop kontak yang perlu kalian ketahui. Dan untuk poin 2 inilah yang perlu kalian perhatikan ya.

 

Karena satu terminal bisa digunakan pada beberapa alat listrik. Maka kalian perlu terminal stop kontak yang dapat menahan beban listrik yang dihantarkan dari beberapa alat listrik. Untuk itulah kami menulis tentang tips sebelum membeli terminal stop kontak rumah kalian.

 

Tak lain tak bukan ya agar kalian memiliki terminal stop kontak yang aman digunakan dan awet. Sehingga kalian ga perlu sering mondar-mandir beli terminal stop kontak yang baru ditengah pandemi corona ini. Kan seharusnya kalian kudu dirumah, kok malah mondar-mandir cuma beli stop kontak.

 

Takutnya ditangkep satpol PP. wekekekekek

 

Oke jadi langsung aja ya apa aja sih tips sebelum membeli terminal stop kontak untuk kebutuhan rumah kalian? Berikut adalah beberapa poin yang bisa kalian terapkan pada saat memiliki stop kontak di toko ya.

 

1. MERK STOP KONTAK / STANDARISASI SNI

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah merk dari stop kontak tersebut. Karena memang merk merupakan identitas dari produsen stop kontak tersebut. Dan produsen yang bagus akan selalu mempertahankan kualitas produknya.

 

Tapi jika kalian tidak tau merk-merk stop kontak yang bagus, ada baiknya kalian mencari logo SNI sebagai acuan ya. Karena walaupun tidak 100% akurat, kode SNI ini bisa kalian jadikan patokan bahwa produk tersebut telah melewati uji standard Indonesia.

 

Dan jika logo SNI telah kalian temukan, maka selanjutnya kalian bisa pindah pada poin berikutnya untuk mengetahui kualitas dari stop kontak tersebut.

 

2. KETEBALAN CASING

Jika kalian sudah menemukan logo SNI dari beberapa merk stop kontak yang kalian pilih, maka selanjutnya yaitu dengan cara melihat ketebalan casingnya. Maksud casing disini kalian tau ga?

 

Maksudnya itu bagian badannya yang membungkus konduktor listrik didalamnya. Biasanya bahan dari casing terminal stop kontak ini tersebut dari plastik ya guys. Baik itu plastik PVC, Plastik campuran dan lain-lain. Fungsi dari plastik yang membungkus konduktor listrik dari terminal stop kontak ini tak lain adalah sebagai isolator.

 

Jadi nantinya bagian ini yang akan melindungi orang dari setruman aliran listrik yang ada didalam terminal stop kontak ini. Nah jika bahan plastik yang dibuat itu jelek dan tipis, tentunya akan dapat terjadi kebocoran listrik ya.

 

Dalam memilih casing yang bagus, kalian cukup mengujinya dengan sentilan jari kalian. Plastik yang tebal suaranya tidak nyaring. Karena ketebalan plastik juga merupakan penyerap suara, jadi suara ketukan yang dihasilkan jadi tidak nyaring.

 

Dan kalo diliat kasat mata serta digenggam juga keliatan kok kualitas plastik yang kuat dan tebal itu seperti apa.

 

3. PANJANG KABEL DAN JENIS TEMBAGANYA

Untuk poin ketiga ini lebih kearah kebutuhan kalian dirumah ya guys. Karena yang tau kebutuhan kalian pastinya kalian sendiri. Jadi tips sebelum membeli terminal stop kontak rumah kalian yaitu pastikan kalian mengetahui kebutuhan kalian dulu ya.

 

Caranya yaitu dengan mengukur lokasi stop kontak utama dirumah kalian dengan posisi terminal yang akan kalian letakkan nantinya. Usahakan beli kabel dengan panjang yang melebihi dari estimasi kebutuhan kalian. Karena untuk menghindari tekukan atau siku dari celah rumah yang juga bisa mengurangi jangkauan kabel tersebut nantinya.

 

Dan biasanya ada toko yang menjual terminal tanpa kabel. Nah ini lebih enak lagi tuh. Kalian malah bisa melihat bahan dari kabel tersebut dan juga tembaga didalamnya. Untuk tembaga usahakan jangan beli yang serabut ya jika kalian gunakan untuk kebutuhan alat listrik dengan daya listrik yang besar.

 

Contoh setrika, kulkas, AC, magic jar, blender dan lain-lain. Tapi kalo kalian cuma butuh untuk kebutuhan charger hp, nyalain laptop dan kebutuhan-kebutuhan ringan lainnya ya ga papa kalo pengen beli yang serabut.

 

Jika kalian ingin membeli terminal yang sudah sepaket bodi dengan kabelnya, paling tidak tanyakan dulu kepada penjualnya. Jenisnya tembaga serabut atau kawat.. Kalo serabut ya saran kami gunakanlah untuk kebutuhan ringan aja.

 

Kalo pun untuk kebutuhan listrik besar, minimal jangan sering digunakan setiap hari. Hal ini menghindari kerusakan pada tembaga yang membuat terminal listrik kalian tidak bisa menghantarkan listrik.

 

4. MATERIAL KONDUKTOR LISTRIK DIDALAMNYA

Untuk poin keempat ini agak sulit ya guys. Jadi mending ditanya aja ke yang jual. Material konduktornya tembaga apa campuran.

 

Pastikan kalian membeli material konduktor listrik yang terbuat dari tembaga. Karena tembaga adalah material terbaik untuk menghantarkan listrik. Dan selain terbuat dari tembaga murni atau paling tidak kandungan tembaga yang lebih banyak, ada lagi faktor yang perlu kalian perhatikan.

 

Faktor tersebut adalah ketebalan dari konduktornya. Nah jika tebal tentunya akan dapat menjepit colokan listrik dengan kuat dan tidak mudah kendor. Jadi untuk menguji hal ini kalian bisa mengetesnya dengan mencolokkan colokan listrik di lubangnya.

 

Material-Tembaga-Tebal-terminal-stop-kontak-rumah

 

Kalian bisa pake colokan bawaan dari terminal stop kontak tersebut atau bisa juga meminjamnya dari penjual. Dan saat kalian memasukkan colokannya terasa keras dan saat sudah masuk jadi agak berat dicabut. Itu salah satu tanda ketebalan dari konduktor t5embaga terminal tersebut.

 

Jadi inget ya guys.. Dimasukin agak berat dan dicabut agak berat juga. Tapi jangan ngeres pikirannya.. Wakakakakak…

 

5. PELINDUNG LUBANG

Tips sebelum membeli terminal stop kontak rumah yang terakhir yaitu pelindung lubang. Kalo yang terakhir ini relatif ya guys, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Bagi kalian yang punya anak kecil khususnya, ada baiknya kalian membeli stop kontak dengan pelindung pada lubangnya.

 

Pelindung-Lubang-terminal-stop-kontak-rumah

 

Bisa kalian lihat ya, ada bagian berwarna hijau yang menutup lubang tersebut. Itu adalah pelindung lubang yang melindungi benda dari luar masuk kedalam konduktor listrik terminal tersebut. Pelindung ini harus ditekan agak kuat agar dapat terbuka.

 

Jadi anak kecil tidak akan cukup kuat untuk menekan lubang ini hingga terbuka. Tapi semua tergantung kalian ya guys. Kalo kalian merasa tanpa pelindung sudah cukup ya silahkan saja. Karena ini hanya tips dari kami untuk safety use aja atau penggunaan yang lebih aman.

 

Okee jadi itu tadi ya beberapa tips sebelum membeli terminal stop kontak rumah kalian. Dan ini bonus lagi nih buat kalian yang mau beli stop kontak. Jangan beli terminal stop kontak hanya melihat dari harga murah ya guys. Karena kualitas bagus pasti memiliki harga yang lebih tinggi.

 

Jadi saran kami jangan bawa uang terlalu sedikit juga. Pastikan kalian memiliki budget yang cukup. Hehehe

 

Yaw dah kalo gitu kami pamit dlu nih.. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua ya guys dan inget dirumah aja ya.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *