KAPAN KITA HARUS GANTI OLI KOMPRESOR SCREW

By | August 19, 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. ketemu lagi nih di blog tehniq yang oke punya. Hehehehe.. Tapi kita tidak boleh sombong guys.. Harus tetap merendah. Walaupun blog tehniq ini oke punya tapi kami tetep merendah.. Ga mau sombong dan congkak, harus tetap merangkul kalian semua dengan selalu memberikan informasi dan pengetahuan tentang alat teknik gratis, tanpa dipungut biaya. Oke guys, kali ini gw mau menjawab pertanyaan dari beberapa netizen itu kapan kita harus ganti oli kompresor screw kita? Nah untuk itu gw bakalan kasih info dan kisi-kisi buat kalian semua nih, agar kompresor screw kalian tetap awet dan tahan lama.

 

Oia perlu kalian ketahui ya guys. Kompresor Screw ini banyak digunakan di pabrikan, karena memang kompresor ini didesain untuk pekerjaan berat. Tapi tidak memungkinkan juga untuk industri rumahan ataupun bengkel juga mau menggunakan kompresor ini. Ini nih foto kompresornya screwnya.

Kapan-Kita-Harus-Mengganti-Oli-Kompresor-Screw

 

Nah itu dia tuh penampakannya. Kalo kalian yang udah sering maen yang namanya nih kompresor ya pasti udah ga asing lagi ya sama bentuknya. Tapi bagi kalian yang sedang mempelajari kompresor ini, kalian bisa pantengin terus nih gambarnya. Hehehe.. Becanda guys :p.. Searching di google ya buat gambar yang lebih lengkap :D.

Jadi balik lagi nih.. kapan kita harus ganti oli kompresor screw kita? pertanyaan itu akan kita coba bahas pada beberapa poin dibawah ini…

 

 

 

KAPAN KITA HARUS GANTI OLI KOMPRESOR SCREW

Seperti yang kita ketahui bersama ya, bahwa sebuah mesin harusnya dilakukan perawatan secara rutin atau berkala. Khususnya pada penggantian oli. Proses ini merupakan proses yang paling penting untuk perawatan sebuah mesin. Karena saat anda terlambat mengganti oli pada mesin anda, maka bagian-bagian dari mesin anda yang lain akan rusak secara perlahan dan bergantian.

Hal tersebut akan membuat biaya perbaikan menjadi bengkak karena banyaknya bagian-bagian mesin yang mengalami kerusakan. Hal tersebut juga berlaku pada kompresor screw ya guys. Karena kegunaannya yang biasa digunakan untuk kebutuhan berat, maka kompresor screw ini harus benar-benar kalian perhatikan untuk penggantian olinya.

 

Untuk penggantian olinya sendiri dibagi menjadi 2 nih guys. Jadi kapan kita harus ganti oli kompresor screw kita?? jawabannya ya kita lihat dulu penggunaan kalian di Lapangan. Berikut adalah 2 aplikasi penggunaan kompresor screw secara umum :

  1. Standard ( Rumahan, Kantor )
  2. Pabrik

 

Untuk pemakaian standard baik di rumahan atau kantoran, waktu yang tepat untuk penggantian oli yaitu 8000 Jam atau setara dengan 12 bulan / 1 tahun. Keliatan cukup lama ya guys, karena memang kompresor screw ini didesain untuk pekerjaan berat. Jadi kalian ga perlu kawatir untuk penggantian olinya ya guys. Tapi kalo kalian pengen lebih menjaga performa kompresor screw kalian di rumah atau dikantor, ya mungkin kalian bisa ganti oli dengan jangka waktu 6 bulan atau 8 bulan sekali.

 

Yang kedua yaitu untuk penggunaan di Pabrik. Pada penggunaan pabrik tentunya durasi penggunaannya lebih rutin dan juga lebih berat ya. Untuk itu penggantian oli harus sangat diperhatikan agar mesin kompresor screw anda selalu terjaga dan awet. Dan waktu yang tepat untuk penggantian oli kompresor screw pada penggunaan di pabrik yaitu 2000 Jam atau setara dengan 3 bulan. Tapi itu untuk maksimal ya guys. Seperti halnya tadi, kalo kalian mau lebih merawat kompresor kalian ya saran kami sih mending diganti sebulan sekali ya.

 

 

 

HAL YANG TERJADI JIKA TERLAMBAT GANTI OLI

Karena kita ga tau pemakaian pabrik kalian itu seperti apa. Apakah sangat berat atau kah sedang-sedang saja ataukah ringan karena pabrik anda masih kecil. Jadi lebih baik memang kita lebih menjaga dengan melakukan penggantian oli di awal waktu bukan di waktu yang pas.

Jadi udah tau ya sekarang kapan kita harus ganti oli kompresor screw kita.

 

Terus hal selanjutnya yang akan kami bahas adalah hal apa yang bisa terjadi jika kalian sampai terlambat mengganti oli kompresor screw kalian. Kalo kami tadi membahas tentang kerusakan part satu persatu itu lebih umum ya. Beberapa hal berikut adalah hal-hal yang lebih detail yang akan kalian ketahui jika kalian terlambat mengganti oli kompresor screw kalian.

  • Penumpukan kerak oli yang dapat mengering. Karena kelembapan atau kondensasi pada bagian dalam mesin tersebut, kerak tersebut akan menyebabkan karat pada bagian dalam mesin. Nantinya hal tersebut akan membuat adanya kerusakan sedikit demi sedikit pada bagian filter, seal, dan klep-klep mesin.
  • Saat oli yang berada pada mesin anda sudah terlalu lama tidak diganti maka molekul-molekul oli tersebut akan pecah dan oli akan menjadi lebih encer. Akibatnya kemampuan oli untuk melumasi piston akan berkurang. Hasilnya piston akan menjadi lebih cepat panas dan rawan terjadi gesekan. Jika sudah terjadi hal tersebut maka piston kompresor dan silinder piston akan baret karena gesekan tersebut. Dan saat silinder dan piston baret maka yang terjadi akan terjadi kegagalan kinerja dan pengapian, kemudian lama-lama kelamaan piston tidak akan bisa bergerak lagi sehingga anda harus mengganti semua bagian piston tersebut, baik silinder, piston dan juga tuasnya.
  • Jika kerusakaan berat, maka garansi kompresor anda tidak akan bisa digunakan. Karena biasanya garansi hanya untuk kerusakan kecil saja.

 

Jadi cukup membuat resah dan rugi ya. Makanya kami saranin rawatlah mesin kompresor anda seperti anda merawat istri dan anak anda. Hehehehe

 

PENUTUP

Oke kalo gitu guys.. cukup sekian ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan kami ga bosen buat ngingetin kalian buat dukung kami terus dengan mengunjungi channel youtube kami nih guys.

Disitu gw yakin kalian bakalan dapat informasi menarik dan sangat menarik kalo menurut gw. Terus jangan lupa subscribe, like dan juga share video-video kami ya guys agar temen-temen kalian semua bisa mendapatkan informasi penting dari video-video kami. Langsung aja kunjungi channel youtube kami dibawah ini ya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Oke kalo gitu guys.. Cukup sekian ya.. Salam..!!

2 thoughts on “KAPAN KITA HARUS GANTI OLI KOMPRESOR SCREW

    1. Yudha Yudha Post author

      Dia menggunakan gear pak
      Jadi ada oil separatornya untuk memisahkan oli dan udara, seperti yang ada di kapal laut untuk memisahkan air dan oli

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *