KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA DONGKRAK HIDROLIK

By | August 6, 2020
Thumbnail-Kerusakan-yang-Sering-Terjadi-pada-Dongkrak-Hidrolik

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya.. Sekarang ini bulan agustus, jadi kita harus semangat ya guys.. Karena bulan ini bulannya rakyat Indonesia merdeka, dan semoga di bulan ini juga kita bisa merdeka dari COVID-19.. Amiinn.. Oke jadi kali ini kami mau bahas tentang kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak hidrolik.

 

Tentunya kalian tau kan dongkrak hidrolik itu apa.. Intinya alat bantu buat ngangkat dikit lah ya.. Hehhee.. Dan dongkrak hidrolik sendiri memiliki beberapa tipe yaitu diantaranya adalah dongrak :

  • Botol
  • Buaya
  • Gunting / Jembatan
  • Penahan / Tahanan

 

Jenis-Jenis-Dongrak-Hidrolik

 

Jadi jenis dongkrak sendiri ada 4 ya guys, dan gambarnya bisa kalian lihat sendiri pada gambar diatas. Tapi sebenernya masih banyak lagi ya jenis dongkrak itu. Apalagi dongkrak botol ini memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda lagi.

 

Yang kami sebutkan ini yang umum aja ya guys. Karena kalo jelasin semua ntar kepanjangan,, hehehe.. Terus malah ga nyambung sama judul artikel yang mau gw jelasin ini. Oke yaw dah itu tadi sedikit informasi dari kami mengenai jenis dongkrak untuk pembukaan dari artikel ini.

 

Selanjutnya yang akan kita bahas disini adalah inti dari artikel ini yaitu kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak hidrolik.

 

 

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA DONGKRAK HIDROLIK

Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak hidrolik yang banyak dikeluhkan orang ya guys. Tentunya masing-masing kerusakan tersebut akan kami jelaskan juga kenapa dan cara mengatasinya. Jadi agar kalian sedikit-sedikit bisa tau lah penyebab terjadinya.

 

Ya walaupun kalian ga bisa benerin sendiri, paling tidak kalo kalian ke bengkel. Kalian itu ngerti rusaknya kenapa, tanpa perlu gonta ganti ini itu yang ternyata sebenarnya tidak rusak. Sehingga biaya maintenance dongkrak kalian menjadi lebih tinggi yang padahal tidak seharusnya tinggi.

 

Dan kami merangkum beberapa kerusakan tersebut pada beberapa poin dibawah ini.

 

 

1. DONGRAK TIDAK SEPENUHNYA KELUAR DAN LAMBAT KEMBALI KE POSISI SEMULA

Kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak hidrolik anda yang pertama yaitu dongkrak kalian ga sepenuhnya keluar. Atau mungkin yang harusnya bisa ngangkat 40 cm, ternyata hanya bisa 25 cm saja. Udah ga kaya dulu lagi lah intinya tinggi pengangkatannya.

 

Dan saat selesai digunakan, tabungnya dongkraknya itu lebih lambat kembali ke posisi semula. Nah disini tentunya ada permasalahan ya guys.

 

Jadi dongkrak itu mengalami tekanan dari udara yang menekan cairan fluida. Nah saat cairan fluida ini berkurang karena ada kebocoran atau karena saking lamanya dongkrak kalian digunakan, maka yang terjadi adalah dongkrak tidak sepenuhnya keluar.

 

Untuk itu hal yang perlu kalian lakukan adalah mengecek volume cairan fluida pada dongkrak anda dan memeriksa katup-katup di dalamnya. Jadi nantinya permasalahan bisa diketahui, apakah ada kebocoran ada katupnya ataukah memang cairan fluida pada dongkrak anda berkurang.

 

 

RODA PENYOK

Kalo ini sudah jelas ya guys cara benerinnya kudu ngapain,, hehehe.. Kalian kudu beli roda yang baru atau jika tidak tersedia sparepart berupa roda maka kalian perlu mengganti sendiri atau memperbaiki sendiri roda tersebut.

 

Kerusakan pada roda biasa terjadi akibat terlalu seringnya dongkrak menerima beban berat. Dan kebetulan kualitas besi pada roda dongkrak tersebut juga kurang bagus. Sehingga roda tersebut akan kalah karena berat beban yang diangkat sehingga membuat berisiknya dongkrak saat dipindahkan.

 

Hal tersebut tentunya cukup menganggu ya guys jika kalian tidak mengganti rodanya. Dan tidak semua jenis dongkrak punya roda ya guys. Hanya beberapa jenis tertentu saja.

 

 

MINYAK ATAU FLUIDA BERBUSA HINGGA KELUAR

Kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak hidrolik yang selanjutnya adalah minyak atau fluida pada dongkrak kalian mengeluarkan busa. Atau terkadang mengeluarkan warna yang berbeda dari warna biasanya. Tanda-tanda yang muncul tergantung dari kualitas dari fluidanya ya guys.

 

Tapi yang jelas busa-busa ini terjadi akibat reaksi kimia dari fluida ini sendiri. Biasanya fluida akan bereaksi dan mengeluarkan tanda seperti perubahan warna ataupun busa karena tercampur dengan air atau zat-zat lainnya.

 

Nah jika hal ini terjadi, segera kuras fluida pada dongkrak kalian dan ganti dengan yang baru. Karena air yang sudah tercampur dengan fluida tadi akan menyebabkan kerusakan atau korosi dibagian dalam tabung dongkrak kalian. Dan sayangnya hal tersebut tidak akan bisa kalian perbaiki.

 

Jadi kudu ganti dongkrak alias beli baru. Makanya buru-buru dikuras deh fluidanya jika memang muncul tanda-tanda berupa reaksi yang tidak normal yang ditunjukkan oleh fluida dongkrak kalian.

 

 

TUAS TIDAK BERFUNGSI ATAU BERBALIK KEATAS

Kerusakan-pada-Dongkrak-Hidrolik

 

Jika terjadi kerusakan ini tentunya akan sangat berbahaya buat kalian ya guys. Jadi saran dari kami segera hentikan pemakaian dan bawa dongkrak kalian ke tukang servis. Karena kerusakan tersebut terjadi akibat adanya kerusakan pada sistem hidroliknya.

 

Jadi yang tau masalah ini dan solusinya hanyalah orang yang ahli saja.

 

 

KEBOCORAN FLUIDA

Kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak hidrolik kalian yang selanjutnya yaitu kebocoran minyak, oli ataupun bisa disebut dengan fluida. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada daya angkat dari dongkrak itu sendiri ya guys.

 

Dan solusi dari masalah ini harus dilakukan pengecekan di seluruh bagian dongkrak tersebut. Baik badan dongkrak, katup, seal dan lain-lain. Karena hal ini tidak dapat diprediksi masalahnya melainkan harus dicari sumbernya.

 

Dan jika memang ada kebocoran pada badan dongkrak kalian maka dongkrak harus diganti atau beli baru, karena memang kerusakan badan dongkrak adalah kerusakan fatal. Tapi kalo masalahnya ada dibagian katup, seal dan semacamnya maka hanya perlu ganti sparepart saja.

 

 

Nah itu tadi kerusakan yang umum terjadi ya guys. Intinya jika ada masalah dalam pengangkatan baik tidak bisa mengangkat ataupun tidak terangkat penuh berarti masalah ada pada cairan fluida yang kurang. Tapi jika masalah kebocoran maka perlu dibongkar total.

 

Dan bagian-bagian rusak yang umum tentunya perlu diganti sparepartnya, seperti yang sudah kami sampaikan diatas.

 

PENUTUP

Okee.. jadi itu tadi ya sedikit informasi yang bisa kami berikan buat kalian terkait kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak hidrolik kalian. Semoga artikel ini dapat menjadi acuan buat kalian untuk memperbaiki dongkrak kalian masing-masing ya.

 

Baik perbaikan mandiri ataupun dengan jasa tukang servis. Intinya warning atau tanda-tanda yang sudah kami sampaikan diatas dapat kalian jadikan acuan ya guys..

 

Yaw dah kalo gitu sampai disini artikel dari kami ya.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *