CARA MENGELAS ALUMUNIUM MENGGUNAKAN MIG & MMA

By | April 22, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya. Semoga tanah air Indonesia raya kita tercinta ini segera dibebaskan dari wabah virus coro.. eh salah.. corona maksudnya.. Amiiinn.. Kalo coro mah tinggal di semprot keok. Hehe.. Oke jadi kali ini gw mau berbagi tutorial atau cara mengelas alumunium menggunakan MIG & MMA.

 

Nah bagi kalian para welder yang mau selangkah lebih terdepan karena mau nerima proyek pengelasan alumunium, ayok sama-sama kita nimbrung disini buat bahas cara mengelasan alumunium menggunakan MIG & MMA.

 

Kalo menurut sepengalaman saya, untuk ngelas alumunium itu enaknya pale mesin las TIG. Udah bersih hasilnya, terus lebih mulus. Jadi cocok kalo di las pada material alumunium yang empuk dan lembut. Tapi masalahnya disini mesin las TIG itu harganya cukup mahal dan perlu teknik khusus jika mengelas dengan kawat rodnya.

 

Nah kebetulan kita punyanya mesin las MIG atau mesin las MMA aja nih di bengkel kita. Dan ternyata banyak pelanggan di dekat bengkel las anda yang meminta untuk pengelasan alumunium. Sayang banget dong kalo kita tolak karena kita ga tau cara mengelas alumunium menggunakan MIG & MMA ini.

 

Apa salahnya kalo kita belajar lebih untuk mengetahui cara mengelas alumunium menggunakan MIG & MMA ini toh. Mantep banget kan kalo kita tau..

 

 

CARA MENGELAS ALUMUNIUM MENGGUNAKAN MIG & MMA

Oke jadi karena kami disini jelasinnya dengan artikel maka kami hanya akan memberikan secara garis besarnya saja. Mengenai alat yang dibutuhkan atau alat pendukungnya. Kemudian teknik yang harus kalian terapkan saat mengelas alumunium. Dan jenis kawat las yang kalian butuhkan.

 

Jadi kami ga bisa detail nih jelasinnya step by step, karena lebih enak pake video untuk penjelasannya. Cuma saat ini kami belum sempat membuatkan video tutorial ini karena prioritas pembuatan video yang lain. Saking banyaknya permintaan jadi agak susah atur jadwal buat video tutorial.

 

Oke pertama-tama kami akan jelaskan cara mengelas alumunium menggunakan mesin las MIG ya. Untuk pengelasan dengan mesin las MIG ini lebih butuh biaya guys, karena kalian butuh alat tambahan buat ngelasnya. Jadi langsung aja ya kita masuk pada penjelasannya.

 

CARA MENGELAS ALUMUNIUM MENGGUNAKAN MESIN LAS MIG

Oke untuk mengelas alumunium menggunakan mesin las MIG, ada beberapa hal yang perlu kalian sediakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian persiapkan untuk mengelas alumunium menggunakan mesin las MIG.

 

  1. Spool Gun
  2. Gas Argon
  3. Kawat Las untuk alumunium ( kode 4043, 5356 dan 5554 )

 

SPOOL GUN

Cara-Mengelas-Alumunium-Menggunakan-MIG-&-MMA

Hal pertama yang kalian butuhkan untuk mengelas alumunium adalah spool gun. Spool gun ini adalah obor las khusus yang dapat digunakan untuk mesin las MIG. Nah kebetulan spool gun ini bisa anda gunakan untuk mengelas alumunium.

 

GAS ARGON

Hal selanjutnya yang perlu kalian persiapkan adalah gas argon. Umumnya saat menggunakan mesin las MIG, kalian butuh yang namanya gas CO2. Dan macam-macam gas ini fungsinya untuk menghalangi dan memusatkan api las agar pembakaran jadi lebih maksimal.

 

Tanpa adanya gas pelindung, yang dalam hal ini bisa CO2, Argon ataupun helium. Maka hasil pengelasan anda akan keropos. ( untuk kawat las MIG standard ).

 

Dan untuk pengelasan pada alumunium ini kalian harus menggunakan yang namanya gas argon. Gas argon ini akan membantu proses pembakaran kawat las pada alumunium menjadi lebih bersahabat. Tidak menimbulkan banyak spatter dan kegosongan berlebihan.

 

Karena emang alumunium itu sifatnya lunak, jadi perlu perlakuan khusus dalam hal pengelasan ini.

 

 

KAWAT LAS ALUMUNIUM

Bukan cuma alumunium ya guys. Beberapa jenis logam membutuhkan kawat las khusus. Dan juga berlaku pada alumunium ya guys. Untuk kode kawat las MIG atau wire yang kalian butuhkan untuk mengelas alumunium yaitu kawat las atau wire dengan kode 4043, 5356 dan 5554.

 

Jadi kalian jangan pake kawat las atau wire tipe yang lain. Gak akan nempel dengan alumuniumnya dan bisa juga alumunium malah jadi bolong-bolong.

 

Oke itu tadi yang kalian butuhkan ya. Selanjutnya adalah hal yang harus kalian lakukan. Jadi ini lebih ke penjelasan teknis ya guys. Karena janji gw tadi kan mau jelasin tentang alat yang perlu kalian gunakan dan teknik yang perlu kalian lakukan untuk mengelas alumunium.

 

BERSIHKAN OBJEK LAS

Pada setiap penjelasan kami tentang tutorial mengelas selalu kami sisipkan yang namanya “bersihkan objek las“. Hal ini sangat mempengaruhi hasil lasan kalian nantinya. Dan untuk alumunium ini agak berbeda untuk cara membersihkannya ya.

 

Kalian harus pake sikat kawat yang biasa kalian gunakan untuk membersihkan kerak las. Kalo kalian tanya kenapa,, gw jawabnya agak bingung nih. Karena ini hanya sebuah eksperimen para welder profesional yang sudah mencoba beberapa hal untuk mengelas alumunium ini.

 

Dan hasil terbaik didapatkan dengan membersihkan objek terlebih dahulu dengan sikat kawat ini.

 

KECEPATAN PERPINDAHAN KAWAT LAS

Teknik yang perlu kalian lakukan pada saat mengelas alumunium yaitu pergerakan atau perpindahan kawat las anda lebih ditambah kecepatannya. Kenapa? Karena itu tadi ya. Sifat dari alumunium yang lunak dan cepat menerima panas tentunya akan cepat meleleh.

 

Makanya kalian kudu lebih cepat saat melakukan perpindahan atau pergerakan kawat las kalian. Dan untuk masalah yang satu ini harus kalian latih setiap hari ya guys. Karena semua welder atau tukang las harus berlatih setiap hari. Ga boleh enggak dan ga boleh males.

 

Inti dari mengelas adalah dari kebiasaan. Kalo ga biasa, kalian ga bakal nemuin timing yang pas, posisi yang lurus. ukuran ampere yang pas pada setiap jenis logam, ukuran kawat las dan lain sebagainya. Semua itu butuh kebiasaan.

 

Dan jika perpindahan kalian cepat, otomatis wire speed kalian juga kudu ditambah. Jadi biar seimbang. Inget ya, settingan wire speed kalian juga perlu ditambah dan cari settingan wire speed yang paling pas menurut kalian.

 

Oke untuk penjelasan tentang cara mengelas alumunium menggunakan mesin las MIG ini gw rasa udah cukup ya. Sisanya kudu kalian praktekan sendiri ya, karena gw mau lanjut ke penjelasan untuk mesin las MMA

 

 

CARA MENGELAS ALUMUNIUM MENGGUNAKAN MESIN LAS MMA

Untuk mengelas alumunium menggunakan mesin las MMA ini kalian cuma butuh kawat las khusus ya. Kawat las khusus alumunium. Jadi tidak seperti mesin las MIG yang butuh obor las khusus yaitu spool gun ya. Untuk mesin las MMA ini hanya butuh kawat las yang berbeda dan obor pemanas.

 

Tapi harganya jg agak mahal ya untuk kawat las ini. Jadi nanti tinggal kalian naikin aja ongkos las kalian buat nutup modal beli kawat las.

 

Kawat-Las-MMA-untuk-Alumunium

 

Bisa kalian lihat ya. Warnanya lebih putih jika dibandingkan dengan kawat las besi dan baja yang biasa kita gunakan. Dan untuk sifatnya sendiri juga sama dengan alumunium, yaitu lunak dan cepat terbakar.

 

Jadi nantinya kawat las ini akan cepat meleleh jika kalian gunakan.

 

Dan selanjutnya alat yang harus kalian gunakan yaitu obor pemanas ya.

Obor-Pemanas

 

Untuk obor pemanas ini bebas ya kalian mau pake yang mana. Karena banyak jenis alat pemanas yang menggunakan gas seperti gambar diatas. Kalo kalian punya ya ga usah beli yang model kaya gambar diatas. Jadi gambar diatas jangan jadi patokan ya.

 

Obor pemanas ini nantinya harus kalian gunakan sebelum melakukan pengelasan. Jadi panaskan terlebih dahulu objek las kalian yang telah dibersihkan menggakan sikat kawat dengan obor las ini.

 

Yaa kira-kira sekitar 10 – 20 detik lah. Pokok alumunium harus panas, bukan hangat ya. Hal ini dimaksudkan agar nantinya penetrasi yang didapat bagus dan kerak las dapat menempel kuat dengan alumunium yang kalian las. Biasanya kalo gak kalian panasin dulu nantinya hasil lasan bisa retak.

 

Hal ini disebabkan karena alumunium yang memuai akibat dari dingin terus ke panas terus ke dingin lagi. Makanya kudu kalian panasin dulu, biar nanti alumuniumnya memuai dulu dan saat sudah dingin maka kerak las akan menjadi lebih padat.

 

Dan teknik yang kalian butuhkan disini sama seperti mengelas menggunakan mesin las MIG ya yaitu travel speed harus di tambah.

 

PERGERAKAN KAWAT LAS

Nah karena kawat las nantinya akan meleleh dengan cepat, maka pergerakan kawat las kalian juga harus kalian sesuaikan ya. Sama kaya ngelas biasa gitu. Ikutin aja alur lelehan kawat lasnya, yang jelas bakalan lebih cepet ketimbang mengelas besi dan baja.

 

Dan tentunya kami ingetin lagi ya. Untuk pekerjaan mengelas ini kalian butuh latihan setiap hari. Pastikan kalian terus latihan dan latihan. Terus kalo kalian ngelas pake mesin las MMA pada objek alumunium ini bakalan lebih susah ya. Karena pergerakan kawat las kalian juga lebih cepat.

 

Jadi nanti kalo hasil lasan kalian jadi ga rapi itu sangat wajar guys. Jangan putus asa dulu. Kalian cuma tinggal biasain doang. Makanya itu tadi butuh latihan setiap hari.

 

Okee jadi itu tadi ya tutorial tentang cara mengelas alumunium menggunakan MIG & MMA. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian dan dapat membuat kalian selangkah lebih terdepan. Karena kalian udah bisa ngelas alumunium pake mesin las MIG ataupun MMA.

 

Yaw dah kalo gitu.. kami pamit dulu dulu.. Jangan lupa buat pantengin channel youtube kami terus ya. Dan doain di channel kami nantinya bisa kasih video-video tutorial lebih banyak. Karena saat ini kami masih kekurangan tenaga kerja, jadi maklumi aja ya. Hehe

 

Salam…!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *