KEGUNAAN SERBUK KAYU BEKAS KETAM

By | December 26, 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. Gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya guys.. Amiinn.. Jadi kali ini kami mau bagi-bagi info buat kalian para woodworker atau pengrajin kayu. Bagi kalian pengrajin kayu tentunya punya banyak stok serbuk kayu bekas dan repot mau dibuang kemana. Nah disini kami mau bagi info tentang kegunaan serbuk kayu bekas ketam buat kalian semua.

 

Agar nantinya kalian bisa memanfaatkan sebagian serbuk kayu bekas kalian di workshop. Dan sebagian lagi bisa kalian jual ke orang-orang yang memang suka menggunakan serbuk kayu bekas tersebut. Lumayan kan bisa dapet duit lagi dari sisa-sisa kayu kalian. Jadi ga mubadzir gitu.. hehe

 

Mungkin bagi kalian yang udah punya penampung buat jual serbuk kayu bekas kalian, tentunya udah tenang ya guys. Tapi ya kali aja mereka ga bisa rutin ambil, dan alhasil agak ada penumpukan juga di workshop kalian. Siapa tau kalian bisa lebih mengorganisir serbuk kayu kalian agar rutin terbuang gitu, tanpa perlu menunggu penampung yang sudah kerja sama tadi.

 

 

KEGUNAAN SERBUK KAYU BEKAS KETAM

Okee.. jadi bisa dipakai buat apa aja sih serbuk kayu bekas ini? semoga kalian penasaran ya guys.. Hehehehe.. Pokoknya baca sampai habis aja guys, insyaa Allah artikelnya bermanfaat kok buat kalian.

 

Jadi akan kami bahas satu persatu ya fungsinya nanti, biar kalian lebih enak dan nyaman bacanya. Kaya baca koran gitu ngurut ke bawah.

 

1. PUPUK TANAMAN

Kegunaan-Serbuk-Kayu-Bekas-Ketam-Untuk-Pupuk-Kompos

 

Kegunaan serbuk kayu bekas ketam yang pertama yaitu untuk digunakan sebagai tambahan pupuk kompos ya guys. Pupuk kompos tau kan?? kalo belum tau gw jelasin nih. Jadi pupuk kompos itu pupuk organik yang dibuat dari sisa-sisa tumbuhan yang udah membusuk. Selain tumbuhan yang membusuk, kotoran hewan ternak juga dimasukkan dan diaduk menjadi satu.

 

Kotoran hewan nanti akan mempercepat pembusukan juga dan didalamnya juga mengandung sisa rumput yang telah dicerna hewan tadi. Jadi dengan dicampurkannya serbuk kayu tadi, maka pupuk kompos yang dibuat akan semakin banyak dan semakin mantap.

 

Tapi bisanya untuk membuat pupuk kompos ini, si penampung maunya serbuk yang halus aja agar lebih mudah dicampur. Tidak menutup kemungkinan juga untuk serbuk yang kasar juga bisa diminta sama dia. Hehe

 

 

2. STARTER API

Kegunaan-Serbuk-Kayu-Bekas-Ketam-Untuk-Starter-Api

 

Kegunaan serbuk kayu bekas ketam yang kedua yaitu sebagai starter api. Jadi bagi kalian yang tinggal didaerah dingin atau masih menggunakan dapur kolosal.. hehee.. Tentunya serbuk kayu ini akan menjadi starter api yang sangat bermanfaat buat kalian.

 

Karena seperti kita tau serbuk kayu ini sifatnya tipis dan kering sehingga mudah untuk terbakar tentunya. Jadi akan sangat mudah bagi anda yang suka menyalakan api unggun atau untuk menyalakan dapur klasik kalian.

 

 

3. FILLER KAYU RUSAK

Kegunaan-Serbuk-Kayu-Bekas-Ketam-Untuk-Filler

 

Yang ketiga yaitu serbuk kayu ini dapat digunakan untuk menjadi filler atau pengisi pada kayu yang berlubang atau keropos atau gimana. Begitu lah pokoknya.

 

Jadi jangan dibuang semua ya serbuk kayunya, siapa tau nanti kalian nemu kayu yang berlubang dibagian dalamnya atau ada kayu yang rusak. Kan kalo pake filler kayu nanti kayu yang rusak itu tidak perlu dibuang dan kalian ga perlu ganti kayu yang baru.

 

Sedangkan dari sisi kekuatan kayu sendiri tidak berpengaruh antara dipakein filler atau ga dipakein.

 

 

4. ALAS KANDANG HEWAN

Kegunaan-Serbuk-Kayu-Bekas-Ketam-Untuk-Alas-Kandang

 

Kegunaan serbuk kayu bekas ketam yang keempat yaitu dapat digunakan sebagai alas kandang hewan. Biasanya bisa digunakan untuk hewan pengerat seperti hamster, marmut, landak mini, dan lain-lain.

 

Selain itu serbuk kayu ini juga bisa digunakan pada kandang ular dan reptile jenis lainnya. Banyak dah pokoknya hewan-hewan yang bisa menggunakan serbuk kayu pada kandangnya. Fungsi dari serbuk kayu ini yaitu untuk menjaga kelembapan dari kandang dan juga kehangatan pada kandang tersebut.

 

Fungsi lainnya juga agar pipis dan kotoran hewan tersebut tidak menempel pada kandang melainkan pada serbuk kayu tersebut. Jadi lebih mudah untuk membersihkan kandangnya tadi.

 

 

5. BRIKET

Kegunaan-Serbuk-Kayu-Bekas-Ketam-Untuk-Briket

 

Kalo tadi kita bahas tentang starter api, begitu juga dengan briket ini. Bisa digunakan untuk starter api dan bisa juga untuk hal-hal lainnya. Pembuatan briket sendiri tidak bisa dilakukan secara manual jadi carilah pabrik briket yang dapat anda pasokin serbuk kayu kalian.

 

 

6. MEDIA TANAM JAMUR

Kegunaan-Serbuk-Kayu-Bekas-Ketam-Untuk-Media-Tanam-Jamur

 

Kegunaan serbuk kayu bekas ketam yang terakhir yaitu dapat digunakan untuk media tanam untuk Jamur. Biasanya untuk media serbuk kayu ini bisa digunakan untuk jamur kancing karena media tanam jenis jamur itu beda-beda. Yang pengusaha jemur pasti lebih ngerti lah kalo masalah jenis jamur dan media tanamnya.

 

Dan itu tadi ya ada 6 kegunaan serbuk kayu bekas ketam yang perlu kalian ketahui. Siapa tau kalian punya kenalan atau memang ada peluang untuk memanfaatkan serbuk kayu kalian. Jadi tidak akan ada yang terbuang sia-sia dari usaha kalian.

 

Yang paling penting kalian menghindari yang namanya mubadzir atau hal yang sia-sia. Karena dengan begitu insyaa Allah usaha kalian akan menjadi lebih lancar dan mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wata’ala. Amiinn..

 

Jadi itu tadi ya guys artikel tentang serbuk kayu ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa untuk terus berkreasi dan menghindari kecurangan dalam kehidupan kalian.. ( tiba-tiba bijaksana ) wekekekek.. Oke kalo gitu.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *