Thumbnail-Cara-Mengganti-Oli-pada-Dongkrak-Hidrolik

CARA MENGGANTI OLI PADA DONGKRAK HIDROLIK

By: Yudha Yudha
10 Aug 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya.. Sebentar lagi 17 Agustusan ini ya.. Jadi kita harus semangat..!! Okee.. jadi kali ini gw mau kasih lu pada tutorial tentang cara mengganti oli pada dongkrak hidrolik kalian masing-masing. Biar kalian bisa mandiri gitu maksudnya..

 

Bisa ga bisa yang penting kan nyoba dulu ya kan.. Kalo ga bisa ya tinggal dibawa ke tukang servis.. Hehehehe.. Biasanya kan kita bisa bongkar tapi ga bs balikin.. :p

 

Tapi tenang aja.. klo optimis pasti kita bisa ya.. Makanya gw sharing tentang cara mengganti oli pada dongkrak hidrolik kalian pada artikel kami kali ini. Siapa tau kalian bisa.. Kan lumayan tuh mengurangi ongkos maintenance. Buat tambahan uang susu anak.. hehehe

 

Okee.. jadi sebelumnya kami pengen jelasin dulu ya.. Oli pada dongkrak hidrolik itu bagaikan darah bagi dongkrak itu sendiri. Jadi saat oli itu berkurang, bocor ataupun kering maka dongkrak tersebut pun akan mengalami kerusakan.

 

Karena prinsip kerja dari dongkrak ini sendiri ada menekan oli pada tabung dongkrak agar tabung dongkrak tersebut dapat terangkat dan mengangkat beban. Nah untuk itu oli atau fluida pada dongkrak ini harus kalian cek secara rutin atau kalo males ngecek ya dijadwalin aja untuk diganti setiap berapa tahun sekali.

 

Fungsinya adalah agar volume oli pada dongkrak selalu tercukupi atau penuh. Jadi kekuatan angkat dongkrak kalian pun akan jadi maksimal.

 

 

CARA MENGGANTI OLI PADA DONGKRAK HIDROLIK

Oke jadi itu sekelumit tentang fungsi oli untuk dongkrak hidrolik kalian ya guys. Dan langsung aja kita mulai masuk pada pembahasan cara mengganti oli pada dongkrak hidrolik kalian sendiri ya guys. Untuk alat-alat yang kalian butuhkan cukup simple ya, yaitu diantaranya adalah :

  • Obeng
  • Tang
  • Corong Kecil

 

Obeng dan tang fungsi untuk proses buka dan tutup dongkrak ya. Sedangkan corong kecil fungsinya untuk wadah tuang oli nantinya biar ga belepotan. Soalnya lubang oli dongkrak berbeda dengan lubang oli motor ataupun mobil.

 

Jadi kudu ada alat bantu seperti corong itu tadi guys. Tapi kalo kalian sakti sih ya gpp ga usah pake corong juga.. Bebaskan saja.. hahahaha

 

Dan yang paling penting satu lagi nih guys. Jangan menggunakan oli rem ataupun oli motor ya. Kudu oli atau fluida bawaan dari dongkrak itu sendiri. Jadi kalo mau beli olinya ya kudu oli yang untuk dongkrak aja ya, karena bahaya guys.

 

Resiko jatuh dan kecelakaan kerja kalo emang kalian paksain hal tersebut. Kalo kalian bingung pastinya oli apa, mungkin kalian bisa cari oli hidrolik ISO 150 atau AW-32. Kalo emang ga nemu, mungkin kalian bisa tanya langsung ke toko peralatan yang jual dongkrak hidrolik di dekat rumah anda.

 

Dan tahap-tahap yang perlu kalian lakukan untuk mengganti oli tersebut adalah sebagai berikut :

 

BUKA TUTUP OLI

Cara-Mengganti-Oli-pada-Dongkrak-Hidrolik

 

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka katup penutup yang digunakan untuk mengeluarkan dan juga mengisi oli. Untuk cara membukanya tergantung dari merk dongkrak itu sendiri ya guys. Ada yang diputar, ada yang dicongkel dan lain-lain.

 

Pokoknya siapin aja obeng minus kalo memang harus dicongkel.

 

Nah untuk mengeluarkan olinya, dongkrak tersebut perlu kalian miringkan kearah lubang oli yang sudah kalian buka tadi. Setelah itu terus gerakkan tuas angkatnya agar oli yang ada didalam terpompa keluar semua.

 

Jika sudah benar-benar habis, maka kalian tinggal mengisi oli yang baru kedalam lubang keluarnya oli tadi dengan menggunakan corong kecil. Pastikan kalian mengisi sampai penuh ya guys, dan kalo kalian kurang yakin itu sudah penuh apa belum.

 

Mungkin kalian bisa mengisinya sampai luber. Tapi jangan lupa di bersihin lagi luberan oli yang keluar tadi ya.

 

PENUTUP

Jadi itu tadi ya beberapa step yang perlu kalian lakukan untuk cara mengganti oli pada dongkrak hidrolik kalian sendiri. Dan pesan dari kami, jangan terlalu sering membuka tutup penutup oli pada dongkrak kalian ya guys.

 

Karena dongkrak sangat rawan jika ada kebocoran sedikit atau hanya setitik. Untuk itu pastikan kalian mengecek dongkrak kalian beberapa tahun sekali yang sudah kami sampaikan diatas. Dan kalo bisa jika memang ada hal yang berbeda dari dongkrak kalian.

 

Okee.. yaw dah kalo gitu ya.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua dan semoga usaha kalian untuk mengganti oli pada dongkrak kalian berhasil.

 

Kalo gitu kami pamit dulu ya.. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kalian.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *