KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN LAS DAIDEN MIGi 130

By: Yudha Yudha
03 Oct 2019

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya,, kali ini gw mau bagiin artikel untuk para welder nih.. Jadi telusur dapet telusur di google, ternyata Daiden MIGi 130 ini sedang hangat dibicarakan kalayak ramai nih guys. Karena lagi rame, kayanya gw perlu kasih tau sedikit bocoran buat kalian nih guys. Jadi disini kami akan coba untuk membahas kelebihan dan kekurangan mesin las daiden MIGi 130 yang lagi ramai dibicarakan ini. Maksudnya agar kalian nanti tau dan mengenal lebih dalam tentang mesin las ini.

 

Seperti yang kita tau ya guys.. Saat ini muncul mesin las MIG teknologi rasa baru di Indonesia. Yaitu mesin las MIG yang bisa mengelas tanpa menggunakan gas CO2. Diluar Negeri sih mesin las seperti ini sudah keluar duluan. Tapi di Indonesia ini masih baru banget, jadi daiden pengen jadi salah satu pelopor mesin las MIG tanpa gas kali ya.

 

Yah itu rahasia strategi marketing mereka lah ya.. Hehehe

 

Yang perlu kita bahas disini cuma kelebihan dan kekurangan mesin las Daiden MIGi 130 ini aja guys. Karena emang tugasnya tehniq.com ini emang cuma bedah membedah mesin, biar kita tau dalemannya.

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN LAS DAIDEN MIGi 130

Oke langsung aja kita mulai masuk pada topik pembahasan kita yaitu kelebihan dan kekurangan mesin las daiden MIGi 130. Kita akan coba untuk membahas satu persatu ya guys. Dan kita mulai dari kelebihan aja kali ya. Biar greget diawal. Hehe

 

Oke jadi apa aja kelebihan yang dimiliki mesin las daiden MIGi 130 ini? Berikut adalah beberapa poin yang perlu kalian ketahui.

Kelebihan-Mesin-Las-Daiden-MIGi-130

 

KELEBIHAN MESIN LAS DAIDEN MIGi 130

Tentunya sebelum membeli dan menggunakan mesin las ini, kalian harus mengetahui kelebihan dari mesin las ini terlebih dahulu ya guys. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari mesin las Daiden MIGi 130 ini :

 

  • Dalam pengelasannya bisa menggunakan gas CO2 dan juga tanpa Gas CO2

Anda hanya perlu menyediakan 2 jenis kawat las gulung ( wire ) yang hanya berukuran 1 kg ( ringan dan simple ) untuk dibawa kemana-mana. Jadi ada tidaknya gas CO2 pada lokasi kerja anda, maka anda tidak perlu berhenti bekerja sehingga produktifitas kerja anda tidak terganggu.

Dan perlu kalian ketahui ya guys.. untuk mengelas tanpa gas CO2, kalian hanya perlu membeli kawat las gulung / wire tipe E71T-11 di pasaran. Jadi siapkan 2 jenis kawat las MIG standard dan E71T-11 itu tadi ya guys kalo bawa mesin las ini ke kerjaan kalian.

 

  • Ukuran yang kecil sehingga lebih flexible

Panjangnya yang tidak sampai 30 cm dan tinggi yang hanya 23cm membuat mesin ini mudah dibawa kemana-mana. Dan bukan hanya kecil ya guys. Berat dari mesin las ini juga hanya 7.5 Kg, sehingga bisa kalian masukkan dalam tas dan bisa kalian bawa kemana-mana tanpa perlu kalian jinjing yang membuat kalian repot.

 

  • Cocok digunakan untuk kebutuhan rumahan, bengkel ataupun industri

Berbeda dengan mesin las MMA kecil pada umumnya, mesin las ini lebih memiliki ketahanan terhadap panas lebih lama. Sehingga dapat kalian gunakan untuk pengelasan panjang yang notabene memang dibutuhkan untuk pekerjaan industri.

Sedangkan mesin las MMA kecil memiliki batasan pengelasan. Karena menurut apa yang sudah kami uji coba, kebanyakan mesin las MMA tidak dapat bertahan untuk pengelasan lebih dari 10 kawat las berturut-turut tanpa jeda di ampere maksimal. Karena dia memiliki batasan panas mesin yang membuat mesin mati secara otomatis saat panas berlebihan.

 

  • Memiliki 2 Mode yaitu MIG dan MMA

Pada umumnya, mesin las MIG ya hanya bisa digunakan untuk pengelasan dengan gas CO2 dan kawat gulung ( wire ). Tetapi beda halnya dengan mesin las Daiden MIGi 130 ini. Mesin las ini dapat kalian gunakan untuk pengelasan MIG dan juga untuk pengelasan MMA yang menggunakan kawat las ( elektroda ) yang dijepit tang las.

 

Jadi bagi kalian yang pekerjaannya membutuhkan mesin las 2 jenis yaitu MIG dan MMA. Kalian ga perlu lagi bawa 2 mesin las. Cukup pake mesin las yang satu ini dan selesailah pekerjaan kalian.

 

  • Harga lebih murah

Kalo poin ini ga usah gw jelasin kali ya :p

 

 

Jadi udah pada tau ga nih kelebihannya?? catet kalo perlu guys,, biar nglotok di kepala kalian.. Hehehe.. Sapa tau kalian bisa jualan mesin las ini nantinya 😀

 

Ada 5 poin ya guys yang menjadi kelebihan dari mesin las Daiden MIGi 130 ini. Jika kalian mendapati kelebihan dari mesin las ini sangat cocok untuk kebutuhan kalian di Lapangan, selanjutnya kalian harus memperhatikan kekurangan mesin las ini juga.

 

Jadi maksud kami kalo udah kelebihannya cocok dan kekurangannya juga ga jadi masalah untuk kebutuhan kalian, maka kalian ga perlu ragu untuk membeli mesin las. Dan sebaliknya jika kelebihannya cocok untuk kebutuhan kalian tetapi kekurangannya tidak mendukung pekerjaan kalian ya tentunya jangan membeli mesin las ini guys, karena hanya akan membuang-buang uang kalian.

 

Oke lanjut ya langsung aja kita bahas masalah kekurangannya, biar nanti kalian sendiri yang nentuin cocok atau enggaknya sama kebutuhan kalian.

 

KEKURANGAN MESIN LAS DAIDEN MIGi 130

Langsung aja ya biar artikel ini ga terlalu panjang. Berikut ini adalah kekurangan dari mesin las Daiden MIGi 130 yang perlu kalian ketahui nih guys. Agar kalian nanti ga salah beli mesin las yang tidak sesuai dengan kebutuhan kalian.

  • Torch / Obor las bersifat permanen, tidak bisa dilepas pasang.
  • Kawat las gulung / wire yang digunakan berukuran 1 Kg, tidak bisa lebih. Jika kalian ingin lebih, brarti kalian harus bisa modifikasi manual dengan menambahkan bantalan gulungan yang lebih besar.
  • Di pasaran, kawat las gulung / wire CO2 tidak tersedia yang berukuran 1 kg. Jadi balik ke poin pertama, jika kalian ingin menggunakan mesin ini dengan gas CO, maka kalian harus menggulung kawat las / wire kalian pada dudukan kawat berukuran 1 kg. Atau kalian bikin modifikasi manual seperti poin pertama.
  • Ukuran besi untuk pengelasan. Max : 8 mm dan Min : 1.8 mm. Bisa mengelas besi berukuran 10 mm tapi hanya dengan teknik pengelasan bevel, atau menyambung gitu.. Kaya gini nih contohnya :

 

Kekurangan-Mesin-Las-Daiden-MIGi-130

 

nah sekarang kalian udah tau ya tentang kelebihan dan kekurangan mesin las daiden MIGi 130 ini. Semoga informasi tentang kelebihan dan kekurangan mesin las daiden MIGi 130 ini dapat membantu kalian sebelum kalian memutuskan akan membeli mesin las ini atau enggak.

 

Dan kalo kalian merasa mesin las tersebut cocok buat kebutuhan kalian dan kalian memutuskan ingin membelinya. Jangan jauh-jauh deh, langsung aja kunjungi katalog mesin las Daiden MIGi 130 kami. Sapa tau harga cocok dan bisa langsung dibungkus kelokasi kalian. Hehehe

 

Kalo transaksi di Tehniq.com dijamin aman, terus kalo ada kerusakan bisa kita bantu untuk proses servisnya. Di tempat lain ga ada yang bisa kaya gitu soalnya. Hohoho.

 

Cekidot aja langsung dah.

 

 

Daiden-Migi-130

Daiden

  • Tipe : MIGi 130
  • bintangbintangbintangbintangbintang

Rp. 2.850.000,-
Lihat

 

Okee kalo gitu ya.. cukup sekian artikel dari kami, semoga artikel tentang kelebihan dan kekurangan mesin las daiden MIGi 130 ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!


19 responses to “KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN LAS DAIDEN MIGi 130”

  1. Gan kurang bahasannya, irit ga konsumsi dayanya, gimana klo di compare sama produk lain yg selevel. Kalo ulasannya suma segitu doang mah umum gan. mungkin bisa ditambah lagi.

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Siap terima kasih masukannya om
      Kami review sesuai data soalnya, karena kami baru menguji mesin las daiden MIGi 130 aja, jadi bahasan saya cuma seputar situ

      Smeoga kedepannya merk-merk lain bersedia kami review agar bisa terlihat kelebihan dan kekurangan masing-masing merk

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo untuk penggunaan mesin las harus digunakan full untuk mesin las saat mesin las digunakan
      jadi alat listriknya lainnya mohon dimatikan untuk hasil lasan yang maksimal

      Jadi intinya 1.300 watt bisa tetapi alat listrik semua dimatikan

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

  2. Saya sangat senang sekali mendengar kabar dari deiden karena selama ini yg saya cari telah hadir las mig bisa tanpa co buat ngastem dan digunakan digarasi yg pas pasan kaya punya saya ….dan deiden ini sangat cocok. 1kg kawat ga masalah yg penting refilnya tersedia makasih deden👍👍👍

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Setau kami bisa tapi untuk las nyantum aja ( totol-totol ).
      Ga bisa las panjang

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk besi baja kawat las standard
      Dan untuk stainless paling yang tipis2 saja menggunakan kawat las khusus untuk stainless
      karena maksimal ampere mesin ini belum memadai untuk stainless steel berukuran tebal

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk kapasitas maksimal besi yang bisa di las dengan mesin las ini yaitu 6 mm. Lebih dari itu harus menggunakan teknik bevel.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak.

  3. Bos apakah daiden MIGI 130 bisa digunakan untuk mengelas material alumunium.mohon penjelasan.
    Atau travo las apa yang mudah digunakan untuk pengelasan alumunium.
    Terima kasih.

    • Mohon maaf pak untuk Pengelasan Alumunium Daiden MIGi 130 belum bisa karena dia tergolong mesin las DC
      Untuk pengelasan pada alumunium dibutuhkan mesin las AC
      jd bapak bisa cari mesin las yang ada label AC pada mesin lasnya

      Saat ini untuk mesin las Daiden yang hanya mengeluarkan satu tipe mesin las AC yaitu Daiden TIG Pulse AC/DC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *