MACAM-MACAM AKSESORIS UNTUK KOMPRESOR

By | August 20, 2019

Halo sobat tehniq.. Gimana nih kabar kalian semua? semoga pada baik ya.. soalnya kami dari tehniq.com ini pada sehat semua nih, jarang sakit dan selalu happy. B-).. Hooho. Oke sobat tehniq, kali ini gw mau kasih informasi tentang macam-macam aksesoris untuk kompresor yang perlu kalian ketahui nih. Jadi ternyata kompresor itu juga punya aksesoris-aksesoris yang tentunya memiliki kegunaannya masing-masing. Untuk itu kami rasa sangat penting untuk memberikan informasi ini ke semua sobat tehniq, biar kalian bisa lebih cerah dan terang.

 

Penasaran ga guys tentang macam-macam aksesoris untuk kompresor ini? semoga kalian masih penasaran ya. Maksud dan tujuan kami menulis artikel dengan judul ini adalah agar pengetahuan kalian akan aksesoris kompresor menjadi lebih luas. Dan kami berharap nantinya anda dapat mengembangkan usaha kalian dengan membeli aksesoris-aksesoris ini. Karena seperti yang sudah kami bilang diatas, yaitu setiap jenis aksesoris memiliki fungsinya masing-masing.

 

Jika kalian bisa mengerjakan 3 jenis pekerjaan dengan 3 jenis aksesoris kompresor tentunya keuntungan kalian akan semakin bertambah dong. Dan profesionalisme kalian juga tentunya bertambah juga. Hasilnya, kepercayaan customer pada anda dan usaha anda bisa bertambah dan tersebar dari mulut-kemulut.

Karena semua udah tau ya,, cara memasarkan sebuah produk atau usaha yang paling efisien dan efektif adalah dari omongan ke omongan. Jadi dari sebuah omongan itu ada rasa kepercayaan tersendiri dari orang lain. Apalagi omongan tersebut berasal dari keluarga sendiri ataupun teman baik.

 

Oke langsung aja kita bahas artikel kami kali ini tentang macam-macam aksesoris untuk kompresor.

 

 

 

MACAM-MACAM AKSESORIS UNTUK KOMPRESOR

Jadi ada berapa macam sih aksesoris untuk kompresor ini? kami akan coba jelaskan satu-persatu aja ya guys. Biar artikel ini bisa lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti masing-masing fungsinya.

 

1. SELANG UDARA

Aksesoris pertama yang akan kami jelaskan disini adalah aksesoris yang sangat umum yaitu selang udara. Selang udara ini fungsinya adalah untuk menghubungkan udara yang ada di tanki kompresor dengan objek yang akan dipasangkan pada selang tersebut. Apakah dengan ban, ataukah dengan power tools, macem-macem pokoknya untuk fungsi selang udara ini.

 

Dan selang udara untuk kompresor ini memiliki 2 jenis ya guys yaitu diantaranya adalah :

  • Selang lurus, yaitu selang yang berbentuk lurus sehingga untuk menyimpannya dapat dengan diputar-putar atau ditekuk menjadi ukuran yang mudah untuk disimpan. Penggunaannya sendiri sangat banyak untuk digunakan pada aplikasi untuk isi angin kendaraan dan juga dipasangkan dengan power tools.
  • Selang Spiral, yaitu selang yang berbentuk spiral yang lebih rapi dan flexible. Selang tipe ini panjangnya dapat kalian atur sendiri dengan cara menariknya sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing karena bentuknya yang spiral akan memanjang sesuai dengan panjang yang kalian tarik. Untuk aplikasinya sendiri biasanya digunakan untuk pengecatan, cuci steam kendaraan dan juga dipasangkan dengan power tools.

Untuk gambar dari kedua tipe selang udara ini dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini ya guys.

Macam-Macam-Selang-untuk-Kompresor

 

Ada 2 bahan yang digunakan untuk membuat selang udara kompresor ini ya guys. Yang pertama yaitu campuran karet dan nilon, dan kedua bahan ini sangat untuk digunakan untuk pembuatan selang di Indonesia. Tapi selain itu adalah juga selang udara yang tersebut dari campuran PVC dan Poliuretan. Jadi kalian bisa pilih sendiri ya, mana yang paling cocok buat kalian.

 

 

2. TOOLS

Untuk aksesoris kedua yang bisa dipasangkan dengan kompresor adalah Tools. Kalian semua tentunya tau ya apa itu tools. Kalo kalian belum tau mari kita baca penjelasannya sama-sama. Tools adalah alat yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Dan perlu kalian ketahui ya, ada beberapa jenis Tools yang bisa atau cocok dipasangkan dengan kompresor nih guys. Berikut adalah beberapa jenis Tools tersebut ya.

 

a. Nail Gun / Paku Tembak

Tools pertama yang dapat dipasangkan dengan kompresor yaitu nail gun atau paku tembak. Tools jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan woodworking ataupun pengrajin jok motor. Tapi umumnya paku tembak digunakan oleh para wood worker karena memang kebutuhan mereka untuk paku kayu sangatlah rutin dan intens.

Nail-Gun-Untuk-Kompresor

Kompresor sendiri gunanya untuk memberikan kekuatan lontar pada paku saat dilepaskan. Kekuatan lontar ini didapat dari tekanan udara yang dikeluarkan kompresor ini.

 

b. Blow Gun

Tools yang kedua yaitu Blow Gun. Tools jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan bengkel, cuci steam kendaraan baik motor dan juga mobil. Tapi umumnya yang sering kami lihat yaitu digunakan untuk kebutuhan cuci steam ini. Karena dengan alat ini, air bekas cucian yang masih tertinggal di sela-sela body kendaraan dapat langsung disembur agar menghilang dari peradaban. hohoho

Blow-Gun-Untuk-Kompresor

Untuk gambarnya biasa kalian lihat pada gambar diatas ya. Cara kerja dari blow gun ini sama seperti tembak pada umumnya. Tapi bedanya, saat tuas ditekan yang keluar bukan peluru, tapi angin dari kompresor. Karena tekanan udara pada kompresor ini sangat padat, jadinya udara yang dikeluarkan dari blow gun pun sangat kencang dan dapat menghilang air maupun debu yang menempel pada permukaan benda dengan mudah dan cepat.

 

c. Paint Sprayer / Spray Cat

Lanjut untuk jenis tools yang ketiga yaitu Paint Sprayer. Jenis tools yang satu ini tentunya sangat familiar ya buat kalian yang bekerja di bidang spraying atau pengecatan. Baik untuk bidang woodworking, pengecatan kendaraan, pagar tralis, dll. Dengan Paint Sprayer ini, pengecatan yang dihasilkan dapat lebih halus dan rata. Karena cat yang dikeluarkan dari tangkinya lebih halus dan konsisten, sehingga hasilnya pun akan sangat rata dan halus.

Paint-Sprayer-Untuk-Kompresor

Gambarnya bisa kalian lihat pada gambar diatas ya. Ukuran dari kepala semprotnya tergantung dari tipe masing-masing paint sprayer ini ya guys. Untuk cara kerjanya sendiri yaitu dengan mendorong angin dari saluran selang kompresor ke kepala semprot paint sprayer ini. Untuk Catnya sendiri akan otomatis turun dari tanki penyimpanan saat tuas ditekan, dan turunnya cat tersebut langsung didorong angin yang keluar dari selang.

Sedangkan banyaknya dan halusnya cat yang keluar dari kepala semprot dapat diatur dari kepala semprotnya sendiri.

 

d. Airbrush Spray Gun

Selanjutnya untuk macam-macam aksesoris untuk kompresor yang sangat banyak dikenal masyarakat adalah Airbrush Spray Gun atau air brush spray. Jenis tools yang satu ini khusus digunakan untuk pekerja seni yang pandai menggambar dan mewarnai bidang. Baik itu di tembok, pintu, kaca, kendaraan dan lain-lain.

Airbrush-Spray-Gun-Untuk-Kompresor

Gambarnya bisa kalian lihat ya. Dibagian atas terdapat tanki berukuran kecil, sehingga cat yang dimasukkan juga tidak bisa banyak seperti paint sprayer diatas. Tapi karena hal ini disesuaikan dengan fungsinya yang untuk menggambar ya guys. Jadi memang tidak membutuhkan komposisi satu warna yang terlalu banyak. Harus sering gonta ganti warna biar gambar lebih bagus dan hidup.

 

e. Tire Inflator

Untuk alat yang satu ini tentunya kalian udah pada paham ya. Tire Inflator adalah alat yang digunakan untuk mengisi angin pada roda atau ban kendaraan kita. Alat ini didesain khusus pada bagian kepala chucknya untuk dapat cocok untuk segala jenis ban.

Tire-Inflator-Untuk-Kompresor

 

 

3. POWER TOOLS

Lanjut ke pembahasan selanjutnya tentang macam-macam aksesoris untuk kompresor ya guys. Aksesoris selanjutnya yaitu power tools. Kalian tau ya apa itu power tools, power tools adalah alat yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, sama seperti tools. Tapi bedanya power tools dilengkapi dengan mesin atau motor penggerak, sehingga tidak terlalu membutuhkan tenaga manusia saat pengerjaannya.

Ada beberapa jenis atau tipe power tools yang dapat dipasangkan dengan kompresor ya guys. Berikut adalah daftar dan sedikit penjelasannya :

 

a. Air Impact Wrench

Tipe atau jenis power tools yang pertama yaitu Air Impact Wrench. Power tools jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan pabrik dan bengkel mobil. Dengan alat ini, anda akan lebih mudah untuk memasang dan melepas baut pada kendaraan atau alat lainnya yang disambung dengan baut.

Air-Impact-Wrench-Untuk-Kompresor

Tekanan udara yang dikeluarkan dari kompresor dapat memutar motor yang ada didalam impact wrench ini sehingga tercipta sebuah hentakan keras. Hentakan tersebutlah yang dapat membuat baut terlepas dan terpasang dengan kencang pada saat anda mengaplikasikan alat ini.

Keunggulan menggunakan alat ini adalah tidak membutuhkan adanya energi listrik lagi untuk pengoperasiannya. Hanya membutuhkan tenaga kompresor saja. Tapi kalo angin di tanki kompresor habis ya tetep nyedot listrik sih, karena kompresor harus mengisi ulang anginnya. hehehe :p

 

b. Pneumatic Drill

Untuk tipe power tools yang kedua adalah Drill atau mesin bor. Kalian tentu tau ya mesin bor pada umumnya. Tetapi yang satu ini beda guys, karena mesin bor ini tidak menggunakan listrik untuk tenaga penggeraknya, melainkan tekanan angin dari kompresor.

pneumatic-drill-untuk-kompresor

Sama seperti sebelumnya ya. Untuk cara kerja dari mesin bor ini juga digerakkan dari tekanan udara dari kompresor. Dan putarannya juga dipengaruhi dari nilai Bar / tekanan dari kompresor itu sendiri ya. Jadi klo tekanan lemah ya muterin bornya juga letoy. hehehe

Terus tetep ya, dengan alat ini kalian tidak membutuhkan listrik juga. Hanya listrik dari kompresor saja pada saat pengisian angin.

 

c. Pneumatic Hammer Drill

Untuk jenis power tools yang ketiga yaitu Pneumatic Hammer Drill atau mesin bobok aspal dan beton. Pneumatic Hammer Drill ini banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi baik di darat maupun di air. Oia.. ini juga merupakan sebuah kelebihan ya, karena tidak menggunakan listrik jadi mesin bobok ini dapat dicelupkan kedalam air juga.

pneumatic-hammer-drill-untuk-kompresor

Cara kerja alat ini sedikit berbeda dengan mesin bor dan impact wrench sebelumnya ya. Karena ini adalah mesin bobok, jadi tenaga utama dari mesin ini adalah pegas. Yaitu memberikan dentuman keras pada objek agar dari terkoyak dan pecah. Dentuman ini sendiri didapat dari tekanan udara yang diberikan dari kompresor tersebut guys.

 

d. Pneumatic Sander

Jenis power tools yang terakhir yaitu Pneumatic Sander, yaitu mesin amplas atau mesin poles yang digerakkan dengan tenaga angin. Power tools ini banyak digunakan oleh pada wood worker atau orang-orang yang bekerja di bidang wood working, karena memang pekerjaan utama mereka adalah membentuk dan menghaluskan kayu.

pneumatic-sander-untuk-kompresor

Cara kerja dari mesin ini sama dengan mesin bor ya guys. Bedanya untuk kekuatan putar alat ini lebih lemah dibandingkan mesin bor, karena mengingat fungsinya yang hanya untuk mengamplas dan juga memoles.

Kegunaan dari mesin ini juga lebih flexible dibandingkan dengan sander listrik ya guys. Karena sander biasa hanya dapat digunakan untuk mengamplas. Tetapi mesin ini dapat digunakan juga untuk memoles besi, tergantung dari apa kalian memasang bagian depannya.

 

 

 

4. FITTING

Macam-Macam Aksesoris untuk Kompresor yang terakhir adalah Fitting. Fitting adalah alat yang dipasangkan pada kompresor agar dapat disambungkan lagi dengan alat lainnya. Fitting ini terdiri dari dua jenis yaitu diantaranya :

  • Male
  • Female

Artinya cowok dan cewek ya guys. Maksudnya adalah Fitting ini bisa untuk disekrup pada kompresor ( cewek ) atau bisa juga menyekrup pada alat lainnya ( cowok ).

Fitting-Untuk-Kompresor

 

Fitting-Tembaga-Untuk-Kompresor

 

 

 

Okee.. jadi gimana nih guys? Udah pada tau ya macam-macam aksesoris untuk kompresor kalian? Semoga dengan adanya informasi ini, kalian bisa lebih mengembangkan usaha kalian sendiri dengan kompresor anda. Satu alat tapi bisa dibuat banyak fungsi, itulah kompresor yang tercinta. B-)

 

Yaw dah kalo gitu, udah lumayan panjang nih artikel. Tapi semoga kalian ga bosen bacanya ya dan masih selalu setia pantengin blog tehniq.com ini. Kalo kalian ingin menggunakan macam-macam aksesoris untuk kompresor kalian dirumah, jangan lupa untuk terus belajar ya. Dan jangan menyerah jika kalian gagal.

Karena semua orang tidak bisa langsung sukses dengan cepat melainkan harus dengan proses belajar dan belajar. ( Mendadak Mario Teguh ) hohoo

 

Jangan lupa pantengin terus channel youtube kami juga ya guys untuk menambah wawasan untuk mengetahui performa alat-alat yang kami uji coba pada video tersebut. Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami juga nih guys buat dukungan kami juga agar kami bisa terus eksis memberikan pengetahuan lebih buat kalian semua. Klik link dibawah ini untuk mengunjungi channel youtube kami.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Oke kalo gitu sampai disini artikel tentang macam-macam aksesoris untuk kompresor ini. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *